5 Nyeri Sendi Lutut yang Sering Terjadi dan Penanganannya

Nyeri Sendi Lutut

Nyeri yang seringkali membuat lutut terasa sakit memang terjadi karena berbagai kondisi. Nyeri sendi lutut membuat rasa tidak nyaman, menyiksa, hingga membuat aktivitas sehari-hari menjadi berantakan. Hal tersebut karena rasa ngilu yang tidak tertahankan, sehingga membuat kaki sulit berjalan.

Sendi pada bagian lutut menjadi salah satu bagian sendi yang penting karena mampu menopang tubuh kita. Jika terjadi kondisi kesehatan tertentu yang mengakibatkan adanya masalah pada lutut, tentunya organ ini tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan rasa sakitnya akan ikut menjalar ke seluruh tubuh.

Berbagai Kondisi yang Menyebabkan Nyeri Sendi Lutut serta Cara Penanganannya

Berbagai jenis kendala kesehatan yang menyerang lutut pada umumnya dapat diredakan dengan melakukan beberapa hal sederhana di rumah. Namun demikian, ada suatu kondisi yang menyebabkan kita harus segera meminta pertolongan kepada dokter, karena rasa sakitnya yang terus menerus semakin parah. Berbagai kondisi tersebut, digolongkan menjadi diagnosa medis tertentu yang umumnya menyerang area persendian bagian lutut.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang menyerang sendi lutut sehingga menyebabkan lutut nyeri, bahkan sampai mengalami pembengkakan yang serius.

    1. Radang Sendi
      Penyakit radang sendi merupakan hal yang sering diidap oleh masyarakat sekitar kita. Salah satu jenis radang sendi yang banyak orang rasakan adalah tipe osteoarthritis. Jenis penyakit ini berawal dari adanya kerusakan pada tulang rawan yang menandai adanya pertambahan usia dengan kegiatan yang berat. Seperti saat mengangkat beban, berjalan terlalu lama, atau aktivitas olahraga yang cukup padat.
      Selain osteoarthritis, radang sendi juga disebabkan oleh adanya gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Apabila tidak segera mendapat penanganan dokter, kondisi ini akan semakin parah hingga menyebabkan infeksi karena penumpukan asam urat di dalam sendi. Kondisi parah dari rheumatoid arthritis dalam istilah medis adalah septic arthritis.
    2. Cedera Lutut
      Nyeri sendi lutut juga bisa terjadi akibat adanya cedera yang terjadi sebelumnya. Seorang atlet atau penari menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang sangat rentan terkena cedera lutut, baik dalam taraf yang ringan hingga parah. Trauma cedera ini dapat berupa robeknya ligamen, hingga cedera tendon.
      Keadaan cedera lutut juga bisa dialami oleh para korban kecelakaan saat berkendara. Jika keadaan tidak segera membaik, biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes untuk menentukan diagnosanya. Apabila diperlukan, terapi setiap hari dan obat-obatan bisa membantu meredakan kondisi kesehatan ini. Jika keadaan cukup parah, biasanya akan dilakukan pembedahan, untuk mencegah timbulnya kondisi yang semakin memprihatinkan.

 

  1. Sindrom Nyeri Patellofemoral
    Kondisi nyeri sendi lutut yang satu ini, menyebabkan rasa sakit yang terus-menerus pada bagian depan lutut hingga sekitar tulang tempurung lutut. Belum ada penyebab yang pasti mengapa kondisi ini dapat terjadi. Akan tetapi, beberapa faktor bisa menjadi pemicu terjadinya sindrom nyeri ini. Seperti melakukan olahraga yang berat, memberikan beban yang berat pada lutut, hingga gerakan yang salah saat berolahraga. Bahkan penggunaan alas kaki yang tidak nyaman dapat membuat penggunanya mengalami perubahan cara berjalan, sehingga menyebabkan timbulnya kondisi medis yang satu ini.
  2. Kista Baker
    Penyakit kista baker terjadi saat adanya proses penumpukan pada cairan pelumas sendi yang terdapat di area belakang lutut. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan timbulnya benjolan yang lama kelamaan semakin besar.
    Kondisi ini sebetulnya tidak menyebabkan rasa sakit, namun akan sangat mengganggu aktivitas saat menekuk lutut akibat pembengkakan. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang baik, pembengkakan pada lutut akan berakibat pada rasa tidak nyaman, sendi menjadi kaku, dan mengurangi efektivitas kinerja lutut.
  3. Hemarthrosis
    Penyakit nyeri sendi lutut yang selanjutnya adalah hemarthrosis. Kondisi ini dapat terjadi apabila darah masuk ke dalam sendi yang disebabkan oleh cedera atau hemofilia. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan dokter, hemarthrosis bisa menyebabkan kerusakan permanen pada bagian sendi, dan sangat sulit untuk diobati.

