Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Nyeri Sendi Lutut

Nyeri Sendi Lutut

Nyeri sendi lutut adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena fungsi utamanya sebagai penopang tubuh. Untuk itu, mengenali penyebab dan cara mengatasi sakit lutut sangatlah penting.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, mengetahui cara mudah untuk mengatasinya bisa membuat aktivitas lebih nyaman. Dalam kata lain mengetahui penyebab dan cara mengatasi nyeri sendiri ini membuat seseorang dapat bergerak bebas untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa khawatir nyeri sendi lagi.

Secara umum, terdapat banyak kondisi yang bisa menyebabkan nyeri sendi pada dengkul. Salah satunya adalah bursitis. Dimana kondisi ini ditandai dengan adanya peradangan pada bursa atau kantong cairan pelumas sendi. Mereka yang mengalami gejala ini bisa terganggu aktivitasnya karena bursitis seringkali muncul secara tiba-tiba.

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi Lutut

Secara umum, nyeri sendi merupakan suatu kondisi, seperti radang sendi (arthritis) yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada setiap pergerakan sendi itu sendiri. Nyeri sendi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, seperti nyeri tumpul, kaku, atau panas di sendi.

Gangguan kesehatan sendi ini dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Jadi, bukan hanya bursitis yang bisa menyebabkan nyeri sendi. Beberapa faktor lain, seperti cedera dan meniskus yang robek, juga dapat menjadi pemicu nyeri sendi. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang penyebab nyeri sendi lutut paling umum dijumpai pada kasus-kasus sering terjadi:

Meniskus Robek

Meniskus merupakan lapisan tulang rawan yang memiliki fungsi sebagai pelindung dan penstabil persendian lutut. Saat lapisan inilah yang membuat tulang paha dan tulang kering tidak saling bergesekan satu sama lain ketika seseorang menggerakkan sendi lutut.

Namun, ketika meniskus mengalami robekan maka fungsi kerjanya dapat terganggu. Meniskus yang robek bisa menyebabkan gesekan langsung antartulang sehingga menimbulkan nyeri ketika penderitanya menekuk lutut.

Robekan pada meniskus tersebut dapat terjadi karena seseorang yang terlalu memaksa rotasi lutut ketika beraktivitas. Sebagai contoh seseorang yang bergerak memutar secara konstan ketika sedang bermain futsal, tenis, atau basket. Gerakan memutar kemudian berpijak yang terjadi dengan cepat dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan meniskus lutut.

Cedera

Nyeri sendi lutut juga dapat terjadi karena cedera ketika beraktivitas. Cedera atau trauma adalah sebuah kelainan yang bisa terjadi pada tubuh. Kelainan ini bisa menimbulkan adanya nyeri, panas, kemerahan, dan bengkak. Biasanya, gangguan kesehatan ini terjadi akibat berolahraga dan tidak melalui pemanasan dulu sebelumnya.

Ketika lutut cedera, ligamen, tulang rawan, serta tendon dapat mengalami ketegangan, kerusakan, bahkan robek sekalipun. Hal ini dapat memicu seseorang mengalami keluhan nyeri sendi lutut, terutama saat menekuknya.

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan penyebab lain dari sakit lutut. Gangguan ini merupakan peradangan pada sendi yang terjadi karena menipisnya bantalan pada persendian itu sendiri. Pada akhirnya, seseorang yang mengalami peradangan ini akan merasakan sakit, kaku, dan pembengkakan pada daerah lutut.

Bukan hanya daerah lutut, osteoarthritis dapat menyerang bagian sendi lain yang ada dalam tubuh. Seperti pinggul, punggung dan juga tangan. Risiko munculnya masalah osteoarthritis akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia, berat badan yang terus naik, atau karena pernah mengalami cedera pada bagian tersebut sebelumnya.

Patellofemoral Pain Syndrome

Patellofemoral pain syndrome merupakan gangguan sendi yang ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tulang lutut (patella). Rasa nyeri ini seringkali muncul di sekitar bagian depan lutut hingga belakangnya.

Penyebab dari patellofemoral pain syndrome ini sangatlah bervariasi, salah satunya adalah pemakaian sendi lutut di luar batas kemampuan atau berlebihan. Biasanya, rasa nyeri yang timbul akan lebih terasa ketika lutut memperoleh tekanan yang cukup lama, seperti berlari, berjalan menaiki tangga, hingga duduk terlalu lama.

