Kenali 7 Obat Asam Urat Obat Nyeri Sendi di Apotik

Sudahkah kamu mengetahui apa saja obat asam urat obat nyeri sendi di apotik ? Berikut merupakan penjelasan lengkap terkait obat yang dapat mengatasi asam urat serta meredakan nyeri pada persendian. Terdapat berbagai macam jenis obat. Ada obat bebas yang bisa diberli tanpa resep dokter, ada obat bebas terbatas yang bisa dibeli namun ada peringatan khusus ketika mengonsumsinya, ada juga obat keras yang memerlukan resep dokter saat menggunakannya.

Asam urat merupakan suatu kondisi ketika kadar asam urat di dalam darah tinggi. Hal ini menyebabkan timbulnya kristal-kristal pada sendi. Gejala yang timbul berupa pembengkakan, rasa nyeri pada sendi, kemerahan pada sendi. Persendian juga bisa terasa sangat nyeri jika kadar asam urat sudah sangat tinggi.

Letak lokasi nyeri bisa ada pada jempol kaki, lutut, pergelangan kaki atau bisa juga di jari-jari tangan. Apabila asam urat tidak diobati dengan cepat, hal ini bisa menimbulkan komplikasi yang serius. Oleh karena itu, sebagai bentuk pencegahan timbulnya komplikasi, penderita asam urat perlu mengonsumsi obat agar menurunkan kadar asam urat dan mengurangi gejala yang dialami.

@dr.asaibrahim Lutut sering nyeri kira-kira kenapa ya? #edukasidrasa #dokterasa #nyerilutut #nyeri #nyerisendi #lutut ♬ Midnight – Muspace

Obat Asam Urat Obat Nyeri Sendi di Apotik

Berikut merupakan 7 jenis obat asam urat obat nyeri sendi di apotik yang dapat menurunkan rasa nyeri sendi serta menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Susu Etawalin

Etawalin merupakan susu kambing yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Susu etawalin adalah susu yang merupakan ‘paket lengkap’ karena dapat menurunkan rasa nyeri sendi sekaligus mengatasi asam urat. Susu ini pun sudah terdaftar dalam BPOM. Beberapa kandungan yang ada di dalam susu etawalin yaitu jahe, kayu manis, temulawak, daun salam dan juga sereh.

Jahe dan daun salam mengandung antiinflamasi, kayu manis mengandung cinnamaldehyde, sereh mengandung analgesik dan temulawak mengandung kurkuminoid serta minyak atsiri. Kandungan-kandungan tersebut bekerja secara bersamaan untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi.

Penderita asam urat dianjurkan untuk berwaspada jika mengonsumsi susu yang terdapat kandungan lemaknya. Seperti susu sapi atau susu yang berasal dari kacang-kacangan. Namun, susu kambing merupakan susu yang rendah lemak sehingga penderita asam urat diperbolehkan untuk meminumnya.

Terdapat kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu kambing. Kebutuhan kalsium per hari dapat terpenuhi jika meminum susu kambing sesuai dengan dosis yang disarankan yaitu dua kali sehari. Sudah banyak testimoni yang mengatakan bahwa setelah rutin mengonsumsi susu kambing, keluhan asam urat yang dirasa seperti pegal-pegal berkurang. Selain itu juga rasanya seperti memberikan efek hangat setelah meminumnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa susu etawalin merupakan obat asam urat obat nyeri sendi di apotik yang sudah teruji dan recommended.

OAINS (Obat Antiinflamasi Non Steroid)

Obat antiinflamasi non steroid atau bisa disingkat OAINS merupakan jenis obat asam urat obat nyeri sendi di apotik yang dapat mengurangi nyeri dan juga mengatasi asam urat. Contoh dari OAINS yang biasa digunakan yaitu ibuprofen, celecoxib dan indomethacin. Untuk ibuprofen bisa dibeli secara bebas di apotik dan dikonsumsi sesuai dengan panduan yang tertera. Namun, untuk celecoxib dan indomethacin perlu memerlukan resep dokter saat menggunakannya.

Efek samping yang dapat muncul ketika mengonsumsi obat OAINS yaitu rasa nyeri pada ulu hati, perut menjadi kembung, dan diare (BAB dengan konsistensi cair atau lembek). Penggunaan OAINS harus dihentikan jika rasa nyeri pada sendi sudah menghilang. Disarankan untuk mengonsumsi OAINS setelah makan agar mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti maagh atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), dan lain-lain.

