6 Penyebab Nyeri Sendi Lutut dan Cara Mudah Mencegahnya

Nyeri Sendi Lutut

Nyeri sendi lutut merupakan salah satu kondisi kesehatan yang sering masyarakat keluhkan. Terdapat beberapa penyebab yang menjadi pemicu adanya gangguan kesehatan pada lutut sehingga meninggalkan rasa yang tidak nyaman. Beberapa gejala tersebut hadir karena adanya kondisi medis tertentu, seperti cedera, asam urat, dan lain sebagainya.

Penyebab Nyeri Sendi Lutut dan Cara Mengatasinya

Sendi merupakan bagian pada tubuh untuk penghubung antara tulang satu dan lainnya serta membantu tubuh manusia untuk bergerak. Mengingat peranannya yang sangat penting, sendi harus tetap terjaga kesehatannya, agar tidak mengganggu sistem kerja pada organ tubuh manusia.

Utamanya adalah sendi lutut yang menjadi tumpuan tubuh serta bagian kaki untuk bergerak. Jika sendi ini memiliki kendala, tentu saja proses aktivitas sehari-hari akan terganggu, hingga harus berkonsultasi ke dokter saat gejala yang dirasakan tidak kunjung mengalami perbedaan. Apabila sendi-sendi bagian lutut terasa sakit, tentu ada berbagai kendala yang menjadi penyebab.

Biasanya nyeri sendi lutut terjadi karena adanya cedera. Sehingga beberapa jaringan penyusun pada lutut seperti tulang rawan, hingga jenis tulang lainnya dapat terganggu. Selanjutnya, gangguan pada lutut ini dapat berupa terkilir, ligamen lutut terdapat robekan, serta kondisi kesehatan lain yang disebut dengan Bursitis.

Selain diakibatkan oleh cedera, rasa sakit pada bagian lutut juga menjadi pertanda dari kondisi medis tertentu mulai dari yang berkadar cukup ringan, sampai dengan jenis penyakit kronis yang membutuhkan perawatan intensif. Berikut ini, uraian lengkap mengenai berbagai jenis kondisi nyeri sendi yang menyebabkan lutut terasa sakit.

    1. Keseleo
      Kondisi nyeri sendi lutut akibat keseleo adalah hal paling lumrah yang terjadi. Cedera ini merupakan sebuah kondisi yang umumnya terjadi pada ligamen lutut. Keseleo dapat dibedakan menjadi 2 jenis, tergantung pada bagaimana tingkat kerusakan pada bagian sendi-sendi di dalam lutut.Keseleo tingkat 1 mengakibatkan ligamen atau jaringan ikat pada lutut merenggang sehingga menimbulkan nyeri yang mengganggu. Namun pada kondisi ini, tidak terjadi robekan sehingga lutut masih stabil dan tidak menimbulkan permasalahan lainnya yang mengganggu aktivitas.Sementara itu, tipe keseleo yang ke-2 adalah suatu kondisi yang menjadi penyebab ketidakstabilan pada lutut, dan menyebabkan sistem ligamen mengalami robekan. Lanjut ke tingkat ke-3 yang merupakan suatu kondisi paling parah, karena robekan pada ligamen sudah semakin besar dan menghasilkan rasa sakit yang tidak tertahankan.
    2. Bursitis
      Pernah mendengar penyakit bursitis? Kondisi ini merupakan masalah peradangan yang disebabkan oleh iritasi hingga infeksi pada bursa lutut. Bursa lutut adalah sebuah kantong yang berisi cairan di dalam lutut manusia. Fungsi dari bursa ini adalah peredam tekanan agar gesekan antar jaringan pembentuk lutut dapat terminimalisir.
    3. Sindrom Nyeri Patellofemoral
      Nyeri sendi lutut akibat cedera patellofemoral terjadi karena adanya intensitas olahraga yang cukup tinggi, dengan gerakan membenahi lutut. Contoh gerakannya adalah jongkok yang berulang-ulang, memanjat, atau menuruni tangga.
@doktermedok Hindari gerakan menekuk lutut secara berlebihan ya 🥹 Jangan lupa rutin latihan ini 🤗🫰🏻 #kneepain #patellofemoralpainsyndrome #serunyabelajarbareng ♬ Love Is You (From “Arang and the Magistrate”) – K. will

