Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat Penting Tahu

Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat

Cara menambah berat badan janin secara cepat terbilang gampang-gampang susah. Mudah apabila kuat niat dan susah karena sebagian besar harus dengan cara menghentikan beberapa kebiasaan buruk. Misalkan berhenti merokok atau mengonsumsi makanan mentah.

Peningkatan berat badan janin akan terjadi sesuai usia kehamilan. Janin dengan berat normal akan berkembang dan tumbuh dengan baik.

Untuk mengetahuinya, wajib melakukan pemeriksaan rutin atau USG. Kontrol rutin bisa mendeteksi berat badan kurang pada janin. Alangkah baiknya bila mengetahui sejak awal, sehingga cepat dan tepat penanganan.

Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat
freepik.com

Cara Menambah Berat Badan Janin Secara Cepat

Pada trimester awal kehamilan, yakni 3 bulan atau sekitar 9 minggu, kisaran berat janin normal adalah 2 gram. Ketika sudah mencapai akhir semester pertama atau sekitar usia 12 minggu, berat badannya mengalami kenaikan cukup signifikan, yaitu sekitar 14 hingga 18 gram.

Bila beratnya jauh di bawah rentang tersebut, bisa jadi berat janin dalam kondisi kurang.

Ada banyak faktor penyebab berat janin kurang. Mulai dari diet tidak seimbang, gaya hidup tidak sehat, penyakit kronis yang dialami oleh ibu dan tidak terkontrol, hamil kembar, terjadi infeksi selama kehamilan, janin terlilit tali pusat, pengaruh pengobatan, dan lain sebagainya.

Menambah Asupan Makanan Berkarbohidrat

Cara menambah berat badan janin secara cepat yang pertama ialah memperbanyak asupan karbohidrat. Salah satu makanan tinggi karbohidrat adalah kentang dan ubi jalar. Karbohidrat dari kedua jenis umbi-umbian tersebut lebih kompleks daripada nasi, sehingga efektif menambah bobot tubuh.

Adapun kandungan kalori pada kentang rebus sekitar 87 kalori dan ubi jalar kukus sebesar 100 kalori. Masalah sembelit dan diare yang sering dialami oleh ibu hamil bisa teratasi berkat kandungan serat di dalamnya.

Sumber makanan berkarbohidrat lainnya adalah nasi putih, roti, dan aneka camilan manis. Sebagai rekomendasi roti yang baik untuk ibu hamil adalah roti gandum. Adapun jenis camilan sehat berupa bubur kacang hijau, oatmeal, popcorn, yoghurt, dan alpukat.

Variasi Makanan Bergizi Seimbang

Ini juga merupakan cara menambah berat badan janin secara cepat. Ibu hamil wajib memiliki status gizi yang baik. Dalam hal ini, konsumsi aneka makanan penambah BB janin, baik proporsi maupun jumlah tidak dapat ditawar.

Selain menambah berat badan janin secara cepat, cara ini juga sebagai pemenuhan kebutuhan gizi sang ibu. Jadi, tidak boleh hanya mementingkan kebutuhan janin dan mengabaikan kesehatan sang ibu.

Makanan tersebut adalah makanan yang mencukupi kebutuhan energi, mengandung lemak yang jumlahnya tidak melebihi 1/4 dari kecukupan energi, dan batasi konsumsi garam.

Usahakan setiap kali mengonsumsi makanan terdapat kandungan karbohidrat, protein, mineral, lemak, kalsium, vitamin, serat, dan air.

Contoh makanan bergizi seimbang bagi ibu hamil antara lain adalah produk olahan susu, ikan, daging merah, sayuran hijau, dan buah-buahan. Pastikan jumlah dan porsinya pas.

Makan Teratur

Saat hamil, ibu membutuhkan asupan makan lebih banyak. Prosedurnya adalah 3 kali makan besar dan 2 kali selingan makanan ringan. Hal ini untuk memenuhi kecukupan gizi ibu dan janin dengan baik.

Meski membutuhkan asupan lebih banyak daripada biasanya, tetapi tidak harus melipatgandakan. Hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya preeklampsia (risiko tekanan darah tinggi), yaitu penyebab bayi lahir prematur.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih minimal 2 liter per hari juga menjadi cara menambah berat badan janin secara cepat. Lho, kok bisa?

Salah satu penyebab prakiraan berat badan janin kurang adalah tidak mendapat nutrisi makanan secara optimal.

Saat memperbanyak minum air putih, akan membantu proses pembentukan plasenta dengan baik, sehingga pemenuhan nutrisi janin tercukupi dan berat janin menjadi bertambah.

