8 Makanan Penambah Berat Badan Janin

Ibu hamil perlu mengetahui makanan penambah berat badan janin demi kebaikannya dan sang janin. Selama kehamilan, berat badan janin harus terus dipantau. Berat badan janin harus sesuai dengan usia kandungannya. Jika ingin melihat pertumbuhan janin baik atau tidak, maka kita bisa melihat dari berat badan janin tersebut. Jadi, kebutuhan nutrisi harian ibu hamil perlu terpenuhi dengan baik. Kalau kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik maka janin pun bisa bertumbuh dengan baik.

Ketika sudah mencapai trimester 3 (minggu ke-28 kehamilan sampai minggu ke-40), ibu hamil perlu mengonsumsi sebanyak 450 kalori tambahan setiap hari. Berikut merupakan penjelasan tentang makanan penambah berat badan janin agar janin bisa tumbuh dengan sehat sesuai usia janin trimester 3.

Makanan Penambah Berat Badan Janin

Kandungan makanan seperti protein, karbohidrat dan lemak baik dibutuhkan agar bisa menambah berat badan janin. Berikut merupakan beberapa makanan penambah berat badan janin yang bisa dikonsumsi.

1. Susu dan Produk Olahannya

Kalsium bisa membuat pertumbuhan janin dan tulang lebih optimal. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk makan makanan maupun olahan yang memiliki kandungan kalsium. Misalnya, susu, keju atau yoghurt bisa dikonsumsi karena mengandung kalsium.

Selain kalsium, ada juga kandungan kalori, protein dan lemak di dalam makanan tersebut. Jadi, susu dan produk olahannya bisa menambah berat badan janin. Susu weight herba adalah susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil. Susu ini memiliki kandungan:

  1. Susu kambing etawa
    Susu ini memiliki kandungan yang dapat membuat berat badan tubuh menjadi ideal. Beberapa yang ada di dalam nya yaitu karbohidrat, serat, lemak, nabati, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin E.
  2. Temulawak
    Kandungan di dalam temulawak bisa meningkatkan nafsu makan. Bisa juga membantu untuk mengatasi masalah pencernaan.
  3. Daun kelor
    Daun kelor memiliki kandungan yang bisa membantu penurunan kadar gula di dalam darah. Bisa juga untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Kandungan alami yang ada di dalam susu ini sudah teruji berkualitas. Jadi susu ini dikatakan aman untuk diminum. Ibu hamil yang mengonsumsi susu ini bisa membuat berat badannya mencapai rentang ideal. Jika berat badannya ideal, maka kebutuhan zat gizi ibu hamil maupun janin terpenuhi.

2. Daging

Ibu hamil perlu kandungan protein setiap harinya. Daging adalah salah satu sumber protein yang bisa dikonsumsi. Daging adalah salah satu makanan penambah berat badan janin. Kandungan yang ada pada daging yaitu protein, kalori, lemak, zat besi dan folat. Pertumbuhan janin bisa optimal karena kandungan zat gizi tersebut. Ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi daging merah kurang dari 3 porsi atau sama dengan 3 porsi dalam satu minggu.

3. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan penambah berat badan janin. Ikan juga termasuk sumber makanan berprotein yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi. Kandungan protein, mineral, kalori yang ada pada ikan membuat pertumbuhan janin menjadi lebih optimal. Baik pertumbuhan otak janin, pertumbuhan jantung janin, pertumbuhan tubuh janin.

Mengonsumsi ikan bermerkuri rendah dan ikan yang sudah matang adalah hal yang disarankan untuk ibu hamil. Karena mengonsumsi ikan yang masih mentah bisa membahayakan janin. Ikan salmon, ikan patin, ikan nila, dan ikan haring adalah beberapa jenis ikan yang direkomendasikan untuk dimakan oleh ibu hamil.

4. Telur

Telur juga termasuk dalam sumber makanan berprotein. Banyak orang yang suka mengonsumsi telur. Karena mudah didapat baik di swalayan, maupun pasar. Telur juga memiliki harga yang relatif murah jadi sering dibeli banyak orang.

