Apakah Tidur Siang Bisa Menambah Berat Badan Cek Penjelasannya

Apakah Tidur Siang Bisa Menambah Berat Badan

Apakah tidur siang bisa menambah berat badan? Sebenarnya, ini mitos atau fakta? Menyikapi anggapan yang tersebar luas di tengah masyarakat tersebut, harus bijak alias jangan menelannya mentah-mentah. Rasa kantuk seringkali melanda saat siang hari. Hal ini bisa sebagai bentuk respon tubuh akibat kelelahan setelah melakukan aktivitas dari pagi. Tidur siang memberikan beberapa manfaat. Salah satunya adalah mengembalikan dan meningkatkan konsentrasi.

Dengan adanya anggapan bahwa tidur siang bisa menambah berat tubuh, kebanyakan jadi takut melakukannya. Terlebih lagi bagi mereka yang selalu menjaga bentuk tubuh. Di sisi lain, orang yang sedang menjalani program menambah berat badan justru mewajibkan tidur siang. Lantas, bagaimana penjelasan yang tepat terkait pakah tidur siang bisa menambah berat badan?

Apakah Tidur Siang Bisa Menambah Berat Badan?

Berat badan seseorang bisa saja mengalami kenaikan atau menurun. Ada banyak faktor penyebabnya, sehingga harus tahu dulu apa penyebab pastinya. Berat badan adalah hasil dari penjumlahan kebutuhan kalori harian dan kalori yang masuk ke tubuh. Bagi yang ingin menambah berat badan, maka jumlah kalorinya harus melebihi kebutuhan kalori harian.

Sebaliknya, orang yang ingin menurunkan berat tubuh seharusnya memiliki kalori lebih sedikit dari jumlah kebutuhan kalori harian. Sampai di sini, apakah bisa memahaminya? Cara mudah mengetahui kebutuhan kalori harian adalah silakan mengetikkan kata kunci “Basal metabolic rate calculator” di mesin pencarian dengan Google. Selanjutnya, mulailah mengisi pertanyaan yang tampil. Pertanyaan umum yang harus dijawab adalah seputar usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan faktor stres fisik maupun mental.

Supaya mudah memahami penjelasan seputar apakah tidur siang bisa menambah berat badan, sebaiknya mengetahui berbagai faktor yang bisa meningkatkan kebutuhan kalori tubuh.

  1. Kurang Tidur
    Kurang tidur membuat konsumsi kalori meningkat 500 hingga 800 kkal per hari. Kondisi ini juga memicu hormon pembangkit rasa lapar, sehingga orang yang mengalaminya seringkali makan dalam porsi berlebih. Akibatnya, orang kesulitan menghindar dari konsumsi makanan tidak sehat.
  2. Olahraga dan Aktivitas Fisik
    Olahraga dan aktivitas fisik jelas mempengaruhi kebutuhan kalori seseorang. Semakin berat tingkat aktivitas fisik yang dilakukan, semakin besar pula kebutuhan kalori harian. Sering melakukan aktivitas fisik akan berpengaruh terhadap meningkatnya rasa lapar. Hal ini karena kalori yang masuk ke tubuh telah diubah menjadi bentuk energi saat melakukan aktivitas fisik dan olahraga.
  3. Stres
    Stres berlebih memicu kenaikan berat badan. Kondisi ini memicu peningkatan hormon kortisol, yakni hormon penambah nafsu makan. Paparan kortisol dalam jumlah berlebih merupakan stimulan nafsu makan secara signifikan. Bila tidak segera mengambil langkah untuk mengatasi stres, maka tubuh akan merespon kelebihan kalori dengan cara menyimpannya di tubuh. Akibatnya metabolisme tubuh menjadi terhambat.
  4. Sakit
    Kebutuhan kalori orang sehat dengan orang sakit tentu saja berbeda. Orang sakit tidak melakukan banyak aktivitas, sehingga kebutuhan kalori hariannya tidak banyak. Bila kembali pada pertanyaan apakah tidur siang bisa menambah berat badan, jawabannya adalah tidak. Hal ini karena tidur siang bukanlah kegiatan untuk menambah kebutuhan kalori. Hanya saja harus memperhatikan durasi tidur dan aktivitas harian yang menyertainya.Tidur siang selama 1 sampai 1,5 jam tidak akan terlalu berpengaruh terhadap berat badan. Apalagi hanya sesekali melakukannya dan juga mengimbangi dengan olahraga serta konsumsi makanan sehat. Lain cerita jika tidur siang menghabiskan waktu berjam-jam, hampir melebihi 3 hingga 4 jam setiap hari, kebiasaan ngemil tidak sehat, dan tidak mengimbanginya dengan olahraga. Tentu saja memicu kenaikan berat badan.

