Hitung Berat Badan Ideal, Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Hitung Berat Badan Ideal

Hitung berat badan ideal bisa membantu untuk menilai apakah berat badan kita termasuk kategori normal, kurang, atau bahkan berlebih. Berat badan atau BB memang menjadi hal yang penting untuk kita perhatikan karena sangat terkait dengan kesehatan tubuh dan juga penampilan. Setiap orang tentu lebih baik jika memiliki BB yang ideal.

Memiliki BB ideal memang bisa memberikan banyak keuntungan untuk diri kita sendiri. Mulai dari penampilan akan membuat kita terlihat lebih menarik dan memberikan rasa percaya diri. Selain itu BB ideal juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena bisa mencegah berbagai macam risiko penyakit yang berbahaya.

BB ideal mampu mengurangi risiko nyeri sendi dan otot, mengurangi beban jantung dan sistem peredaran darah, membuat tidur lebih nyenyak. Mengurangi risiko penyakit jantung bahkan kanker, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Lalu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, dan berbagai manfaat penting lainnya.

Cara Hitung Berat Badan Ideal dan Hasilnya

Beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan berat badan mereka. Sehingga BB mereka bisa saja kurang atau kelebihan, alih-alih ideal. Padahal BB yang kurang dan berlebihan itu tidak baik dan bisa memberikan berbagai dampak buruk tersendiri. Baik itu dampak buruk untuk penampilan dan juga kesehatan tubuh.

Tubuh yang terlalu kurus atau gemuk tentu bisa mengurangi kecantikan penampilan dan menyebabkan rasa percaya diri berkurang. Apalagi dengan adanya ejekan tubuh terlalu kurus atau gemuk dari orang lain. Selain itu BB yang tidak ideal juga akan memberikan banyak dampak buruk untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

Demi mencegah dampak buruk BB kurang atau berlebih maka kita bisa mencoba hitung berat badan ideal. Salah satu cara menghitungnya dengan menggunakan kalkulator IMT yang menyediakan perhitungan BB ideal secara otomatis. Kita hanya perlu memasukkan berat badan dan tinggi badan untuk mendapat hasil BB ideal atau tidak.

Selain menggunakan kalkulator IMT otomatis tersebut, kita juga bisa menghitung IMT secara manual. Caranya  dengan membagi angka BB dalam satuan kg dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Setelah menghitungnya maka Anda bisa mendapatkan angka IMT yang menunjukkan berat badan ideal, kurang, atau berlebih.

Klasifikasi IMT

Untuk mengetahui apakah hasil hitung berat badan ideal itu normal, kurang, atau lebih maka bisa menyesuaikannya dengan klasifikasi IMT menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Klasifikasi IMT tersebut terbagi menjadi empat yaitu kurang dari 18,5, 18,5 hingga 25,0, 25,1 hingga 27,0 dan 27 atau lebih. Berikut akan kita bahas selengkapnya mengenai klasifikasi tersebut:

Kurang dari 18,5

Nilai IMT kurang dari 18,5 menunjukkan bahwa BB kurang atau underweight yang pastinya kurang baik. Kondisi underweight tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah seperti lebih mudah sakit karena kekebalan tubuh lemah, kekurangan zat gizi, memperbesar risiko anemia dan osteoporosis, mengganggu kesuburan, dan lainnya.

Jika memiliki kondisi ini Anda harus berusaha menaikan hasil hitung berat badan ideal. Caranya dengan mengonsumsi susu Weight Herba yang merupakan produk penambah berat badan. Produk ini terbuat dari bahan alami yaitu susu kambing etawa yang kaya akan kandungan zat besi, karbohidrat vitamin A dan E serta kalsium.

Selain menggunakan susu kambing etawa yang kaya manfaat, susu ini juga menggunakan bahan alami lain yaitu temulawak dan daun kelor. Kandungan temulawak mampu meningkatkan nafsu makan hingga bisa mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Sehingga makanan bisa tercerna dengan lebih baik di pencernaan.

