Kenali Gejala Reumatik dan Berbagai Cara Penyembuhannya

Gejala Reumatik

Gejala reumatik menjadi salah satu hal yang harus diketahui. Dengan mengetahui gejala ini sudah pasti akan membuat seseorang lebih aware terhadap kesehatan. Reumatik adalah penyakit yang perlu penanganan khusus dan biasanya juga tidak bisa langsung sembuh. Untuk itu akan lebih baik jika mengobati sebelum terlalu parah. Bisa juga dengan melakukan kegiatan preventif saat sudah terjadi gejala-gejalanya. Dengan begitu, pastinya akan lebih mudah untuk ditangani.

Namun, ketika sudah mengalami penyakit ini pastinya juga harus segera diobati. Selain itu, Anda juga harus memilih obat atau pengobatan yang tepat. Ketika memilih obat atau pengobatan yang tepat masalah rematik ini pastinya akan lebih cepat tertangani dan tidak semakin parah.

Gejala Reumatik yang Penting untuk Diketahui

Penyakit rematik merujuk pada sekelompok kondisi medis yang mempengaruhi sendi, otot, tulang, dan jaringan lunak di sekitarnya. Ada berbagai jenis penyakit rematik, seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, lupus, dan masih banyak lagi. Penyebab pasti penyakit rematik tidak selalu jelas, namun beberapa faktor dapat berkontribusi pada perkembangannya.

Salah satu penyebab umumnya adalah adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang secara keliru jaringan sehat tubuh, menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sendi atau organ tertentu. Faktor genetik juga memainkan peran penting dalam beberapa jenis penyakit rematik, karena ada kecenderungan keluarga untuk menderita kondisi tersebut.

Selain itu, faktor lingkungan, seperti infeksi bakteri atau virus tertentu, serta gaya hidup seperti pola makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, dan stres, juga dapat berperan dalam perkembangan penyakit rematik. Perawatan untuk penyakit rematik sering kali mencakup pengelolaan gejala, peradangan, dan peningkatan kualitas hidup pasien melalui obat-obatan, terapi fisik, dan perubahan gaya hidup.

Penyakit memang merupakan salah satu hal yang mesti kita hindari. Menderita suatu penyakit tentunya akan membuat seseorang merasa tidak nyaman, bahkan tidak bisa melakukan aktivitas wajib mereka. Pada saat hal itu terjadi tentu akan sangat merugikan.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan. Minimal, Anda juga perlu mengetahui gejala-gejala atau tanda-tanda dari suatu penyakit. Tak terkecuali gejala reumatik. Ada banyak sekali gejala dari penyakit yang satu ini. Di bawah ini adalah gejala-gejala yang bisa kamu ketahui.

    1. Pembengkakan Sendi
      Ciri atau gejala reumatik yang pertama adalah terjadinya pembengkakan pada sendi. Pembengkakan ini biasanya terjadi pada seseorang dengan gangguan autoimun. Yakni, terjadi akibat reaksi dari gangguan autoimun tersebut.
      Mungkin pembengkakan ini bisa tidak parah namun sangat mengganggu. Tapi, pembengkakan yang terjadi juga bisa cukup parah. Hal itu ditandai dengan berubahnya bentuk-bentuk pada persendian, misalnya perubahan pada jari.
    2. Nyeri Sendi
      Gejala reumatik paling umum adalah nyeri sendi. Nyeri ini biasanya seperti berdenyut, hilang muncul namun terjadi terus menerus. Nyri ini biasanya terjadi pada bagian sendi lutut, tulang belakang, pinggul, kaki, dan tangan. Ketika merasa nyeri pastinya membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Bahkan,juga akan kesulitan melakukan aktivitas.
    3. Sendi Kaku
      Gejala reumatik yang selanjutnya adalah sendi-sendi yang terasa kaku. Hal ini biasanya akan terjadi 30 menit setelah bangun tidur. Seseorang yang merasakan sendi kaku ini biasanya ditandai dengan sendi-sendi yang tidak bisa digerakan.
      Misalnya, jari tangan yang tidak bisa digunakan untuk mengepal. Lutut yang tidak bisa dilipat juga menjadi salah satu tanda dari sendi yang kaku. Hal ini juga biasa terjadi setelah berbaring beberapa saat.
    4. Mudah Lelah
      Mudah lelah juga menjadi salah satu gejala reumatik. Bukan hanya yang berkaitan dengan persendian saja. Untuk itu, pastinya harus lebih waspada ketika sering merasa nyeri dan juga sering merasa lelah. Mudah lelah pastinya juga akan membuat aktivitas terganggu. Ketika biasanya bisa melakukan lebih banyak kegiatan pastinya kegiatan yang bisa dilakukan akan lebih terbatas.
    5. Area Sendi Terasa Hangat dan Tampak Kemerahan
      Area Sendi terasa hangat menjadi salah satu gejala reumatik juga. Biasanya pada area sendi suhunya akan cenderung sama dengan area lain. Nah, ketika area sendi terasa hangat bisa jadi adalah gejala dari reumatik.
      Selain sendi terasa hangat, ciri selanjutnya adalah pada sendi juga akan tampak kemerahan. Kondisi ini bisa saja terjadi pada salah satu sendi atau lebih dari satu sendi. Hal ini biasanya akan menyebabkan orang tersebut susah bergerak.

