Nyeri Sendi Lutut yang Umum Terjadi, Ini Cara Mengobatinya

Nyeri Sendi Lutut yang Umum Terjadi, Ini Cara Mengobatinya

Nyeri sendi lutut adalah masalah kesehatan yang sering dialami sebagian besar orang. Lutut sendiri memang salah satu area tubuh yang sering mengalami nyeri. Rasa sakit yang muncul bisa dikarenakan berbagai faktor, mulai dari cidera atau radang sendi. Jika tidak ditangani dengan cepat mengakibatkan kondisinya semakin parah.

Nyeri sendi memiliki gejala awal yang perlu diketahui, sehingga akan membantu mengatasi agar kondisinya tidak semakin parah. Berbagai aktivitas pun bisa dilakukan dengan normal seperti berjalan, duduk, berdiri, dan berlari. Sebab semua aktivitas tersebut akan memberikan beban ekstra di lutut. Sering melakukan aktivitas tersebut akan mengakibatkan rasa sakit pada bagian lutut. Lantas bagaimana cara mengatasi nyeri sendi pada lutut? Kami akan berikan ulasan selengkapnya.

Penyebab dan Gejala Nyeri Sendi Lutut

Lutut sakit sering dialami oleh sebagian besar orang terutama saat akan digunakan untuk beraktivitas. Sehingga lutut menjadi tidak stabil dan tidak kuat saat digunakan untuk menyangga bobot tubuh. Karena kondisi ini mengakibatkan lutut sakit dan sulit digunakan untuk berdiri bahkan berjalan.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja. Namun yang paling banyak menderita nyeri sendi pada bagian lutut adalah lansia. Hal ini mengingat kemampuan lutut pada lansia sudah mengalami penurunan. Berikut ini ada beberapa penyebab dan gejala saat seseorang mengalami nyeri pada sendi lutut.

Obat Nyeri Sendi
freepik.com

Penyebab

Penyebab nyeri sendi lutut dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu cedera dan kondisi medis. Ada beberapa cedera yang mengakibatkan masalah kesehatan ini terjadi. Mulai dari ligamen atau jaringan ikat yang terkilir. Ligamen yang robek, tulang rawan robek, dan kerusakan meniskus. Meniskus adalah bantalan berbentuk C yang terletak di antara tulang paha dan tulang kering.

Kerusakan meniskus dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan kesulitan berjalan. Sedangkan ada juga cedera lutut lainnya yang dapat menyebabkan nyeri meliputi patah tulang, dislokasi, dan cedera tendon. Sedangkan penyebab dari kondisi medis meliputi osteoarthritis, rheumatoid arthritis, infeksi lutut, gout (penyakit asam urat), pseudogout, lupus, septic arthritis, dan kanker yang menyebar ke tulang lutut.

Gejala

Selain penyebabnya, nyeri sendi lutut juga menimbulkan gejala dengan tingkat keparahan berbeda. Ada yang hanya mengalami gejala ringan, ada juga yang merasakan rasa sakit yang luar biasa. Gejala lain yang dapat terjadi yaitu nyeri sebagai gejala yang paling umum, yakni terasa tajam, tumpul, atau menusuk.

Nyeri biasanya lebih parah saat lutut digerakkan. Gejala lain yang umum terjadi yaitu bengkak dapat disebabkan oleh peradangan atau penumpukan cairan di sendi. Sedangkan lutut terasa kaku lebih parah di pagi hari atau setelah duduk atau berbaring dalam waktu lama.

Kemerahan adalah gejala yang jarang terjadi pada nyeri lutut. Namun, kemerahan dapat disebabkan oleh peradangan. Sedangkan panas adalah gejala yang jarang terjadi pada nyeri lutut, namun bisa juga dialami oleh penderitanya.

Gejala kesulitan berjalan dapat disebabkan oleh nyeri, bengkak, atau kaku. Berbunyi saat bergerak juga menjadi gejala yang dapat terjadi pada nyeri lutut. Hal tersebut disebabkan oleh keausan pada tulang rawan atau cedera pada tendon atau ligamen.

@familyshop_id Hati hati kalian yaaa walaupun masih muda ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ #kenali #radang #sendi #radangsendi #lutut #etawalin #etawalinoriginal โ™ฌ suara asli – Familyshop_id

Cara Mengobati Nyeri Sendi Lutut

Sama seperti sakit nyeri sendi pada umumnya, lutut juga akan terasa sakit jika mengalaminya. Setelah Anda tahu penyebabnya dan merasakan gejala yang biasa dialami pastikan untuk segera mengobatinya. Untuk bisa mengetahui diagnosa penyakit sebaiknya datang ke dokter. Bisa melakukan perawatan sendiri di rumah jika memang tidak parah.

