Minyak Ikan Penambah Nafsu Makan Apa Saja Kandungan Terbaiknya

Minyak Ikan Penambah Nafsu Makan

Minyak ikan penambah nafsu makan adalah suplemen tambahan penting saat orang mengalami penurunan nafsu makan dalam jangka panjang. Hal ini berkat peran berbagai kandungan baik di dalamnya.

Oleh karena itu, kebanyakan obat penambah nafsu makan menggunakan minyak ikan sebagai bahan utamanya. Bagi anak yang rutin mengkonsumsinya, maka kebutuhan nutrisi hariannya sudah tercukupi dengan baik.

Minyak Ikan Penambah Nafsu Makan
unsplash.com

Berbagai Kandungan Minyak Ikan Penambah Nafsu Makan

Orang sudah tahu bahwa minyak ikan kaya akan manfaat bagi tubuh. Hanya saja, belum tahu pasti apa saja kandungan di dalamnya.

Sebenarnya, kandungan tersebut juga terdapat pada berbagai jenis makanan. Bila sudah mengetahui jenis makanan apa yang memiliki kandungan sama dengan minyak ikan, mendorong seseorang untuk mengkonsumsi variasi makanan agar upaya menjaga kesehatan tubuh semakin optimal.

Pemberian obat-obatan atau minyak ikan untuk menambah nafsu makan juga menjadi salah satu upaya mengembalikan mood makan si kecil. Bagi orang tua, gerakan tutup mulut yang dilakukan oleh buah hati menjadi tantangan terbesar.

Komposisi terbesar dalam obat penambah nafsu makan tentu saja adalah minyak ikan, termasuk di dalamnya minyak hati ikan kod. Minyak baik ini membantu meredakan gejala perut kembung sekaligus mengurangi rasa kenyang. Jadi, orang yang mengkonsumsinya akan merasa sering lapar.

Di dalam minyak ikan penambah nafsu makan ini, terdapat kandungan omega 3, vitamin D, dan vitamin A. Masing-masing memiliki peran penting bagi tubuh.

Omega 3

Memenuhi asupan omega 3 selama 3 minggu berturut-turut efektif meningkatkan nafsu makan. Lemak tak jenuh ganda ini juga berperan bagi kesehatan jantung dan otak, menurunkan kadar trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Adapun sumber makanan yang mengandung omega 3 meliputi makarel, salmon, ikan sarden, kacang kenari, dan biji chia. Bagi yang tidak suka ikan, bisa mendapatkan asupan omega 3 dari buah alpukat dan tempe.

Vitamin D

Sedangkan kandungan vitamin D bermanfaat baik dalam proses penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang dan gigi terjaga dengan baik. Pada anak, vitamin ini mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan pada lansia, berfungsi sebagai pencegah osteoporosis atau tulang rapuh.

Sebagai informasi, bahwa sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Hampir 80% tubuh mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, lebih tepatnya vitamin D3. Oleh karena itu, orang juga menamakannya sebagai vitamin matahari.

Meski manfaatnya tidak seunggul vitamin D3, tetapi mendapatkan vitamin D2 yang bersumber dari makanan juga harus diperhatikan. Terlebih lagi bagi yang menjalankan segudang aktivitas setiap harinya.

Jenis makanan yang kaya akan vitamin D adalah beberapa jenis jamur, kuning telur, keju, dan hati sapi. Dalam 1 sendok teh, kandungan vitamin D di dalam minyak ikan mencapai 448 SI.

Vitamin A

Beralih ke vitamin A yang terkandung dalam minyak ikan penambah nafsu makan, manfaatnya adalah menjaga kesehatan indra penglihatan, meningkatkan sistem imun tubuh, dan meminimalkan risiko penyakit kronis.

Sumber terbesar vitamin A terdapat pada hati sapi, hati ayam, susu, dan berbagai produk olahannya, telur, buah-buahan berwarna kuning atau orange (pepaya, tomat, melon, mangga, dan belimbing), sayuran (brokoli, wortel, bayam, dan paprika merah), serta sereal dengan tambahan vitamin A.

Curcumin

Selain minyak ikan, kandungan obat penambah nafsu makan lainnya adalah curcumin. Kandungan curcumin terbesar datang dari rimpang kunyit.

Bahan makanan pemberi warna kuning alami ini kerap dijadikan bahan pembuat jamu tradisional. Masyarakat mempercayai khasiat kunyit untuk menyembuhkan penyakit cacar, sakit perut, gigitan serangga, penyakit akibat mikroba parasit, gangguan pernapasan, gangguan sistem cerna, penyakit kulit, dan pereda nyeri.

