Berat Badan Ideal Tinggi 160 cm dan Tips Mendapatkannya

Berat Badan Ideal Tinggi 160

Berat badan ideal tinggi 160 cm mungkin membuat banyak orang merasa penasaran dan ingin mencari tahu lebih banyak tentangnya. Berat badan atau bb memang menjadi salah satu topik kesehatan yang menarik untuk kita bahas. Sebab, bb memang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dan juga penampilan kita.

Bb terbagi menjadi beberapa kategori mulai dari kurang, ideal atau normal, dan berlebih. Bb yang normal atau ideal tentunya menjadi kategori yang lebih baik dan bagus untuk tubuh. Sebab tubuh dengan bb normal akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Berbeda dengan bb kurang bahkan berlebih.

Bb ideal bisa menghindarkan tubuh mengalami obesitas atau berat badan yang berlebihan. Obesitas tentu menjadi masalah yang cukup serius karena bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan kolesterol tinggi. Bb normal juga akan membuat penampilan menjadi lebih bagus, tidak terlalu kurus maupun gemuk.

Tinggi 160 Berat Badan Ideal Berapa
freepik.com

Berat Badan Ideal Tinggi 160 cm Pria dan Wanita

Berat badan yang ideal atau normal antara satu orang dengan orang lainnya mungkin akan berbeda. Hal tersebut karena terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya. Contoh faktor yang mempengaruhi angka bb ideal yaitu faktor jenis kelamin, tinggi badan seseorang, hingga komposisi lemak serta otot tubuh seseorang.

Perempuan dan laki-laki biasanya memiliki kondisi tubuh yang berbeda termasuk terkait tinggi badan, kadar lemak serta otot tubuhnya. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi angka berat badan ideal untuk setiap individu pria dan wanita.  Biasanya berat badan ideal atau normal pria akan lebih besar daripada bb ideal untuk wanita.

Berat badan ideal tinggi 160 cm untuk pria yaitu mulai dari 52 hingga 56 kg (bentuk badan kecil), 55-60 (bentuk badan sedang), dan 59-66 (bentuk badan besar). Sementara itu, untuk bb ideal wanita yang memiliki tinggi badan 160 cm yatu 48-51 (bentuk badan kecil), 50-56 (bentuk badan sedang), 54-61 (bentuk badan besar).

Mengetahui BB Ideal atau Tidak dengan Menghitung IMT

Selain menyesuaikan berat badan dengan klasifikasi bb ideal dan disarankan menurut Kementerian Kesehatan yang tersebut di atas, maka bisa juga mengetahui apakah berat badan termasuk normal atau tidak dengan menghitung Indeks Massa Tubuh atau IMT. Cara ini membutuhkan data tinggi dan berat badan seseorang.

Rumus perhitungan IMT untuk mengetahui berat badan ideal tinggi 160 cm dengan membagi berat badan satuan kg dengan tinggi badan satuan meter kuadrat. Contohnya seseorang memiliki tinggi 160 cm dengan bb 55 kg maka IMT nya 55/1,6/1,6 = 22,6. Jika tinggi 160 cm dan berat badan 60 kg maka IMT nya 60/1.6/1.6 = 23,4.

Hasil perhitungan IMT tersebutlah yang akan digunakan untuk mengetahui apakah berat badan seseorang normal atau tidak. Caranya yaitu dengan membandingkannya dengan klasifikasi hasil IMT untuk populasi Asia. Jika IMT kurang dari 18,5 artinya underweight atau kurang, IMT 18,5 hingga 22,9 artinya ideal atau normal.

Kemudian hasil IMT 23-24,9 artinya overweight atau berlebih dan terakhir IMT lebih dari 25 artinya obesitas. IMT dengan tinggi 160 cm dan berat 55 kg yang menghasilkan nilai IMT 22,6 artinya berat 55 kg termasuk berat badan ideal tinggi 160 cm. Sedangkan tinggi badan 160 cm dan bb 60 kg dengan hasil MT 23,4 termasuk overweight atau tidak masuk kriteria berat badan ideal tinggi 160 cm.

Perhitungan IMT tentu akan memudahkan seseorang yang ingin mengetahui apakah berat badan mereka termasuk normal, kurang, berlebih, atau bahkan obesitas. Perhitungan ini juga bukan hanya untuk orang yang memiliki tinggi badan 160 cm saja, namun juga bisa untuk tinggi badan lainnya baik pria maupun wanita.