 

Cara Mengobati Reumatik

Selain mengetahui gejalanya, pastinya juga akan lebih baik kalau tahu cara untuk mengatasi atau mengobatinya. Nah, berikut ini adalah cara mengobatinya.

  1. Obat – Obatan
    Hal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati gejala reumatik adalah obat-obatan. Obat-obatan ini pastinya haruslah obat yang memang terpercaya. Jangan sampai asal dalam memilih obat. Jika sampai salah dalam memilih obat, bisa saja penyakit yang dimiliki malah bisa tambah parah atau tidak memiliki efek sama sekali. Untuk itu, harus sangat teliti dalam memilih obat.
  2. Fisioterapi
    Fisioterapi menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan reumatik. Tindakan ini biasanya digunakan dokter sebagai pendukung. Yakni, pendukung penyembuhan selain obat. Fisioterapi ini berfungsi untuk memperkuat otot dan melatih persendian agar lebih fleksibel. Fisioterapi sendiri memiliki beberapa jenis yang masing-masing jenisnya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
  3. Operasi
    Usaha penyembuhan gejala reumatik juga bisa dilakukan dengan operasi. Operasi ini sendiri juga memiliki beberapa metode. Metode itu antara lain adalah Artroskopi dan Artroplasti. Artroskopi adalah metode operasi yang dilakukan dengan cara membuat sayatan kecil. Dengan sayatan ini, dokter akan memasukkan selang kecil yang dilengkapi dengan kamera dan pisau bedah. Dengan menggunakan alat ini, dokter bisa langsung mengetahui keadaan sendi dengan menggunakan monitor.Dokter pun akan lebih mudah melakukan tindakan dengan adanya layar monitor ini. Misalnya, mengangkat jaringan-jaringan yang rusak pada area persendian. Metode Artroplasti dilakukan jika tingkat kerusakan sendi sudah parah. Yakni, ketika harus melakukan pergantian sendi atau artroplasti.
  4. Etawalin
    Obat selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati gejala reumatik adalah Etawalin. Produk ini merupakan minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat.Hal itu bisa dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya.Salah satu kandungan yang ada di dalamnya adalah susu kambing. Susu kambing sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari mengatasi alergi, pencegah kardiovaskular, mengatasi masalah pencernaan, bahkan dapat juga untuk membantu meredakan nyeri.
    Selain mengandung susu kambing, Etawalin juga punya begitu banyak kandungan bahan herbal. Nah, dengan banyaknya kandungan yang sangat bermanfaat tersebut tentunyya kita dapat memperoleh manfaat yang optimal dengan mengonsumsi produk Etawalin ini. Susu ini juga sudah memenuhi standar nasional yang ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya nomor BPOM TR232052411 yang tertera pada kemasan produk, serta telah lolos uji kehalalan dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) dengan nomor 33210010234350923. Oleh karena itu, produk ini tersedia secara luas dan dijual dengan harga yang terjangkau.Dengan mengikuti dosis yang disarankan dan menjaga gaya hidup sehat, Etawalin dapat membantu dalam proses penyembuhan gangguan pada sendi akibat masalah pertulangan. Selain itu, kondisi reumatik dapat sembuh secara perlahan-lahan.

Diatas adalah beberapa gejala reumatik yang bisa diketahui beserta dengan cara pengobatannya. Dengan adanya pembahasan di atas diharapkan bisa menjadi referensi tentang penyakit rematik dan juga cara untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?