Di sisi lain, air putih akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan ibu hamil membutuhkannya untuk membantu proses terbentuknya cairan ketuban.

Cairan tersebut akan melindungi janin dari goncangan dan benturan sekaligus menghangatkannya.

Perhatikan Kebersihan Makanan

Cara menambah berat badan janin secara cepat berikutnya ialah memperhatikan kebersihan makanan. Menjaga kebersihan makanan adalah hal wajib, baik selama hamil maupun tidak. Pastikan mencuci bahan makanan di bawah air mengalir hingga bersih.

Di sisi lain, tidak semua makanan bergizi baik untuk kesehatan janin. Contohnya adalah makanan mentah atau setengah matang.

Penting untuk tahu bahwa makanan mentah atau yang diolah setengah matang mengandung bakteri yang membahayakan janin. Selain itu juga terdapat parasit Toxoplasma gondii. Parasit ini bisa memicu keguguran atau bayi lahir cacat.

Pastikan mengonsumsi makanan dengan pengolahan yang baik hingga matang sempurna, Usahakan selalu mencuci tangan dengan sabun dan gunakan air mengalir agar terhindar dari infeksi bakteri dan parasit.

Hindari Stres dan Perbanyak Istirahat

Selain pengaruh hormon, penyebab emosi ibu hamil yang tidak stabil adalah stres. Menghindari stres saat kehamilan bisa menjadi cara menambah berat badan janin secara cepat.

Tubuh akan memproduksi hormon stres yang bernama kortisol dalam jumlah banyak saat mengalami stres. Pembuluh darah akan menyempit saat terjadi peningkatan jumlah kortisol, sehingga menghambat pasokan darah dan oksigen ke janin.

Akibatnya, berat janin berkurang yang secara otomatis menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin terganggu.

Pastikan bisa mengontrol stres selama kehamilan. Cara paling mudah adalah memperbanyak waktu istirahat, idealnya 8 jam setiap malam.

Hindari Rokok dan Alkohol

Ini juga termasuk cara menambah berat badan janin secara cepat, lho. Selama kehamilan, usahakan jangan minum sembarang obat, alkohol, dan rokok. Usahakan selalu menjauhkan diri dari paparan asap rokok. Bila nekat mengonsumsinya akan terjadi peningkatan risiko berat badan bayi kurang.

Rutin Kontrol Kehamilan

Selama hamil, wajib mengecek kesehatan ibu dan janin secara rutin di fasilitas kesehatan setempat. Saat kontrol, dokter akan memberikan suplemen tambahan yang akan melengkapi nutrisi dan gizi ibu hamil dengan pemberian suplemen prenatal.

Konsumsi suplemen prenatal sesuai petunjuk dokter juga menjadi cara menambah berat badan janin secara cepat. Suplemen tersebut mengandung kalsium dalam jumlah cukup dan berperan mempertahankan massa tulang bagi ibu.

Asupan tambahan berupa vitamin ini tinggi zat besi yang berperan dalam proses pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah sendiri adalah transportasi oksigen ke seluruh tubuh ibu dan janin. Kekurangan zat besi memicu berat bayi kurang dan kelahiran prematur.

Minum Weight Herba

Rutin konsumsi Weight Herba merupakan cara menambah berat badan janin secara cepat dan efektif. Weight Herba merupakan produk suplemen dari bahan-bahan alami dengan khasiat luar biasa untuk menaikkan berat badan.

Biasanya, indra perasa ibu hamil cenderung sensitif. Namun, Weight Herba tidak akan membuat ibu hamil merasa enek saat menyantapnya.

Susu dari kambing etawa ini akan memberikan fungsi ganda bagi ibu hamil. Fungsi pertama adalah efektif menaikkan berat badan.

Sedangkan fungsi kedua terkait masalah kesehatan. Mulai dari mengatasi peradangan, membuat otak janin tumbuh dengan baik, dan menjaga kesehatan rongga mulut pada ibu.

Pastikan saja mengikuti saran dan aturan yang tercantum di kemasan agar mendapatkan fungsi dan manfaat yang maksimal. Tidak akan kesulitan mendapatkannya karena telah tersedia di apotek terpercaya dengan harga terjangkau.

Jadi, sudah siapkah menerapkan cara menambah berat badan janin secara cepat sesuai ulasan tadi? Masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan sebagai upaya penambahan berat janin. Penting untuk menikmati masa kehamilan dengan penuh kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?