6 Obat Cacingan Anak yang Ampuh

Apakah anak atau anggota keluarga Bunda pernah mengalami cacingan? Mari simak artikel berikut yang akan menjelaskan berbagai obat cacingan anak yang terbukti ampuh.

Cacingan Itu Apa?

Sebelum membahas tentang obat cacingan anak, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dari cacingan. Tubuh mengalami infeksi akibat adanya telur ataupun larva cacing yang masuk ke dalam tubuh. Infeksi inilah yang disebut oleh banyak orang sebagai cacingan.

Mungkin Bunda di sana bertanya-tanya, lho kok bisa telur dan larva cacing masuk ke dalam tubuh anak? Jawabannya adalah misalnya setelah anak bermain tanah, dia tidak mencuci tangan dan langsung makan atau memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Maka hal ini bisa menjadi pintu masuk bagi telur cacing ke dalam tubuh manusia.

Apakah kemungkinan penyebabnya hanya ketika anak bermain tanah? Tidak, Bunda. Jadi selain itu, telur cacing bisa juga masuk ketika anak mengonsumsi makanan yang tidak matang. Ataupun ketika memakan sayur dan buah yang tidak bersih saat dicuci.

Jika telur atau larva cacing sudah berhasil masuk ke dalam tubuh, mereka bisa berkembang biak secara cepat. Lalu kemudian mengambil nutrisi yang ada di tubuh sang anak. Ketika nutrisi berkurang, maka tubuh anak bisa menjadi lemas dan nafsu makannya menurun.

@iluvtaricom Siapa yang vantadnya sering gatal-gatal? #informasi #duniahewan #iluvtari #foryou #fyi #cacingan #knowledge #kremi #pinworms #infokesehatan ♬ Sound Estetic Harpa Merry Christmas – bang DI

Apa Saja Gejala Cacingan?

Setelah mengetahui apa itu cacingan, Bunda juga perlu mengetahui apa saja gejala cacingan. Agar ketika anak mengalami gejala di bawah ini, Bunda bisa memberikan obat cacingan anak yang sesuai dengan kebutuhan. Gejala dari cacingan ini tidak semua dirasakan oleh penderita cacingan. Jadi ada juga penderita yang hanya merasakan beberapa gejala. Berikut gejala dari cacingan:

  • Muncul gangguan pada sistem pencernaan seperti sakit perut, muncul rasa mual dan muntah
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Mengalami penurunan nafsu makan
  • Muncul ruam kemerahan di sekitar anus
  • Ada rasa gatal di sekitar anus
  • Ada rasa nyeri di sekitar anus
  • Kesulitan untuk tidur
  • Mengalami demam
  • Batuk

Ketika anak mengalami cacingan dan tidak langsung diobati dengan cepat, bisa membuat infeksinya menyebar dan membahayakan tubuh anak. Seperti perdarahan saat BAB atau Buang Air Besar, perdarahan pada usus dan bisa sampai memengaruhi fungsi kognitifnya.

Obat Cacingan Anak yang Ampuh

Setelah mengetahui apa itu cacingan dan apa saja gejalanya, barulah kita membahas tentang apa saja obat cacingan anak yang ampuh.

1. Albendazole

Obat cacingan anak yang pertama yaitu albendazole. Obat ini ampuh untuk mengobati cacingan pada anak. Cara kerja dari albendazole yaitu dengan membuat cacing mati akibat kehilangan sumber energi. Albendazole bisa diberikan pada anak sejak berusia 1,5 tahun hingga dewasa. Namun tidak boleh diberikan pada anak yang alergi terhadap obat ini.

Obat ini termasuk dalam kategori antihelmintik (obat cacing). Jangan lupa juga bahwa mengonsumsi obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Karena dokter akan melihat terlebih dahulu riwayat penyakit yang pernah atau sedang dialami oleh sang anak. Seperti penyakit hati, gangguan dalam melihat atau penyakit sumsum tulang.

Setelah mendapat resep, pastikan minum obat ini dengan rutin dan jangan sampai berhenti mengonsumsi obat ini sebelum waktu yang semestinya. Karena bisa membuat kambuh infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Jika infeksi cacing yang terjadi pada anak Bunda di dalam usus, maka konsumsilah obat ini sebelum makan. Namun jika infeksi cacing yang terjadi di luar usus, maka baiknya mengonsumsi obat ini bersama makanan.

