2 Cara Menghilangkan Nyeri Sendi Akibat Chikungunya

Kalau anggota keluarga anda pernah mengalami nyeri sendi chikungunya, tentu akan bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya. Karena, rasa nyeri sendi yang muncul ini sering diingat oleh penderita chikungunya, bahkan setelah sembuh.

Apa Itu Chikungunya?

Sebelum membahas cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu chikungunya, bagaimana bisa seseorang mengalami sakit chikungunya. Serta bagaimana cara penularan dan pencegahannya.

Chikungunya adalah suatu kondisi ketika seseorang digigit nyamuk kemudian tubuhnya mengalami infeksi akibat virus. Virus ini ditularkan oleh nyamuk. Bisa oleh nyamuk Aedes aegypti atau bisa juga oleh nyamuk Aedes albopictus. Sudah banyak orang di Indonesia yang pernah mengalami sakit chikungunya. Karena semua rentang usia berisiko terkena penyakit ini. Namun, yang lebih berisiko adalah bayi baru lahir dan lansia.

Apa Saja Gejala Chikungunya?

Nyeri sendi adalah salah satu gejala dari chikungunya. Namun sebelum mengetahui cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya, kita perlu tahu apa saja gejala yang biasa dialami saat sakit chikungunya. Gejala chikungunya beberapa diantaranya yaitu:

  • Demam, bisa mencapai 39 derajat celcius
  • Muncul ruam ruam kemerahan
  • Muncul rasa nyeri pada otot dan persendian
  • Muncul rasa nyeri pada tulang
  • Ada pembengkakan pada sendi
  • Muncul sakit kepala
  • Badan terasa lemas
  • Timbul rasa mual

Pada setiap pasien, gejala yang timbul akan berbeda-beda. Ada yang bisa mengalami chikungunya tanpa gejala, ada juga yang mengalami semua gejala yang sudah disebutkan di atas. Gejala-gejala lain selain nyeri sendi biasanya akan mulai mereda kurang lebih setelah satu minggu. Lalu, apakah gejala nyeri sendi hilang juga dalam satu minggu? Jawabannya tidak. Pada mayoritas orang yang mengalami sakit chikungunya, nyeri sendi yang dirasa bisa lama sampai berbulan-bulan.

Jika banyak gejala yang anda alami, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Terutama, jika anda sudah mengalami gejala yang lebih berat dari yang disebutkan di atas. Saat berkonsultasi dengan dokter, akan ada tes kesehatan yang anda lakukan. Mulai dari diberikan pertanyaan tentang gejala apa saja yang dirasakan, riwayat perjalanan apakah habis berkunjung ke daerah yang banyak mengalami kasus chikungunya, hingga tes ELISA.

Apa itu tes ELISA? ELISA adalah singkatan dari Enzyme-Linked Immunosorbent Assays. Tujuan dilakukannya tes ini yaitu untuk mengetahui kadar antibodi IgM dan juga IgG chikungunya.

Cara Menghilangkan Nyeri Sendi Akibat Chikungunya

Setelah kita mengetahui apa itu chikungunya dan apa saja gejalanya, barulah kita bisa mencari tahu apa cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya. Jadi, pada dasarnya gejala yang dialami oleh penderita chikungunya akan berkurang dan hilang secara perlahan. Namun, tidak untuk rasa nyeri sendinya. Biasanya tetap muncul hingga jangka waktu yang lama.

Berikut merupakan cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya.

1. Mengonsumsi Obat

Menurut para ahli dan dokter, tidak ada pengobatan khusus untuk penderita chikungunya. Karena, biasanya gejala dan sakit chikungunya akan membaik seiring berjalannya waktu. Jadi obat yang biasa diberikan oleh dokter adalah obat agar gejala yang dirasakan bisa mereda. Ada berbagai jenis obat yang digunakan.

Mulai dari paracetamol, ibuprofen, sampai naproxen agar nyeri sendi bisa berkurang. Serta agar demam bisa menurun. Selain itu, yang menjadi catatan adalah sebelumnya harus dipastikan diagnosanya chikungunya atau demam berdarah. Karena akan menentukan obat yang diresepkan jika terjadi perdarahan. Penderita chikungunya juga disarankan untuk memperbanyak istirahat dan juga minum yang cukup agar bisa lebih cepat sembuh.

