Berat Badan Ideal Anak 1 Tahun dan Cara untuk Mencapainya

Berat Badan Bayi 9 Bulan

Berat badan ideal anak 1 tahun menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Anak yang masih berusia 1 tahun, sedang memasuki masa pertumbuhan dan perkembangan. Sebab itulah, asupan gizi dan pola hidupnya harus mendapatkan pengawasan.

Berat Badan Ideal Anak 1 Tahun Berdasarkan Jenis Kelaminnya

Anak laki-laki dan perempuan berusia 1 tahun, memiliki berat badan ideal yang berbeda. Bagi anak laki-laki berusia 1 tahun, kisaran berat badannya yakni 8,6 sampai 10,9 kg dengan tinggi badan 71 – 78,1 cm. Jika kurang dari 8,6 kg, maka berat badannya dapat dikatakan kurang optimal.

Sementara itu, berat badan ideal anak perempuan berkisar 7,9 sampai dengan 10,2 kg. Sedangkan untuk tinggi badannya mencapai 68,9 sampai 76,6 cm. Selain menggunakan data ini sebagai acuan, para orang tua bisa datang bersama sang anak ke posyandu atau puskesmas terdekat. Anak-anak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan melalui pengukuran berat dan tinggi badan yang akurat dari tenaga medis maupun dokter.

Bahkan, bisa mendapatkan layanan pengukuran lingkar kepala anak untuk mengetahui tumbuh kembangnya. Berat badan ideal anak 1 tahun yang berhasil dicapai, menandakan jika pertumbuhan dan perkembangannya berada pada tahapan yang benar.

Cara Mencapai Berat Badan Ideal pada Anak 1 Tahun

Mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak apakah dalam kondisi yang wajar tidak hanya berpedoman pada informasi singkat semacam ini. Para orang tua perlu melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan lebih komprehensif terhadap status gizi pada anak hingga status perkembangannya.

Tidak hanya itu, perlu dilakukan pula serangkaian tes penunjang. Misalnya saja, tes darah, tes mantoux, rontgen, dan jenis tes lainnya. Melalui pemeriksaan dan tes ini, orang tua bisa menentukan langkah dan upaya penanganan terbaik yang dibutuhkan untuk mencapai berat badan ideal.

Ketika anak menunjukkan berat badan yang kurang sesuai dengan usianya, tidak perlu panik. Para orang tua bisa melakukan beberapa upaya penanganan untuk meningkatkan berat badan anak. Adapun upaya yang bisa para orang tua lakukan demi mencapai berat badan ideal anak 1 tahun antara lain:

  1. Beri anak asupan ASI dalam jumlah yang cukup.
  2. Perbanyak variasi MPASI yang kaya akan nutrisi untuk menyeimbangkan asupan gizi hariannya. Hindari memberikan MPASI yang itu-itu saja.
  3. Para orang tua bisa menciptakan suasana makan yang menyenangkan kepada anak. Misalnya dengan membiarkan anak makan sendiri hingga mengajak anak untuk selalu aktif. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan anak.
  4. Ketika anak susah makan, orang tua bisa memberikan camilan yang bergizi dan sehat sebagai alternatifnya.
  5. Tak kalah penting, pastikan anak selalu berada dalam lingkungan yang bersih. Sebisa mungkin jauhkan dari orang yang memiliki sakit menular.
  6. Melakukan pemeriksaan secara berkala setiap satu bulan sekali untuk mengontrol dan memantau tumbuh kembang anak.

Selain cara-cara di atas, untuk mencapai berat badan ideal anak 1 tahun, juga bisa dilakukan dengan beberapa trik mudah lainnya. Berikut ini penjelasannya.

  1. Membiasakan Pola Makan yang Seimbang”
    Tips pertama kali untuk mencapai berat badan ideal anak 1 tahun yang bisa diterapkan, yakni membiasakan anak untuk memiliki pola makan seimbang. Apa maksudnya? Setiap menu makananan yang anak konsumsi harus mengandung protein, vitamin, lemak, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya. Orang tua bisa memberikan 3 sampai empat porsi makanan pokok dalam sehari. 

