Apakah Lari bisa Menurunkan Berat Badan secara Efektif?

Apakah Lari bisa Menurunkan Berat Badan

Apakah lari bisa menurunkan berat badan? Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh sebagian orang. Salah satu manfaat nyata dari lari adalah membantu menurunkan berat badan. Bahkan, lari yang dilakukan secara rutin, membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Olahraga lari dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih banyak. Hal inilah yang membuat olahraga lari sangat cocok untuk menyukseskan program diet. Untuk lebih jelasnya, inilah penjelasan terkait apakah lari bisa menurunkan berat badan?

Apakah Lari bisa Menurunkan Berat Badan
unsplash.com

Apakah Lari Bisa Menurunkan Berat Badan? Yuk Cari Tahu Penjelasannya!

Jika dibandingkan dengan jenis olahraga lain seperti bersepeda, berjalan, hingga bermain bola basket, lari dinilai lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Lari dengan durasi waktu selama 30 menit, dapat membakar kurang lebih 190 kalori.

Semakin banyak intensitas lari yang dilakukan, maka pembakaran kalori juga akan semakin meningkat. Sejatinya, ada banyak faktor yang mempengaruhi pembakaran kalori saat berlari.

Selain intensitasnya, berat badan juga menjadi penentunya. Semakin besar berat badan seseorang, maka semakin banyak pula kalori yang dapat dibakar ketika berlari.

Faktor lainnya adalah kecepatan lari. Seseorang yang berlari dengan kecepatan tinggi, akan menghasilkan banyak gerakan pada tubuh.

Itu artinya, tenaga yang diperlukan saat berlari menjadi lebih banyak. Hal ini akan mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.

Ketika berlari di bawah terik matahari atau saat cuaca sedang panas-panasnya, tubuh akan lebih banyak membakar kalori. Begitu pula saat berlari di cuaca yang berangin, tubuh akan mengeluarkan kalori untuk mempertahankan kecepatan.

Manfaat Lari untuk Menurunkan Berat Badan Berdasarkan Jenis Latihannya

Apakah lari bisa menurunkan berat badan, merupakan pertanyaan yang sudah sering terdengar. Namun, manfaat lari untuk menurunkan berat badan bisa dilihat dari jenis latihannya.

Olahraga lari yang bisa membantu menurunkan berat badan, yakni lari dengan intensitas sedang hingga tinggi. Misalnya saja seperti hill run, sprint, HIIT, lari fartlek, dan jenis lari lainnya.

Jenis-jenis latihan lari tersebut, dinilai lebih efektif dalam membakar kalori. Bahkan, proses pembakaran kalori akan terus berlangsung hingga 48 jam setelah selesai latihan lari.

Kondisi ini disebabkan karena kinerja otot yang banyak digunakan saat berlari. Selain itu, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk pulih.

Olahraga lari tidak hanya sekedar menurunkan berat badan saja. Namun, juga membantu mengurangi jumlah jaringan lemak yang terdapat dalam tubuh.

Apabila lari dilakukan secara konsisten, manfaat yang didapatkan akan semakin besar. Beberapa diantara, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, hingga diabetes. Olahraga lari juga terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan stres.

Tips Memulai Rutinitas dengan Lari Pagi Setiap Hari

Apakah lari bisa menurunkan berat badan? Tentu saja jawabannya adalah iya.

Namun, untuk merasakan manfaat tersebut, ada baiknya memulai olahraga lari dengan tips yang tepat. Hal pertama kali yang harus diperhatikan adalah sarapan.

Jangan melewatkan sarapan jika ingin memulai rutinitas dengan olahraga lari. Meski mengeluarkan kalori, tubuh tetap membutuhkan energi untuk aktif bergerak.

Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Misalnya saja seperti yogurt, telur, pisang, alpukat, dan sumber makanan lainnya.

Kemudian, bagi para pemula bisa memulainya dengan jumlah minimal. Jangan terlalu memaksakan diri, kebiasan olahraga lari setiap hari sebaiknya dimulai dari hal-hal sederhana terlebih dahulu.

Gunakan sepatu lari yang nyaman agar dapat bergerak dengan leluasa. Bawa bekal secukupnya, seperti botol air, sunscreen, topi, dan perlengkapan lainnya.

Bagi para wanita yang ingin latihan lari, sangat disarankan untuk mengenakan bra olahraga. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit.

