10 Makanan Penyebab Nyeri Sendi, Apakah Anda Mengetahuinya?

Pernahkah anda merasa nyeri sendi setelah memakan sesuatu? Apakah anda sudah tahu makanan penyebab nyeri sendi apa saja?

Sebelum mengetahui makanan penyebab dari nyeri sendi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu nyeri sendi dan juga penyebabnya. Nyeri sendi adalah kondisi ketika persendian di tubuh terasa nyeri, bisa di 1 sendi atau banyak sendi.

Rasa nyeri sendi terkadang dibarengi dengan bengkak, teraba hangat dan timbul kemerahan. Namun terkadang juga hanya terasa nyeri pada sendi.

Penyebab dari nyeri sendi ada beragam. Bisa karena kadar asam urat yang meningkat, bisa karena adanya trauma atau cedera fisik, dan lain-lain.

Banyak kasus nyeri sendi yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang bisa memicu kadar asam urat meningkat.

Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Makanan yang mengandung tinggi purin bisa membuat kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Berikut adalah makanan makanan yang bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat dan menimbulkan nyeri sendi.

1. Makanan Laut

Makanan laut atau biasa disebut seafood adalah salah satu makanan penyebab nyeri sendi. Apakah tidak boleh dikonsumsi sama sekali? Tidak juga.

Jadi lebih tepatnya adalah dihindari untuk dikonsumsi. Apabila mengonsumsi pun tidak boleh berlebihan.

Memangnya apa saja makanan laut yang bisa memicu nyeri sendi? Yaitu kepiting, lobster, ikan tuna, ikan kembung, udang, ikan asin dan lain-lain.

2. Jeroan

Jeroan juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Yang dimaksud jeroan adalah babat, usus, ati ampela dan lain-lain.

Kandungan purin yang ada di dalam jeroan cukup tinggi. Jadi kadar asam urat bisa meningkat dengan memakan jeroan, terlebih jika makan dalam jumlah besar.

3. Beberapa Sayuran

Terdapat beberapa sayur yang termasuk dalam makanan penyebab nyeri sendi. Apakah anda pernah mendengar bahwa sayuran hijau membuat asam urat tinggi?

Hal itu adalah benar. Beberapa sayuran hijau mengandung tinggi purin yang bisa membuat kadar asam urat meningkat.

Contoh sayuran dengan purin tinggi adalah sayur bayam, kacang polong, jamur, dan kembang kol. Anda tetap bisa mengonsumsi sayuran tersebut.

Namun jangan lupa untuk membatasi jumlah saat mengonsumsinya, ya. Agar kadar asam urat tidak meningkat dan tidak menimbulkan nyeri sendi.

4. Gula

Gula juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Mungkin anda bertanya-tanya, lho apakah gula juga mengandung kadar purin yang tinggi? Jawabannya tidak.

Sebenarnya kadar purin di dalam gula termasuk rendah. Tapi, disarankan untuk tidak banyak mengonsumsi makanan dengan tinggi gula.

Karena apa? Karena gula yang berlebih bisa membuat gejala nyeri sendi semakin parah.

5. Minuman Beralkohol

Apakah anda termasuk orang yang pernah atau bahkan sering mengonsumsi minuman beralkohol? Minuman beralkohol juga merupakan salah satu makanan penyebab nyeri sendi.

Ada beberapa jenis minuman beralkohol yang tinggi kadar purinnya. Contohnya adalah bir.

Lalu apakah boleh meminum minuman alkohol jenis lain? Jawabannya adalah tidak disarankan. Lebih baik menghindari minuman beralkohol karena bisa memicu berbagai penyakit di dalam tubuh.

6. Daging

Daging juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Daging yang dimaksud adalah semua jenis daging. Mulai dari daging ayam, daging kambing dan daging sapi.

Jadi bagaimana jika sangat sering mengonsumsi daging? Nah, ini yang harus jadi perhatian.

