Seharusnya Berapa Berat Badan Bayi 8 Bulan?

Apakah Bunda sudah mengetahui sebenarnya berapa berat badan bayi 8 bulan? Apakah berat badan anak Bunda sudah sesuai dengan usia pertumbuhannya? Mari kita bahas terkait hal ini.

Pada artikel ini, tidak hanya membahas tentang berat badan bayi 8 bulan. Tetapi juga membahas kemampuan motorik, kemampuan bicara dan kemampuan sosialnya.

Berapa Berat Badan Bayi 8 Bulan?

Lalu, apa jawaban dari pertanyaan “Berapa berat badan bayi 8 bulan?”

Berat badan bayi adalah tolak ukur penting untuk melihat apakah perkembangan dan pertumbuhannya sudah sesuai atau tidak. Jika berat badannya kurang dari semestinya, Bunda perlu menaikkan berat badan anak.

Begitupun sebaliknya. Ketika berat badannya berlebih dari yang seharusnya, maka Bunda perlu menurunkan agar berat badan anak tetap dalam rentang normal.

Berat badan bayi 8 bulan yang ideal itu berbeda antara laki-laki dan perempuan. Pada jenis kelamin laki-laki, berat badan bayi 8 bulan yang ideal adalah 7 kg – 10,5 kg.

Sedangkan pada jenis kelamin perempuan, berat badan bayi 8 bulan yang ideal adalah 6,3 kg – 10 lg. Lalu, apa yang perlu dilakukan jika bayi 8 bulan anda mengalami berat badan rendah?

Berikut adalah solusi jika berat badan bayi 8 bulan anda di bawah rentang ideal:

  • Pemberian ASI
    Sumber nutrisi utama bayi yang masih berusia 8 bulan yaitu ASI (Air Susu Ibu). Ketika berat badan bayi dalam kategori rendah, artinya asupan ASI nya kurang.
    Jadi, terus berikan ASI kepada anak anda yang berat badannya rendah ya Bun. Terlebih karena kandungan ASI sangat lengkap dan baik untuk tubuh bayi.
    Yaitu protein, beragam vitamin, lemak dan juga mineral. Jadi, kebutuhan nutrisi Bunda juga harus terpenuhi setiap harinya agar bisa memproduksi banyak ASI.
  • Pemberian MPASI
    MPASI adalah makanan pendamping ASI. Bayi yang berusia 8 bulan sudah waktunya untuk diberikan MPASI agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.
    MPASI seperti apa yang diberikan kepada bayi? Bunda bisa memberikan variasi agar selera makan bayi bisa meningkat. Berikan MPASI yang mengandung gizi seimbang sesuai kebutuhan bayi.
    Jadi, bayi yang berusia 8 bulan memerlukan ASI dan MPASI setiap harinya. Jumlah pemberian ASI 6x dalam satu hari dan MPASI 3x dalam satu hari.
  • Pemberian Finger Food
    Finger food adalah makanan dengan potongan kecil yang diberikan pada bayi agar bisa memegang sendiri makanannya. Pemberian finger food bisa membuat nafsu makan bayi meningkat.
    Selain itu juga kemandirian bayi dan juga motorik halus bisa jadi terlatih. Ada beragam makanan yang bisa dijadikan sebagai finger food. Contohnya adalah potongan sayur, potongan daging, telur, tahu dan lain-lain.
  • Berikan Pijat Bayi
    Apa hubungannya berat badan dengan pijat bayi? Jadi, pemberian pijat bayi bisa memberikan beragam manfaat bagi bayi.
    Manfaatnya yaitu nafsu makan bayi jadi meningkat, membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar dan berat badan bayi pun bisa jadi meningkat.
  • Berikan Buah-Buahan
    Memberikan buah-buahan pada bayi bisa membuat berat badan meningkat. Setiap buah kandungannya berbeda.
    Contoh buah yang disarankan untuk dikonsumsi bayi 8 bulan yaitu alpukat dan pisang. Kandungan yang ada di dalam alpukat yaitu lemak nabati dan bisa membuat berat badan bertambah.
    Adapun kandungan yang ada di pisang yaitu karbohidrat dan energi sehingga memakan pisang bisa menambah berat badan bayi.

Lalu, apakah boleh jika memberikan susu penambah berat badan kepada bayi 8 bulan? Jawabannya adalah tidak, ya Bun.

