Berat Badan Anak Usia 2 Tahun Ideal dan Cara Meningkatkannya

Berat Badan Anak Usia 2 Tahun

Normal atau tidaknya berat badan anak usia 2 tahun, baik laki-laki maupun perempuan, dapat mempengaruhi setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Pertambahan berat badan dari masing-masing anak sendiri sangatlah berbeda-beda.

Itu semua tergantung pada berbagai faktor, seperti genetika, aktivitas yang dilakukan, asupan gizi hingga penyakit. Penyakit seperti kanker, kelainan kelenjar tiroid, tuberkulosis, diabetes dan gangguan saluran pencernaan dapat mempengaruhi berat badan anak, bahkan membuat angkanya berada di bawah normal.

Untuk itu, seluruh orang tua di dunia harus memperhatikan bagaimana pertumbuhan badan anak mereka. Selain melalui pengukuran berat badan, normal atau tidaknya pertumbuhan anak juga dapat diketahui dengan cara mengukur tinggi badan atau lingkar kepala.

Berat Badan Anak Usia 2 Tahun
pixabay.com

Kisaran Berat Badan Anak Usia 2 Tahun

Setiap usia dalam fase pertumbuhan anak, terdapat kisaran berat badan yang ideal. Berdasarkan kurva pertumbuhan WHO (world health organization), anak usia 2 tahun berjenis kelamin laki-laki idealnya memiliki berat badan antara 10 sampai 15 kg (optimal 10,8 –  13,8 kg), sedangkan untuk anak perempuan antara 9 hingga 15 kg (optimal 10 hingga 13 kg).

Ada juga patokan untuk tinggi badannya berdasarkan kisaran berat badan anak usia 2 tahun tersebut. Untuk anak laki-laki umumnya memiliki tinggi 78 hingga 97 cm (optimal 81-94cm) dan anak perempuan 80 hingga 93 cm (optimal 83-90 cm).

Meski begitu, menilai kesehatan anak tidak hanya didasarkan pada berat dan tinggi badan. Ibu perlu memperhatikan beberapa aspek lain, seperti lingkar kepala, kondisi dari ujung rambut hingga kaki dan masih banyak lagi.

Untuk itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan atau konsultasi langsung pada dokter di faskes terdekat. Langkah ini dapat membantu untuk mengetahui penyebab berat badan anak yang kurang dan dapat teratasi sejak dini.

Cara Mengecek Berat Badan Ideal untuk Anak Usia 2 Tahun

Agar bisa mengetahui berat badan anak usia 2 tahun ideal atau tidak, Ibu bisa mengecek dengan rutin berat badannya kemudian membandingkan dengan tabel berat badan dari WHO. Atau jika masih ragu, lakukan pengecekan berat badan ini di faskes terdekat, seperti rumah sakit, puskesmas dan lain sebagainya.

Pemerintah bahkan telah memberikan rincian berat badan ideal anak mulai dari usia 1 sampai 5 tahun melalui Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Aturan ini tercantum dalam PMK No 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak.

Antropometri dapat diartikan sebagai sebuah metode penilaian ukuran, proporsi dan komposisi tubuh manusia. Untuk anak-anak, penilaian status gizinya dapat dilakukan dengan membandingkan hasil penimbangan berat badan dengan Standar Antropometri Anak melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan indeks Berat Badan berdasarkan Umur (BB/U) usia 0 sampai 60 bulan.

Faktor Mempengaruhi Berat Badan Anak Usia 2 tahun

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya angka berat badan pada anak usia ini adalah sebagai berikut:

Usia Kehamilan

Bayi yang lahir kurang bulan atau prematur cenderung memiliki berat badan yang rendah ketimbang bayi yang lahir cukup bulan.

Jenis Kelamin

Bayi laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan signifikan untuk angka berat badan. Bayi laki-laki cenderung memiliki berat badan yang lebih tinggi ketimbang perempuan saat dilahirkan.

Kesehatan Ibu Selama Mengandung

Selama masa mengandung, Ibu yang sering mengalami masa sulit mengandung akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Misalnya ibu yang sering mengonsumsi obat-obatan, kurang makan hingga merokok. 

Namun, ketika ibu memiliki berat badan yang berlebih selama mengandung, maka anak dalam kandungannya akan lahir dengan bobot yang lebih besar ketimbang bayi lainnya.

