8 Obat Cacingan Alami

Apabila anggota keluarga Bunda mengalami cacingan, maka simaklah artikel berikut yang akan menjelaskan berbagai obat cacingan alami. Berbeda merk berbeda juga kandungan yang ada di dalamnya.

Apa Itu Cacingan?

Sebelum mengetahui obat cacingan alami, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu cacingan. Cacingan adalah suatu kondisi ketika ada infeksi cacing di dalam tubuh seseorang. Infeksi ini membuat timbulnya berbagai keluhan hingga penyakit. Salah satunya adalah kurang gizi. Sebenarnya, usia berapapun bisa mengalami cacingan ini. Namun, karena imunitas anak belum sepenuhnya sempurna jadi lebih banyak usia anak yang mengalami cacingan.

Apa Saja Penyebab dan Faktor Risiko Cacingan?

Setelah mengetahui definisi cacingan, selanjutnya kita perlu tahu apa saja faktor penyebab dari cacingan. Penyebab dari cacingan ini adalah bisa karena mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh telur cacing, mengonsumsi makanan yang belum matang (seperti daging), atau karena tidak mencuci tangan setelah main tanah dan langsung makan.

Lalu, apa saja faktor yang membuat seseorang lebih berisiko terkena cacingan? Berikut faktor risikonya.

  1. Usia anak-anak
    Anak-anak biasanya sering main tanah dan main pasir, dimana tempat tersebut adalah tempat cacing berada. Sebenarnya bermain tanah bukan suatu masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika sudah selesai bermain, tidak mencuci tangan dan langsung makan atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Ini yang membuat anak-anak berisiko terkena cacingan.
  2. Memiliki imunitas yang lemah
    Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah jauh lebih berisiko untuk terkena cacingan dibandingkan dengan yang memiliki imunitas yang kuat. Contoh yang memiliki imunitas lemah adalah penderita kanker atau penderita sakit lupus.
  3. Tinggal di daerah yang kotor
    Seseorang yang tinggal di daerah dengan sanitasi buruk dan kebersihan yang buruk lebih berisiko terkena cacingan dibandingkan dengan yang tinggal di daerah bersih.
  4. Kebersihan diri kurang terjaga.

Walau banyak kasus cacingan diderita oleh anak-anak, namun ada juga dewasa yang mengalami cacingan. Gejala yang biasa dialami pada penderita cacingan adalah kulit mengalami kemerahan, terdapat cacing pada feses, diare lebih dari dua minggu, sembelit, perut terasa kembung, dan ada rasa gatal pada anus.

Obat Cacingan Alami

Sudahkah Bunda mengetahui apa saja obat cacingan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah cacingan pada anak? Apakah ada efek samping dari obatnya? Mari simak bersama-sama.

1. Natures Plus Garlic and Parsley Oil

Produk pertama yang merupakan obat cacingan alami adalah Nature Plus Garlic and Parsley Oil. Kandungan yang ada di natures plus ini yaitu minyak bawang putih dan juga minyak peterseli. Bawang putih tersebut bisa membuat parasit yang ada di saluran pencernaan melemah dan kemudian mati. Parasit yang biasanya ada di saluran pencernaan tersebut yaitu cacing gelang dan cacing pita. Dosis yang disarankan agar hasil optimal adalah meminum obat ini 2 kapsul (satu kali sehari). Konsumsi secara rutin, seminimal nya adalah selama satu minggu.

2. Vitummy

Obat cacingan alami yang direkomendasikan selanjutnya yaitu vitummy. Vitummy adalah produk yang terbuat dari bahan alami dan terbukti bisa ampuh menangani cacingan. Produk ini terbuat dari madu herbal yang mengandung tanaman herbal alami.

obat cacingan alami

Seluruh kandungan yang ada di vitummy bekerja secara bersama-sama dan menghasilkan banyak manfaat ketika meminumnya. Berikut adalah manfaatnya:

  • Imunitas atau kekebalan tubuh meningkat
  • Saluran pencernaan lebih lancar dan sehat
  • Nafsu makan meningkat
  • Mengatasi cacingan
  • Kebutuhan energi tubuh terpenuhi

Minumlah vitummy ini sesuai dengan dosis yang tertera. Yaitu untuk usia 6-11 bulan, minum setengah sendok teh (1x dalam sehari), untuk usia 1-3 tahun minum 2 sendok teh (2x dalam sehari), untuk usia 4-12 tahun minum 2 sendok makan (2x dalam sehari) dan untuk usia 13 tahun sampai dewasa minum 2 sendok makan (2-3x dalam sehari). Vitummy sudah terdaftar dalam BPOM, terverifikasi halal dan terjamin keamanannya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo Bunda, mulai memberikan vitummy pada anak!

