5 Cara Mengatasi Perut Mual dan Tidak Nafsu Makan

Ketika sedang mual ditambah lagi tidak nafsu makan, kita akan bertanya-tanya “bagaimana cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan?”. Jawabannya akan dijelaskan pada artikel berikut. Sebelum mengetahui cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu mual dan apa penyebabnya.

Pernahkah anda merasa mual yang berlebih hingga ingin muntah? Sebenarnya apa itu rasa mual? Mual adalah rasa tidak nyaman yang berasal dari perut kemudian menimbulkan rasa ingin muntah. Rasa mual ini bisa muncul dikarenakan oleh sindrom dispepsia atau maagh, infeksi saluran pencernaan, efek samping dari penggunaan suatu obat, atau saat sedang gugup dan stres.

Sedangkan penurunan nafsu makan bisa diakibatkan oleh infeksi saluran pencernaan, radang di saluran pencernaan, efek samping penggunaan suatu obat, mengalami penyakit tertentu (seperti kanker, gagal ginjal dan gagal jantung).

Salah satu infeksi yang sering terjadi adalah infeksi cacing atau biasa disebut dengan cacingan. Infeksi ini banyak dialami oleh anak-anak.

Cara Mengatasi Perut Mual dan Tidak Nafsu Makan

Setelah mengetahui lebih lanjut tentang mual, tidak nafsu makan dan penyebabnya mari sekarang kita bahas poin yang tidak kalah penting. Yaitu cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan.

1. Mengonsumsi Obat

Cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan yang pertama yaitu mengonsumsi obat. Apabila mengalami tidak nafsu makan dan mual, obat yang biasa diresepkan oleh dokter yaitu obat golongan antasida. Antasida adalah obat yang bisa menetralkan asam lambung dan meringankan gejala-gejala akibat asam lambung.

Gejala yang biasanya muncul akibat asam lambung yaitu nyeri pada ulu hati, mual, perut terasa kembung atau muncul rasa panas di bagian dada. Ada berbagai merk dagang dari obat jenis antasida ini. Merk dagang yang cukup banyak dikonsumsi yaitu mylanta dan promag.

Yang harus menjadi perhatian adalah anda harus mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang disarankan. Karena jika tidak, bisa menimbulkan efek samping dan berbahaya untuk tubuh.

Efek samping yang bisa muncul akibat mengonsumsi obat antasida yaitu diare atau sembelit, perut terasa kembung, ada rasa nyeri di perut, perut mengalami kram, sakit kepala dan mulut kering. Adapun efek samping yang bisa muncul dan membahayakan tubuh seperti sesak napas, detak jantung tidak beraturan dan pingsan.

2. Mengonsumsi Vitummy

Cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan yang kedua yaitu mengonsumsi vitummy. Produk ini sudah terverifikasi halal dan terdaftar dalam BPOM. Vitummy adalah produk madu herbal yang terbuat dari bahan alami. Bahan alami ini berkualitas dan aman untuk dikonsumsi secara rutin atau kontinyu.

Kandungan yang ada di dalam vitummy yaitu temulawak, madu, pepaya dan bawang putih. Seluruh kandungan tersebut bekerja secara bersamaan agar tubuh bisa mendapatkan hasil yang optimal. Lalu bagaimana dosis untuk mengonsumsi vitummy ini? Berikut merupakan dosis mengonsumsi vitummy.

  • Anak berusia 1 tahun – 3 tahun: 2x dalam sehari sebanyak 2 sendok teh
  • Anak berusia 4 tahun – 12 tahun: 2x dalam sehari sebanyak 2 sendok makan
  • Anak berusia 12 tahun – usia dewasa: 2-3x dalam sehari sebanyak 2 sendok makan

Jika anda rutin mengonsumsi ini sesuai dengan dosis yang disarankan, maka hasil atau manfaat yang didapat oleh tubuh akan maksimal. Memangnya manfaat apa saja yang bisa didapat ketika mengonsumsi vitummy? Manfaatnya ada banyak, yaitu sebagai berikut.

  • Membuat kekebalan tubuh meningkat
  • Membuat saluran pencernaan atau gastrointestinal lebih lancar
  • Membuat tumbuh kembang anak lebih optimal
  • Membuat masalah cacingan teratasi
  • Membuat kebutuhan energi tubuh terpenuhi

cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan

3. Menghindari Makanan Pedas dan Asam

Cara selanjutnya untuk mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan yaitu dengan menghindari makanan pedas dan asam. Selain makanan pedas dan asam, makanan yang bisa memicu gas seperti singkong juga disarankan untuk dihindari. Lalu, kalau minuman apakah ada pantangan? Jawabannya, ya. Minuman yang disarankan untuk dihindari yaitu kopi, teh, soda atau coklat.