Bahan daun kelor dalam produk susu ini juga tidak kalah penting. Sebab daun kelor juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar gula darah dan berbagai manfaat lainnya. Dengan begitu selain menambah hasil hitung berat badan ideal, mengonsumsi Weight Herba juga mampu menyehatkan tubuh kita.

Selain Mengonsumsi susu Weight Herba, Anda juga harus makan makanan yang bergizi dan bernutrisi dengan teratur, minum banyak air putih, memperbaiki pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Dengan berbagai cara tersebut maka upaya meningkatkan berat badan Anda bisa memberikan hasil yang maksimal.

18,5 hingga 25,0

Kategori Hitung berat badan ideal selanjutnya adalah 18,5-25,0. Nilai IMT 18,5 hingga 25,0 menunjukkan bahwa BB normal atau ideal. Kondisi ini tentunya bagus untuk tubuh dan bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Jika Anda memiliki berat badan normal maka Anda harus selalu menjaga BB ideal tersebut. Jangan sampai membuat BB menjadi kurang atau bahkan berlebihan.

Untuk menjaga BB, konsumsi makanan bergizi dengan kandungan nutrisi lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, mineral, serat, lemak dan protein. Kemudian aturlah konsumsi kalori agar tidak terlalu banyak bahkan berlebihan. Anda juga harus menghindari kebiasaan makan banyak untuk mencegah hasil hitung berat badan ideal naik.

Anda juga harus berolahraga secara rutin untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menurunkan berbagai risiko penyakit. Kemudian hindarilah kebiasaan mengonsumsi alkohol, makan makanan cepat saji, dan jangan malas untuk bergerak untuk menghindari peningkatan berat badan serta mencegah tubuh mengalami obesitas.

25,1 hingga 27,0

Berikutnya jika nilai IMT menunjukkan 25,1 hingga 27,0 maka artinya berat badan berlebih atau overweight. Kondisi ini juga bisa memberikan dampak buruk. Misalnya menyebabkan nyeri panggung, arthritis, gangguan metabolisme, gangguan pernapasan, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut maka Anda harus berusaha untuk menurunkan hasil hitung berat badan ideal. Contohnya dengan berolahraga secara rutin untuk membakar kalori serta memangkas lemak yang berlebihan dalam tubuh. Kemudian konsumsilah buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin, mineral, air, dan serat.

Mengonsumsi makan tersebut bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga bisa mengurangi makan berlebihan dalam keinginan untuk ngemil. Kemudian cobalah untuk mencukupi waktu tidur untuk mencegah peningkatan risiko obesitas. Anda juga bisa mengurangi waktu yang berlebihan untuk duduk di depan layar, laptop, maupun HP.

@neveres_id ratain perut #fyp #fitnessindonesia ♬ original sound – Neveres Sportswear Indonesia

27 atau Lebih

Jika hitung berat badan ideal menunjukkan angka 27 atau lebih maka menandakan tubuh obesitas. Obesitas merupakan tubuh yang memiliki lemak berlebih. Kondisi ini bisa memberikan dampak buruk seperti memperbesar risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Untuk mengatasi obesitas maka Anda harus mengatur pola makan yang tepat. Konsumsi kalori dalam porsi yang sesuai, makan makan sehat dan menghindari junk food. Kemudian mulailah rutin berolahraga setiap hari untuk kebugaran tubuh, mencegah kenaikan berat badan dan menurunkan berat badan secara bertahap.

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana seperti menyapu, mengepel, berkebun, berjalan kaki paling tidak 10.000 langkah setiap hari dan aktivitas gerak sederhana lainnya. Dengan banyak bergerak maka tubuh juga akan membakar kalori dan lemak lebih banyak meskipun tidak melakukan olahraga yang berat.

Demikianlah pembahasan mengenai hitung berat badan ideal dan klasifikasi IMT menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka Anda bisa menerapkan berbagai cara yang sudah kita bahas di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?