@klinik_neurofit Nyeri lutut? Bisa jadi itu sindrom Patellofemoral, yuk coba gerakan ini #patellofemoralpainsyndrome #patellofemoral #nyerilutut #lutut #saraf #fisioterapi #edukasisaraf #edukasikesehatan #edukasi #edukasitiktok #kliniksaraf #klinikfisioterapi #klinikstroke #klinikbekasi #fisiotips #physiotherapy #infobekasi #infobekasicoo #infokesehatan #doktertips #tipskesehatan #infobekasi #infobekasicoo #viral #fyp #fypdongggggggg #fypシ゚viral #fypage #mlbbm4 #pantai #boxing #nemen #ryangracia #trendtiktoklebaran #holiday #liburan #holidayvibes #gervontadavis ♬ Sound Hoo Aa Hoo Ee – ASBUN

Cara Awal Mengatasi Penyakit Nyeri Sendi Lutut

Setelah mengetahui penyebab dari gangguan sendi lutut tersebut simak pula bagaimana cara mengatasinya berikut ini. Secara umum, cara mengatasi gejala nyeri lutut ini adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, penderita bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk permasalahan nyeri sendi yang dialaminya.

Adapun beberapa langkah penanganan awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi lutut sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Mengistirahatkan Lutut
    Berhentilah melakukan aktivitas yang sekiranya melibatkan sendi lutut terlalu berlebihan. Selain itu, hindari melakukan kegiatan yang bisa menambah rasa sakit ketika menekuk lutut. Jangan membebani lutut dengan mengangkat benda-benda berat atau yang lainnya.
  2. Balut Lutut dengan Perban
    Masalah nyeri sendi biasanya dapat menimbulkan terjadinya pembengkakan pada daerah sekitar lutut. Untuk mengatasinya, cobalah berikan sedikit tekanan dengan cara membalut lutut menggunakan perban elastis. Namun, jangan menarik perban terlalu erat agar tidak menghambat aliran darah yang bisa memperparah kondisi lutut.
  3. Berikan Kompres dengan Air Dingin
    Cara sederhana lainnya untuk mengatasi nyeri sendi lutut adalah dengan memberikan kompres air dingin. Kompres area lutut yang dirasa sakit selama 15-20 menit. Ulangi cara ini beberapa kali hingga nyeri pada lutut mereda.
  4. Letakkan Lutut yang Sakit Lebih Tinggi dari Bagian Dada
    Pada bagian lutut yang sakit atau cedera biasanya akan terjadi pembengkakan. Oleh karena itu, letakkan bagian yang sakit ini lebih tinggi daripada dada. Ini akan membantu mencegah terjadinya pembengkakan serta membantu mengurangi rasa sakit.
  5. Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri
    Mengonsumsi obat pereda nyeri juga dapat membantu mengurangi nyeri sendi lutut. Namun, jangan mengkonsumsinya terlalu sering karena efek jangka panjangnya tidak baik untuk kesehatan. Pastikan pula obat tersebut sesuai dengan resep dokter dan tidak memiliki kandungan alergen.
  6. Mengkonsumsi Susu Etawalin
    Cara sehat untuk mengatasi sakit atau nyeri sendi lutut adalah dengan rutin mengkonsumsi susu Etawalin. Susu ini merupakan inovasi baru dalam dunia kesehatan yang berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan tulang dan sendi.Etawalin dikemas dalam bentuk susu agar lebih mudah dikonsumsi. Bahan dasar susu ini berasal dari susu kambing etawa asli. Agar lebih optimal untuk menyembuhkan, susu ini dikombinasikan dengan sejumlah bahan alami. Sehingga tidak hanya bisa mengatasi permasalahan tulang dan sendi, melainkan dapat menyembuhkan rematik dan asam urat juga.
    Cukup mengkonsumsinya secara rutin setiap 2 kali sehari maka khasiatnya akan langsung terlihat tanpa efek samping. Hindari menggunakan air panas secara langsung untuk menjaga khasiat susu.
    Itulah beberapa penyebab dan cara mudah untuk mengatasi nyeri sendi lutut. Cara-cara tersebut terbukti aman dan ampuh untuk mengurangi permasalahan tulang dan sendi.Pastikan untuk mengetahui penyebab dari nyeri tersebut terlebih dahulu sebelum mencoba cara mengatasinya. Jika sudah mencoba cara-cara tersebut namun kondisi lutut tidak juga membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau ahli agar mendapatkan penanganan yang sesuai. Pasalnya, ada kemungkinan gejala yang dialami adalah indikasi yang semakin parah sehingga memerlukan perawatan yang tepat sedini mungkin. Salah satu indikasi yang sering ditemui dalam kasus ini adalah tulang yang retak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?