Manfaat Propolis untuk Kesehatan

manfaat propolis untuk kesehatan

 

Propolis merupakan salah satu obat yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Meski begitu, masih banyak orang yang kurang tahu manfaat propolis secara tepat, sehingga beberapa gangguan kesehatan yang dimilikinya dapat teratasi.

Berbagai Manfaat Propolis untuk Kesehatan

manfaat propolis untuk keluarga

Propolis adalah zat resin yang dihasilkan oleh lebah dari bahan dasar yang diambil dari pucuk tumbuhan.

Zat ini kaya kandungan flavonoid yang baik sebagai antioksidan, sehingga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Selain itu, komposisi propolis juga dapat bervariasi tergantung tempat tinggal lebah dan tumbuhan yang bisa ditemuinya. Propolis dari Indonesia dapat berbeda dengan yang ada di Eropa.

Propolis disebut juga memiliki banyak khasiat terkait penyembuhan, seperti antimikroba, antijamur, antivirus, antiinflamasi, hingga antitumor.

Obat ini kerap diolah menjadi suplemen atau bahkan menjadi produk yang dioleskan langsung ke kulit.

Selain itu, propolis juga terkadang ditemukan pada semprotan hidung dan tenggorokan, bahkan obat kumur.

Namun, apa manfaat propolis yang wajib semua orang ketahui?

1. Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat dari propolis adalah mampu membantu penyembuhan luka pada tubuh. Disebutkan jika ada lebih dari 300 senyawa pada propolis dan kebanyakan dalam bentuk polifenol.

Kandungan ini adalah antioksidan yang mampu melawan penyakit dan kerusakan pada tubuh.

Selain itu, manfaat untuk penyembuhan luka juga sudah terbukti pada suatu penelitian pada tikus yang mengidap diabetes, yang mana terlihat jika kulitnya dapat menumbuhkan sel-sel baru agar sembuh lebih cepat.

2. Mengobati Herpes pada Area Kelamin

Manfaat propolis lainnya adalah mampu mengatasi herpes yang terjadi pada area kelamin. Disebutkan jika propolis yang diolah menjadi salep mengandung flavonoid yang mampu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka akibat herpes. Penelitian sudah dilakukan untuk hal ini dan terbukti jika salep propolis lebih ampuh dibandingkan salep asiklovir dan plasebo yang kerap disebut-sebut ampuh atasi herpes genital.

3. Perawatan Luka Bakar

Kamu dapat menggunakan propolis sebagai obat untuk merawat luka bakar. Sebuah penelitian dengan membandingkan propolis dengan krim yang mengandung silver sulfadiazine, obat untuk mengatasi luka bakar tingkat dua dan tiga.

Hasilnya, propolis sama efektifnya dengan krim untuk atasi luka bakar. Selain itu, propolis dapat memberikan antiinflamasi yang lebih baik.

4. Gangguan Gastrointestinal

Propolis juga bermanfaat dalam membantu mengatasi gangguan gastrointestinal, seperti kolitis ulserativa, kanker gastrointestinal, hingga maag.

Segala kandungan yang terdapat pada propolis sangat efektif untuk mengatasi patogen, termasuk juga bakteri H pylori. Meski begitu, penelitian ini masih terbatas, sehingga keabsahannya masih harus dilakukan.

Baca Juga: Manfaat Vitamin Nasa

Nah, itulah beberapa manfaat propolis terhadap kesehatan tubuh. Jika mengalami salah satu masalah tersebut, diharapkan dapat teratasi dengan menggunakan propolis.

Kamu juga dapat mencegah beberapa penyakit sebelum terjadi dengan rutin mengonsumsi propolis. Maka dari itu, ada baiknya mengonsumsi obat ini secara rutin setiap hari.

Efek Samping Propolis

1. Alergi Kulit

Kamu juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc terkait segala manfaat dari konsumsi propolis. Kamu bisa download aplikasi Halodoc sebelumnya untuk bisa berinteraksi dengan dokter untuk mendapatkan kemudahannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?