Cara Menambah Berat Badan Anak Usia 2 Tahun yang Efektif dan Aman

Tidak sedikit anak usia 2 tahun yang memiliki bobot dibawah angka normal atau ideal. Ibu tentu tidak ingin bayinya mengalami hal ini dalam pertumbuhannya. Untuk itu, Ibu perlu berupaya untuk menjaga atau meningkatkan berat badan Si Kecil dengan cara-cara berikut ini:

Pastikan untuk Memenuhi Kebutuhan Gizinya

Untuk mencapai berat badan anak usia 2 tahun yang ideal, memberi anak dengan asupan makanan sehari-hari saja tidaklah cukup. Pastikan makanan-makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Kandungan nutrisi seperti zat besi, karbohidrat, protein dan mineral, sangatlah penting untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil.

Berikan Stimulasi untuk Mendukung Peningkatan Berat Badan

Ibu juga bisa mendukung peningkatan berat badan anak dengan memberikan stimulasi yang baik untuk berat badan. Misalnya dengan memberikan asupan makanan yang ia sukai, berolahraga bersama atau makan bersama keluarga.

Memastikan Anak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Cara menambah berat badan anak usia 2 tahun berikutnya adalah memastikan ia memiliki waktu tidur yang cukup. Hal ini berguna untuk mendukung dan memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal. Menurut AAP (American Academy of Pediatrics), anak usia 1-2 tahun memerlukan waktu tidur selama 11-14 jam.

Buat Anak Selalu Bergerak Aktif

Selain memenuhi kebutuhan gizi, Ibu juga harus memastikan bahwa Si Kecil selalu bergerak aktif. Untuk anak usia 2 tahun, cukup lakukan aktivitas fisik bersama selama 3 jam agar membantu tumbuh kembangnya.

Biasakan untuk Menerapkan Pola Makan Seimbang

Meski ingin menambah berat badan anak usia 2 tahun, Ibu tidak perlu untuk selalu menambah porsi makannya. Cukup berikan makan seperti biasa selama 3 kali dalam sehari dan diselingi dengan 3 kali camilan.

Penerapan pola makan yang seimbang dapat meningkatkan berat badan anak lebih aman dan efektif. Caranya adalah dengan memastikan anak untuk memperoleh makanan penuh gizi dan bervariasi sesuai dengan kebutuhannya.

Buat Menu Makanan yang Bervariasi

Cara menambah berat badan untuk anak usia 2 tahun berikutnya adalah dengan membuatkannya menu makan bervariasi. Anak cenderung merasa bosan jika harus memakan makanan yang sama selama berhari-hari. Cobalah untuk mengkreasikan resep makanan agar ia bisa menikmati waktu makannya.

Jangan Pernah Membatasi Asupan Lemak

Zat gizi yang satu ini sangatlah penting untuk menunjang peningkatan berat badan Si Kecil. Bahkan, American Heart Association menyarankan untuk memberikan asupan lemak total sekitar 35 persen dari kebutuhan kalori anak usia 2-3 tahun.

Meski begitu, pemberian zat gizi ini juga tidak boleh asal-asalan bahkan berlebihan. Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans pada anak yang berasal dari junk food, biskuit, snack dan masih banyak lagi.

Sebagai gantinya Ibu bisa mengganti makanan-makanan ini dengan bahan makanan seperti minyak zaitun, mentega, alpukat, ikan makarel, ikan sarden dan makanan tanpa lemak jenuh lainnya untuk menambah berat badan anak usia 2 tahun.

Ibu bisa melakukan pengecekan rutin untuk memastikan angka berat badan anak normal atau ideal. Selain itu ketahui beberapa faktor yang mempengaruhinya untuk bisa melakukan cara meningkatkan berat badan anak lebih optimal. 

Ibu juga bisa memberi asupan gizi tambahan seperti susu Weight Herba yang baik untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil. Selain meningkatkan nafsu makan dan berat badan, susu ini juga dapat mengatasi keterlambatan tumbuh serta meningkatkan kinerja otaknya.

Ya, jika ingin menambah berat badan anak usia 2 tahun, Weight Herba adalah salah satu jenis susu yang dapat dipertimbangkan. Susu ini diformulasikan dari beragam bahan alami yang diketahui dapat meningkatkan berat badan. Kelebihannya, susu ini aman dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil tanpa perlu khawatir. Namun, penting untuk dicatat bahwa susu ini hanya direkomendasikan untuk anak usia 2 tahun ke atas.

Weight Herba mengandung daun kelor, temulawak, dan susu kambing etawa yang dipercaya dapat membantu anak mencapai berat badan ideal dengan baik. Anak disarankan untuk mengonsumsi susu ini sebanyak 3 kali sehari setelah makan guna meningkatkan asupan nutrisi mereka. Selain itu, susu ini juga memiliki manfaat tambahan, seperti menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan nafsu makan.

Demikian pembahasan mengenai berat badan anak usia 2 tahun dan cara mendapatkan BB ideal. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?