Tips Mendapatkan BB Ideal

Setelah mengetahui apakah bb termasuk ideal atau tidak tentu kita bisa mengambil langkah yang tepat setelahnya. Jika memang bb termasuk ideal maka harus selalu mempertahankannya selalu, jangan sampai bb turun hingga menjadi kurang atau naik hingga menjadi berlebih. Sebab hal tersebut akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Jika berat badan ideal tinggi 160 cm kurang atau berlebih maka mau tidak mau harus berusaha untuk membuatnya ideal. Berat badan yang kurang dan berlebih bisa memberikan banyak dampak buruk untuk kesehatan. Misalnya bb kurang bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan sakit, anemia, masalah tulang dan lain sebagainya.

Kemudian jika bb berlebih maka bisa memperbesar risiko tubuh terkena berbagai penyakit. Misalnya memperbesar risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Untuk mencegahnya maka harus membuat bb menjadi ideal. Caranya pun cukup beragam seperti berikut:

    1. Konsumsi Susu Penambah Berat Badan Weight Herba
      Jika berat badan ideal tinggi 160 cm kurang, maka cara menambahnya dengan mengonsumsi Weight Herba yang merupakan susu tanpa gula untuk membantu meningkatkan berat badan dengan mudah. Weight Herba adalah produk suplemen yang terbuat dari berbagai bahan-bahan alami dengan manfaat luar biasa.

      Bahan utamanya menggunakan susu kambing etawa yang terkenal memiliki banyak manfaat berkat berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Kemudian produk ini menggunakan temulawak yang mampu meningkatkan nafsu makan dan daun kelor yang mampu menurunkan gula dalam darah sehingga tidak masalah jika makan banyak.Dengan mengonsumsi Weight Herba maka nafsu makan akan meningkat, asupan kalori dan protein tercukupi, kadar gula darah tetap normal, saluran pencernaan dan tekanan darah tetap terjaga. Manfaat tersebut tentunya akan sangat efektif untuk mendapat berat badan ideal tinggi 160 cm sekaligus menjaga tubuh tetap sehat.
    2. Diet untuk Menurunkan BB
      Jika bb berlebih maka bisa menurunkannya dengan cara diet. Namun tentunya diet tidak bisa dilakukan sembarangan saja, namun juga harus tepat mempertimbangkan panduan gizi seimbang. Selain itu, jangan sampai diet malah mengganggu fungsi tubuh hingga tidak bisa beraktivitas secara optimal setiap harinya.Perlu diketahui juga bahwa diet yang sehat tidak akan membuat penurunan berat badan secara drastis, namun secara perlahan yaitu sekitar 0,5 hingga 1 kg setiap minggu. Karena itu perlu kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan berat badan ideal tinggi 160 cm tanpa mengorbankan kesehatan tubuh.
    3. Perbanyak Makan Sayur dan Buah
      Sayur dan buah sama pentingnya untuk menambah maupun mengurangi berat badan. Keduanya kaya akan gizi seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan serat yang bisa membuat perut lebih kenyang, melancarkan pencernaan, dan manfaat lainnya. Untuk menambah bb bisa juga mengkonsumsi makanan kaya kalori.
@rizantifadilah keputusan terbaik dalam 23 tahun hidup aku, adalah ganti pola makan jadi lebih sehat. buah & sayur udah jadi sahabat aku banget sekarang, gabisaaa pisah! 🍏❤️ #tipshidupsehat #healthylifestyle #polahidupsehat #sarapansehat #resepsarapansehat #fyp ♬ Let’s cooking – すもち

  1. Olahraga
    Olahraga juga menjadi hal yang penting untuk semua orang baik dengan bb ideal, kurang, bahkan berlebih. Kegiatan olahraga juga akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori dalam tubuh. Untuk itu maka usahakan untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Selain olahraga, sebaiknya istirahat cukup, minum cukup air putih, dan kelola stres.Memiliki berat badan ideal tinggi 160 cm tentu akan menguntungkan bagi diri sendiri. Sebab tubuh akan terasa lebih nyaman, sehat, dan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang berbahaya bahkan mengancam nyawa. Untuk mencapai bb ideal tersebut jangan lupa untuk menerapkan cara yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?