Berat Badan Turun Drastis, Penyebab, Efek, dan Solusinya

Berat Badan Turun Drastis

Berat badan turun drastis bisa menimbulkan rasa senang ketika sedang melakukan diet. Sebaliknya apabila sedang berusaha menaikkan berat badan dan malah mengalami penurunan drastis tentu membuat kecewa. Banyak orang yang saat ini berlomba-lomba dalam mendapatkan berat badan ideal sesuai keinginan sehingga kurang memperhatikan beberapa hal. Bahkan mereka tidak segan melakukan beberapa cara supaya berat badan kembali proporsional.

Berat Badan Turun Drastis
pixabay.com

Berat Badan Turun Drastis, Perlu Hati-hati karena Bisa Berbahaya

Bagi yang memiliki masalah bobot tubuh terlalu berlebih dan ingin kurus, terkadang rela melakukan diet ketat. Padahal penurunan berat yang terlalu drastis berbahaya bagi kesehatan. Berat yang turun drastis bukan berarti lemak pada tubuh yang berkurang. Hal itu karena lemak dalam tubuh sulit dibakar apalagi dalam waktu singkat.

Penurunan berat badan tersebut bisa saja karena banyak yang hilang dari tubuh adalah air atau jaringan. Diet terlalu ketat bisa membuat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Apalagi jika mengalami penurunan berat badan secara drastis padahal sedang tidak diet, perlu hati-hati. Terdapat angka penurunan berat badan aman sekitar 0,5 kg sampai 1 kg setiap minggunya.

Walaupun tidak terasa banyak, tetapi berat yang turun tersebut setidaknya sudah stabil setiap minggu. Dalam dalam menurunkan berat badan sebanyak 0,5 sampai 1 kg per minggu banyak ahli menyarankan untuk mengurangi 500 sampai 1000 kalori dalam asupan makanan harian. Berikut ini merupakan cara mengurangi 500 sampai 1000 kalori pada asupan makanan harian:

  1. Perbanyak konsumsi sayuran, makanan berserat, dan buah.
  2. Perbanyak asupan makanan berprotein.
  3. Kurangi porsi makan dan makan secara perlahan.
  4. Tidak melewatkan sarapan.
  5. Rutin melakukan olahraga selama 30 menit per hari.
  6. Minum air sebanyak 2350 Sampai 2500 ML per hari.
  7. Hindari dan kurang camilan atau makanan manis.
  8. Kurangi asupan lemak dan cermat dalam pemilihan lemak sehat.

Penyebab Berat Turun Secara Drastis

Berat badan turun drastis juga perlu hati-hati karena bisa menunjukkan terjadinya bahaya pada kesehatan. Selain karena diet ketat, berat badan yang turun secara langsung juga bisa menandakan bahwa terdapat masalah pada kesehatan. Bobot yang turun secara drastis bisa menandakan bahwa terjadi malnutrisi yaitu kondisi tubuh kekurangan nutrisi dalam menjalankan fungsinya.

Tidak hanya itu, stress dan juga depresi berat juga memungkinkan seseorang kehilangan bobot tubuh. Bahkan obat yang turun secara drastis juga menjadi tanda seseorang mengalami kondisi seperti berikut ini:

Penyakit pada Saluran Cerna

Bobot tubuh yang turun drastis juga bisa terjadi karena terdapat penyakit pada saluran cerna. Terdapat beberapa gangguan usus yang menyebabkan bobot turun yaitu seperti penyakit radang usus, pankreatitis, sampai tukak lambung. Selain itu, gangguan penyerapan nutrisi seperti penyakit celiac, juga bisa memengaruhi berat badan turun dalam waktu cepat.

Terjadi Penyakit Kronis

Berat badan turun drastis juga bisa menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami gejala penyakit kronis. Hal tersebut bisa menandakan kondisi kronis seperti gagal jantung, gagal hati, gagal ginjal, sampai kerusakan organ. Apabila sedang mengalami kondisi seperti ini umumnya membuat seseorang mengalami kehilangan nafsu makan.

Sehingga tidak heran apabila tubuh mengalami penurunan berat secara drastis. Tidak hanya itu penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK dan penyakit autoimun juga bisa menjadi penyebab bobot tubuh turun drastis.