Penanganan Nyeri Bagian Lutut

Melakukan penanganan nyeri lutut ringan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun jika kondisi kesehatan pada lutut tidak kunjung membaik, sebaiknya segera mencari pertolongan medis untuk mendapatkan perawatan intensif. Di bawah ini, terdapat berbagai tutorial untuk pertolongan pertama nyeri lutut yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Lakukan dengan baik, agar nyeri sendi lutut dapat mereda dengan seketika sebelum memutuskan untuk datang menemui dokter.

@bayuivandersUntuk mempercepat pemulihan lutut sakit sekaligus mencegah komplikasi, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan, yaitu:* Mengompres lutut dengan es untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit pada lutut* Meminimalkan gerakan pada lutut (penggunaan knee support)* Memposisikan kaki lebih tinggi dari lutut / meletakkan kaki di atas bantal, untuk mengurangi pembengkakan pada lutut* Banyak beristirahat, untuk mengurangi tekanan pada lutut sehingga dapat pulih lebih cepat♬ suara asli – Bayu Ivanders

  1. Penggunaan Metode RICE
    RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compress, dan Elevate. Rangkaian pertolongan nyeri lutut yang umunya terjadi akibat cedera, bisa mereda dengan metode yang satu ini. Pertama lakukan langkah Rest, yaitu proses mengistirahatkan lutut sejenak dan agar jauh lebih rileks. Hentikan aktivitas sementara waktu, agar cedera tidak menjadi lebih parah.
    Metode Ice adalah proses mengompres bagian cedera dengan air es batu agar dapat mengurangi rasa sakit pada lutut. Selanjutnya adalah Compress, bebat bagian lutut agar mencegah terjadinya pembengkakan yang parah. Terakhir adalah elevate, yaitu meletakkan lutut berada di bagian yang lebih tinggi daripada tubuh kita. Gunakan sandaran bantal ataupun selimut, agar sirkulasi darah menjadi lebih lancar.
  2. Konsumsi Makanan Sehat
    Makanan menjadi salah satu faktor kesehatan bagi manusia. Konsumsi makanan secara sembarangan, dan tidak mengontrol apa yang kita makan akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan mudah rusak, sehingga munculah berbagai macam penyakit.
    Menerapkan pola makan sehat dengan memperhatikan kadar nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Makan makanan sehat dan bergizi seimbang, juga mampu menjaga kesehatan tulang, mengurangi nyeri sendi lutut, dan mencegah timbulnya penyakit kronis lainnya.
  3. Minum Suplemen dan Vitamin
    Menambah vitamin untuk mencukupi kebutuhan vitamin D serta kalsium agar kekuatan tulang tetap terjaga, memang sangat dianjurkan. Jenis suplemen yang banyak mengandung kalsium, biasanya terdapat pada susu kambing.

    Etawalin hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi susu kambing Etawalin, sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Seperti menjaga kekuatan gigi, menjaga imun tubuh, hingga menjaga kesehatan pada tulang sendi. Sehingga, sendi akan terjaga kesehatannya dan mengalami pemulihan yang cepat.

Konsumsi Obat Sembarangan Akan Memperparah Nyeri Sendi Lutut

Saat melakukan penanganan pada nyeri sendi lutut, hal yang tidak bisa sembarangan dilakukan adalah mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter. Memang benar saat ini, berbagai jenis obat-obatan sudah tersedia secara bebas dan dapat kita beli di apotek terdekat. Namun demikian, mengkonsumsi obat secara sembarangan justru akan menimbulkan kondisi yang lebih serius dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat yang terjual bebas, melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan diagnosa pada penyakit pasien dan meresepkan obat yang harus dikonsumsi. Hal ini akan cenderung lebih aman, dan membuat nyeri sendi lutut dapat tertangani dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?