Curcumin memiliki sifat antikanker, antitumor, antioksidan, dan antiracun. Adapun beberapa manfaat curcumin bagi kesehatan adalah:

  • Sifat akntiinflamasi dan antioksidannya berkhasiat mencegah dan mengontrol diabetes.
  • Melawan radikal bebas penyebab penyakit kronis, seperti kanker.
  • Meredakan peradangan sendi dengan gejala kemerahan, pembengkakan, timbul rasa nyeri, sensasi kekakuan, dan muncul sensasi hangat di bagian persendian.
  • Mengurangi gejala peradangan usus, contohnya diare, perut kembung, dan sakit perut.
  • Meredakan gejala-gejala radang pankreas.
  • Mengurangi risiko seseorang terserang penyakit jantung.
  • Mencegah penuaan dini akibat paparan sinar UV.
  • Mengatasi masalah-masalah kulit, contohnya eczema, jerawat, dan psoriasis.
  • Menjaga kesehatan sel-sel saraf, sehingga penyakit Alzheimer bisa dicegah.
  • Meredakan depresi. Hal ini berkat peran curcumin yang mampu meningkatkan dopamin, serotonin, dan BDNF.
  • Mencegah perburukan kanker

Konsumsi minyak ikan penambah nafsu makan atau suplemen lain dengan kandungan curcumin dapat meningkatkan selera makan. Kemungkinan porsi dan frekuensi makan anak bertambah. Tugas orang tua selanjutnya adalah memastikan anak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Zinc (Mineral Seng)

Penambahan zinc dalam obat penambah nafsu makan bukan tanpa alasan. Ternyata, salah satu faktor nafsu makan menurun adalah sebagai akibat kekurangan nutrisi kronis, termasuk zinc.

Penambahan mineral ini untuk mencukupi asupan tubuh akan zinc. Pemberian suplemen zinc pada anak yang status gizinya kurang, dapat membantu memperbaiki nafsu makan. Lakukan hal ini selama 6 bulan sebagai upaya menambah asupan nutrisi.

Ada kalanya orang kesulitan mendapatkan suplemen zinc. Sebagai solusi, bisa mendapatkannya secara alami melalui makanan. Jenis makanan yang memiliki kandungan zinc antara lain adalah  daging sapi, daging ayam, tiram, susu, kale, gandum utuh, kacang-kacangan, dan coklat hitam.

Beberapa peran mineral penting ini adalah pembentukan DNA, membantu kerja sistem imun tubuh lebih optimal, dan penyembuhan luka. Kekurangan zinc menjadi pemicu kerontokan rambut, gangguan pertumbuhan, diare, dan luka menjadi sulit sembuh.

Obat Medis Penambah Nafsu Makan

Setelah tahu minyak ikan penambah nafsu makan, obat penambah nafsu makan lain yang sering direkomendasikan oleh dokter antara lain adalah yang mengandung testosteron, marinol, L-carnitine, atau progesteron. Untuk kategori hormon progesteron, ada Megestrol.

Hormon progesteron yang ada di dalam Megestrol dapat merangsang nafsu makan. Hormon sintetis ini juga menjadi pengobatan kanker payudara.

Jika ada anggota keluarga atau teman yang mengalami kehilangan selera makan, cobalah membeli obat penambah nafsu makan yang mengandung salah satu zat tersebut. Namun, pertimbangkan mengembalikan nafsu makan secara alami. Misalkan saja minum madu herbal Vitummy.

Madu Vitummy

Semua manfaat baik dari bahan-bahan yang ada dalam minyak ikan bisa kita temukan di madu herbal Vitummy. Hal terpentingnya adalah tanpa menimbulkan efek samping dan tanpa menyebabkan ketergantungan.

Sebagai salah satu produk minyak ikan penambah nafsu makan, Vitummy 100% hanya menggunakan bahan herbal dan berkualitas tinggi. Bila mengkonsumsinya sesuai petunjuk, tidak akan menyebabkan efek samping apapun.

Bahkan mengkonsumsinya pun aman bersamaan dengan obat dokter yang lain. Aturan minumnya adalah 2 hingga 3 jam setelah setelah minum obat dokter.

Konsumsi setiap hari akan membawa dampak baik bagi pencernaan, menambah nafsu makan, serta meningkatkan berat badan. Bila sudah merasa sehat, bisa berhenti mengkonsumsinya.

Sudah tahu bukan apa saja kandungan minyak ikan penambah nafsu makan? Baik minyak ikan, obat, suplemen, maupun herbal untuk meningkatkan nafsu makan, sebaiknya mengikuti aturan pakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?