Sebenarnya kandungan purin di daging tergolong sedang, tidak tinggi. Namun, disarankan untuk mengonsumsi daging sekitar 100 gram saja per hari nya.

7. Garam

Selain gula, garam juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Sebenarnya yang terpenting adalah pastikan kadar garam yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Selain garam, makanan yang mengandung bahan pengawet juga tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena kadar asam urat bisa meningkat karena mengonsumsi garam dan pengawet.

8. Minyak Jagung

Minyak jagung juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Minyak jagung ini biasanya terkandung di dalam makanan ringan.

Mengonsumsi makanan tersebut bisa memicu peradangan dan juga nyeri sendi. Jadi lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti minyak zaitun.

9. Fast Food

Fast food atau makanan cepat saji juga merupakan makanan penyebab nyeri sendi. Contohnya seperti apa?

Contohnya yaitu kentang goreng, burger, hamburger, donat, sandwich atau ayam goreng cepat saji yang banyak dijual di berbagai daerah.

Peradangan, nyeri persendian bisa timbul ketika anda banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Jadi, yuk mulai kurangi dan hindari mengonsumsi fast food!

10. Minuman Soda

Makanan penyebab nyeri sendi yang selanjutnya adalah minuman bersoda. Minuman bersoda bisa menyebabkan radang sendi dan juga menimbulkan nyeri sendi.

Peradangan bisa juga terjadi ketika seseorang mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

Itulah sepuluh jenis makanan yang bisa memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Juga memicu nyeri sendi.

Lantas, bagaimana solusinya jika mengalami nyeri sendi? Salah satu solusinya yaitu dengan mengonsumsi susu kambing etawa.

Susu kambing etawa yang direkomendasikan yaitu Etawalin. Etawalin adalah produk susu kambing etawa yang sudah terbukti bisa mengatasi nyeri pada persendian.

Susu Etawalin sudah terdaftar dalam BPOM dan juga terverifikasi halal. Susu ini terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa.

Susu ini tidak akan menimbulkan efek samping asal dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Jadi, jangan lupa untuk mengikuti dosis yang sudah tertera pada kemasan susu.

Kandungan yang ada di dalam susu Etawalin yaitu:

  • Susu etawa
    Kandungan yang ada di dalam susu kambing etawa jauh lebih banyak dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang ada di susu sapi. Lalu apakah susu kambing etawa sama seperti susu kambing biasa?
    Jawabannya adalah tidak sama. Susu kambing etawa dihasilkan dari persilangan kambing lokal dan juga kambing India. Sedangkan susu kambing biasa berasal dari kambing lokal saja.
  • Kayu manis
    Kayu manis berfungsi untuk mengurangi radang yang terjadi di dalam tubuh.
  • Temulawak
    Kandungan yang ada di temulawak juga bisa membantu dalam mengurangi radang. Selain itu juga bisa mengurangi nyeri sendi.
  • Jahe
    Jahe biasanya dipakai untuk bumbu dapur. Namun jahe juga dipakai untuk susu etawa ini agar bisa bantu mengurangi nyeri persendian.
  • Daun salam
    Daun salam mengandung anti radang seperti jahe dan juga anti oksidan yang tinggi. Jadi nyeri sendi bisa berkurang dengan daun salam.
  • Sereh
    Sama seperti daun salam. Sereh juga bisa mengurangi nyeri sendi karena mengandung anti oksidan yang tinggi dan bersifat anti radang.

Dari kandungan di atas sudah terlihat bukan, manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi susu Etawalin? Berikut adalah manfaat dari susu Etawalin.

  • Mengurangi nyeri pada persendian
  • Menjaga kesehatan dan kepadatan tulang
  • Menjaga kesehatan persendian
  • Menjaga kadar kolesterol tetap stabil
  • Menjaga kadar asam urat tetap stabil
  • Mengurangi peradangan di sendi
  • Mengobati gejala asam urat

makanan penyebab nyeri sendi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?