Apa Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan? Berikut Penjelasannya

Apa Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan

Banyak yang bertanya-tanya, apa kopi bisa menurunkan berat badan? jawabannya adalah ya, kopi bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Pemanfaatan kopi seringkali digunakan untuk meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak.

Terdapat banyak sekali jenis kopi pendukung program diet yang beredar dipasaran, seperti kopi putih atau kopi hitam. Salah satu jenis yang paling populer yang menjadi favorit adalah ekstrak biji kopi hijau yang diyakini dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Kafein pada kopi ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga memicu pembakaran kalori lebih banyak dan penurunan lemak. Namun, mengonsumsi kopi saja tidak bisa untuk menurunkan berat badan. Ada sejumlah cara penting yang perlu dilakukan untuk mendukung konsumsi kopi diet ini.

Apa Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan
pixabay.com

Apa Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan?

Asupan kopi yang rutin dan teratur dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan kafein pada kopi membantu untuk membentengi reseptor otak yang berhubungan dengan rasa sakit dan membuat obat pereda nyeri.

Selain kafein, terdapat asam klorogenat sebagai salah satu kandungan kopi yang juga dapat membantu pembakaran energi. Kandungan ini juga menyebabkan pembongkaran cadangan lemak untuk menyuplai kekurangan energi dalam tubuh. Asam klorogenat juga membantu dalam mengatur respon kenyang dan lapar karena kandungan ini dapat mempengaruhi hormon ghrelin dan leptin yang merupakan hormon pengatur nafsu makan.

Lantas, apa kopi bisa menurunkan berat badan? Namun faktanya, secangkir kopi dengan pemanis buatan justru dapat memberikan efek peningkatan berat badan. Bahkan, gula atau susu tambahan dalam secangkir kopi mampu menambah 300 sampai 500 kalori sekali minum.

Untuk itu, usahakan mengurangi konsumsi kopi dengan gula tambahan, seperti truvia, stevia serta susu rendah lemak tidak boleh ditambahkan dalam campuran kopi. Hal ini karena kandungan dalam pemanis-pemanis tersebut dapat mengubah manfaat kopi untuk menurunkan berat badan.

Kandungan Kopi yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk menjawab pertanyaan apa kopi bisa menurunkan berat badan? Simak pembahasan lebih lengkapnya berikut.

Seperti pada pembahasan sebelumnya, kopi seringkali menjadi salah satu menu diet yang dianggap mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa kandungan zat aktif kopi yang dapat mempengaruhi laju metabolisme adalah:

  • Teobromin dan teofilin, zat yang memiliki efek stimulan. Zat ini dapat membantu untuk mengatur gula darah dan melawan infeksi dalam tubuh.
  • Kafein, zat yang terkenal sebagai stimulan utama dari sistem saraf pusat.
  • Asam klorogenat, merupakan senyawa aktif yang membantu memblok proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Senyawa ini juga yang menyebabkan adanya rasa pahit atau asam pada kopi. Selain itu, asam klorogenat juga memberikan perlindungan dari berbagai penyakit yang menyerang jantung.

Dari ketiga zat aktif tersebut, kafein menjadi zat yang paling terkenal karena merupakan stimulan terkuat dalam kopi yang juga sering banyak dipelajari. Selain itu, kafein juga dapat membuat tubuh lebih terbangun dan berenergi sehingga membuatnya tidak mudah mengantuk.

Manfaat Kafein

Zat aktif kafein, menjadi jawaban dari pertanyaan apa kopi bisa menurunkan berat badan?

Sebab zat ini mampu memicu terjadinya proses thermogenesis atau cara tubuh untuk menghasilkan panas dan energi dari hasil mencerna makanan. Selain itu, kafein juga menurunkan nafsu makan meski hanya sementara.

Kafein juga memberikan manfaat lain untuk tubuh. Kafein dapat merangsang pemecahan jaringan lemak dalam tubuh. Zat aktif ni juga dapat meningkatkan laju metabolisme, sehingga lemak dari hasil proses pemecahan lebih cepat mengalami pembakaran dan menghilang untuk menjadi energi. Proses ini akan berjalan, bahkan ketika tubuh sedang beristirahat atau tidur.

Efektivitas Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

Apa kopi bisa menurunkan berat badan? Meski banyak yang mengklaim bahwa kopi efektif untuk menurunkan berat badan atau mendukung diet, tetapi belum ada bukti bahwa efek kandungannya dapat bertahan dalam jangka panjang.