Protein, kalori dan lemak adalah kandungan yang ada pada telur dan menjadikan telur sebagai salah satu makanan penambah berat badan janin. Telur sangat direkomendasikan bagi ibu hamil untuk dikonsumsi. Namun harus ingat untuk selalu mengonsumsi telur harus dalam keadaan matang. Bagi ibu hamil yang menyukai olahan telur yang belum matang, disarankan untuk segera memperbaiki kebiasaannya. Agar menghindari masuknya bakteri salmonella ke dalam tubuh.

Konsumsi telur yang berlebihan bisa menimbulkan risiko kolesterol. Melakukan hal di bawah ini bisa menjadi tips agar bisa makan telur namun kadar kolesterol tidak menjadi tinggi:

  • Mengonsumsi telur rebus
  • Memperbanyak konsumsi putih telur, bukan kuning telur
  • Saat membuat olahan telur, tidak menggunakan mentega ataupun garam
  • Mengurangi sumber makanan lain yang mengandung lemak tidak jenuh

5. Alpukat

Alpukat adalah makanan penambah berat badan janin yang bagus juga untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalori, karbohidrat, dan lemak sehat adalah kandungan yang ada di alpukat. Berikut adalah manfaat dari mengonsumsi alpukat:

  • Membuat pertumbuhan janin menjadi baik
  • Menambah berat badan janin
  • Menjaga kesehatan ibu dan janin
  • Mengatasi anemia atau kurang darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengatasi mual
  • Mengontrol gula darah
  • Membantu penyerapan nutrisi

Buah alpukat aman untuk dimakan setiap hari oleh ibu hamil. Alpukat juga mudah didapat karena ada di hampir setiap swalayan atau pasar.

6. Kacang-Kacangan

Kacang juga merupakan makanan penambah berat badan janin. Karena kandungan didalamnya ada serat yang tinggi, protein, lemak sehat, mineral, dan vitamin. Berikut merupakan kacang yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Kacang kedelai
    Kandungan di dalamnya bisa membuat perkembangan otak janin optimal, menjaga fungsi otot, jantung ibu dan janin.
  • Kacang tanah
    Kandungan di dalamnya bisa mencegah terjadinya anemia atau kurang darah.
  • Kacang merah
    Sistem kekebalan tubuh bisa meningkat karena kandungan yang ada di kacang merah.
  • Kacang almond
    Perkembangan otak janin bisa optimal karena kandungan yang ada pada kacang almond.
  • Kacang polong
    Pertumbuhan janin bisa lebih optimal dan kejadian stunting bisa dicegah karena kandungan yang ada di kacang polong.

    @adelianiabidinofficial Bumil wajib nonton, makanan ini bisa bikin bayi lahir cerdas dan pintar! #parenting #bumil #bayicerdas ♬ Animal baby – 上野燿

7. Ubi

Ubi juga merupakan salah satu makanan penambah berat badan janin. Ibu hamil yang mengonsumsi ubi jadi tidak mudah lelah dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengonsumsi ubi. Sistem imun jadi meningkat dan perkembangan organ janin maksimal karena vitamin A yang ada di ubi. Kejadian sembelit juga bisa dicegah dengan mengonsumsi ubi. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ubi. Ubi jalar, ubi kayu atau singkong, dan ubi ungu adalah tiga jenis ubi yang direkomendasikan untuk dimakan ibu hamil.

8. Santan

Makanan penambah berat badan janin lainnya yaitu santan. Protein, vitamin serta mineral adalah kandungan yang ada di santan. Berat badan janin bisa meningkat, kekebalan tubuh ibu hamil bisa dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan mengonsumsi santan.

Namun, pengonsumsian santan tidak boleh secara berlebihan. Sesuatu yang berlebihan tidak baik. Jika mengonsumsi santan berlebihan, maka berisiko membuat alergi, memicu asam lambung, dan lain-lain. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengonsunsi santan. Tapi jangan lupa juga untuk diiringi dengan minum air putih yang cukup. Serta mengonsumsi buah-buahan yang sudah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?