Kenapa makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari? Karena rasa mual dan tidak nafsu makan menunjukkan bahwa kondisi saluran cerna sedang tidak baik-baik saja. Makanan yang asam, pedas, minuman kopi, teh dan soda bisa membuat perburukan pada saluran pencernaan tersebut.

4. Mengelola Stres

Cara keempat untuk mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan yaitu dengan mengelola stres. Ada hubungan yang erat antara stres dengan sistem pencernaan. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang tidak dapat mengelola stres dengan baik, memproduksi asam lambung yang tinggi. Begitupun kebalikannya. Seseorang yang bisa mengelola stres dengan baik, produksi asam lambungnya normal.

Hal ini menjadi bukti bahwa asam lambung bisa meningkat jika seseorang merasa cemas berlebih ataupun stres. Oleh karena itu, mari mulai membiasakan diri untuk berlatih mengelola stres dengan baik. Jika berhasil kelola stres dengan baik, saluran pencernaan akan baik dan tubuh pun menjadi sehat.

5. Memperbaiki Pola Makan

Cara yang terakhir untuk mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan yaitu dengan memperbaiki pola makan. Pola makan seperti apa yang seharusnya diterapkan? Pola makan yang disarankan yaitu:

@ngobrolkesehatan Replying to @sehat Boleh minum dlu juga sedikit2 yaa, jangan langsung banyak #sipalingsehat #dailylife #healthylife #kesehatan #hidupsehat #sehatyuk #kesehatanituberharga #sehatbugar #sehatitumahal #fyp #viral #funfact #infokesehatan #serunyabelajar #dokter #edukasi #edukasikesehatan #infokesehatan #xyzbca #gerd #asamlambung #gejalaasamlambung #lambung โ™ฌ ITSY BITSY TEENIE WEENIE YELLOW POLKA BOOM – ๐–‡๐–Ž๐–’๐–†๐ŸŒŸ

  • Makan dengan porsi kecil tapi sering
    Dengan cara ini, nafsu makan bisa meningkat dan kebutuhan nutrisi tubuh pun bisa terpenuhi dengan baik.
  • Membiasakan untuk makan di jam yang sama
    Waktu yang sama bisa memberikan sinyal kepada tubuh kapan merasa lapar dan kapan merasa kenyang. Dengan begitu, nafsu makan cenderung stabil dan tidak akan menurun.
  • Selalu sarapan atau makan pagi
    Sarapan adalah kewajiban agar tubuh bisa beraktivitas dengan maksimal dan berat badan pun jadi lebih stabil.
  • Makan bersama dengan orang sekitar
    Terkadang makan sendiri terasa membosankan dan tidak berselera. Jadi, makan dengan orang sekitar atau dengan orang tersayang bisa meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga bisa sekaligus menjadi waktu untuk bersosiaslisasi.
  • Cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan yang selanjutnya yaitu tidak makan 3 jam sebelum tidur.
  • Menyediakan makanan favorit
    Apabila sedang tidak nafsu makan, stok makanan favorit adalah hal penting yang bisa membuat nafsu makan meningkat.
  • Menggunakan piring yang berukuran besar
    Ketika melihat piring berukuran besar, maka makanan yang disajikan cenderung terlihat lebih kecil. Dengan begini, otak bisa berpikir bahwa “Wah, porsi makannya sedikit. Aku akan semangat untuk makan!”.
  • Memberikan variasi pada bahan makanan
    Jika sedang mengalami penurunan nafsu makan, anda bisa memberikan warna yang menarik pada olahan makanan anda. Misalnya seperti memberikan paprika kuning atau tomat.
  • Menambahkan rempah-rempah
    Penambahan rempah-rempah ini bisa membuat makanan jauh lebih beraroma, meningkatkan selera makan dan membuat cita rasa jadi lebih kaya.
  • Rutin berolahraga
    Jika anda rutin melakukan olahraga, maka tubuh anda akan cepat memberikan ‘sinyal lapar’ kepada anda. Olahraga yang bisa dilakukan bermacam-macam. Misalnya aerobik seperti berenang, senam, atau jalan cepat selama 30 menit setiap harinya.

Begitulah 5 cara mengatasi perut mual dan tidak nafsu makan. Semoga artikel ini bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?