Kecuali, kalau anak bunda sudah berusia 2 tahun ke atas. Itu boleh untuk mengonsumsi susu penambah berat badan seperti susu Weight Herba. Susu ini terverifikasi halal dan sudah terdaftar dalam BPOM juga.

Susu ini terbuat dari bahan-bahan alami dan sudah terbukti aman. Yaitu terdiri dari susu kambing etawa, temulawak, dan daun kelor.

Susu Weight Herba juga memberikan banyak manfaat ke tubuh. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Membuat berat badan meningkat
  • Membuat nafsu makan meningkat
  • Membuat kadar gula darah tetap dalam rentang normal
  • Membuat saluran pencernaan jadi lancar
  • Membuat tekanan darah tetap dalam rentang normal

Ingat ya bunda, susu ini bisa dikonsumsi oleh anak berusia di atas 2 tahun. Kalau anak Bunda masih dalam kategori berat badan rendah saat >2 tahun, baru Bunda bisa memberikan susu Weight Herba ini.

Kemampuan Motorik

Beberapa kemampuan motorik bayi berusia 8 bulan yaitu:

  • Mencoba mengangkat tubuh dengan tangan dan lututnya.
  • Sering menggerak-gerakkan tubuh ke arah depan dan ke arah belakang, atau biasa disebut oleh kebanyakan orang dengan onggong onggong.
  • Sudah mampu duduk sendiri.
  • Sudah mulai berdiri sendiri dengan memegang sesuatu.
  • Mampu memainkan mainannya dengan beragam cara. Mulai dari menjatuhkan hingga membanting mainan tersebut.
  • Mulai menyukai dan mampu memakan finger food.

Di atas sudah disebutkan bahwa salah satu kemampuan motorik bayi 8 bulan yaitu berdiri dan juga onggong onggong dan perlahan merangkak. Kemampuan ini sangat berisiko bagi bayi untuk mengalami jatuh.

Agar bayi tidak jatuh, maka perlu dilakukan pencegahan. Misalnya dengan memberikan alas karpet di rumah, pastikan lantai di rumah tidak licin, atau memberikan pembatas tempat bermain dengan ruangan lain.

Kalau sudah mencegah dan berusaha, risiko bayi untuk mengalami jatuh jadi lebih kecil. Yang penting, Bunda selaku orang tua adalah mendukung dan tetap mengawasi pergerakan bayi.

Jangan sampai bayi tidak mau banyak bergerak karena bisa membuat ototnya melemah. Termasuk penggunaan baby walker juga sudah tidak disarankan karena bisa membuat otot bayi melemah.

berat badan bayi 8 bulan

Kemampuan Bicara

Apakah bayi Bunda yang berusia 8 bulan sudah mulai bisa mengatakan sebuah kata dengan jelas?

Kemampuan bicara yang seharusnya dicapai pada usia 8 bulan yaitu mengatakan sebuah kata dengan arti yang jelas dan benar. Seperti menyebutkan “mama” sambil seakan menunjuk mama.

Lalu, mungkin Bunda di sana bertanya-tanya bagaimana cara memberikan rangsangan agar kemampuan bicara bayi meningkat. Yaitu dengan sering mengajaknya berbicara.

Bisa membacakan buku, bisa juga bercerita tentang apapun atau menyebutkan nama-nama benda di sekitar. Bayi anda akan menyimak dan hal ini bisa merangsang kemampuan berbicaranya.

Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial bayi berusia 8 bulan yaitu seperti mengikuti perilaku orang, menyisir rambutnya, atau seperti berpura-pura menerima telpon.

Kemampuan sosial ini bisa berkembang dengan baik jika orang tua dan orang sekitar bayi mendukungnya.

Itulah jawaban dari pertanyaan “Berapa berat badan bayi 8 bulan” dan juga berbagai kemampuan yang semestinya dicapai pada usia 8 bulan. Mulai dari kemampuan motorik halus, kemampuan bicara hingga kemampuan sosial.

Jika anak Bunda mengalami hambatan dalam mencapai kemampuan ataupun hambatan dalam menaikkan/menurunkan berat badan, maka berkonsultasilah dengan dokter ahli.

Misalnya ketika bayi anda sudah berusia 8 bulan namun belum mengatakan 1 kata apapun, terlihat tidak seimbang saat merangkak, tidak memberikan respon saat dipanggil. Ini adalah ciri yang bisa dijadikan patokan untuk segera konsultasi dengan dokter.

Apabila perkembangan anak masih sesuai dengan tahapan usianya, maka itu tidak menjadi masalah.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?