Berat Badan Bayi 5 Bulan dan Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan

Berat Badan Bayi 5 Bulan

Berat badan bayi 5 bulan yang ideal perlu orang tua ketahui dengan baik. Hal ini karena berat badan jadi salah satu indikasi kesehatan dan pertumbuhan sang buah hati. Sebagai orang tua yang peduli dengan tumbuh kembang anak, tentu berupaya sebaik mungkin agar sang buah hati bisa memiliki berat badan yang semestinya.

Berat Badan Bayi 5 Bulan
freepik.com

Berat Badan Bayi 5 Bulan yang Ideal

Bayi dengan usia 5 bulan biasanya memiliki berat badan hingga dua kali lipat dari bobot saat awal kelahirannya. Untuk mengetahui berat badan bayi 5 bulan apakah sudah ideal atau belum, setiap orang tua harus menimbangnya secara rutin tiap bulannya.

Bayi 5 bulan dengan jenis kelamin laki-laki biasanya memiliki berat badan ideal sekitar 6-9,5 kg. Kemudian untuk bayi perempuan dengan usia yang sama, biasanya memiliki berat badan ideal berkisar 5,5-9 kg.

Berat badan bayi 5 bulan tersebut juga harus beriringan dengan panjang yang sesuai. Bayi laki-laki di usia tersebut memiliki panjang badan ideal sekitar 62-70 cm. Lalu untuk bayi perempuan idealnya 60-68 cm.

Asupan Nutrisi Agar Berat Badan Bayi Ideal

Orang tua yang baik pastinya rutin memantau tumbuh kembang sang buah hati. Apabila mengetahui berat badan bayi 5 bulan belum ideal, tak perlu berkecil hati.

Hal ini karena ada banyak cara yang bisa orang tua lakukan agar bayi bisa mendapatkan berat badan 5 bulan ideal. Cara ini berkaitan dengan pemenuhan asupan nutrisi.

Pada dasarnya, berat badan bayi 5 bulan yang ideal dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diterimanya. Orang tua harus memastikan sang buah hati mendapatkan asupan nutrisi secara cukup dan tepat.

Asupan nutrisi secara cukup ini bisa mencegah bayi 5 bulan kelebihan ataupun kekurangan berat badan. Adapun asupan nutrisi yang baik untuk bayi usia 5 bulan ialah sebagai berikut.

ASI

Sudah bukan rahasia lagi apabila bayi dengan usia 5 bulan masih membutuhkan ASI sebagai kebutuhan utamanya. Sebagai asupan nutrisi ideal, ASI memang mampu menyokong pertumbuhan bayi dengan baik.

Terkait asupan nutrisi dengan ASI, ibu bisa memberikannya 3-4 kali setiap harinya. Akan tetapi, hal tersebut tergantung dari kebutuhan masing-masing bayi.

Ibu juga bisa memberikan ASI sampai bayi tampak kenyang. Tandanya, bayi akan berhenti menyusu kepada ibunya. Hal ini berlaku untuk proses pemberian ASI langsung dari ibu menyusui bayi.

Berbeda untuk pemberian ASI yang memanfaatkan botol susu. Ibu bisa memberikannya dengan takaran 700-750 ml setiap hari.

Akan tetapi, jangan langsung memberikannya secara penuh. Ibu bisa membaginya jadi beberapa kali pemberian. Misalnya saja berkisar 90 ml setiap memberikan ASI lewat botol susu.

MPASI

Asupan nutrisi untuk bayi 5 bulan agar berat badan ideal berikutnya ialah MPASI. Makanan pendamping ASI ini sebenarnya berlaku untuk bayi yang usianya sudah 6 bulan.

Kendati demikian, orang tua bisa coba sedikit demi sedikit mengenalkan MPASI kepada bayi dengan usia 5 bulan. Akan tetapi, orang tua harus kenali terlebih dahulu apakah sang buah hati memang sudah siap untuk menerima MPASI tersebut atau belum.

Tanda bayi siap, biasanya langsung membuka mulut ketika ada makanan yang mendekatinya, mencoba ingin meraih makanan, dan lainnya. Apabila bayi belum terlihat siap untuk menerima MPASI, jangan memaksanya.

Apabila memaksa sang buah hati, hanya akan membuat bayi merasa tertekan. Hal ini akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Dalam memberikan MPASI juga jangan sembarangan. Pastikan MPASI tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi bayi.

