Berapa Jumlah Kalori untuk Berat Badan 70 Kg?

Apakah anda sudah mengetahui berapa jumlah kebutuhan kalori harian anda? Dan berapa jumlah kalori untuk berat badan 70 kg? Artikel ini akan mengulas tentang cara perhitungan kalori harian. Mari simak artikel berikut dengan seksama.

Di dalam setiap makanan dan minuman mengandung jumlah kalori yang berbeda beda. Jika kebutuhan kalori setiap harinya terpenuhi, maka anda bisa beraktivitas dengan semangat dan tubuh pun jadi sehat bugar.

Kalau dianalogikan, kalori adalah bahan bakar atau bensin. Sedangkan tubuh adalah motornya. Bayangkan saja saat bahan bakarnya terisi penuh, maka kita bisa melakukan aktivitas apapun.

Begitupun sebaliknya. Jika bahan bakar atau bensin habis, motor tidak bisa digunakan. Tubuh pun jika tidak terpenuhi kalorinya, maka bisa lemas dan tidak mampu beraktivitas seperti biasa.

kalori untuk berat badan 70 kg

Kebutuhan Kalori

Sebelum membahas cara menghitung kebutuhan kalori setiap hari, anda perlu mengetahui dulu kalau kebutuhan kalori dipengaruhi oleh banyak hal. Faktor yang memengaruhinya yaitu jenis kelamin, usia, TB, BB dan juga jenis aktivitas.

Kenapa penting mengetahui kebutuhan kalori harian? Karena kalori yang masuk harus sesuai, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.

Kalau terlalu tinggi kalori yang masuk, maka tubuh bisa berisiko mengalami sakit jantung. Karena tingginya kadar lemak di dalam tubuh.

Kalau kalori yang masuk rendah, maka organ-organ tubuh jadi terhambat pergerakannya dan tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Jumlah Kalori untuk Berat Badan 70 kg

Sebelum menghitung kalori untuk berat badan 70 kg, anda perlu mengetahui cara hitung kebutuhan kalori harian. Berikut merupakan cara menghitung kebutuhan kalori harian.

Rumus yang biasa digunakan adalah rumus Harris-Benedict. Berikut rumusnya:

Laki-laki: (88,4 + 13,4 x BB dalam kg) + (4,8 x TB dalam cm) – 5,68 x usia dalam th)

Perempuan: (447,6 + 9,25 x BB dalam kg) + (3,10 x TB dalam cm) – (4,33 x usia dalam th)

Setelah itu, rumus tersebut dikali dengan aktivitas harian. Apakah aktivitasnya tergolong tinggi atau rendah, itu akan memengaruhi hasil akhir kalorinya.

Aktivitas harian tersebut dinilai antara 1,2 – 1,9. Semakin tinggi aktivitas harian semakin tinggi angka aktivitas harian.

Maka, kalori untuk berat badan 70 kg bisa kita hitung dengan mengumpamakan usia dan tinggi badan terlebih dahulu. Misalnya laki-laki berusia 50 tahun dengan tinggi badan 180 cm. Aktivitasnya rendah karena jarang berolahraga (1,2).

Jumlah kebutuhan kalori setiap harinya yaitu:

(88,4 + 13,4 x 70) + (4,8 x 180) – (5,68 x 50) = 1.606,4 kkal

Lalu dikalikan dengan aktivitas fisik hariannya yang rendah yaitu 1,2.

1.606,4 x 1,2 = 1.927,68 kkal atau kalau dibulatkan menjadi kurang lebih 1.900 kkal setiap harinya.

Itulah cara menghitung kalori harian. Akhirnya sudah terjawab ya pertanyaan “Berapa jumlah kalori untuk berat badan 70 kg?”.

Sekarang saatnya anda menghitung kebutuhan kalori harian anda dengan memasukkan ke rumus di atas. Setelah itu anda bisa menyesuaikan perlu mengonsumsi apa saja agar kebutuhan kalorinya terpenuhi.

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana solusi jika ingin menurunkan BB, menaikkan BB atau mempertahankan BB. Apakah ada tips memenuhi kalorinya?

Jawabannya yaitu terbagi jadi 3:

  • Jika anda ingin berat badan bertambah, maka konsumsilah makanan dengan tinggi kalori dan tinggi nutrisi. Pastikan juga jumlah kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibakar.
  • Jika anda ingin menjaga berat badan ideal, maka pastikan jumlah kalori yang masuk dan yang dibakar jumlahnya seimbang.
    Anda bisa melakukan aktivitas fisik agar kalori terbakar.
  • Jika anda ingin berat badan berkurang, maka konsumsilah makanan dengan kalori rendah dan tingkatkan intensitas olahraga anda.

Selain itu, jika anda ingin menambah berat badan maka dianjurkan mengonsumsi susu Weight Herba. Susu ini sudah terdaftar dalam BPOM dan terbukti aman untuk dikonsumsi.

Weight Herba terbuat dari bahan alami berupa susu kambing etawa, ekstrak temulawak dan juga ekstrak daun kelor. Berikut penjelasan detailnya:

  • Susu kambing etawa
    Susu kambing kandungan nutrisinya jauh lebih banyak dari susu sapi. Susu kambing etawa adalah hasil persilangan dari kambing India dengan kambing lokal.
  • Ekstrak temulawak
    Kandungan yang ada di dalam temulawak bisa membuat nafsu makan meningkat. Selain itu juga temulawak bisa membuat saluran pencernaan lebih lancar.
  • Ekstrak daun kelor
    Kandungan yang ada di dalam daun kelor bisa membuat kadar gula dalam darah tetap stabil. Selain itu juga membuat kadar kolesterol di dalam tubuh jadi tetap dalam rentang normal.

Susu ini aman dikonsumsi oleh anak berusia 2 tahun ke atas hingga dewasa. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi susu Weight Herba ini yaitu:

  • Membuat berat badan mengalami peningkatan
  • Membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar
  • Membuat kadar gula dalam darah tetap dalam rentang normal
  • Membuat nafsu makan meningkat
  • Bisa menambah asupan kalori

Susu ini dianjurkan untuk dikonsumsi 3x dalam sehari, setiap sudah makan. Cara penyajiannya yaitu dengan memasukkan 3 sendok makan susu bubuk ke dalam 200 ml air hangat.

Itulah pembahasan tentang cara menghitung kebutuhan kalori, termasuk kalori untuk berat badan 70 kg. Juga pembahasan tentang cara meningkatkan berat badan.

Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?