    Supaya tidur siang tidak berisiko, bisa melakukan langkah sederhana seperti tidak melewatkan sarapan, imbangi dengan aktivitas fisik, dan tidur siang secukupnya.

Cara Menambah Berat Badan yang Aman

Tidur siang dengan pola yang salah memang berpotensi menggemukkan badan. Namun, dampaknya terhadap kesehatan juga tidak baik. Bagi yang ingin menambah berat badan, ada upaya-upaya sederhana yang lebih aman dilakukan yang setelah tahu wawasan apakah tidur siang bisa menambah berat badan.

Konsumsi Weight Herba

Konsumsi rutin Weight Herba secara rutin dan menurut prosedur bisa membantu menambah berat badan. Hal ini karena terdapat kandungan temulawak di dalamnya. Bahan alami tersebut juga membantu atasi gangguan sistem pencernaan.

Sedangkan bahan alami berupa daun kelor berperan menjaga gula darah di posisi normal. Bahkan sejumlah penyakit lain bisa teratasi dengan konsumsi daun kelor. Kasus yang masih terjadi adalah berat badan kurang pada ibu hamil dan lansia. 100% terbuat dari bahan-bahan alami membuat Weight Herba aman bagi siapa saja, termasuk ibu hamil dan lansia. Bahkan aman bagi anak  berusia 2 tahun.

Pembuatan susu lebih baik menggunakan air hangat agar kandungan nutrisinya tidak banyak yang hilang. Minumlah setiap hari sebanyak 3 kali.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Ada banyak cara untuk menerapkan pola hidup sehat. Membiasakan diri hidup sehat adalah upaya menambah berat badan menjadi lebih optimal. Contoh sederhananya adalah tidak merokok, menghindari konsumsi minuman beralkohol, istirahat dan tidur yang cukup, dan tidak mengkonsumsi obat penambah berat badan. Obat tersebut biasanya memiliki efek samping terhadap kesehatan tubuh.

Olahraga Rutin

Kembali pada pertanyaan apakah tidur siang bisa menambah berat badan, jawabannya tidak jika mengimbanginya dengan aktivitas fisik dan olahraga. Rutin berolahraga akan menjaga kebugaran tubuh. Namun, bukan berarti tidak ada olahraga yang tepat bagi yang ingin menambah berat badan.

Solusinya adalah melakukan olahraga jenis kardio. Olahraga ini efektif menambah berat tubuh, tetapi tanpa meninggalkan jejak lemak. Contoh olahraga kardio di rumah adalah lompat tali, jumping jacks, squat jump, trunk rotation, burpee, dan masih banyak lagi. Silakan memilih sesuai ketertarikan Anda.

@fit.daddie Tips jitu naik berat badan!!! Yang mau naik berat badan cona tulis comment 👇👇👇#tipsnaikinberatbadan #bulking ♬ Instrumental – Vibe – pedrin cria

Pola Makan Teratur

Memperhatikan jam makan adalah hal penting saat ingin menambah berat badan. Pria dewasa membutuhkan kalori harian sekitar 1.500 hingga 2.725 kal setiap hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan 1.400 hingga 2.250 kalori harian.

Bagi yang menjalani program menambah berat badan, butuh asupan kalori tambahan sebesar 5 hingga 10% setiap hari. Mereka bisa mendapatkan melalui pola makan teratur, 3 sampai 4 kali setiap hari. Mulai dari sarapan, camilan di waktu pagi, makan siang, makan malam, hingga camilan di malam hari. Kuncinya, jangan menunggu lapar baru makan. Meskipun tidak lapar, tetapi jika sudah memasuki waktu makan, jangan menundanya.

Memperbanyak Minum Air Putih

Jawaban dari apakah tidur siang bisa menambah berat badan sudah bisa Anda temukan di atas. Nah, tubuh juga perlu hidrasi dan cara mudahnya adalah memperbanyak minum air putih. Berbagai penyakit akan datang menyerang saat tubuh kekurangan cairan.

Manfaat air putih untuk kesehatan hingga kecantikan besar sekali. Namun, entah mengapa masih ada yang tidak suka minum air putih. Kandungan kalori dalam air putih adalah 0 kal. Artinya, minum air putih sebanyak apapun tidak akan menambah berat badan.

Hanya saja, saat menjalani program menambah berat badan, tidak boleh melewatkannya begitu saja. Jangan sampai tubuh kehilangan berbagai manfaat baik dari konsumsi air putih. Penting untuk tetap memperhatikan konsumsi harian. Pastikan bergizi seimbang.

Kini, sudah jelas bukan apakah tidur siang bisa menambah berat badan? Semoga penjelasan dalam artikel ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?