Begini 2 Cara Mengobati Benjolan Di Leher dengan Daun Sirih

Dijamin Ampuh! Simak Cara Mengobati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih

Munculnya benjolan di leher memang sering kali membuat kita merasa khawatir, terlebih lagi jika ukuran benjolan yang muncul tersebut cukup besar serta timbul rasa nyeri ketika disentuh.

Pada banyaknya kasus yang terjadi, benjolan di leher biasanya bersifat jinak atau non kanker, sehingga tidak menimbulkan bahaya yang berarti. Namun, ada juga kasus benjolan di leher yang disebabkan oleh adanya infeksi atau kanker. Sehingga benjolan tersebut tentu saja perlu ditangani dengan cepat.

Agar kamu dapat menangani kondisi ini, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan benjolan tersebut muncul. 

Meskipun benjolan tersebut bersifat jinak, namun tentunya akan sangat mengganggu jika kondisi tersebut membuat tidak percaya diri serta benjolan yang muncul cukup besar dan menonjol. Salah satu cara untuk mengatasi benjolan di leher dapat menggunakan daun sirih.

Apakah daun sirih terbukti ampuh dalam mengobati benjolan di leher?

Lalu bagaimana tata cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih? Simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini!

 

Penyebab Benjolan di Leher

Munculnya benjolan di leher dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di leher, diantaranya:

  • Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid dalam tubuh berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Kelenjar tersebut terletak di bagian depan leher.

Kelenjar getah bening bisa saja mengalami pembengkakan yang ditandai dengan munculnya benjolan di leher. Meskipun begitu, benjolan yang muncul tidak menyebabkan nyeri bagi penderitanya.

Benjolan ini tidak termasuk dalam jenis tumor maupun kanker. Hanya saja, jika benjolan yang muncul cukup besar, maka kondisi tersebut bisa membuat penderitanya kesulitan bernafas atau bahkan sekadar menelan.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid) atau kurang aktif (hipotiroid) dalam memproduksi hormon tiroid.

 

  • Penebalan Kulit

Benjolan di leher pada bagian belakang bisa disebabkan oleh adanya penebalan kulit. Kondisi tersebut dapat terjadi pada bagian bawah atau bagian atas jaringan kulit. Sebagian besar benjolan tersebut tidak bersifat kanker (jinak) dan tidak menimbulkan gejala khusus. Namun, kondisi tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu menjadi sel kanker.

Adapun beberapa gejalanya yang haru diwaspadai, diantaranya seperti perubahan ukuran benjolan, warna, adanya pendarahan dan gejala lainnya.

 

  • Kelenjar Ludah Membesar

Kelenjar ludah menghasilkan air liur yang membantu dalam pencernaan makanan, sehingga mudah masuk ke dalam saluran pencernaan.

Terkadang, kelenjar ludah bisa membengkak karena disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi, tumor, atau kondisi medis lainnya. Kelenjar ludah yang membesar dapat menyebabkan benjolan di leher kanan atau kiri. Segera konsultasikan dengan dokter jika kamu merasakan benjolan tersebut guna mendapatkan penanganan yang tepat.

 

  • Gondongan

Gondongan atau parotitis disebabkan oleh infeksi virus yang menyebar ke kelenjar ludah parotis. Pembengkakan leher akibat gondongan akan muncul di bagian kiri atau kanan leher. Benjolan tersebut biasanya akan terasa hangat dan timbul rasa nyeri ketika disentuh.

Gondongan juga dapat disertai dengan munculnya gejala lain, seperti demam, lemas, sakit telinga, sakit kepala, yang semakin parah saat penderitanya mengunyah atau berbicara.

Pengobatan untuk mengatasi infeksi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun pengobatan tersebut hanya untuk membantu meringankan gejalanya saja. Infeksi biasanya akan hilang dengan sendirinya dan gejalanya mereda setelah 5 sampai 7 hari.

 

  • Kanker Getah Bening

Benjolan di leher juga bisa saja disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker yang sangat ganas. Kondisi tersebut bisa juga disebut dengan limfoma.

Secara umum, limfoma terbagi menjadi dua kelompok, diantaranya yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Kedua jenis tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Namun, selain kanker kelenjar getah bening, ada pula jenis kanker lainnya yang juga dapat menyebabkan benjolan di leher, seperti kanker orofaringeal, kanker tiroid, dan kanker kelenjar ludah.

 

  • Bisul

Tidak semua penyebab benjolan di leher disebabkan oleh kondisi medis yang serius. Bisul yang muncul bisa saja muncul karena suatu kondisi di mana terdapat folikel rambut atau kelenjar minyak yang terinfeksi.

Biasanya, kondisi tersebut disebabkan oleh bakteri stafilokokus yang ditandai dengan benjolan kecil bertekstur lembut dan kemerahan pada kulit disekitarnya. Hanya saja, infeksi yang satu ini tidak seperti infeksi lainnya, sehingga pengobatan dengan antibiotik saja tidak cukup untuk menyembuhkan bisul. Bisul biasanya perlu dibuka dan dikeringkan hingga pecah dengan sendirinya.

