3 Cara Menghilangkan Nyeri Sendi Akibat Chikungunya

Seseorang pernah mengalami chikungunya tentu memahami rasa nyeri sendi yang muncul ketika kambuh. Apa saja cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya? Sebelum membahas cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya, kita perlu mengetahui apa itu chikungunya terlebih dahulu.

Chikungunya adalah suatu kondisi dimana tubuh demam, merasa lelah, terdapat nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala ataupun ruam merah. Chikungunya ini diakibatkan oleh gigitan nyamuk yang membawa dan menyebarkan virus di tubuh manusia. Upaya yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan chikungunya yaitu:

  • Mencegah terkena gigitan nyamuk. Bisa dengan menggunakan baju dan celana panjang, bisa menggunakan obat nyamuk saat di rumah, dan bisa menggunakan lotion anti nyamuk.
  • Tidak melakukan perjalanan ke lokasi yang terdapat wabah chikungunya
  • Mencegah nyamuk untuk berkembang biak. Yaitu dengan menutup wadah yang berisi air, membuang sampah ke plastik yang tertutup, dan tidak menyimpan air di dalam suatu wadah (membiarkan ada genangan air).

Disebutkan bahwa belum ada vaksin khusus yang bisa mengobati sakit chikungunya. Namun, gejala-gejala yang dialami bisa diobati agar membaik, salah satunya yaitu gejala nyeri sendi. Berikut merupakan komplikasi dari penyakit chikungunya:

  • Radang pada otot jantung (miokardiatis)
  • Radang pada lapisan bagian tengah mata (uveitis)
  • Radang pada retina (retinitis)
  • Radang pada sumsum tulang belakang (mielitis)

Walaupun komplikasi ini jarang terjadi, namun gejalanya saja bisa sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya.

Cara Menghilangkan Nyeri Sendi Akibat Chikungunya

Di bawah ini merupakan cara-cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya. Mari simak penjelasan yang lengkap berikut ini:

1. Kenali Penyebab Nyeri Sendi

Cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya yang pertama yaitu mengenali penyebab nyeri terlebih dahulu. Kita perlu memastikan penyakit apa yang sedang dialaminya agar pengobatan yang dilakukan efektif. Salah satu gejala chikungunya yaitu nyeri sendi dan kaku sendi. Rasa nyeri yang sangat hebat ini membuat seseorang yang mengalami chikungunya ingin mencari obat yang ampuh agar rasa nyeri menghilang.

Namun, sebelum kita mengobati suatu gejala kita harus tahu terlebih dahulu penyakit apa yang sedang dialaminya. Karena nyeri sendi bukan hanya bisa timbul karena chikungunya. Bisa juga karena radang pada sendi, rematik, dan bisa juga karena dislokasi (terdapat pergeseran pada tulang). Jika sudah mengetahui penyakit apa yang dialaminya, barulah bisa menentukan langkah selanjutnya.

@adherbal Virus Chikungunya Bikin Nyeri Sendi Hebat ! Kenali Penyebabnya! #virus #viruschikungunya #kesehatan #marihidupsehat #fyp #fypシ #fypage #fypdongggggggg #trend #sendi #nyerisendi #nyerisendilutut #senditangan #sendibahusakit ♬ suara asli – AD Herbal

2. Meminum Obat

Cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya yaitu dengan minum obat. Tentunya hal ini dilakukan jika sudah mengetahui apa penyakit yang dialaminya terlebih dahulu. Jika mengalami sakit chikungunya, maka minumlah obat yang bisa mengobati chikungunya. Walaupun obat khusus untuk chikungunya belum ditemukan. Namun, bisa mengonsumsi obat agar gejala yang dirasakan bisa mereda. Obat yang disarankan untuk dikonsumsi agar gejala chikungunya mereda yaitu:

  • Obat jenis antipiretik atau yang berfungsi untuk meredakan demam
  • Obat jenis analgesik atau yang berfungsi mengurangi rasa nyeri, bisa nyeri sendi maupun nyeri otot

3. Mengonsumsi Susu

Lantas, apa lagi cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya? Mari simak poin penjelasan berikut. Nyeri sendi yang dirasakan ketika mengalami demam akibat chikungunya, nyeri sendi akibat radang pada persendian, rematik, asam urat direkomendasikan untuk mengonsumsi susu etawalin.

Susu etawalin adalah susu kambing etawa yang sudah terdaftar dalam BPOM dan terbukti bisa mengurangi nyeri sendi. Termasuk nyeri sendi yang dialami pada penderita chikungunya. Produk susu ini sudah terjual dan tersebar luas di Indonesia. Bahan alami yang ada pada susu etawalin membuat susu ini aman dikonsumsi secara rutin. Memangnya susu ini terbuat dari bahan apa saja?

  1. Susu kambing etawa
    Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa susu kambing terbukti lebih banyak kandungan nutrisinya dibandingkan dengan susu sapi. Oleh karena itu susu kambing digunakan sebagai bahan dasar utama untuk etawalin.
  2. Sereh
    Sereh mengandung anti radang dan antioksidan yang tinggi. Jadi sendi dan tulang yang mengalami peradangan bisa membaik.
  3. Daun salam
    Selain digunakan untuk bumbu dapur, daun salam juga memiliki banyak kandungan. Seperti mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu juga daun salam berfungsi sebagai anti radang. Jadi berbagai radang yang terjadi di dalam tubuh bisa terobati.
  4. Kayu manis
    Fungsi dimasukkannya kayu manis ini untuk mengurangi peradangan juga. Selain itu juga, kayu manis membuat rasa susu lebih menggugah ketika diminum.
  5. Temulawak
    Temulawak ini mengandung anti radang sama seperti kayu manis dan daun salam. Jadi perpaduan antara daun salam, kayu manis dan temulawak akan membuat peradangan yang ada di tubuh berkurang.
  6. Jahe
    Jahe bisa memberikan sensasi hangat saat seseorang meminum susu kambing etawalin. Kandungan yang ada pada jahe yaitu senyawa prostaglandin dan juga leukotrien. Dua kandungan tersebut bisa membuat radang berkurang dan kerusakan sendi bisa dicegah.

Seluruh kandungan tersebut bekerja secara bersama-sama dan menghasilkan banyak manfaat ketika meminum susu tersebut. Manfaat lain selain mengurangi nyeri sendi yaitu:

  • Melancarkan sistem pencernaan atau gastrointestinal. Karena susu etawalin ini 20 kali lebih cepat diserap oleh tubuh.
  • Mengatasi rematik
  • Mengatasi asam urat dan membuat kadar asam urat dalam batas normal
  • Menjaga kepadatan tulang
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Menjaga kesehatan sendi

Sudah banyak orang yang memberikan testimoni setelah meminum susu etawalin. Pada banyak kasus membuktikan bahwa dengan meminum susu etawalin sesuai dengan dosis yang disarankan, maka reaksi tubuh pun akan cepat. Termasuk rasa nyeri sendi yang dialami, terasa cepat berkurang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa meminum susu etawalin merupakan salah satu cara menghilangkan nyeri akibat chikungunya.

Begitulah cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?