Mendapatkan Berat Badan Ideal dengan Pola Hidup Sehat

Apa Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan

Mendapatkan berat badan ideal tentu menjadi keinginan setiap orang. Jika memiliki berat tubuh yang ideal tentunya akan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berat tubuh yang ideal juga akan membuat para pemiliknya merasa percaya diri untuk tampil ke hadapan banyak orang. Hal ini akan berbeda apabila memiliki tubuh tidak masuk dalam kategori ideal yang akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Berat Badan yang Ideal Bisa Didapatkan dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Bobot tubuh yang ideal umumnya sangat diimpikan oleh banyak orang. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal saat ini. Dalam mengetahui apakah tubuh memiliki berat yang ideal atau tidak, bisa menggunakan kalkulator BMI (body mass index) atau IMT (indeks massa tubuh). IMT hanya menghitung perbandingan massa tubuh dan tinggi badan.

Kekurangan dari rumus ini salah satunya yaitu tidak dapat menentukan jumlah dan distribusi lemak dalam tubuh. Misalnya pada seorang binaragawan bisa memiliki nilai IMT yang tinggi walaupun kadar lemak tubuhnya rendah. Padahal tinggi jumlah lemak dalam tubuh tersebut penting guna menilai risiko seseorang terjangkit penyakit seperti kardiovaskuler dan diabetes. Walaupun begitu IMT tidak bisa menjadi tolak ukur yang mutlak untuk kondisi kesehatan seseorang.

Hal itu karena massa tubuh yang ideal bukan berarti menjadi jaminan bahwa seseorang dalam keadaan sehat dan terbebas dari penyakit. Massa tubuh yang berlebih atau obesitas memang bisa meningkatkan risiko munculnya seperti stroke, jantung, dan diabetes. Tetapi penyakit tersebut juga bisa menyerang seseorang yang memiliki massa tubuh yang normal.

Memiliki Berat Badan Ideal Tinggi 175 Pria
unsplash.com

Tubuh Kurus Bisa Memiliki Banyak Lemak

Orang yang memiliki berat badan ideal atau yang terlihat kurus bisa saja memiliki persentase lemak yang berlebihan. Kondisi seperti ini bisa disebut dengan istilah skinny fat atau thin outside fat inside (TOFI) atau kurus di luar gemuk di dalam. Begitu juga sebaliknya, orang yang memiliki massa tubuh berlebih tetapi komposisi lemak tubuh normal dianggap lebih sehat daripada orang yang memiliki IMT normal tetapi komposisi lemak tubuh berlebih. Terdapat dua jenis lemak tubuh yaitu lemak viseral dan subkutan.

Lemak viseral merupakan lemak yang terdapat pada rongga perut serta dekat organ tubuh. Sedangkan lemak subkutan merupakan lemak yang terletak pada bawah kulit. Apabila jaringan lemak pada tubuh berlebih terutama jenis viseral maka bisa menyebabkan dampak buruk untuk kesehatan. Berlebihnya lemak tersebut bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit seperti stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, sampai alzheimer.

Porsi Massa Tubuh yang Ideal

Berat badan yang ideal merupakan suatu kondisi ketika berat tubuh sudah sesuai dengan IMT normal dan massa lemak tubuh tidak terlalu tinggi. Terdapat sejumlah cara yang bisa Anda lakukan guna menghitung lemak tubuh salah satunya yaitu dengan pengecekan ketebalan jaringan lemak yang terdapat pada lengan atau perut. Selain itu juga bisa melakukan penimbangan massa tubuh dengan timbangan khusus atau body fat scales. Semua pemeriksaan dan penghitungan lemak tubuh ini bisa dilakukan oleh dokter gizi.

Setiap orang memiliki kriteria persentase lemak tubuh yang berbeda karena tergantung dengan usia dan jenis kelamin. Pada wanita memiliki persentase lemak tubuh ideal antara 25 sampai 30%. Sedangkan pada pria persentase lemak tubuh ideal yaitu berkisar 18 sampai 25%.

