Apakah Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan Simak Faktanya

Apakah Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan Simak Faktanya

Apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Sederhananya, jenis olahraga kardio ini efektif membakar lemak dan kalori.

Dalam durasi satu jam, bersepeda akan membantu pembakaran 450 hingga 750 kalori. Dari sini, jelas jika olahraga ringan tersebut bisa membantu menurunkan berat badan. Asalkan, jumlah kalori total per hari sesuai standar pengurangan kalori untuk menurunkan bobot tubuh.

Apakah Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan Simak Faktanya
unsplash

Mengintip Fakta Apakah Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan

Kunci menaikkan atau menurunkan berat badan adalah dengan menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dengan yang keluar. Dengan menjaga kebutuhan kalori harian, maka seseorang berpeluang menjaga berat badan dalam rentang normal, yakni berat ideal.

Misalkan saja sedang menjalani program menurunkan berat badan sekitar 0,5 kg dalam waktu seminggu. Di sini, setidaknya harus mampu membakar sekitar 500 kalori dari jumlah total asupan kalori yang masuk ke tubuh dan ini berlaku selama 7 hari.

Para pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori dalam sehari. Sedangkan kebutuhan kalori  harian untuk wanita adalah 2.000 kalori. Hanya saja, ini bukan menjadi patokan utama.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda. Hal ini tergantung dari usia, berat tubuh, tinggi badan, jenis kelamin, dan seberapa tinggi tingkat aktivitas harian.

Lantas, apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Apakah ada tips lain yang bisa membantu menurunkan berat badan? Bersepeda saja tidak cukup tanpa mengimbanginya dengan melakukan hal-hal berikut. Pada dasarnya, apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan dikaitkan metode menurunkan berat badan tidak jauh berbeda dengan upaya pencegahan obesitas dan mempertahankan berat ideal.

Ketahui Berat dan Lingkar Pinggang Ideal

Tidak boleh asal menurunkan berat badan. Tubuh terlalu kurus rentan terpapar penyakit dan berisiko lebih tinggi terhadap kematian.

Jadi, penting mengetahui berapa berat dan lingkar pinggang yang ideal, agar program penurunan berat badan tidak kebablasan.

Untuk mengetahui berat ideal, bisa menghitungnya dengan rumus IMT. JIka hasil penghitungan berada di rentang 18,5 hingga 22,9, maka berat tubuhnya sudah ideal. Tinggal bagaimana menjaga dan mempertahankan.

Sama halnya dengan berat ideal, ketika seseorang tahu ukuran ideal lingkar pinggangnya, maka bisa menargetkan program dietnya. Ukuran lingkar pinggang mengindikasikan ada tidaknya gangguan dalam tubuh.

Sebagai cara untuk mengetahuinya adalah menggunakan meteran untuk mengukur keliling perut dan area pinggang. Adapun ukuran lingkar pinggang ideal wanita dewasa adalah 80 cm. Sedangkan ukuran lingkar pinggang pria dewasa adalah 90 cm.

Ada rumus sederhana untuk mengetahui lingkar pinggang ideal. Caranya adalah membandingkan tinggi badan (dalam satuan cm) dengan berat badan (dalam satuan kg).

Jika hasilnya nanti:

  • < 0,34 masuk kriteria sangat kurus
  • 0,35 – 0,41 masuk kriteria kurus
  • 0,42 – 0,5 masuk kriteria sehat atau ideal
  • 0,6 – 0,53 masuk kriteria gemuk
  • 0,54 – 0,57 sangat gemuk
  • dan > 0,58 masuk obesitas

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi

Asupan kalori yang masuk ke tubuh yang terbanyak bersumber dari konsumsi makanan dan minuman. Sebisa mungkin mulai mengurangi konsumsi makanan cepat saji atau segala makanan dan minuman yang mengandung gula.

Makanan sehat belum tentu mengandung nutrisi lengkap. Padahal penting untuk selalu mengonsumsi aneka jenis makanan.

Meski harus meminimalkan asupan kalori, bukan berarti tidak mengonsumsinya sama sekali. Bagaimanapun kalori akan diubah menjadi energi untuk membantu sistem kerja tubuh. Tentu tidak mau bukan jika sistem kerja tubuh terganggu?

Makan dengan Porsi Sesuai

Apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Jawabannya iya, asalkan mengimbanginya dengan memperhatikan porsi makan yang baik.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi saja belum cukup untuk mencapai berat ideal. Namun, ketika mengimbanginya dengan porsi makan yang sesuai, maka hasilnya menjadi lebih maksimal.

