Inilah 10+ Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat

Inilah 10+ Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat

Cara menambah berat badan janin secara cepat penting untuk diterapkan oleh para ibu hamil. Cara ini sangat membantu ketika berat badan janin masih terlalu rendah atau tidak sesuai dengan usia kandungannya. Berat badan janin yang rendah, umumnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti gangguan saat masa kehamilan, plasenta, hingga kondisi janin itu sendiri.

Inilah 10+ Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat
Foto: pexels.com

Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat yang Wajib Diperhatikan oleh Ibu Hamil

Tak sedikit calon ibu yang bertanya-tanya mengenai cara menambah berat badan janin secara cepat. Padahal, bisa dicapai dengan menerapkan beberapa cara mudah dan sederhana. Berikut ini adalah pemaparannya.

1. Mencukupi Asupan Lemak Sehat

Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan lemak sehat dalam jumlah yang cukup. Contoh lemak sehat yang dimaksud adalah omega 3 dan omega 6.

Lemak sehat tidak hanya berperan penting untuk menambah berat badan janin, tetapi memiliki fungsi yang jauh lebih kompleks. Salah satunya adalah memberikan dukungan terhadap perkembangan organ tubuh janin. Misalnya mata, saraf, otak, hingga jantung.

Setidaknya, ibu hamil mencukupi kebutuhan lemak sehatnya sekitar 62 sampai 70 gram per hari. Adapun sumber makanan yang mengandung lemak sehat antara lain, daging, kacang-kacangan, telur, alpukat, ikan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

2. Menerapkan Pola Makan yang Sehat dan Seimbang

Cara yang tak kalah efektif, yakni dengan menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Menjalani diet sehat memainkan peran yang sangat penting saat masa kehamilan.

Ibu hamil harus memasukkan buah-buahan dan beragam jenis sayuran segar ke dalam menu dietnya. Selain itu, mengimbanginya dengan mengonsumsi daging dan unggas untuk membantu menambah berat badan janin.

Tak ada salahnya mengonsumsi buah-buahan kering. Asalkan, jumlah dan takarannya tidak berlebihan.

3. Mengonsumsi Asam Folat

Cara menambah berat badan janin secara cepat selanjutnya, yakni dengan mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup. Asam folat seringkali disebut sebagai vitamin B9.

Asam folat tidak hanya berfungsi untuk menambah berat badan maupun mendukung perkembangan organ tubuh janin. Namun, juga bisa mencegah anemia pada bumil.

Ibu hamil yang mendapatkan asupan asam folat secara tepat, membantu mencegah cacat pada tulang belakang maupun otak sekaligus mengurangi risiko janin terlahir dengan bobot rendah.

Jumlah asam folat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil kurang lebih 600 mikrogram. Asam folat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan. Seperti hati, kacang-kacangan, hingga telur.

Selain dari makanan, asam folat juga bisa diperoleh dari suplemen kehamilan. Namun, penggunaan suplemen kehamilan ini perlu saran dan rekomendasi dari dokter.

4. Tetap Terhidrasi

Ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya tetap terhidrasi. Caranya, adalah dengan minum cairan dalam jumlah yang cukup. Minuman cairan ini bisa berupa air mineral, jus sayuran, jus buah, susu, hingga buttermilk.

Dehidrasi pada masa kehamilan dapat menyebabkan beberapa komplikasi medis yang cukup serius. Maka dari itulah, selalu perhatikan jumlah cairan yang masuk dalam tubuh.

5. Memperbanyak Asupan Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang sangat penting dalam membantu menambah berat badan janin. Bahkan, protein sangat diperlukan dalam proses pembentukan maupun perkembangan organ tubuh pada janin.

Jumlah protein yang disarankan untuk ibu hamil, yakni kurang lebih 65 sampai 100 gram per hari. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menambah berat badan janinnya. Sebut saja, susu, tempe, tahu, kacang-kacangan, daging, ayam, ikan, dan lain sebagainya.

