Gejala Kista Payudara yang Perlu Diwaspadai

kista payudara

Kista Payudara

Breast Cyst atau kista payudara merupakan suatu penyakit yang berupa benjolan berbentuk bulat atau lonjong yang berisi cairan dan tumbuh di jaringan payudara. Benjolan ini tidak mengandung sel kanker atau bersifat jinak.

Kantung yang berisi cairan pada payudara dapat menyebabkan rasa nyeri jika kista semakin membesar. Tak hanya itu saja, kista payudara juga dapat menyebabkan benjolan, munculnya cairan pada puting, hingga adanya perubahan benjolan setiap memasuki siklus menstruasi.

 

Kista payudara dapat berjumlah lebih dari satu dan tumbuh pada salah satu atau kedua payudara. Ketika diraba, kista payudara akan terasa lembek seperti balon berisi air. 

Pertumbuhan kista payudara dapat dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon dalam siklus menstruasi. Kondisi ini umumnya diderita oleh wanita menjelang masa menopause, yaitu antara rentang usia 35-50 tahun, terutama pada wanita yang menjalani terapi pengganti hormon.

 

Penyebab Kista Payudara

Adapun penyebab kista payudara sebenarnya belum dapat diketahui secara pasti. Hanya saja, kista da[at tumbuh akibat adanya cairan yang terkumpul di dalam kelenjar payudara.

Munculnya kista juga masih berkaitan dengan perubahan hormon pada wanita, terutama dalam siklus menstruasi tiap bulannya. Tumbuhnya kista diduga berkaitan dengan tingginya kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Kondisi tersebut memicu perubahan pada jaringan dan kelenjar payudara sehingga membentuk kista.

 

Gejala Kista Payudara

FYI, gejala kista payudara sangat mudah dikenali lho. Umumnya ditandai dengan munculnya benjolan yang terasa pada payudara.

Adapun karakteristik benjolan kista payudara, diantaranya:

  • Benjolan berbentuk bulat atau lonjong dan terasa mudah digoyangkan.
  • Area benjolan terasa lembek saat ditekan.
  • Benjolan tampak makin besar menjelang menstruasi dan akan kembali mengecil pasca menstruasi.

Selain muncul benjolan, kista payudara juga dapat mengakibatkan payudara terasa nyeri. Tak hanya itu, puting payudara juga memungkinkan dapat mengeluarkan cairan berwarna jernih, kuning, atau kecoklatan.

 

Kapan Harus Ke Dokter

payudara-sakit-saat-ditekan-tapi-tidak-ada-benjolan

Tak usah panik! Tidak semua benjolan pada payudara adalah kista. Jadi, perlu adanya pemeriksaan oleh dokter terhadap benjolan yang muncul. Hal ini bertujuan agar benjolan tersebut dapat diketahui dengan pasti mulai dari jenis hingga penyebabnya munculnya.

Kamu juga dianjurkan untuk menjalani SADANIS (pemeriksaan payudara klinis) oleh dokter secara berkala sejak usia 20 tahun. Tujuannya untuk mendeteksi gejala kelainan pada payudara sedini mungkin. SADANIS dapat dilakukan tiap 1-3 tahun, yaitu pada hari ketujuh hingga kesepuluh dari hari pertama menstruasi.

 

Diagnosis Kista Payudara

Guna memastikan bahwa jenis benjolan pada payudara adalah kista, dokter akan mulai mendiagnosis dengan menanyakan gejala dan riwayat kesehatan pasien.

Kemudian, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, terutama di bagian payudara. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jika ada kelainan lain pada benjolan yang tumbuh di bagian payudara.

Untuk memastikan diagnosis, dokter juga akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan cara:

  • Pemindaian Payudara

Pemindaian bisa dilakukan dengan metode mammografi atau USG payudara. Mammografi dapat mendeteksi adanya pemadatan jaringan atau perubahan pada kelenjar payudara.

Sementara pemindaian dengan USG dapat membantu dokter memastikan apakah benjolan tersebut berupa kista atau tumor padat.

 

  • Aspirasi Jarum Halus

Aspirasi jarum halus dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam benjolan di payudara untuk mengambil cairan di dalamnya. Pemeriksaan ini juga sering dilakukan dengan bantuan USG agar jarum bisa masuk dengan tepat.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan tambahan lain, tergantung jenis cairan yang keluar dari tindakan aspirasi jarum halus, salah satunya biopsi payudara.

Pengobatan Kista Payudara

Kista payudara umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika kista terasa nyeri, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai pengobatan awal di rumah:

  • Mengompres payudara

Mengompres payudara dengan air hangat atau air dingin bisa membantu meredakan rasa nyeri akibat kista.

  • Menghindari konsumsi kafein

Pada beberapa penderita, rasa nyeri di payudara dapat berkurang saat tidak mengonsumsi kafein.

  • Mengenakan bra yang nyaman

Mengenakan bra yang dapat menopang payudara dengan nyaman dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan.

