6 Tumbuh Kembang Berat Badan Bayi 3 Bulan yang Ideal

Berat Badan Bayi 3 Bulan

Berat badan bayi 3 bulan yang ideal harus memenuhi standar pokok tabel pertumbuhan bayi dengan baik. Dengan mendapatkan berat badan yang ideal, maka si kecil telah memenuhi tumbuh kembangnya dengan sesuai dan dalam tahapan yang aman. Usia 3 bulan merupakan waktu paling penting karena pada saat itu masa transisi sejak pertama kali lahir menuju usia yang lebih aktif.

Dalam 1000 hari kehidupannya, si kecil membutuhkan pendampingan serta pemantauan terbaik dari para orang tua. Peran orangtua dalam mendampingi pertumbuhan mereka hingga usianya menginjak 2 tahun, menjadi masa emas yang akan mempengaruhi bayi hingga pertambahan usia selanjutnya.

Berat Badan Bayi 3 Bulan yang Ideal serta Perkembangan Normal dari Hari ke Hari

Perkembangan normal pada tubuh si kecil akan ditandai dengan beberapa hal. Salah satunya yaitu berat badan yang terus mengalami peningkatan dengan ukuran ideal. Hal lain yang wajib menjadi perhatian bagi orang tua, juga mencakup pada tinggi atau panjang badan serta lingkar kepala. Dalam buku kesehatan, terdapat sejumlah pedoman untuk menghitung kurva pertumbuhan si kecil mulai dari ambang batas normal hingga batas tidak normal yang harus segera mendapatkan penanganan medis.

Berat badan bayi 3 bulan yang tidak ideal tentu akan mengganggu masa pertumbuhan mereka. Beberapa faktor akan menandai perbedaan berat badan si kecil, seperti jenis kelamin serta usia. Pada bayi perempuan, usia 3 bulan harus memiliki berat badan sekitar 3,8-5,5kg. Sedangkan bagi bayi laki-laki, mereka harus memiliki berat badan 4-6 kg.

Begitupun perihal perhitungan panjang badan, di mana laki-laki harus memiliki angka yang lebih besar daripada bayi perempuan. Apabila sudah memiliki berat yang ideal, perkembangan, serta pertumbuhan pada bayi dapat diperhatikan dengan melihat kemampuan yang mereka miliki.

Berat badan memang salah satu indikator tumbuh kembang bayi. Biasanya pada usia 3 bulan bayi sudah mengalami perkembangan berbagai hal. Mulai dari komunikasi, kemampuan sosial, dan motorik. Tentunya perkembangan ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek. Sehingga bagi orang tua perlu memperhatikan secara seksama mengenai tanda-tanda perkembangan ini. Berikut beberapa penjelasan mengenai perkembangan bayi berusia 3 bulan.

  1. Peningkatan Indera
    Berat badan bayi 3 bulan yang normal secara efektif dapat menunjang pertumbuhan si kecil dengan baik. Salah satu perkembangan yang akan dimiliki oleh bayi berusia 3 bulan yaitu perkembangan pada indera mereka. Khususnya, pada indera penglihatan serta pendengaran, bayi akan mudah tersenyum sambil melihat orangtuanya. Oleh karena itu, banyak dokter menyarankan untuk sering mengajak si kecil berkomunikasi agar dapat membentuk bonding dan keterikatan yang dalam bagi anak dengan orang tuanya.
  2. Kemampuan Komunikasi
    Dengan berat badan bayi 3 bulan, idealnya mulai mengalami kemajuan berkomunikasi. Salah satunya komunikasi dengan tatapan mata ketika diajak berbicara. Bayi di usia ini biasanya mulai bergumam, seakan akan ingin menjawab perkataan orang tuanya. Bayi di umur 3 bulanan ini juga bisa menoleh dan tersenyum saat mendengar suara orang tuanya. Bahkan saat mendengar suara musik di sekitarnya. Suara-suara yang merupakan hal baru dapat menarik perhatian bayi di usia ini.
  3. Kemampuan Sosial
    Selain mengalami perkembangan dalam hal berkomunikasi, bayi pada usia 3 bulan juga mulai bisa mengenali orang di sekitarnya. Entah itu orang tua maupun orang-orang baru yang sering bersamanya.Di usia ini, bayi juga mulai bisa meniru suara dan ekspresi yang terpancar dari kedua orang tuanya maupun orang lain. Kemudian, bayi di usia ini cenderung merasa nyaman dan aman saat digendong. Sehingga menciptakan hubungan yang erat dengan orang tua atau orang yang paling sering merawatnya.
  4. Kemampuan Motorik
    Selain berat badan bayi 3 bulan yang terus bertambah, di usia ini ada beberapa kemampuan-kemampuan lain yang turut berkembang. Seperti salah satunya adalah perkembangan motorik bayi. Contohnya seperti menegakkan kepala dan dada ketika dalam posisi tengkurap. Selain itu pergerakkan lain yang menandakan kemampuan motorik meningkat adalah meraih dan menggenggam benda apapun di dekatnya.Bayi di usia 3 bulan ini juga mulai lincah memainkan jari jemarinya secara aktif. Gerak aktif ini juga terlihat dari gerak kaki yang mulai kuat seperti menendang-nendangkan kaki yang semakin kencang.
  5. Perkembangan Sensorik
    Perkembangan sensorik akan terjadi jika berat badan bayi 3 bulan berada di angka yang ideal. Proses perkembangan ini hampir sama dengan perkembangan motorik. Kemampuan sensorik bayi semakin berkembang pada usia 3 bulan.