Langkah Mencapai Berat Tubuh Ideal

Terdapat beberapa langkah mudah untuk mencapai berat badan ideal sekaligus menjaga komposisi lemak supaya tidak berlebihan. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat setiap harinya. Jika sudah berhasil menerapkan pola hidup sehat, kesehatan tubuh lebih terjaga dengan mendapatkan berat yang ideal.

Berikut ini merupakan beberapa langkah untuk mencapai berat tubuh ideal:

Konsumsi Weight Herba

Dalam mencapai berat badan ideal penting untuk menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumsi susu kambing etawa melalui produk jadi Weight Herba. Dengan rutin mengkonsumsi susu ini tentu bisa mencapai berat tubuh ideal sekaligus terhindar dari berbagai penyakit. Produk kesehatan yang populer ini tidak bisa untuk menurunkan rasa sakit dan menyembuhkannya sampai tidak lagi kambuh.

Bagi yang mengalami masalah pada berat badan, mengkonsumsi Weight Herba merupakan pilihan yang tepat. Selain terbuat dari susu kambing etawa, Weight Herba juga dikombinasikan dengan ekstrak temulawak dan ekstrak daun kelor. Bahan tersebut berfungsi untuk menambah nafsu makan sekaligus bisa membantu dalam menggemukkan badan secara signifikan.

Olahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga secara teratur penting dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Para ahli telah merekomendasikan bahwa setiap orang penting untuk melakukan olahraga dengan durasi sekitar 150 menit per minggu. Dalam mencapai durasi tersebut setidaknya melakukan olahraga 30 menit sebanyak 5 hari dalam seminggu. Maka dari itu penting untuk meluangkan waktu supaya bisa berolahraga untuk hidup yang lebih sehat.

Tidak harus melakukan kegiatan berat dalam olahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jalan kaki, sampai naik turun tangga. Dengan melakukan olahraga secara teratur bisa mudah dalam mendapatkan berat tubuh ideal dan hidup sehat.

Makan Makanan Sehat

Menerapkan pola hidup sehat untuk mencapai berat badan yang ideal juga bisa dilakukan dengan makan makanan sehat setiap harinya. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah secara teratur penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Tidak hanya itu, mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah juga bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya seperti stroke sampai kanker.

Maka dari itu untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berat tubuh ideal penting untuk mengkonsumsi makanan sehat. Dalam menerapkannya bisa dengan mengolah makanan sendiri supaya kesehatan dan kebersihannya tetap terjaga.

Kendalikan Stres

Cara mencapai berat badan yang ideal juga penting untuk mengendalikan stress. Stress yang berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Walaupun stres sulit dihindari tetapi setiap orang bisa belajar untuk mengaturnya dengan meluangkan waktu dengan melakukan sejumlah teknik relaksasi.

Dalam mengatasi stress juga bisa dengan melakukan hobi atau meditasi. Tidak hanya itu selalu mensyukuri hal yang telah dimiliki saat ini juga bisa menjadikan jiwa lebih tenang. Sehingga berat tubuh yang ideal dan tubuh yang sehat bisa tercapai dengan mudah.

@tanyarifandy Percayalah kamu hebat, kamu pasti bisa lewati #quotesbijak #katabijak #motivasi ♬ suara asli – tanyarifandy

Batasi Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Berat tubuh ideal juga bisa didapatkan dengan membatasi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, sampai kolesterol. Walaupun memiliki rasa yang enak, semua makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan apalagi jika mengkonsumsinya secara terus-menerus.

Risiko kesehatan sampai mendapatkan berat tubuh yang tidak ideal menyerang apabila sering mengkonsumsi makanan tersebut. Maka dari itu mulai saat ini perlu untuk membatasi dalam memakan berbagai makanan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan kolesterol seperti makanan cepat saji.

Dalam mencapai berat badan yang ideal bisa melakukan beberapa cara mudah. Salah satu cara yang mudah yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Pastikan selalu menerapkan pola hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal itu karena memiliki massa tubuh yang ideal bukan berarti mendapatkan tubuh yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?