Colchicine

Selain OAINS, obat asam urat obat nyeri sendi di apotik yang dapat meredakan nyeri sendi yaitu colchicine. Mengonsumsi obat ini harus sesuai dengan petunjuk dari dokter. Cara kerja dari colchicine yaitu dengan mencegah adanya reaksi antara sel darah putih terhadap kristal-kristal asam urat yang bisa menimbulkan rasa nyeri.

Efek samping yang bisa timbul ketika mengonsumsi obat colchicine adalah gangguan pada saluran pencernaan. Seperti timbulnya rasa mual, muntah, kram pada perut, diare, perdarahan pada saluran pencernaan. Selain itu juga bisa menimbulkan ruam kulit, gagal napas, kebotakan dan juga hipersensitif.

Perlu menjadi catatan, obat colchicine perlu disimpan pada suhu ruangan 20-25 derajat celcius. Sebisa mungkin menjauhi paparan dari sinar matahari secara langsung.

Kortikosteroid

Obat asam urat obat nyeri sendi di apotik lainnya yaitu kortikosteorid. Obat kortikosteroid bisa dikonsumsi bagi penderita asam urat yang tidak memungkinkan untuk minum obat OAINS ataupun colchicine. Contoh dari obat golongan kortikosteroid yaitu prednison dan metilprednisolon.

Kortikosteroid mampu meredakan nyeri sendi dan perlu dikonsumsi setelah makan. Efek samping yang bisa timbul setelah mengonsumsi kortikosteroid yaitu wajah bengkak, tekanan darah tinggi dan juga gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang muncul seperti mual dan muntah. Obat ini bisa dikonsumsi secara oral ataupun disuntikkan oleh tenaga medis di fasilitas kesehatan. Pemberian obat tersebut disesuaikan dengan kebutuhan setiap penderita asam urat.

Allopurinol

Obat asam urat obat nyeri sendi di apotik yang lain dan tergolong dalam kategori murah yaitu allopurinol. Obat ini bekerja untuk mengurangi kadar asam urat di dalam darah. Selain itu juga sebagai pencegah kambuhnya gejala-gejala asam urat.

Biasanya, obat dikonsumsi saat gejala timbul atau penyakit kambuh. Namun berbeda dengan allopurinol. Allopurinol dikonsumsi saat gejala mereda. Diperlukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Efek samping yang bisa timbul setelah mengonsumsi obat ini yaitu hipersensitivitas, gangguan pada kulit seperti pruritus atau gatal-gatal, dan gangguan pencernaan seperti maagh, diare atau sakit perut.

Probenecid

Obat asam urat obat nyeri sendi di apotik lainnya yaitu probenecid. Yang perlu menjadi catatan yaitu sebelum menggunakan obat ini penderita asam urat perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Cara kerja dari probenecid dengan ikut menghambat proses  penyerapan asam urat pada ginjal. Karena penyerapan terhambat, maka asam urat yang berlebih bisa ikut keluar bersama urine atau BAK. Hal ini membuat kadar asam urat jadi menurun.

Selama mengonsumsi obat ini, minumlah air mineral kurang lebih sebanyak 3 liter agar mencegah timbulnya batu ginjal. Efek samping dari probenecid yaitu nyeri pada gusi, gusi mengalami luka, sakit kepala atau gangguan pencernaan seperti timbul rasa mual dan muntah.

Febuxostat

Jenis obat asam urat obat nyeri sendi di apotik yang lain yaitu ada febuxostat. Obat ini bekerja dengan membuat kadar asam urat di dalam tubuh menurun. Penggunaan obat febuxostat juga saat gejala mereda atau ketika tidak kambuh.

Pengonsumsian obat febuxostat juga memerlukan resep dokter. Jangan lupa untuk memberi tahu riwayat penyakit, riwayat alergi saat berkonsultasi dengan dokter. Efek samping yang bisa timbul dari meminum obat febuxostat yaitu nyeri sendi, rasa mual, diare (BAB dengan konsistensi cair atau lembek), dan ruam ringan.

Begitulah penjelasan terkait 7 obat asam urat obat nyeri sendi di apotik . Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan pola makan dengan mengurangi makanan yang tinggi purin agar kadar asam urat di dalam darah dapat menurun dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?