    @tentanganak.id Sudahkah AyBun memberikan stimulasi rutin untuk perkembangan Si Kecil? #tentanganak #parenting #fyp #perkembanganbayi3bulan ♬ Natural Emotions – Muspace Lofi

    Perkembangan sensorik ini lebih cenderung pada beberapa indera. Seperti penglihatan bayi menjadi lebih baik, kemudian mereka mungkin mulai mengikuti gerakan dengan mata mereka. Selain itu terdapat peningkatan dalam pengenalan warna cerah dan bahkan indera pendengaran juga semakin tajam. Sehingga bayi merespons suara-suara di sekitarnya dengan lebih jelas.

  6. Pengembangan Ritme Tidur dan Bangun
    Meskipun pola tidur bayi mungkin masih bervariasi, ada kecenderungan untuk adanya rutinitas tertentu dalam ritme tidur dan bangun. Bayi dapat menunjukkan tanda-tanda kelelahan atau kewaspadaan pada jam-jam tertentu. Maka dari itu untuk hal ini menjadi perhatian khusus bagi orang tua dalam menyesuaikan pola tidur bayi. Ritme istirahat ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi secara keseluruhan. Karena tinggi dan berat badan bayi akan mengalami perkembangan ketika istirahat malam.

Cara Mengatasi Kekurangan Berat Badan Bayi Usia 3 Bulan

Wajarnya, seorang bayi akan mengalami peningkatan berat badan setiap bulannya. Kenaikan berat badan ini, idealnya menyentuh angka kisaran 560-800 gram untuk bayi berusia 0-6 bulan. Apabila si kecil tidak mengalami kenaikan berat badan dalam waktu yang lama serta tidak memenuhi grafik kurva pada buku kesehatan, tentu ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan demi menunjang berat badan yang ideal.

  1. Menyusui Lebih Sering
    Menjadi Ibu baru, tentunya masih membutuhkan pendampingan terhadap cara mereka menjaga dan mengurus bayi, atau mencari banyak sumber informasi agar bisa melancarkan ASI. Agar mencapai nilai berat badan bayi 3 bulan yang ideal, si ibu harus lebih sering menyusui bayinya setiap 2 atau 3 bulan selama 20 menit. Perhatikan posisi menyusui dengan baik, agar proses menyusui berjalan dengan lancar.
  2. Konsumsi Asi Booster untuk Menambah Produksinya
    Mengkonsumsi suplemen hingga susu untuk menambah produksi ASI, memang dapat bekerja dengan baik. Weight Herba yang merupakan susu penambah berat badan pada anak, dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui, agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh si kecil. Dengan mengkonsumsi Weight Herba secara teratur, produksi ASI akan semakin lancar, sekaligus kandungan gizi yang lengkap dapat mengoptimalkan kenaikan berat badan bayi secara signifikan.
  3. Waktu yang Tepat untuk Berkonsultasi
    Melakukan konsultasi dengan ahli laktasi dapat mencari solusi apa yang bisa dilakukan oleh orang tua agar berat badan bayi 3 bulan kembali normal. Berbagai kondisi medis bisa saja menjadi alasan mengapa berat badan bayi tidak kunjung mengalami peningkatan. Jika kondisi ini tidak kunjung membaik, pemeriksaan harus segera dilakukan untuk mencegah timbulnya kondisi yang semakin parah. Waktu terbaik untuk melakukan konsultasi dokter adalah sesegera mungkin saat kondisi si kecil tidak kunjung mengalami kenaikan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?