2. Meminum Etawalin

Meminum susu etawalin adalah salah satu cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya. Kandungan yang ada di susu etawalin ini bekerja secara bersamaan dan menghasilkan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan yang ada di susu etawalin ini yaitu:

  • Susu kambing etawa
    Kandungan nutrisi yang ada di susu kambing lebih banyak dibandingkan dengan kandungan nutrisi pada susu sapi. Kalsium dan protein yang ada di susu kambing etawa bisa membuat kesehatan tulang dan persendian terjaga dengan baik.
  • Jahe
    Jahe sudah cukup dikenal bisa meredakan berbagai gejala penyakit seperti batuk. Selain batuk, jahe juga bisa menurunkan rasa nyeri sendi yang dialami penderita chikungunya.
  • Temulawak
    Kandungan yang ada di temulawak bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.
  • Kayu manis
    Kayu manis memiliki manfaat seperti jahe dan juga temulawak. Yaitu bisa mengurangi peradangan.
  • Daun salam
    Selain untuk bumbu masakan, daun salam juga bisa berfungsi sebagai anti oksidan dan anti radang.
  • Sereh
    Sereh bisa menjadi anti oksidan dan anti radang seperti daun salam.

Sudah terbayang bukan, apabila semua kandungan yang ada di susu etawalin bekerja secara bersama-sama maka manfaatnya akan sangat baik untuk tubuh. Etawalin sudah terdaftar dalam BPOM dan juga sudah terverifikasi halal. Jadi, tunggu apa lagi? Mari rutin untuk mengonsumsi susu etawalin!

cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya

Apakah Ada Komplikasi dari Chikungunya?

Setelah mengetahui cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya, kita juga perlu tahu apakah ada komplikasi yang muncul akibat chikungunya atau tidak. Pada banyak kasus, komplikasi akibat chikungunya memang jarang ditemukan. Namun, di bawah ini adalah kemungkinan komplikasi yang akan muncul akibat chikungunya.

  1. Adanya uveitis atau peradangan di bagian uvea mata
  2. Adanya retinitis atau peradangan di retina mata
  3. Adanya miokarditis atau peradangan di otot jantung
  4. Adanya nefritis atau peradangan di ginjal
  5. Adanya hepatitis atau peradangan pada hati
  6. Adanya ensefalitis atau peradangan pada otak
  7. Adanya mielitis atau peradangan pada satu segmen saraf tulang belakang
  8. Adanya rematik atau peradangan pada sendi
  9. Kelumpuhan akibat terdapat gangguan pada sistem saraf atau disebut sindrom guillain-bare

Bagaimana Cara Mencegah Chikungunya?

Setelah mengetahui cara menghilangkan nyeri sendi akibat chikungunya dan komplikasinya, kita juga perlu tahu bagaimana cara mencegah agar tidak mengalami chikungunya. Prinsip yang dilakukan agar tidak menderita chikungunya yaitu dengan berusaha menurunkan kemungkinan tubuh kita tergigit oleh nyamuk. Banyak hal yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya yaitu:

  • 3M (Menguras – Menutup Rapat – Mendaur Ulang)
    Menguras bak mandi atau tempat penampuan air lainnya
    Menutup rapat tempat penyimpanan air apapun
    Mendaur ulang barang yang bisa menjadi tempat penampungan air
  • Tabur bubuk abate di bak mandi atau tempat penampungan air
  • Pelihara ikan yang memakan jentik-jentik nyamuk
  • Gunakan obat anti nyamuk
  • Pasang kawat di ventilasi dan juga jendela rumah agar mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah
  • Tanam tumbuhan yang bisa mengusir nyamuk seperti lavender dan citronella
  • Tidak menggantung pakaian di ruangan terbuka
  • Pastikan saluran air lancar tidak ada hambatan
  • Rajin membersihkan lingkungan sekitar
  • Gunakan kelambu agar saat tidur terhindar dari nyamuk
  • Gunakan baju dan celana panjang
  • Gunakan lotion anti nyamuk

Dengan melakukan kegiatan yang sudah disebutkan di atas, maka kemungkinan atau risiko terkena gigitan nyamuk bisa menurun. Maka, mari rajinlah menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk chikungunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?