Adapun salah satu contoh MPASI yang bisa orang tua berikan kepada bayi ialah bubur sereal bayi. Bubur tersebut bisa orang tua campurkan dengan ASI ataupun susu formula secukupnya.

Setelah mencampurnya, orang tua bisa memberikannya 1-2 sendok saja. Pastikan tidak memberikan MPASI terlalu banyak kepada anak.

Susu Formula

Apabila sang buah hati minum susu formula, orang tua juga harus memperhatikan takaran dalam memberikannya. Alangkah baiknya jika orang tua memberikan susu formula dengan takaran 120 ml setiap konsumsi.

Dengan kisaran takaran tersebut, orang tua bisa memberikan susu formula ke bayi sebanyak 6 kali setiap harinya. Susu formula memang termasuk kaya asupan nutrisi sehingga bisa orang tua berikan ke sang buah hati.

Air

Agar berat badan bayi 5 bulan bisa ideal, dapatkan asupan nutrisi secara cukup dari air. Akan tetapi, ada syarat tertentu. Orang tua bisa memberikan air putih kepada bayi apabila sudah coba MPASI.

Sama halnya MPASI, orang tua juga perlu memberikan air putih secukupnya saja secara bertahap. Jangan memberikannya terlalu banyak karena bisa mengurangi keinginan bayi untuk minum ASI.

Untuk memastikan apakah asupan nutrisi sang buah hati tercukupi atau tidak, bisa cek rutinitas mengganti popok. Bayi yang asupan nutrisinya tercukupi dengan baik, biasanya mengganti popok hingga 4-5 kali setiap harinya.

Selain itu, orang tua juga harus konsultasi dulu kepada dokter ketika ingin memberikan susu formula maupun MPASI. Hal ini untuk menghindari berbagai risiko tak diinginkan kedepannya.

Pentingnya Memantau Berat Badan Bayi

Setiap orang tua harus memantau berat badan bayi secara rutin. Jika tidak, orang tua tidak bisa tahu bagaimana perkembangan dan pertumbuhan bayinya dari waktu ke waktu.

Terkait hal itu, sebenarnya ada beberapa alasan yang memperlihatkan betapa pentingnya memantau berat badan bayi, tak terkecuali untuk bayi dengan usia 5 bulan. Adapun alasannya ialah sebagai berikut.

Mendeteksi Gangguan Sejak Dini

Salah satu alasannya yakni memantau berat badan bayi 5 bulan sebenarnya bisa mendeteksi adanya gangguan atau penyimpangan yang berkaitan dengan tumbuh kembang bayi sejak dini.

Karena bisa mendeteksinya sejak awal, tentu orang tua dapat langsung memberikan penanganan secara cepat dan tepat kepada sang buah hati. Dengan demikian, gangguan tersebut bisa diatasi sebagaimana mestinya.

Mencegah Kekurangan Gizi

Berat badan bayi 5 bulan memang bisa memperlihatkan asupan gizinya. Apabila berat badan bayi 5 bulan cenderung kurang dan bahkan menurun drastis, khawatirnya sang anak akan mengalami gizi buruk.

Untuk mencegah hal tersebut, tentu perlu menimbang secara rutin. Ketika berat badan bayi 5 bulan mulai menurun, bisa lakukan pencegahan sehingga tidak kekurangan gizi.

Gizi buruk atau kekurangan gizi sendiri sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Bukan hanya soal fisik saja, namun juga mempengaruhi kemampuan berpikir anak.

Saat memantau berat badan anak, orang tua juga bisa tahu apakah sang buah hati tumbuh sehat atau tidak. Setiap orang tua pastinya menginginkan bayinya bisa tumbuh sehat bukan?

Akan tetapi, jangan jadikan berat badan sebagai satu-satunya pedoman ketika membicarakan pertumbuhan anak. Hal ini karena setiap anak mempunyai tingkat pertumbuhan yang berbeda-beda.

Alangkah baiknya jika saat memantau berat badan anak tersebut, juga diimbangi dengan konsultasi secara rutin. Konsultasi dengan dokter anak bisa memberikan hasil yang lebih akurat dan memuaskan.

Berat badan bayi 5 bulan yang ideal memang jadi dambaan setiap orang tua. Saat memiliki berat badan yang ideal seringkali jadi salah satu tanda bahwa anak tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?