    Namun, tidak hanya berasal dari nasi putih saja. Asupan karbohidrat bisa didapatkan dari kentang, jagung, beras merah, dan makanan sejenis lainnya. Selain itu, biasakan untuk memberikan anak dua sampai empat porsi lauk yang kaya akan protein setiap hari. Utamakan protein yang berasal dari hewan seperti ikan, telur, ayam, udang, hingga daging. 

    Anak memiliki kecenderungan menyukai minuman berasa. Namun, biasakan untuk minum air mineral dalam jumlah yang cukup. Perbanyak buah dan sayur, setidaknya 300 sampai 400 gram per hari. Angka ini setara dengan tiga hingga empat porsi sayuran dan dua hingga tiga porsi buah-buahan setiap hari. Ada baiknya untuk membiasakan anak sarapan pagi. Tak kalah penting untuk membatasi konsumsi makanan asin dan manis.

  2. Perbanyak Makanan yang Tinggi Kalori dan Lemak Sehat
    Berat badan ideal anak 1 tahun bisa dicapai dengan memberikan makanan tinggi kalori dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup. Asupan kalori yang dibutuhkan oleh anak berusia 1 tahun, yakni 13.350 kkal per hari. Sedangkan kebutuhan lemak sehat perhari mencapai 45 gram. 

    Asupan kalori dan lemak sehat ini bisa didapat dari beberapa jenis makanan. Misalnya saja, telur, keju, ubi jalar, alpukat, kacang-kacangan, mangga, daging ayam tanpa lemak, pisang, ikan laut, minyak zaitun, dan lain sebagainya. Tidak disarankan mengonsumsi junk food hingga makanan tinggi gula. Pasalnya, jenis makanan tersebut bisa memicu peningkatan berat badan tidak normal hingga obesitas.

  3. Imbangi dengan Susu
    Satu lagi upaya yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk memastikan berat badan ideal anak 1 tahun, yakni mengonsumsi produk susu tinggi nutrisi. Saat ini, sudah banyak produk-produk susu yang diperuntukkan bagi anak-anak.Salah satu produk susu yang direkomendasikan adalah Weight Herba. Weight Herba merupakan susu penambah nafsu makan yang kaya akan kandungan nutrisi penting. Weight Herba tidak hanya membantu menambah berat badan anak untuk mencapai angka ideal saja. Akan tetapi, juga memberikan beragam manfaat lainnya.

    Seperti meningkatkan daya serap pada usus, meningkatkan nafsu makan, menambah asupan protein, menambah asupan kalori yang berkualitas tinggi, meningkatkan sistem pencernaan, menjaga tekanan darah tetap normal, hingga menurunkan kadar gula dalam darah.
  4. Lengkapi Asupan Gizi dengan Memberikan Vitamin Tambahan
    Melengkapi asupan gizi harian dengan memberikan vitamin tambahan, bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai berat badan ideal anak 1 tahun. Namun, pemberian vitamin ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebaiknya, mengonsultasikannya kepada dokter untuk mengetahui dosis dan takaran yang tepat.

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Anak

Berat badan anak yang kurang, bahkan tidak sesuai dengan usianya, bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Berikut ini beberapa faktor yang wajib diperhatikan.

  1. Anak lahir secara prematur.
  2. Mengidap sakit berat pada awal kehidupannya, sehingga perlu menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit.
  3. Asupan nutrisi tidak terserap dengan baik.
  4. Mengalami gangguan sistem pencernaan.
  5. Mengalami gangguan hormon.
  6. Keganasan.
  7. Adanya infeksi kronis.
  8. Anak mendapatkan makanan dalam jumlah yang terbatas.
  9. Terdapat gangguan atau masalah mulut maupun saraf otak yang mempengaruhi kemampuan anak untuk mengunyah dan menelan makanan.
  10. Memiliki kelainan genetik.
  11. Terdapat masalah pada pankreas. Pankreas merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berperan untuk menghasilkan kelenjar eksokrin. Kelenjar tersebut berfungsi untuk menghasilkan enzim yang mendukung kinerja sistem pencernaan.

Berat badan ideal anak 1 tahun adalah PR bagi setiap orang tua untuk memenuhinya. Anak yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan optimal, berpeluang besar untuk menjalani kehidupan yang sehat. Hal ini sangat berpengaruh pada proses belajarnya, cepat atau lambatnya dalam menerima informasi, interaksi dengan orang lain, hingga masa depannya kelak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?