Efek samping yang mungkin muncul ketika mengonsumsi albendazole yaitu gangguan pencernaan seperti rasa mual, muntah, sakit perut. Bisa juga membuat sakit kepala dan rambut rontok.

2. Vitummy

Obat cacingan anak yang selanjutnya terbukti ampuh adalah vitummy. Obat ini tergolong sebagai obat herbal karena kandungan yang ada di dalamnya adalah bahan herbal alami.

Vitummy terbukti ampuh atasi cacingan dan anak susah makan.

Kandungan yang ada di dalam vitummy adalah temulawak, madu, pepaya dan bawang putih. Temulawak bisa membuat nafsu makan meningkat dan melancarkan saluran pencernaan. Madu bisa membuat imunitas tubuh terjaga. Pepaya bisa menjaga kelancaran sistem pencernaan. Adapun bawang putih bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

vitummy

Seseorang yang mengonsumsi vitummy bisa mendapat banyak manfaat. Berikut manfaatnya:

  • Masalah cacingan teratasi
  • Nafsu makan mengalami peningkatan
  • Berat badan meningkat
  • Sistem pencernaan menjadi lancar
  • Masalah sembelit teratasi
  • Daya tahan tubuh atau imunitas tubuh terjaga
  • Sebagai pencegahan terjadinya stunting

Jika anak Bunda rutin mengonsumsi vitummy, maka manfaat-manfaat di atas akan didapatkan seiring berjalannya waktu. Jangan lupa untuk mengikuti anjuran dosis yang sudah tertera pada kemasan.

3. Levamisole

Obat selanjutnya yang merupakan obat cacingan anak yaitu levamisole. Levamisole bisa mengobati tubuh yang mengalami infeksi berbagai cacing. Mulai dari cacing gelang, cacing kremi, serta cacing cambuk. Namun, kekurangan dari levamisole adalah kurang ampuh untuk mengatasi infeksi akibat cacing tambang.

Obat ini bisa langsung Bunda beli di apotik tanpa menggunakan resep dokter. Semua usia mulai dari anak hingga dewasa diperbolehkan untuk mengonsumsi levamisole. Kecuali untuk ibu hamil dan ibu menyusui, tidak boleh meminum obat ini.

Dosis yang digunakan bisa menyesuaikan dengan yang sudah tertera pada kemasan. Jangan lupa untuk menyimpan levamisole di ruangan sejuk dan hindari dari terkena sinar matahari secara langsung. Efek samping yang mungkin muncul ketika minum obat ini yaitu sakit kepala, nyeri otot, dan gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare dan mual muntah.

4. Pirantel

Obat cacingan anak selanjutnya yaitu pirantel. Obat ini bisa mengatasi infeksi cacing gelang dan juga cacing kremi. Efek samping yang bisa muncul setelah mengonsumsi obat ini yaitu sakit kepala, mengantuk, keringat berlebih, ruam kemerahan di kulit dan gangguan pencernaan seperti mual muntah, sakit perut dan diare. Obat ini bisa dibeli di apotik tanpa menggunakan resep dokter. Namun jangan lupa untuk mengonsumsi sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat ya, Bunda.

5. Mebendazole

Mebendazole juga merupakan obat cacingan anak. Obat ini bisa ampuh mengobati infeksi berbagai cacing. Mulai dari cacing cambuk, cacing gelang dan cacing tambang. Efek samping yang mungkin muncul ketika mengonsumsi mebendazole yaitu adanya ruam kemerahan pada kulit, sakit kepala, mengantuk, dan gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, kembung serta mual muntah.

6. Ivermectin

Obat cacingan anak yang selanjutnya yaitu ivermectin. Obat ini terbukti ampuh mengobati cacingan dan bisa juga membasmi kutu. Obat ivermectin termasuk kategori anti helmintik (obat cacing) yang membuat perkembang biakan cacing terhambat.

Itulah keenam obat cacingan anak yang ampuh mengatasi infeksi cacing. Selain mengonsumsi obat, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak ya, Bunda. Ingatkan selalu anak untuk mencuci tangan setiap sebelum makan. Serta konsumsi makanan yang matang dan minum minuman yang matang juga. Jika sudah berupaya maksimal, masalah cacingan pun bisa teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?