Hal tersebut karena seiring berjalannya waktu, tubuh akan mengalami toleransi terhadap efek dari kandungan kafein dalam kopi. Sederhananya, semakin sering mengonsumsi kopi membuat tubuh semakin kebal dengan kandungan didalamnya, sehingga efek kopi tidak akan berpengaruh lagi untuk tubuh seperti pertama kali  mengonsumsinya.

Beberapa studi juga menemukan bahwa efek kopi untuk metabolisme tidak akan berdampak signifikan untuk orang yang memiliki gejala obesitas. Bahkan seiring bertambahnya usia, efek metabolisme ini akan menurun.

Kebiasaan mengonsumsi kopi juga berpengaruh terhadap kinerja kafein dalam menurunkan berat badan. Terutama bagi orang yang sering mengonsumsi kopi dengan pemanis, krim atau susu tambahan, tentu efek mengonsumsi kopi lebih sulit dirasakan. Sebab, kandungan pemanis buatan tersebut justru dapat menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Efek Samping Mengonsumsi Kopi untuk Diet

Meskipun jawaban dari pertanyaan apa kopi bisa menurunkan berat badan? Adalah ya. Namun, manfaat ini hanya bisa didapatkan jika cara mengonsumsinya dilakukan dengan tepat. Seperti memperhatikan dosis dan takaran setiap kali mengonsumsinya.

Saran asupan kafein per hari yang dianjurkan adalah sekitar 400 mg. Takaran ini setara dengan 3-4 cangkir kopi hitam atau 200 ml/cangkir setiap harinya.

Namun, jangan lupa untuk menghitung asupan kafein dari makanan atau minuman lain, seperti soda, coklat, teh dan minuman berenergi yang dikonsumsi hari itu juga. Jadi, ketika tubuh sudah memperoleh asupan kafein dari makanan atau minuman tersebut, maka takaran kopi harus dikurangi. Hal ini untuk memastikan agar tubuh tidak menerima asupan kafein harian yang berlebihan.

Cukup jelas bukan pembahasan terkait apa kopi bisa menurunkan berat badan?

Mengapa Hal Tersebut Penting untuk Diperhatikan?

Alasannya sederhana saja, konsumsi kafein harian yang tidak sesuai dengan takaran atau berlebihan, dapat menyebabkan berbagai efek samping untuk tubuh. Misalnya seperti gangguan tidur atau insomnia, gangguan kecemasan hingga gangguan pencernaan.

Sedangkan memiliki waktu tidur yang cukup, emosi stabil dan pencernaan lancar juga memiliki peran penting dalam diet penurunan berat badan.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi untuk diet maupun sekedar konsumsi sehari-hari untuk mereka dengan beberapa masalah kesehatan. Seperti glaukoma, diabetes, osteoporosis, tekanan darah tinggi atau bagi ibu hamil dan juga menyusui.

Bagi yang sedang mengonsumsi obat untuk masalah kesehatan jantung, paru-paru, menopause, tulang atau kesehatan mental, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk menggunakan cara diet ini.

Jika masih ragu atau bingung apakah  kopi efektif untuk menurunkan berat badan atau tidak, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gizi. Dokter spesialis ini dapat membantu melakukan evaluasi dan menentukan pola diet yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

Penutup

Jadi, jawaban dari pertanyaan apa kopi bisa menurunkan berat badan? Adalah ya, kopi bisa efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, dengan ketentuan dan cara yang tepat. Seperti mengonsumsi kopi tanpa gula, susu maupun pemanis buatan serta menyesuaikan takarannya dengan kondisi kesehatan tubuh. 

Selain itu, beberapa masalah kesehatan tubuh, seperti diabetes, osteoporosis dan glaukoma, tidak disarankan mengonsumsi kopi tanpa anjuran dari dokter. Untuk mengatasi masalah ini penderita masalah kesehatan tersebut dapat beralih dengan mengonsumsi susu suplemen seperti Weight Herba. Dimana susu ini memiliki kandungan baik untuk tubuh dan membantunya untuk kenyang lebih lama. 

Susu Weight Herba ini diracik menggunakan campuran susu kambing etawa, ekstrak temulawak, dan ekstrak daun kelor. Formula ini dirancang untuk meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki fungsi sistem pencernaan agar lebih efisien.

Demikian ulasan singkat mengenai apa kopi bisa menurunkan berat badan. Semoga artikel ini membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?