Jika semuanya sudah siap, saatnya belajar beberapa dasar dalam latihan lari.  Dasar latihan lari ini, dapat membantu menemukan jawaban dari pertanyaan, apakah lari bisa menurunkan berat badan? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Frekuensi

Untuk memulainya, targetkan lari tiga hingga empat kali dalam seminggu. Hal ini memungkinkan waktu pemulihan yang cukup diantara latihan lari.

2. Pemanasan

Sebelum latihan lari, penting untuk melakukan pemanasan dan peregangan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan tubuh sebelum berlari.

Mulailah dengan peregangan. Kemudian, lanjutkan dengan berjalan kaki santai selama lima menit. Secara perlahan, bisa dilanjutkan ke power walk.

3. Pendinginan

Di akhir lari, pastikan untuk melakukan pendinginan dengan berjalan kaki selama lima menit. Secara bertahap, kurangi kecepatannya seiring berjalannya waktu.

4. Total Waktu

Apakah lari bisa menurunkan berat badan, adalah pertanyaan yang bisa dipecahkan dengan memperhatikan total waktu saat latihan berlangsung. Targetkan total sekitar 30 menit.

Total waktu 30 menit ini, sudah termasuk lima menit untuk pemanasan, lima menit untuk pendinginan, dan 20 menit berlari atau berjalan.

Contoh Rencana Lari

Jika ingin merasakan manfaat latihan lari, maka harus membuat rencana yang tepat. Rencana seorang pemula, bisa dimulai dengan berlari dan berjalan secara bergantian.

Setelah itu, menambahkan beberapa menit untuk berlari setiap minggu. Lakukan setiap rangkaian aktivitas tiga hingga empat hari per minggu.

1. Minggu Pertama

Pada minggu pertama, cobalah untuk melakukan pemanasan selama lima menit. Setelah itu, satu menit berlari dengan kecepatan alami. Lalu, dua menit berjalan dengan kecepatan sedang.

Cobalah untuk mengulanginya sebanyak tujuh kali. Kemudian, lakukan pendinginan selama lima menit.

2. Minggu Kedua

Pada minggu kedua, bisa sedikit memberikan perubahan. Selama lima menit melakukan pemanasan. Dua menit berlari dengan kecepatan alami dan dua menit berjalan dengan kecepatan sedang.

Silahkan lakukan sebanyak lima kali. Jangan lupa pendinginan selama lima menit.

3. Minggu Ketiga

Pada minggu ketiga, mulailah dengan pemanasan selama lima menit. Tiga menit berlari dengan kecepatan alami dan dua menit berjalan dengan kecepatan sedang.

Ulangi latihan ini sebanyak empat kali. Selanjutnya, pendinginan selama lima menit.

4. Minggu Keempat

Pada minggu keempat, lima menit untuk pemanasan. Empat menit berlari dengan kecepatan alami. Setelah itu, dua menit untuk berjalan dengan kecepatan sedang.

Ulangi latihan ini sebanyak tiga kali. Kemudian, diakhiri dengan pendinginan selama lima menit.

Setelah satu bulan berlalu, cobalah untuk meningkatkan intensitas latihan lari sesuai dengan kecepatan alami atau mengurangi berjalan kaki. Tak ada salahnya untuk menambahkan gaya lari yang berbeda supaya merasa lebih nyaman.

Jika tidak terbiasa berolahraga secara teratur atau memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya untuk mengonsultasikannya dengan ahli kesehatan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menyukseskan program atau rencana latihan yang sudah disusun.

Dari informasi ini, kini pertanyaan mengenai apakah lari bisa menurunkan berat badan atau tidak, tak perlu lagi menjadi persoalan. Namun, membiasakan diri latihan lari secara rutin, tentu saja tidak cukup untuk  menurunkan berat badan.

Perlu diimbangi dengan menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya adalah mengonsumsi sumber makanan bergizi. Berbicara mengenai asupan nutrisi untuk membantu mendapatkan berat badan ideal, Weight Herba bisa jadi alternatif.

Weight Herba adalah susu yang berkhasiat untuk mencapai berat badan ideal secara alami. Weight Herba terbuat dari susu kambing etawa, daun kelor, dan temulawak. Dalam segelas susu Weight Herba memiliki kandungan vitamin E, serat, karbohidrat, vitamin A, hingga zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Apakah lari bisa menurunkan berat badan? Untuk membuktikannya sendiri silahkan mulai rencanakan latihan. Jangan lupa mengonsumsi Weight Herba untuk memaksimalkan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?