  1. Rheumatoid Arthritis
    Selain daripada cedera yang membuat sendi lutut terganggu, ada jenis-jenis penyakit yang juga menyerang bagian tubuh ini. Salah satunya yaitu rheumatoid arthritis yang mengakibatkan peradangan jangka panjang pada sendi lutut. Kondisi ini terjadi karena adanya sistem kekebalan tubuh yang bekerja secara keliru, dan malah menyerang tubuh. Jika tidak segera berkonsultasi dengan dokter, radang sendi akan jauh lebih parah hingga gangguan disfungsi sendi yang berangsur-angsur akan merubah bentuk sendi tersebut.
  2. Asam Urat
    Nyeri sendi lutut karena asam urat juga sangat banyak dirasakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Asam urat sendiri merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan nyeri lutut dari intensitas ringan, sedang, hingga berat.Akibat penyakit asam urat adalah karena tubuh kelebihan zat purin. Zat ini merupakan senyawa alami yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel sampai dengan menjadi penyedia energi. Jika tubuh terlalu banyak menghasilkan zat purin, maka proses pengeluaran asam urat akan berkurang. Sehingga akan terus menumpuk dan menyebabkan rasa sakit akibat peradangan bahkan pembengkakan.
  3. Osteoarthritis
    Nyeri sendi lutut yang disebabkan oleh osteoartritis adalah suatu kondisi peradangan kronis pada sendi lutut yang terjadi karena tulang rawan telah rusak. Penyakit ini membuat rasa tidak nyaman pada bagian sendi lutut, lutut terasa kaku, hingga terdapat pembengkakan di sekitarnya. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan dokter, kondisi ini akan terjadi semakin parah dan mengganggu kinerja bagian tubuh lainnya.

Cara Mencegah Nyeri Sendi Lutut dengan Bahan Alami

Sebelum gejala menjadi parah, ada beberapa tips menjaga kesehatan sendi pada lutut dengan cara-cara yang alami. Pertama, terapkan hidup sehat dengan rajin berolahraga ringan secara teratur. Sebelum melakukan olahraga, ada baiknya untuk melakukan pemanasan, agar menghindari timbulnya cedera yang fatal. Menjaga pola makan juga sangat penting, karena beberapa penyakit timbul akibat obesitas, kolesterol, atau jenis makanan lainnya yang sumber gizi hingga serat dan vitamin tidak terpenuhi.

Mengkonsumsi suplemen penguat tulang juga sangat penting, apalagi saat usia sudah semakin bertambah. Pengeroposan tulang hingga nyeri sendi merupakan hal alami akibat bertambahnya usia, namun dapat ditangani dengan baik, jika kalsium tercukupi setiap harinya.

Ada banyak jenis suplemen kesehatan tulang, seperti obat-obatan hingga susu. Etawalin menjadi salah satu dari banyaknya jenis susu kesehatan penguat tulang yang terjamin khasiatnya untuk mengatasi nyeri sendi lutut. Terbuat dari susu kambing Etawa yang kaya akan manfaat, Etawalin hadir membawa perubahan kesehatan yang signifikan bagi masyarakat Indonesia.

Kapan Nyeri Harus Segera Diobati

Lutut adalah bagian dalam tubuh yang sangat banyak perannya. Oleh karena itu, jika sendi-sendi yang terdapat di area lutut mengalami masalah kesehatan, sudah pasti akan mengganggu aktivitas harian hingga membuat kita sulit berjalan seperti biasanya. Terdapat berbagai macam cara untuk mengatasi kondisi nyeri lutut dengan mengkonsumsi obat-obatan atau menerapkan pola hidup sehat. Namun sayangnya, kondisi medis tertentu tetap membutuhkan bantuan dokter agar gejala tidak menjadi semakin parah.

Segera hubungi dokter apabila nyeri yang dirasakan semakin terasa sakit dan tidak kunjung mereda. Lakukan serangkaian pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosa medis terkait gejala yang terjadi. Hindari melakukan olahraga ekstrem atau beraktivitas berlebihan selama nyeri sendi terus menerus menyerang. Informasikan secara mendetail kegiatan apa yang dilakukan serta hal apa yang terjadi sebelum nyeri muncul pada lutut.

Dokter akan melakukan tindakan dan meresepkan serangkaian obat untuk mengurangi gejala-gejala yang ada. Nyeri sendi lutut dapat menimpa siapa saja, baik dari kalangan remaja, dewasa, anak-anak, hingga seiring bertambahnya usia.

Apabila nyeri sendi lutut tidak lagi terasa dan sudah kembali normal, ubahlah aktivitas sehari-hari. Lakukan pola hidup sehat agar dapat mencegah timbulnya osteoporosis dini atau munculnya kendala serius yang jauh lebih parah. Lakukan pemeriksaan secara teratur jika kondisi sendi pada lutut sebelumnya memang cukup berisiko. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang jauh lebih parah atau hanya sekedar memastikan bahwa kondisi lutut sudah benar-benar prima seperti sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?