Aneka Pilihan Buah untuk Menurunkan Berat Badan Tinggi Serat

Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu makanan yang wajib ada dalam makan sehari-hari kita adalah buah. Buah memiliki banyak manfaat dan kandungan untuk kesehatan buah. Ternyata, ada beberapa buah untuk menurunkan berat badan dengan kandungan tinggi serat.

Selain tinggi serat, buah-buahan rendah kalori, sehingga bisa mencegah rasa lapar. Kombinasi tinggi serat dan rendah kalori dari buah-buahan merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Buah untuk Menurunkan Berat Badan
Pexels.com

Aneka Pilihan Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Buah yang membantu mendukung program diet harus yang mengandung tinggi serta, rendah lemak dan kalori, serta mengandung mineral dan vitamin. Kandungan serat akan membantu membuat kenyang lebih lama.

Sementara kandungan mineral dan vitamin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama menjalani diet. Untuk mendukung program diet lebih sehat, ada beberapa pilihan jenis buah yang bisa dikonsumsi, berikut pilihannya:

Grapefruit

Grapefruit atau jeruk bali atau pamelo ini memiliki kandungan rendah gula dan tinggi serat. Menurut penelitian yang termuat dalam National Library of Medicine, orang melaporkan dirinya kehilangan rata-rata 7,1 persen dari berat badannya setelah makan buah ini atau minum jus grapefruit sebelum makan selama 12 minggu.

Meskipun demikian, harus tetap berhati-hati mengonsumsi buah untuk menurunkan berat badan ini apabila sedang menjalani pengobatan tertentu. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui keamanannya.

Apel

Banyak yang memilih buah apel untuk santapan sarapan di pagi hari. Karena buah ini memiliki kandungan 85 persen air dan 5 gram serat. Kandungan air dan seratnya dapat menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil dan membuat tidak cepat lapar.

Buah untuk menurunkan berat badan ini tergolong dalam buah dengan indeks glikemik, terutama pada yang belum matang. Karena itu, apel dapat menurunkan berat badan dan memiliki pengaruh minimal dalam kadar glukosa darah.

Buah dengan berbagai kandungan bermanfaat untuk tubuh ini juga memiliki kandungan quercetin. Kandungan tersebut bersifat antioksidan, sehingga dapat mencegah kerusakan sel, melawan kanker, serta menjaga fungsi paru-paru dan jantung.

Buah Beri

Buah beri dapat menurunkan kadar kolesterol dan peradangan serta mengurangi tekanan darah. Kandungan tersebut sangat membantu bagi orang dengan kelebihan bobot badan. Mengandung zat aktif dengan efek antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga, tubuh dapat terlindungi dari kerusakan sel.

Kandungan yang kaya akan seratnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi secara langsung bersama buah-buah lainnya. Selain itu bisa juga ditambahkan ke dalam salad atau campur dengan smoothie supaya tidak mudah bosan.

Alpukat

Buah untuk menurunkan berat badan ini sudah tidak asing lagi dalam makanan penurun berat badan. Alpukat dapat memberikan efek kenyang lebih lama dengan mengontrol gula darah dan jaga kesehatan jantung. Alpukat mengandung lemak baik berupa asam oleat dan padat akan kalori.

Kandungan lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol darah serta meningkatkan jumlah kolesterol baik. Sebuah penelitian menyebutkan, orang dengan kelebihan berat badan dan mengonsumsi kandungan 200 gram alpukat setara dengan 30 gram lemak lain. Mengonsumsinya dapat mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga bisa menjadi buah untuk menurunkan berat badan. Buah ini juga rendah akan kandungan kalori dan serat cukup tinggi. Semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, meredakan nyeri otot, mendukung saluran cerna, hingga meminimalkan risiko terkena penyakit jantung.

Warna buah yang merah menyala menggugah siapa saja untuk memakannya. Makan buah semangka dengan kandungan air tinggi dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Meskipun tidak akan sama dengan mengonsumsi air putih dalam keseharian.