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas

Beberapa jenis obat pereda nyeri, seperti paracetamol dapat meredakan nyeri payudara akibat kista.

 

Jika kista payudara tidak hilang, membesar seiring waktu, dan mulai mengganggu kenyamanan, dokter dapat merekomendasikan beberapa metode penanganan berikut ini:

  • Terapi hormon

Mengingat efek sampingnya yang cukup signifikan, metode ini hanya direkomendasikan pada kista payudara yang sudah parah. Adapun contoh obat yang digunakan dalam terapi hormon yaitu pil KB atau tamoxifen.

 

  • Aspirasi jarum halus

Pengambilan cairan kista dengan jarum halus ini dilakukan untuk menyedot seluruh cairan di dalam payudara. Namun, cara ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali karena kista masih dapat tumbuh kembali.

 

  • Operasi

Operasi pengangkatan kista hanya dilakukan jika kista payudara hilang timbul selama berbulan-bulan, cairan kista mengandung darah atau benjolan menunjukkan ciri-ciri yang dikhawatirkan ganas (kanker).

 

Komplikasi Kista Payudara

Pemeriksaan dokter penting dilakukan karena tidak semua kista payudara bersifat jinak. Meskipun jarang terjadi, beberapa kista yang tumbuh dapat menjadi gejala penyakit serius, seperti kanker payudara

Kista payudara juga dapat terinfeksi oleh bakteri dan berubah menjadi abses payudara.

 

Pencegahan Kista Payudara

Sebenarnya cara yang paling tepat untuk dapat mencegah kista payudara belum diketahui karena penyebabnya pun belum secara jelas dapat diprediksi.

Selain menjalani SADANIS, setiap wanita juga perlu melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) untuk mendeteksi benjolan di payudara sedini mungkin. SADARI dilakukan pada hari ke-7 hingga ke-10 setelah haid hari pertama setiap bulannya.

 

Madu Herbal Zymuno

Zymuno merupakan madu imunoterapi herbal pertama di Indonesia yang diformulasikan khusus oleh ahli medis terpercaya sehingga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Misalnya saja seperti mengatasi benjolan pada leher, payudara, ketiak atau bagian tubuh lainnya, mengobati tiroid, mengobati kista/miom, serta mampu mengobati tumor jinak.

Madu herbal Zymuno terbukti 3x lebih ampuh dalam mengobati benjolan, kista dan tumor jinak dalam 14 hari.

Madu Zymuno terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu asli, daun meniran, daun kelor dan temulawak.

Zymuno dengan herbal imunoterapi-nya mengandung anti-inflamasi dan zat anti-tumor alami yang berkhasiat untuk meningkatkan pembentukan sel pada jaringan kulit, sehingga mencegah berkembangnya benjolan dan sel tumor.

 

Komposisi Madu Zymuno

Madu Zymuno dijamin berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi dan sudah terdaftar dalam BPOM. Madu herbal ini juga menggunakan bahan herbal alami dan pilihan, diantaranya seperti:

  • Madu Asli

Madu mengandung zat anti-tumor yaitu flavonoid, asam folat, asam amino, protein, dan enzim. Zat tersebut berkhasiat sebagai anti-inflamasi untuk mengobati benjolan dan peradangan kronis penyebab sel tumor.

  • Daun Meniran

Daun meniran kaya akan kandungan antioksidan yang berkhasiat meningkatkan fungsi vitamin dan mineral, sehingga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah infeksi bakteri dan virus, serta mengobati pembengkakan dan benjolan.

Tak hanya itu saja, daun meniran juga dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dengan bertindak sebagai sel mati sehingga tidak akan memicu munculnya sel tumor baru.

  • Daun Kelor

Daun kelor mengandung 50 antioksidan, 27 vitamin, 9 asam amino esensial, dan garam mineral yang berkhasiat melawan radikal bebas dalam tubuh.

Senyawa alami yang ada di dalam daun kelor yaitu allasea monosakarida berkhasiat untuk menghentikan siklus sel tumor pada tahap awal.

  • Temulawak

Temulawak memiliki dua kandungan utama yaitu kurkumin dan xanthorrhizol yang berkhasiat mengobati peradangan, pembengkakan dan benjolan, menekan induksi bintik tumor, serta meningkatkan imunitas tubuh. 

 

Manfaat Madu Zymuno

Zymuno sudah teruji BPOM dan MUI dan sangat direkomendasikan untuk kamu yang mengalami masalah kesehatan. Adapun manfaat madu herbal Zymuno antara lain:

  • 3x lebih ampuh mengobati benjolan pada tubuh
  • Mengobati peradangan kronis
  • Mengatasi bengkak kelenjar getah bening
  • Mengatasi kista
  • Mengobati tiroid dan lipoma
  • Mengatasi tumor jinak
  • Memperlambat berkembangnya sel tumor
  • Membantu melancarkan haid pada wanita
  • Membantu terapi tumor dan kanker
  • Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?