Berat Badan Bayi 7 Bulan dan Perkembangan Umumnya

Berat Badan Bayi 7 Bulan

Berat badan bayi 7 bulan umumnya berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhannya di usia dini. Untuk itu, kebutuhan nutrisinya harus dipenuhi. Secara umum, ketika memasuki usia 7 bulan, bayi akan mulai untuk merangkak dan berusaha untuk menyeimbangkan lutut serta tangannya. Fase ini juga merupakan persiapan awal agar otot-otot dalam tubuhnya dapat lebih kuat untuk berjalan nantinya.

Berat Badan Bayi 7 Bulan
pixabay.com

Kisaran Ideal Berat Badan Bayi 7 Bulan dan Perkembangannya

Untuk bayi 7 bulan berjenis kelamin laki-laki bobot normalnya 6,7 kg- 10 kg dengan kisaran panjang dari 65 cm- 73 cm. Sedangkan untuk bayi perempuan, berat badan idealnya adalah 6kg- 9,5kg dengan kisaran panjang mulai dari 63cm-71,5cm. Usia 7 bulan adalah usia dimana bayi mulai aktif dan senang berjelajah dunia di sekitarnya.

Kisaran berat badan normal bayi ini penting untuk diketahui oleh para orang tua, ibu khususnya, agar mencegah adanya kemungkinan kekurangan gizi pada anak. Selain itu, hal ini untuk memastikan bahwa Si Kecil memiliki perkembangan serta pertumbuhan yang baik sesuai usianya.

Berdasarkan tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi usia 7 bulan atau 28 minggu sudah mencapai hal-hal seperti:

  • Menggulingkan tubuhnya sendiri.
  • Mulai bisa duduk sendiri tanpa sandaran maupun bantuan.
  • Mencoba untuk bisa berganti posisi dari berbaring menjadi duduk atau berdiri menjadi duduk.
  • Paham ketika diajak berbicara atau bercanda.
  • Menirukan suara dari sekitar yang familiar untuknya.
  • Mengucapkan sepatah dua patah kata, seperti “ma-ma” atau “pa-pa”.
  • Membedakan dan memegang mainan maupun objek lain sekitarnya.
  • Memberikan benda yang dipegangnya.
  • Mulai memakan makanan berat pendamping ASI.

Perkembangan Umum untuk Bayi Berusia 7 Bulan

Selain berat badan bayi 7 bulan, perkembangan umumnya juga penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua. Berikut penjelasan lebih lengkap terkait perkembangan apa saja yang umum dimiliki oleh bayi usia ini.

Kemampuan Motorik untuk Bayi Usia 7 Bulan

Sebagian bayi yang menginjak usia 28 minggu atau 7 bulan mulai belajar untuk merangkak. Ada juga yang melewati fase merangkak sehingga langsung belajar berjalan.

Pada bayi yang melewati fase merangkak, terdapat pula yang merangkak maju maupun mundur. Fase-fase ini masih tergolong normal untuk bayi usia 7 bulan.

Bayi 7 bulan juga sudah bisa memutar badan dan menegakkan punggung untuk bisa duduk lebih lama. Sebagian dari mereka bahkan bisa mengelompokkan serta menyusun mainan dalam kategori tertentu, baik itu warna, bentuk maupun ukuran.

Untuk mendukung pertumbuhannya, terutama ketika fase merangkak, pastikan lantai rumah selalu dalam keadaan bersih. Pastikan pula perabotan-perabotan berbahaya jauh dari jangkauannya. Untuk bayi yang mulai belajar berjalan, ada baiknya hindari penggunaan baby walker untuk mencegah adanya risiko kecelakaan pada bayi. Lagipun penggunaan alat ini justru menghambat pertumbuhannya nanti.

Di usia ini pula Ibu sudah bisa untuk mengurangi pemakaian botol bayi. Sebagai gantinya perkenalkan anak pada cangkir minum bayi (sippy cup) dengan dua pegangan samping dan moncong mengerucut untuk memudahkannya minum. Lebih awal ia dilatih untuk menggunakan cangkir ini, maka semakin mudah baginya untuk berhenti menggunakan botol susu.

Contoh Permainan untuk Melatih Motorik Bayi Usia 7 Bulan

Berat badan bayi 7 bulan dapat mempengaruhi kemampuan motoriknya. Untuk melatih kemampuan motorik pada bayi usia ini cobalah mengajaknya bermain.