Mangga

Bayangkan mengonsumsi mangga yang matang dengan warna cantik dan rasa manis pasti terasa mengenyangkan. Mangga bisa menjadi camilan buah untuk menurunkan berat badan. Bahkan, ada penelitian mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi buah ini cenderung memiliki indeks massa tubuh, berat badan, dan ukuran pinggang lebih kecil daripada yang tidak mengonsumsinya.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini sebagai pendamping diet. Selain tinggi serat, mangga juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ada kalium, folat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Jeruk

Jeruk tidak hanya memiliki kandungan vitamin C, tetapi juga memiliki kalori yang rendah dan serat cukup tinggi. Manfaat jeruk bisa diperoleh dengan maksimal apabila dikonsumsi secara utuh. penelitian menunjukkan, bahwa buah jeruk dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan kenyang lebih tinggi apabila dikonsumsi secara utuh daripada diolah menjadi jus.

Nyatanya, jeruk juga tetap nikmat apabila dikonsumsi secara langsung. Namun, bagi yang kurang suka bila dikonsumsi langsung bisa ditambahkan dengan wortel untuk dibuat jus. Selain itu, bisa juga diolah menjadi sajian bersama mangga dan ditambahkan nata de coco.

Melon

Buah untuk menurunkan berat badan ini memiliki kandungan rendah kalori dan air yang tinggi. Dalam 100 gram melon, terdapat serat sebanyak 1 gram dan nutrisi lain, seperti fosfor, kalsium, kalium, vitamin B1, B2, dan C.

Sama seperti buah pada umumnya, melon juga sudah sedap dengan mengonsumsinya secara utuh. Melon bisa dipadukan dengan buah mangga, jeruk, dan apel untuk dibuat salad. Namun, pastikan juga untuk tidak mengonsumsi buah ini terlalu banyak karena mengandung indeks glikemik tinggi.

Pisang

Buah pisang kaya akan serat dan vitamin yang cocok sebagai pilihan buah untuk menurunkan berat badan. Buah ini bahkan memiliki dua lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A daripada apel. Kandungan kalsium dan kalium dalam pisang dapat membantu tubuh tetap bugar.

Diet pisang cukup mudah dilakukan, hanya perlu mengonsumsi 1 buah pisang segar di pagi sebagai menu sarapan. Kemudian di siang dan malam hari bisa makan seperti biasa. Ngemil diperbolehkan tetapi hanya di sore hari. Pisang bisa mengganti apel untuk menu sarapan karena keduanya memiliki kandungan baik untuk tubuh.

Lemon

Buah lemon memiliki kandungan, antara lain air, protein, vitamin C, serat, kalium, magnesium, dan kalsium. Sama seperti buah untuk menurunkan berat badan sebelumnya, lemon dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam 100 gram lemon mentah kupas terdapat kandungan air 89 persen dan serat 2.8 gram.

Minum air lemon secara rutin dan memperbanyak air putih dapat mendukung penurunan berat badan. Vitamin C dan vitamin B6 akan menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengubah makanan menjadi energi.

Pepaya

Buah pepaya bisa menjadi menu camilan di siang atau sore hari, karena tinggi serat dan rendah kalori. Pepaya memiliki kandungan enzim yang aktif meredakan gangguan pada saluran pencernaan dan mengurangi kembung. Serat akan membantu pembuangan lemak di saluran pencernaan, sehingga tidak terakumulasi dalam tubuh.

Itulah sederet buah untuk menurunkan berat badan yang bisa dimasukkan dalam menu sehari-hari. Pastikan untuk mengimbangi buah dengan gaya hidup sehat supaya upaya penurunan berat badan lebih maksimal.  Bila perlu bisa mengonsumsi Weight Herba untuk mencapai berat badan tubuh ideal. Terlebih produk ini mampu membantu melancarkan saluran pencernaan dan menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?