3.  Red Propolis

Produk ketiga yang merupakan obat cacingan alami yaitu Red Propolis. Propolis bisa membuat parasit yang berada di saluran pencernaan menjadi mati. Produksi telur cacing bisa tercegah karena kandungan yang ada pada propolis. Untuk dosis yang disarankan bagi anak-anak yaitu minum 1 tetes sampai 2 tetes dalam sehari. Sedangkan bagi dewasa disarankan untuk minum 3 tetes sampai 4 tetes dalam satu hari.

4. Palem Mustika VCO (Virgin Coconut Oil)

Obat cacingan alami yang selanjutnya yaitu Palem Mustika VCO. Kandungan yang ada di produk ini sesuai dengan nama merknya yaitu minyak kelapa alami. Produk alami ini bisa membantu dalam mengatasi cacingan dan mengatasi berbagai jenis infeksi di tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi Palem Mustika VCO ini 1 hingga 3 kali dalam sehari sebanyak 1 sendok makan.

5. Sido Muncul Sari Kunyit

Produk selanjutnya yang merupakan obat cacingan alami adalah sido muncul sari kunyit. Kandungan yang ada pada produk ini yaitu ekstrak kunyit. Kunyit mengandung kurkumin yang bisa membantu dalam membunuh cacing di saluran pencernaan. Dosis yang disarankan untuk minum produk ini yaitu 2 kapsul hinggal 3 kapsul dalam sehari.

6. Kapsul VCO TN 57

Obat cacingan alami selanjutnya yang direkomendasikan yaitu Kapsul VCO TN 57. Kandungan yang ada di produk ini yaitu minyak kelapa alami atau virgin coconut oil. Minyak kelapa alami ini tidak melalui proses pemanasan sehingga bisa membunuh cacing di saluran pencernaan, membuat radang berkurang dan bisa mengurangi nyeri pada perut. Agar hasilnya optimal, disarankan untuk mengonsumsi produk ini 3 kali dalam sehari sebanyak 3 kapsul setiap minumnya.

@kompastvnews CACING BERADA DI DALAM KULIT TANGAN, PENYAKIT APA? 😳 Sahabat KompasTV, unggahan video yang menyebutkan cacing berada di dalam kulit tangan anak-anak, viral di media sosial. Menanggapi hal tersebut, banyak warganet yang bertanya penyakit apakah itu. Nah, untuk mengetahuinya, yuk simak jawaban Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, Ismiralda Oke Putranti. Kamu pernah mengalami hal serupa nggak sih? Jangan lupa konsultasikan ke dokter, ya! #HealthKompasTV #SehatBarengKompasTV #LarvaCacing #Tiktokberita ♬ Giving Health-care – DJ BAI

7. Interlac

Obat cacingan alami yang selanjutnya direkomendasikan yaitu interlac. Kandungan yang ada di produk ini yaitu bakteri baik Limosilactobacillus reuteri. Bakteri baik ini bekerja untuk membuat saluran pencernaan tetap sehat dan mengatasi cacingan. Jika saluran pencernaan sehat, maka tubuh tidak mudah mengalami infeksi. Dosis yang disarankan untuk meminum obat interlac ini yaitu 1 tablet sampai 2 tablet dalam satu hari. Jangan lupa untuk mengunyah tablet terlebih dahulu sebelum menelannya.

8. Lacidofil

Obat cacingan alami terakhir yang direkomendasikan yaitu Lacidofil. Kandungan yang ada di dalam produk ini mirip dengan namanya, yaitu Lactobacillus acidophilus dan juga Lactococcus rhamnosus. Bakteri tersebut membuat cacing terbunuh dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya infeksi di dalam tubuh.

Disarankan untuk melarutkan obat ini dengan air ataupun yoghurt terlebih dahulu. Lalu minumlah obat ini 1 saset, 1 kali dalam sehari. Itulah 8 obat cacingan alami yang direkomendasikan untuk mengatasi cacingan, baik pada anak Bunda atau anggota keluarga yang berusia dewasa. Tapi Bunda jangan sampai melupakan prinsip yang tidak kalah penting, yaitu menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Ketika pola hidup bersih dan sehat sudah dijalani dan sudah minum obat sesuai dosis yang disarankan, maka gejala dari cacingan akan membaik dan kemudian sehat seperti sedia kala.

Semoga membantu ya, Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?