Membiasakan diri makan dengan porsi tepat juga sebagai bentuk menghargai makanan. Tepat porsi saat makan bukan hanya memberikan asupan nutrisi yang pas ke tubuh, tetapi juga memahami etika makan.

Meningkatkan Intensitas Olahraga

Apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Bersepeda dengan intensitas sedang bisa menyumbang keberhasilan penurunan berat badan. Lakukan selama 30 menit setiap hari atau total 150 menit per minggu.

Hal yang tak kalah penting adalah melakukan aktivitas fisik secara rutin. Gaya hidup sehat ini memberikan manfaat luar biasa. Namun, entah mengapa masih ada segelintir orang yang belum melakukannya.

Saat beraktivitas, tubuh akan mengeluarkan 1/3 energi. Selain menurunkan berat, aktivitas fisik juga menurunkan tingkat kolesterol pengidap obesitas.

Kuncinya adalah melakukan aktivitas secara konsisten alias rutin setiap hari. Meskipun saat melakukannya bukan bertujuan menurunkan  bobot tubuh, dengan segala manfaat baiknya penting untuk terus menerapkan.

Bijak Kelola Stres

Stres berdampak langsung terhadap berat badan, bisa berkurang atau bertambah. Hal ini karena stres akan mempengaruhi pola makan dan perilaku.

Stres berlebih cenderung membuat orang mengabaikan jadwal makan dan sekalinya makan pilihan makanannya buruk atau tidak sehat.

Stres akan mendorong perilaku tidak menyehatkan. Penderita berdalih bahwa apa  yang dilakukan sebagai hiburan untuk mengurangi stres. Contoh perilaku menyimpang sebagai akibat stres adalah merokok, minuman keras, konsumsi obat-obatan terlarang, begadang, dan lain sebagainya.

Tips mengelola stres yang baik adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan. Misalkan menjalankan hobi atau pergi liburan.

Istirahat Cukup

Apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Bersepeda tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi membuat tidur malam lebih nyenyak.

Hanya saja, hindari melakukannya menjelang waktu tidur atau sekitar 60 – 90 menit sebelum tidur. Alih-alih tidur nyenyak justru sulit tidur yang didapat.

Saat jam tidur kurang, kemungkinan besar akan memicu kenaikan berat badan. Hal ini karena ada andil dari hormon ghrelin, yakni hormon pembangkit rasa lapar. Dengan demikian sudah paham, apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan atau tidak.

Minum Suplemen Penambah Nutrisi Weight Herba

Hal yang tidak boleh dilakukan adalah menjalankan diet ekstrem yang ujung-ujungnya justru menyiksa diri. Diet yang benar dan baik adalah hanya mengurangi jenis makanan berkarbohidrat tinggi. Sebagai gantinya, mengkonsumsi buah dan sayur dengan porsi lebih banyak.

Tentu merepotkan jika harus mengkonsumsi aneka makanan. Belum lagi kondisi finansial seseorang tidaklah sama, sehingga cukup kesulitan membeli aneka jenis makanan.

Mau tahu solusi mendapatkan aneka nutrisi dalam satu paket komplit tanpa harus keluar banyak uang? Konsumsi saja Weight Herba. Hanya dalam sekali tenggak, maka seluruh nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh bisa tercukupi. Harganya pun ramah di kantong untuk satu kemasan Weight Herba.

Bagi orang dengan segudang aktivitas, sehingga hampir tidak ada waktu untuk berolahraga, tetapi ingin menurunkan berat badan, susu Weight Herba menjadi pilihan tepat.

Produk suplemen yang terdiri dari bahan-bahan berkhasiat luar biasa ini bisa membantu mendapatkan berat ideal. Pastikan mengonsumsinya sesuai aturan yang tercantum di kemasan.

Tidak perlu juga menjalankan program diet untuk mendapatkan berat ideal. Makan sebanyak apapun asalkan rutin minum Weight Herba tidak akan bikin gemuk. Tidak akan terjadi lagi kenaikan gula darah dan kolesterol.

Adapun manfaat mengkonsumsi secara rutin antara lain adalah:

  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Menambah asupan protein dan  kalori yang sehat.
  • Memperbaiki organ-organ pencernaan.
  • Menjaga kestabilan tekanan darah.
  • Bantu mendapatkan berat ideal lebih cepat.

Jadi, berbicara soal apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Masukkan Weight Herba untuk mengimbangi program penurunan berat badan sekaligus sebagai suplemen tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?