8 Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan 8 Bulan

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan

Kebutuhan nutrisi ibu yang sedang hamil cenderung meningkat untuk memastikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan janin. Namun, ibu hamil seringkali mengalami kesulitan dalam menambah berat badan, yang dapat berdampak pada berat badan janin. Meskipun demikian, ada beberapa cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan dengan benar.

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan
Unsplash.com

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan 8 Bulan?

Beberapa ibu mungkin mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan selama kehamilan, sementara yang lain merasa berat badannya bertambah dengan mudah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perbedaan metabolisme tubuh, penurunan nafsu makan karena mual-mual di trimester pertama, kondisi medis tertentu, dan lain-lain.

Mual-mual yang dialami pada trimester pertama sering kali menjadi indikator awal kehamilan yang juga berpengaruh pada kenaikan berat badan ibu. Ibu yang mengalami mual biasanya sulit untuk makan dengan baik, yang akhirnya dapat menghambat penambahan berat badan dan berdampak pada pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Kurangnya kenaikan berat badan selama kehamilan tidak hanya mempengaruhi ibu, tetapi juga mempengaruhi pertumbuhan janin. Hal ini dapat menyebabkan janin lahir dengan berat badan rendah sesuai dengan usianya (small for gestational age), pertumbuhan yang terhambat di dalam rahim (IUGR atau intrauterine growth restriction), atau bahkan kelahiran prematur.

Jadi, bagi ibu hamil yang belum mencapai kenaikan berat badan yang direkomendasikan, penting untuk mencoba cara-cara untuk menambah berat badan agar pertumbuhan janin juga optimal. Upaya ini merupakan bagian dari perencanaan diet yang sehat bagi ibu hamil.

Berikut adalah beberapa cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan:

1. Minum Susu yang Tidak Menyebabkan Mual

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan yang pertama, yaitu dengan meminum susu. Susu adalah sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin. Ibu hamil dapat memilih susu yang mengandung High-Iron & DHA agar tidak menyebabkan mual selama hamil. Susu ibu hamil juga mengandung tinggi zat besi yang sangat penting untuk perkembangan otak janin. Pastikan untuk memilih susu rendah lemak trans dan rendah gula untuk mengurangi risiko penyakit.

2. Tingkatkan Asupan Kalori dan Protein Hewani

Tingkatkan asupan kalori harian dan konsumsi protein hewani untuk menambah berat badan janin. Pastikan untuk memilih makanan yang kaya akan lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jika merasa tidak nafsu makan, cobalah fokus menambah jumlah kalori dalam makanan, meskipun dalam porsi kecil.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan juga bisa dilakukan tanpa makanan, yaitu dengan berolahraga. Rutin melakukan olahraga ringan saat hamil direkomendasikan untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil dapat melakukan olahraga seperti jalan santai, senam hamil, berenang, bersepeda, dan lainnya. Jalan santai setiap pagi atau sore hari adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran selama kehamilan.

4. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari selama hamil. Istirahat yang cukup dapat memberikan energi dan menjaga tubuh tetap segar. Jika merasa lelah pada siang hari, luangkan waktu untuk istirahat dan tidur siang bila memungkinkan.

5. Kurangi Stres dan Cemas

Hindari stres dan cemas karena dapat mengganggu nafsu makan. Jaga keseimbangan emosional dan tetap tenang untuk membantu mengontrol nafsu makan harian. Jadi, secara tidak langsung, cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan yakni dengan menghindari tekanan dan kecemasan.

6. Minum Vitamin Prenatal

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan selanjutnya ialah, pastikan untuk minum vitamin prenatal sesuai dengan rekomendasi dokter. Vitamin prenatal membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang mungkin tidak terpenuhi dari makanan sehari-hari, sehingga mendukung kesehatan tubuh ibu dan pertumbuhan janin.

7. Makan Buah Setelah Waktu Makan Utama

Jika biasanya makan buah sebelum makan utama, pertimbangkan untuk mengonsumsinya setelah makan. Ini membantu menghindari rasa kenyang cepat karena kandungan serat tinggi dalam buah.

8. Hindari Junk Food

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan yang terakhir adalah dengan menghindari junk food. Meskipun dianjurkan untuk meningkatkan asupan kalori, tetap perhatikan gizi yang terkandung dalam makanan. Hindari makanan junk food yang tinggi kalori namun rendah nutrisi. Sebaiknya, pilih makanan dengan gizi seimbang seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan karbohidrat.

Pastikan untuk menjaga pola makan yang seimbang dengan frekuensi 3-4 kali makan utama per hari, serta tambahkan makanan selingan di antara waktu makan utama untuk mendukung kenaikan berat badan dan pertumbuhan janin. Jangan lupa untuk minum air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi selama kehamilan.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan perubahan signifikan dalam pola makan atau aktivitas fisik selama kehamilan. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan pertumbuhan janin.

Kenapa Berat Badan Bayi Saat Lahir itu Penting?

Pentingnya berat badan bayi saat lahir tidak bisa diabaikan, terutama dalam kasus kelahiran melalui operasi caesar. Kenaikan berat badan ibu selama kehamilan akan memengaruhi berat badan janin, yang kemudian juga memengaruhi berat badan bayi saat lahir. Menurut UNICEF, berat badan bayi saat lahir adalah indikator penting dari kesehatan bayi.

Bayi dengan berat badan lahir rendah cenderung memiliki kesulitan dalam mengatasi infeksi dan menjaga suhu tubuhnya sendiri. Selain itu, bayi tersebut juga lebih rentan terhadap berbagai penyakit kronis saat dewasa, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan hipertensi.

Jika berat badan bayi rendah tersebut berlanjut hingga dewasa, terutama pada anak perempuan, ia berisiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah juga. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menaikkan berat badannya sampai batas yang sehat.

Namun, perlu diingat bahwa kenaikan berat badan yang berlebihan saat hamil juga tidak dianjurkan. Pada trimester ketiga kehamilan, bayi mengalami pertumbuhan berat badan yang cepat. Ini disebabkan oleh peningkatan berat janin serta penambahan cadangan lemak, cairan, volume darah, dan cairan ketuban di dalam tubuh ibu.

Berat plasenta dan ukuran rahim yang semakin besar juga turut serta dalam menambah berat badan ibu selama kehamilan. Karena pentingnya berat badan yang cukup saat lahir, ibu perlu memastikan bahwa berat badan janin bertambah sesuai dengan perkembangannya.

Jika kenaikan berat badan janin belum mencapai tingkat yang diinginkan, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk menambah berat badan janin. Dengan demikian, kenaikan berat badan janin akan memengaruhi penambahan berat badan ibu hamil dengan benar.

Itulah berbagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan yang bisa para ibu hamil terapkan. Untuk dapat memaksimalkan prosesnya, ibu hamil dapat mengonsumsi susu dari Weight Herba sebagai alternatif lainnya. Weight Herba, yang terbuat dari susu kambing Etawa asli, adalah produk inovatif yang dapat membantu meningkatkan berat badan janin secara sehat. Weight Herba terdiri dari bahan-bahan alami seperti susu kambing Etawa, temulawak, dan daun kelor, sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Keunggulan Weight Herba adalah izin BPOM dan sertifikasi halal, menjamin keamanan konsumsinya. Ibu hamil dapat mengonsumsinya sesuai petunjuk yang tertera di kemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?