Misalnya dengan mengurangi aktivitas dan mengompresnya menggunakan air dingin yang sedang sakit. Namun lain halnya dengan nyeri sendi yang disebabkan karena cedera berat atau kondisi medis, harus ditangani dokter secara langsung. Datang ke dokter dan jelaskan gejala yang dialami agar dokter dapat mendiagnosanya. Berikut ini ada beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk bisa mengobati nyeri sendi lutut:

  1. Terapi
    Terapi nyeri sendi lutut dapat dilakukan untuk mengurangi bengkak dan kaku. Sebenarnya terapi dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu medis dan non-medis. Terapi fisik atau melakukan jenis latihan penguatan kaki berdasarkan kondisi lutut yang sedang sakit. Tujuannya untuk melatih dan membuat otot lutut lebih kuat sehingga lutut akan jauh lebih stabil.
  2. Obat-Obatan
    Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit tersebut antara lain antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Obat NSAID bekerja dengan mengurangi peradangan dan nyeri. Sering digunakan untuk mengobati nyeri termasuk pada sendi lutut. Obat kortikosteroid juga kerap digunakan untuk mengobati meliputi prednisone dan methylprednisolone. Biasanya diberikan dalam bentuk suntikan ke dalam sendi lutut.Selain itu, ada beberapa obat lain yang dapat diresepkan oleh dokter, seperti obat antirematik, penghilang rasa sakit, dan opioid. Ikuti petunjuk penggunaan obat dengan saksama. Jangan mengkonsumsi obat-obatan lebih dari yang dianjurkan. Selain itu, jika memiliki kondisi kesehatan lain, beritahu dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.
  3. Suntik Sendi
    Suntikan sendi dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi lutut. Cara ini adalah prosedur medis yang melibatkan penyuntikan obat atau cairan ke dalam sendi. Suntikan sendi dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi. Prosedur suntikan sendi lutut biasanya dilakukan oleh dokter spesialis ortopedi.Prosedur ini dilakukan di ruang operasi dengan menggunakan anestesi lokal. Dokter akan membuat sayatan kecil di kulit di atas lutut. Kemudian, jarum suntik akan dimasukkan ke dalam sendi lutut. Obat atau cairan akan disuntikkan ke dalam sendi. Setelah prosedur selesai, sayatan akan ditutup dengan perban.
  4. Operasi Nyeri Sendi Lutut
    Jika sakit sudah terlalu parah dan berbagai metode pengobatan tidak berhasil maka operi menjadi jalan yang dianjurkan. Biasanya dokter menganjurkan artroskopi, operasi penggantian lutut, atau osteotomi. Namun dalam kondisi tertentu dokter juga bisa menyarankan menggunakan alat penyangga untuk bisa meredakan rasa nyeri.
  5. Konsumsi Susu Etawalin
    Etawalin bisa jadi salah satu olus pengobatan nyeri sendi dan tulang dalam dunia kesehatan. Penggunaan bahan alami dan herbal menjadi keunggulan yang ditawarkan. Susu Etawalin dipadukan dengan berbagai jenis bahan alami yang memiliki banyak kegunaaan tidak hanya mengobati nyeri sendi saja. Selain aman, susu ini juga tidak menimbulkan risiko efek samping seperti penggunaan obat.

    Hal ini karena Etawalin adalah susu yang aman karena terbuat dari bahan alami. Sudah dapat dipercaya karena susu ni terbukti memiliki sertifikat pada kemasan BPOM TR232052411. Bahkan lolos uji BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) dengan nomor 33210010234350923. Dengan konsumsi secara teratur sesuai anjuran dan menjaga pola hidup sehat, sakit nyeri sendi lutut dapat diobati dengan cara aman.Agar tetap aman dan tidak menimbulkan efek samping, pastikan tahu bagaimana cara untuk mengkonsumsinya. Konsumsi susu Etawalin kurang lebih 2 kali sehari. Sedu 2-3 sendok makan dan campurkan dengan 200 ml air hangat. Ada baiknya untuk tidak menggunakan air panas secara langsung untuk tetap menjaga khasiat dari susu.

Sebaiknya untuk segera melakukan pengecekan jika mengalami gejala nyeri sendi pada bagian lutut. Dengan mengetahuinya sejak awal tentu akan membantu mengatasi nyeri sendi lutut lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?