6. Mencukupi Kebutuhan Kalsium Harian

Mencukupi kebutuhan kalsium harian merupakan salah satu cara menambah berat badan janin secara cepat yang bisa diterapkan. Kalsium tidak hanya dibutuhkan untuk menambah bobot janin saja. Namun, juga membantu proses pembentukan gigi dan tulang pada janin.

Kalsium adalah jenis mineral yang sangat baik untuk mencegah janin terlahir dengan bobot rendah. Selain itu, juga dapat melancarkan aliran darah selama masa kehamilan.

Setiap hari, ibu hamil membutuhkan asupan kalsium kurang lebih 1.400 miligram. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, tahu, udang, tempe, teri, yoghurt, hingga keju.

7. Mencukupi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting sebagai sumber energi bagi ibu hamil dan juga janin. Selama kehamilan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat sebanyak 385 gram setiap hari.

Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, tidak hanya dengan mengonsumsi nasi putih dan roti saja. Terdapat sumber karbohidrat sehat yang bisa dipilih, seperti kacang-kacangan, beras merah, buah, dan sayuran.

Jenis karbohidrat ini tidak membuat kadar gula dalam darah meningkat. Selain itu, juga dapat mencegah ibu hamil mengalami peningkatan berat badan berlebih atau obesitas.

8. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

Cara menambah berat badan janin secara cepat berikutnya, yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Zat besi adalah jenis mineral yang berperan penting sebagai bahan utama dalam proses pembentukan sel-sel darah merah.

Ibu hamil yang mendapatkan asupan zat besi dalam jumlah cukup, dapat terhindar dari anemia. Selain itu, membantu memperlancar aliran darah ke janin hingga nutrisi maupun oksigen yang janin butuhkan.

Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan zat besinya sebesar 27 miligram setiap hari. Asupan zat besi ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau hingga minum vitamin prenatal berdasarkan anjuran dokter.

Vitamin prenatal dapat membantu janin memiliki berat sesuai usia kandungannya. Ada baiknya mengonsumsi vitamin ini secara rutin untuk mendapatkan berat badan janin yang optimal selama kehamilan.

9. Istirahat yang Cukup

Sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Pengerahan atau penggunaan tenaga yang berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan maupun pertumbuhan janin. Ibu hamil sangat disarankan untuk tidur minimal delapan jam tanpa gangguan guna menjaga tingkat energi tetap utuh.

10. Tetap Tenang dan Berpikir Positif

Menjaga kesehatan fisik tidaklah cukup. Cara menambah berat badan janin secara cepat yang tak kalah penting, yakni dengan turut menjaga kesehatan mental.

Segala bentuk stress maupun kecemasan bisa mempengaruhi ibu hamil dan juga kesehatan janin sebelum lahir. Ledakan emosi atau tingkat emosi yang tidak teratur dapat mengakibatkan nafsu makan berkurang atau makan secara berlebihan. Selain itu, juga dapat berdampak pada pemilihan makanan yang salah, sehingga berpengaruh pada kesehatan janin.

11. Mengonsumsi Weight Herba

Salah satu produk susu yang dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya adalah Weight Herba. Weight Herba adalah produk susu yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti susu kambing etawa, kelor, hingga temulawak.

Dalam satu gelas Weight Herba memiliki kandungan 300 kalori, 20 gram protein, 5 gram lemak, dan 10 gram karbohidrat. Selain aman untuk ibu hamil, susu ini juga sangat disarankan untuk ibu menyusui dan anak-anak.

Weight Herba juga memiliki segudang manfaat lainnya. Seperti menjaga tekanan darah tetap normal, menambah asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, meningkatkan fungsi dan daya serap usus, hingga menambah asupan kalori berkualitas tinggi.

Imbangi cara menambah berat badan janin secara cepat dengan mengonsumsi Weight Herba. Janin sehat ibu pun bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?