Misalnya, letakkan benda atau mainan di lantai kemudian tutupi dengan kain. Buka kain dengan ekspresi gembira sambil berteriak, “Ini dia!” atau “ketemu!” berulang kali. Ia akan merasa gembira dan memperhatikan bagaimana benda tersebut nampak dan hilang kembali.

Kemampuan Berkomunikasi Bayi 7 Bulan

Daya ingat atau memori pada bayi usia 7 bulan telah berfungsi dengan baik dan secara perlahan ia telah mengingat suara familiar di sekitarnya. Dia juga akan mulai berceloteh satu sampai dua kata untuk berinteraksi dengan lawan bicaranya.

Selain itu, ia akan secara perlahan memahami larangan atau perintah untuk melakukan sesuatu. Selain mengalami berat badan yang tidak stabil, bayi usia 7 bulan juga mulai bisa mengenali dan meniru ekspresi, intonasi suara, dan gerakan orang lain yang berinteraksi dengannya.

Misalnya, ia akan meniru ketika orang disekitarnya bertepuk tangan dan menangis saat mendengar suara dengan nada membentak atau tinggi. Oleh karena itu, usahakan selalu memberikan contoh baik pada kesempatan yang baik ini. Sebab, anak usia ini akan meniru dan mengamati bagaimana cara orang saling berinteraksi satu sama lain.

Kemampuan Sosial Bayi 7 Bulan

Selain berat badan bayi 7 bulan, kemampuan motorik dan komunikasi, di usia ini juga akan mengalami perkembangan untuk bersosialisasi. Ia akan mulai menolak dan menuruti perintah orang lain. Untuk itu, para orang tua wajib membimbing dan mengarahkannya agar berbuat baik. Misalnya, memperingatkannya ketika mulai mencoret tembok, memasukkan benda asing ke dalam mulut, dan masih banyak lagi.

Namun, perlu diketahui bahwa ia belum sepenuhnya memahami atau mengingat hal yang dikatakan. Jadi, ungkapkan kata larangan seperti “Jangan” apabila ia mulai melakukan hal yang tidak atau kurang baik, lalu cobalah untuk mengalihkan perhatiannya.

Dalam hal hubungan interpersonal, bayi usia ini sudah mulai bisa merasakan cemas, terutama ketika ada orang asing yang mendekatinya. Mereka juga akan menangis jika mendapati ibunya tidak ada di samping atau dalam pandangannya. Ini menunjukkan bahwa mereka telah memahami lingkungan sekitarnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Lainnya

Bukan hanya pertumbuhan tubuh dan berat badan bayi 7 bulan yang perlu diperhatikan. Hal lain seperti pertumbuhan gigi juga penting.

Umumnya, bayi akan mengalami pertumbuhan gigi mulai dari usia 4-7 bulan. Ketika ini terjadi ia akan merasa gatal dan kurang nyaman sehingga terus memasukkan benda asing atau tangannya ke dalam mulut dan menggigitnya. Pada masa ini bayi akan lebih sering mengeluarkan air liur.

Agar membantu untuk meredakan rasa gatal ini, berikan mainan teether yang memang berfungsi untuk gigi. Namun, pastikan mainan ini selalu dalam keadaan bersih sebelum memberikannya pada anak. Selain mainan, buah-buahan dingin yang telah dihaluskan juga dapat membantu untuk mengurangi rasa gatal akibat pertumbuhan gigi.

Apabila kemampuan-kemampuan tersebut belum dialami oleh anak, Ibu tidak perlu khawatir karena perkembangan setiap anak unik dan berbeda-beda. Namun, untuk memastikan tidak ada masalah dalam pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Penutup

Berat badan bayi 7 bulan penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua. Kemampuan lain seperti motorik, berkomunikasi dan sosial juga tak kalah pentingnya. Untuk memastikan pertumbuhannya berjalan dengan lancar, selama dalam kandungan Ibu bisa mencoba untuk mengkonsumsi susu sebagai nutrisi tambahan seperti Weight Herba. Susu ini memiliki kandungan baik untuk tubuh yang membantu menambah berat badan, meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki masalah pencernaan. Susu ini juga aman dikonsumsi karena sudah memiliki nomor BPOM POM TR 213220131 dan bersertifikasi Halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?