Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan 3kg dalam 1 Hari? Simak Jawaban Berikut.

Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari? Atau apakah kamu pernah konsumsi obat diet atau ikut program diet supaya berat badan bisa berkurang?

Bagi orang yang memiliki berat badan berlebih, penting sekali untuk mengetahui cara agar BB bisa menurun. Karena, berat badan berlebih bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes. Jadi, mari simak bersama cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari.

Cara Menurunkan Berat Badan 3kg dalam 1 Hari

Sebenarnya, penurunan berat badan yang ideal dalam satu minggu adalah kisaran 0,5-1 kg. Artinya, penurunan berat badan 3kg dalam satu hari bisa dikatakan terlalu ekstrim.

Jika penurunan berat badan terlalu ekstrim, maka bisa menimbulkan efek samping terhadap tubuh. Yaitu tubuh jadi kekurangan nutrisi. Hal ini bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan akhirnya berbagai penyakit bisa masuk ke dalam tubuh.

Jadi, lebih baik menurunkan berat badan secara perlahan daripada terlalu cepat namun menimbulkan penyakit.

Namun, walau begitu kita akan tetap menyebut sebagai “cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari” saja, ya. Agar terasa lebih semangat dalam berupaya menurunkan berat badan.

1. Defisit Kalori

Cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari yaitu dengan defisit kalori. Jumlah kalori yang perlu diturunkan berapa? Yang perlu diturunkan yaitu dari kebutuhan harian kalori dikurangi dengan 500 kalori – 1,000 kalori.

2. Kurangi Asupan Karbohidrat

Selanjutnya, cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi sel tubuh. Jika jumlah atau kadar karbohidrat yang ada di dalam tubuh terbatas, maka tubuh akan membuat lemak menjadi sumber energi dengan membakarnya.

Artinya, dengan mengurangi asupan karbohidrat maka berat badan bisa lebih cepat untuk berkurang. Karbohidrat yang direkomendasikan untuk dikurangi yaitu karbohidrat kompleks. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet karbohidrat mengalami penurunan berat badan yang cukup berarti. Selain itu, diet karbohidrat juga bisa membuat kadar insulin dalam tubuh menurun dan membuat tubuh lebih sehat.

3. Konsumsi Protein

Mengonsumsi protein adalah salah satu cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari. Protein termasuk dalam zat gizi makro yang dibutuhkan dalam jumlah yang tidak kecil oleh tubuh. Orang dewasa membutuhkan kadar protein sebesar 0,8 gram per kilogram. Di bawah ini adalah beberapa sumber protein yang bisa dikonsumsi.

    1. Kedelai
      Kedelai berfungsi untuk menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.
    2. Telur
      Telur adalah sumber protein yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas warga Indonesia. Karena telur mudah untuk diolah. Selain itu, telur juga bisa dikonsumsi setiap hari.
    3. Makanan laut
      Kandungan protein dan lemak yang rendah di dalam makanan laut menjadikan makanan laut cocok untuk pejuang diet yang ingin menurunkan berat badan.
    4. Daging sapi tanpa lemak
      Daging ini adalah sumber protein yang kandungan didalamnya ada seng, zat besi, dan juga vitamin B.
    5. Susu, keju, yoghurt.
    6. Kentang
      Kandungan yang ada pada kentang yaitu protein yang tinggi, karbohidrat, dan serat yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu penurunan berat badan.
    7. Dada ayam
      Kandungan pada dada ayam yaitu protein tanpa lemak, vitamin B, vitamin D, kalsium, zat besi dan juga seng.
    8. Kacang-kacangan
      Makanan ini mengandung serat yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
@enricowinaldy 5 cara simple buat mulai diet yang gampang banget diterapin 💯✅ @I HATE DIET #gymtok #gymtips #diet #diettips #cutting #fyp ♬ original sound – Enrico Winaldy

 

4. Hindari Minuman Soda

WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa  minuman soda tidak membantu penurunan berat badan dan bahkan bisa membahayakan kesehatan tubuh. Jadi ini artinya minuman pemanis tidak disarankan untuk dikonsumsi. Lalu, apakah jus buatan boleh? Sama halnya dengan jus buatan. Jus buatan pun tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Jadi yang lebih disarankan adalah dengan menggunakan gula alami karena lebih aman untuk dikonsumsi. Jadi bisa disimpulkan bahwa menghindari minuman soda merupakan cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari.