 

  • HIV

HIV juga dapat menjadi penyebab benjolan di leher yang perlu mendapatkan penanganan yang serius. Benjolan disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. 

Selain di leher, pembengkakan kelenjar getah bening bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak dan selangkangan.

Pembengkakan ini bisa muncul beberapa hari setelah terinfeksi virus HIV. Namun, orang yang terinfeksi virus HIV mungkin tidak akan mengalami gejala selama bertahun-tahun.

 

  • Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel jaringan dan jaringan sehat ketika melawan bakteri, virus, dan parasit penyebab infeksi dan sel kanker.

Faktanya, terdapat beberapa penyakit autoimun yang menyebabkan benjolan di leher, seperti rheumatoid arthritis dan lupus.

 

Apakah Daun Sirih Dapat Mengobati Benjolan di Leher?

Pernahkah kamu mendengar bahwa daun sirih, baik yang sudah direbus maupun dijadikan ramuan dapat membantu dalam mengobati benjolan di leher?

Beberapa temuan tersebut menunjukkan bahwa daun sirih terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa penyebab munculnya benjolan di leher.

Hanya saja, sebelum mengkonsumsi air rebusan daun sirih, kamu disarankan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter bedah guna mengetahui penyebab benjolan di leher.

Daun sirih memang dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Pada setiap 100 gram daun sirih mengandung vitamin B1 (13-70 mcg/100g), vitamin B2 dalam jumlah sedang (1,9-30 mcg/100g), dan asam nikotinat (0,63-0,89/100g).

Tak hanya itu saja, daun sirih juga mengandung chavicol, beterphenol, eugenol, terpene, dan camphenes. Kandungan kimia tersebut dipercaya memiliki khasiat obat dan dapat membantu mengobati berbagai penyakit dan gangguan, misalnya saja seperti benjolan di leher, kolesterol, dan penyakit lainnya.

 

Cara Mengobati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih

Salah satu cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih yaitu dengan merebusnya dalam air hingga mendidih. Adapun jumlah daun yang direbus yaitu sekitar 3 sampai 4 lembar saja.

Saat air rebusan daun sirih sudah mendidih, rebusan tersebut kemudian disaring terlebih dahulu dan dituang ke dalam gelas. Minumlah rebusan air sirih tersebut agar benjolan di leher segera pulih. Agar hasilnya lebih maksimal, ulangi proses perawatan ini dua kali sehari.

Jika kamu tidak ingin meminumnya, kamu juga dapat menggunakan cara lain, yaitu dengan cara mengompres benjolan di leher dengan daun sirih.

Pertama-tama pilihlah daun sirih yang bagus, kemudian bersihkan dengan air yang mengalir. Setelah itu, siapkan air putih dan masukkan daun sirih ke dalamnya lalu didihkan.

Diamkan beberapa saat sampai terlihat sari-sari daun sirih keluar dan warna airnya berubah menjadi sedikit lebih kehijauan serta tercium aroma khas daun sirih tersebut. Selanjutnya saring air tersebut dan tuangkan ke dalam wadah seperti gelas atau baskom kecil.

Biarkan beberapa saat air rebusan tersebut dan tunggu sedikit hangat. Selanjutnya oleskan rebusan air daun sirih tersebut ke benjolan di leher. Lakukan hal tersebut setiap harinya sampai terlihat bahwa benjolan tersebut semakin mengecil.

 

Madu Herbal Zymuno

Zymuno merupakan madu imunoterapi herbal pertama di Indonesia yang diformulasikan khusus oleh ahli medis terpercaya sehingga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Misalnya saja seperti mengatasi benjolan pada leher, payudara, ketiak atau bagian tubuh lainnya, mengobati tiroid, mengobati kista/miom, serta mampu mengobati tumor jinak.

cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih

Madu herbal Zymuno terbukti 3x lebih ampuh dalam mengobati benjolan, kista dan tumor jinak dalam 14 hari.

Madu Zymuno terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu asli, daun meniran, daun kelor dan temulawak.

Zymuno dengan herbal imunoterapi-nya mengandung anti-inflamasi dan zat anti-tumor alami yang berkhasiat untuk meningkatkan pembentukan sel pada jaringan kulit, sehingga mencegah berkembangnya benjolan dan sel tumor.

 

Manfaat Madu Zymuno

cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih

Zymuno sudah teruji BPOM dan MUI dan sangat direkomendasikan untuk kamu yang mengalami masalah kesehatan. Adapun manfaat madu herbal Zymuno antara lain:

  • 3x lebih ampuh mengobati benjolan pada tubuh
  • Mengobati peradangan kronis
  • Mengatasi bengkak kelenjar getah bening
  • Mengatasi kista
  • Mengobati tiroid dan lipoma
  • Mengatasi tumor jinak
  • Memperlambat berkembangnya sel tumor
  • Membantu melancarkan haid pada wanita
  • Membantu terapi tumor dan kanker
  • Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?