Mengalami Infeksi

Jika seseorang mengalami infeksi juga memungkinkan bobot tubuh turun drastis. Infeksi karena virus, bakteri, atau parasit bisa menyebabkan seseorang mengalami berat badan turun. Walaupun begitu tidak semua infeksi bisa menyebabkan penurunan bobot secara drastis. Beberapa infeksi yang bisa membuat tubuh mengalami berat badan secara signifikan yaitu cacingan, HIV atau AIDS, sampai tuberkulosis.

Efek Samping dari Konsumsi Obat Tertentu

Berat badan turun drastis bisa terjadi karena konsumsi dari obat-obatan tertentu. Pengobatan jangka panjang juga akan mempengaruhi berat badan seseorang. Hal ini akan mengakibatkan efek samping seperti mual sehingga nafsu makan menjadi menurun. Salah satu obat yang memiliki efek penurunan berat badan yaitu kemoterapi.

Tidak hanya itu, penyalahgunaan obat-obat terlarang juga akan mempengaruhi bobot tubuh. Berat badan juga bisa turun secara signifikan karena konsumsi alkohol. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi obat tertentu dalam jangka panjang dan hindari mengkonsumsi obat terlarang serta alkohol untuk menghindari kondisi tersebut.

Efek Samping Bobot Tubuh Turun Secara Signifikan

Bobot tubuh yang turun signifikan sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Apabila sedang mengalami penurunan bobot yang signifikan lebih dari 1 kg per minggunya bisa menimbulkan beberapa efek. Beberapa efek ini tentu tidak baik untuk yang mengalami penurunan berat badan. Sehingga sebisa mungkin menghindari berat badan turun drastis agar tidak mengalami efek samping seperti berikut ini:

  1. Dehidrasi.
  2. Massa otot hilang.
  3. Kelelahan.
  4. Gangguan metabolisme tubuh.
  5. Kekurangan nutrisi.
  6. Kelelahan.
  7. Daya tahan tubuh berkurang.
  8. Rambut rontok.
  9. Susah buang air besar.
  10. Menstruasi tidak teratur.
  11. Tulang rapuh.
  12. Penyakit batu empedu.
  13. Pusing dan sakit kepala.

Solusi Mengatasi Bobot yang Turun Drastis

Berat badan turun drastis memang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sehingga sebisa mungkin selalu menjaga badan supaya tetap optimal. Melakukan hal yang tidak tepat sehingga membuat bobot turun secara signifikan. Penting untuk selalu menjaga pola makan supaya berat badan tidak turun signifikan.

Bisa juga dengan beralih pada gaya hidup lebih sehat untuk menghindari masalah tersebut. Sebaiknya selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan kalori tubuh. Penting untuk mengonsumsi makanan berserat dan sehat seperti sayuran sampai buah-buahan. Makanan yang sehat tersebut bisa membantu tubuh dalam memenuhi asupan nutrisi yang baik.

Selain itu juga penting untuk mencukupi kebutuhan istirahat setiap harinya. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan badan supaya tidak mengalami kelelahan berlebih. Tidak hanya itu dalam menjaga berat badan tetap ideal penting untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Konsumsi Susu Weight Herba

Dalam menjaga berat badan tetap ideal juga bisa dengan minum susu Weight Herba. Weight Herba merupakan produk suplemen yang tidak biasa karena terbuat dari bahan-bahan berkhasiat. Terdapat beberapa bahan alami yang memiliki manfaat dalam membuat berat badan ideal. Pada susu ini menggunakan bahan-bahan alami seperti susu kambing etawa, daun kelor, dan temulawak.

Kombinasi bahan-bahan tersebut tentu akan menimbulkan manfaat yang luar biasa jika mengkonsumsi secara rutin. Beberapa manfaat dari Weight Herba bisa didapatkan seperti meningkatkan nafsu makan, menambah berat ideal dalam waktu cepat, menjaga tekanan darah, sampai memperbaiki saluran pencernaan. Tidak perlu khawatir tentang keamanan karena Weight Herba telah terdaftar pada BPOM dan mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Jika mengalami berat badan turun drastis maka perlu waspada. Kondisi seperti itu bisa menunjukkan bahwa sedang mengalami beberapa penyakit dan gangguan kesehatan. Bobot tubuh yang turun secara signifikan juga akan menimbulkan efek samping bagi para penderitanya. Maka dari itu, perlu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori supaya berat badan tetap ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?