5. Minum Air Putih

Meminum air putih juga merupakan cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari. Setiap orang harus meminum air putih agar kebutuhan cairannya terpenuhi dengan baik. Berapa jumlah air putih yang harus diminum setiap hari? Kurang lebih sekitar 2 liter setiap hari atau 8 gelas setiap hari nya.

Ketika perut kosong lalu minum air putih, ketika makan tidak akan terlalu kalap. Jadi kalori yang masuk tidak melebihi kebutuhan tubuh. Dan berat badan pun bisa berkurang. Lalu bagaimana cara agar berat badan menurun dengan minum air putih? Yaitu dengan minum air putih 30 menit sebelum makan dan saat terasa lapar langsun minum air putih.

6. Rutin Olahraga

Cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari yang terakhir yaitu berolahraga secara rutin. Terdapat berbagai macam jenis olahraga. Ada olahraga dengan intensitas ringan, ada juga olahraga dengan intensitas tinggi. Jenis olahraga dengan intensitas tinggi yaitu olahraga aerobik. Di bawah ini merupakan beberapa jenis olahraga aerobik yang bisa membuat berat badan menurun.

cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari

  1. Berenang
    Olahraga ini adalah yang terbaik dan disukai banyak orang. Kelebihan berenang adalah secapek apapun, berenang tidak membuat tubuh berkeringat. Berenang dengan durasi 30 menit dapat membakar kalori sekitar 409 kkal. Selain bisa bermanfaat untuk mengurangi berat badan, berenang juga bisa dapat mengatasi masalah sendi dan cedera.
  2. Bersepeda
    Sepeda bisa digunakan saat di luar rumah. Atau bisa juga menggunakan sepeda statis saat berada di dalam rumah. Jumlah kalori yang terbakar jika bersepeda 30 menit yaitu sekitar 280-360 kalori.
  3. Berjalan kaki
    Ini merupakan salah satu jenis aerobik ringan yang bisa menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Selain itu, berjalan kaki merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan sangat murah. Setiap hari dianjurkan berjalan kaki minimal selama 30 menit dan kalori akan terbakar kurang lebih 167 kkal.
  4. Senam
    Senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang sedang ramai di kalangan masyarakat karena mudah dilakukan. Senam ini bisa dilakukan 5 kali setiap minggu selama 10 bulan atau lebih.
  5. Jogging (lari pelan)
    Olahraga ini dilakukan selama 30 menit dan dapat membakar kalori 300-770 kkal. Jogging disarankan untuk dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.
  6. Zumba
    Zumba juga cukup banyak membakar kalori. Jika melakukan senam zumba 2 hingga 3x dalam seminggu disertai dengan pola makan yang tepat, maka penurunan berat badan akan cepat tercapai.
  7. Kickboxing
    Latihan ini berdurasi kurang lebih 50 menit dan bisa membakar kalori sebanyak 430-600 kalori.
  8. Skipping
    Olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan jantung sekaligus membakar kalori. Baiknya melakukan skipping secara bertahap, tidak langsung melaksanakan dengan intensitas tinggi dan durasi panjang.
  9. HIIT (High Intensity Interval Training)
    HIIT merupakan olahraga dengan intensitas tinggi dan saat ini banyak digemari oleh anak muda. Selain bisa membakar kalori, HIIT juga bisa mengecilkan perut.

Itulah 6 upaya yang bisa dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan 3kg dalam 1 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?