Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya Berikut

Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan

Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan? Pertanyaan ini seringkali diutarakan oleh orang-orang yang menginginkan berat badan ideal. Menurut sebuah penelitian, minum air putih dapat merupakan cara efektif untuk membantu penurunan berat badan serta menjaganya untuk tetap ideal.

Konsumsi air putih sehari-hari mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu dalam pengelolaan berat badan. Hal ini karena air putih tidak memiliki kandungan kalori. Sehingga mengonsumsinya setiap hari dapat mengurangi asupan kalori cair dalam tubuh, sebagai ganti dari minuman-minuman berkalori, seperti teh manis, soda, kopi dan masih banyak lagi.

Meski begitu, cara minum air putih ini tentu berbeda dengan minum air putih yang biasanya dilakukan. Perlu kombinasi dari cara diet sehat yang tepat pula agar manfaatnya lebih efektif dan maksimal. Berikut ulasan terkait apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan.

Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan
pixabay.com

Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan?

Selain bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mencegah hidrasi, konsumsi air putih juga dipercaya efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, manfaat untuk menurunkan berat badan ini tidak bisa didapatkan apabila tidak diimbangi dengan berolahraga dan konsumsi makanan sehat.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh dan pencernaan. Konsumsi air putih yang cukup, dapat mengurangi risiko berat badan berlebih dalam jangka panjang. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk para pejuang program diet demi mendapatkan tubuh sehat dan ideal.

Saran mengonsumsi air putih untuk orang dewasa adalah sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Selain membantu meningkatkan metabolisme, konsumsi air putih dengan takaran yang cukup dapat menekan nafsu makan dan memaksimalkan olahraga yang sedang dilakukan. Lantas, apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan?

Cara Tepat untuk Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Air Putih

Meski memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan, konsumsi air putih ini harus melalui cara yang tepat agar hasilnya maksimal. Untuk bisa menjawab pertanyaan apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan? Berikut beberapa tips tepat untuk mengonsumsinya.

Usahakan Minum 2 Gelas Air Putih 30 Menit Sebelum Makan

Sejumlah riset menunjukkan bahwa minum air putih sebanyak 500 ml (setara dengan 2 gelas air putih) 30 sebelum makan, dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Menjadikan hal ini sebagai kebiasaan setiap hari untuk orang dewasa, terbukti ampuh menurunkan berat badan sebanyak 2 kg dalam kurun waktu 2 minggu.

Selain itu, kebiasaan minum air putih sebelum makan ini dapat mengurangi risiko gejala obesitas pada tubuh seseorang. Bahkan, kebiasaan ini memudahkannya untuk menjaga dan mencapai berat badan yang ideal. Hal ini karena air putih dapat membantu mengurangi asupan makanan hingga sebesar 75 kalori.

Minum air putih sebelum makan akan membuat lambung terisi sehingga merasa lebih cepat kenyang. Dengan penekanan nafsu makan ini Anda akan lebih mudah untuk mengatur porsi makan. Inilah mengapa menerapkan kebiasaan ini dapat menurunkan berat badan lebih mudah dan stabil.

Segera Minum Air Putih Ketika Merasa Lapar

Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan? Jawabannya adalah ya. Apalagi jika meminumnya dengan segera ketika tubuh mulai merasa lapar. Sebab menekan rasa lapar dengan air putih akan mengontrol tubuh untuk tidak makan berlebihan.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, gula dan kalori berlebih dapat memicu penambahan berat badan. Contoh makanan dengan kandungan ini adalah snack kemasan, junk food, dan makanan olahan.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi air putih ketika ingin ngemil atau mulai merasa lapar. Bisa juga dengan mengganti cemilan tidak sehat menggunakan aneka buah segar, yoghurt plain, kacang-kacangan, telur rebus dan cemilan sehat lainnya.

Kombinasikan Kebiasaan Minum Air Putih dengan Makanan Bergizi

Menyeimbangkan kebiasaan minum air putih dengan makanan bergizi, seperti buah atau sayur, juga dapat menjadi jawaban dari pertanyaan apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan?

Konsumsi air putih saja hanya akan membuat usaha diet sia-sia. Untuk itu, perhatikan makanan konsumsi harian sebagai asupan gizi. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah dan sayur yang kaya akan kandungan air serta serat sehingga membantu tubuh untuk kenyang lebih lama.

Selain itu, buah-buahan dan sayuran umumnya memiliki kandungan vitamin, antioksidan dan mineral yang tinggi sehingga lebih rendah kalori. Agar mendukung kebiasaan minum air putih sebagai diet sehat, kombinasikan juga dengan mengonsumsi sayur dan buah agar menjaga tubuh tetap sehat meski sedang diet.

Jangan Mengonsumsi Minuman Kemasan atau Instan

Agar bisa menjawab pertanyaan apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan? Maka perhatikan pula konsumsi minuman sehari-hari. Hindari konsumsi minuman kemasan atau instan ketika merasa haus, sebagai gantinya minum air putih yang rendah kalori.

Sebab, minuman kemasan memiliki kandungan gula tambahan yang tidak baik untuk tubuh, tentunya lebih tinggi kalori. Kalori-kalori dalam minuman ini dapat memicu pertambahan berat badan jika tidak diimbangi dengan berolahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Untuk itu, usahakan minum atau membawa air putih saat bepergian kemanapun. Terapkan kebiasaan minum air putih kapan dan dimana saja sehingga tidak mudah tergiur dengan minuman kemasan. Selain itu, tubuh orang dewasa memerlukan asupan air putih sebanyak 8 gelas per harinya untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Mengawali Pagi dengan Konsumsi Air Putih

Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan adalah diet aman. Iya jika dilakukan dengan tepat. Ketika bangun tidur di pagi hari biasakan untuk langsung minum air putih. Mengonsumsi air putih di pagi hari dalam keadaan perut kosong membantu untuk melengkapi cairan dalam tubuh dan menyehatkan. 

Bukan hanya melengkapi cairan dalam tubuh, membiasakan minum air putih dalam perut kosong juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, selama tidur kurang lebih 8 jam lamanya, tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup untuk menghadapi aktivitas berikutnya.

Solusi Jika Bosan Minum Air Putih

Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan juga tergantung masing-masing individu. Jika sewaktu-waktu tubuh merasa bosan karena harus selalu mengonsumsi air putih, cobalah untuk menggantinya dengan infused water. Infused water yang berasal dari bahan-bahan sehat dan bergizi, seperti buah-buahan segar, mentimun, atau sayuran lainnya, dapat dikombinasikan dengan air putih agar tidak terkesan membosankan.

Potongan buah-buahan atau sayuran ini memberikan aroma dan cita rasa yang menyegarkan pada air putih. Dengan begitu, kebiasaan minum air putih tetap bisa berjalan dan tubuh akan dengan senang hati menerima air putih setiap harinya.

Jadi jawaban dari pertanyaan apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan? Adalah ya. Meski begitu, cara untuk mengonsumsinya harus tepat agar hasilnya tidak sia-sia dan maksimal. Cara-cara seperti membiasakan diri untuk selalu minum air putih, mengkombinasikannya dengan makanan sehat, terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi suplemen seperti susu Weight Herba juga bagus untuk tubuh. Kandungan nutrisinya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantunya kenyang lebih lama. Selain itu, susu ini dapat melancarkan kinerja otak dan sirkulasi pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?