8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi

Obat pegal linu dan nyeri sendi banyak dicari oleh berbagai kalangan. Salah satunya yaitu orang  yang beraktivitas cenderung pada posisi sama dalam waktu yang lama. Misalnya, duduk terlalu lama saat bekerja.

Pegal Linu

Pegal linu merupakan rasa pegal, kaku, tidak nyaman yang terasa di tangan, kaki, punggung atau seluruh tubuh. Hal ini dapat terjadi jika durasi tidur kurang, mengetik dalam jangka waktu yang lama, stres, setelah melakukan perjalanan jauh, dan lain-lain.

Hal-hal yang dapat memicu terjadinya pegal linu yaitu begadang, berolahraga dengan intensitas berat setelah lama vakum, dan lain-lain. Mengalami pegal linu belum tentu mengalami nyeri sendi.

Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah gejala dari radang sendi dan radang pada bantalan sendi. Nyeri yang dirasakan bisa berlangsung dalam jangka pendek dan jangka panjang hingga mengganggu aktivitas. Apabila mengalami nyeri sendi, sudah dapat dipastikan ada keluhan pegal linu.

Area yang paling sering mengalami nyeri sendi yaitu lutut. Nyeri sendi dapat terjadi pada satu sendi dan juga beberapa sendi. Semakin banyak sendi yang mengalami nyeri, semakin meningkat rasa sakitnya dan semakin tidak nyaman. Nyeri sendi terkadang disertai dengan gejala lain. Beberapa diantaranya yaitu sendi terlihat kemerahan, bengkak dan nyeri saat disentuh, sendi terasa kaku, gerakan sendi terbatas, dan sulit untuk menggerakkan sendi.

Faktor risiko nyeri sendi yaitu berusia lanjut (di atas 60 tahun), ada riwayat cedera sendi, ada riwayat keluarga yang pernah menderita nyeri sendi, mengalami stres atau cemas, memiliki imunitas tubuh yang lemah, kelebihan berat badan atau obesitas, dan lain-lain.

@sinshe_yangsheng Perhatikan hal-hal berikut untuk menjaga kesehatan sendi #fyp #tcm #sinshe #nyerisendi #ramuanherbal #pengobatantradisional #akupunktur #infokesehatan ♬ Chill Vibes – Tollan Kim

Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi

Terdapat beberapa jenis obat pegal linu dan nyeri sendi. Ada yang berupa susu, obat oles, koyo dan tablet minum.

1. Etawalin

Etawalin merupakan susu kambing etawa yang berasal dari bahan dasar berkualitas dan sudah tersertifikasi BPOM. Susu etawalin dapat mengurangi pegal linu dan nyeri sendi. Karena didalamnya terdapat kombinasi antara jahe, kayu manis, temulawak, sereh, dan daun salam.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa jahe mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde juga dapat mengurangi nyeri. Temulawak mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri dapat berfungsi sebagai analgesik atau pereda nyeri. Sereh juga mengandung analgesik di dalamnya sehingga dapat menjadi pereda nyeri. Begitupun dengan daun salam, sudah terbukti mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan juga mengurangi rasa nyeri.

Etawalin dengan semua kandungan yang sudah disebutkan dapat dikatakan sebagai ‘paket lengkap’. Susu etawalin perlu dikonsumsi sesuai aturan yaitu dua kali sehari. Jangan lupa untuk selalu menutup kembali kemasannya dengan rapat, dan menyimpannya susu pada suhu ruangan.

2. Counterpain

Counterpain tersedia dalam dua bentuk yaitu krim dan gel. Counterpain dapat menimbulkan sensasi dingin yang kemudian dilanjut sensasi hangat. Kedua sensasi inilah yang akan meredakan nyeri. Baik itu nyeri akibat keseleo, cedera, radang sendi, maupun encok. Counterpain dapat dibeli di apotik secara langsung tanpa resep dokter.

3. Neo Rheumacyl

Neo rheumacyl merupakan obat berbentuk tablet. Obat ini mengandung ibuprofen 200 mg serta paracetamol 500 mg. Ibuprofen dan paracetamol berfungsi sebagai pereda nyeri, baik itu nyeri sendi, nyeri otot, maupun pegal linu. Selain itu juga dapat meredakan pegal linu. Pembelian neo rheumacyl dapat dilakukan secara langsung di apotik tanpa resep dokter.

4. Koyo

Selain obat-obat yang sudah disebutkan di atas, salonpas koyo juga dapat menjadi obat pegal linu dan nyeri sendi. Kandungan pada salonpas koyo yaitu menthol, glycol slicylate dan biofreeze yang bisa meredakan nyeri. Selain itu juga salonpas koyo mengandung capsaicin yang membuat badan terasa lebih relaks karena adanya sensasi hangat. Pembelian salonpas koyo dapat dilakukan di apotik tanpa resep dokter.

 

5. Minyak Urut GPU

Cap lang GPU merupakan obat berbentuk minyak urut. Obat ini juga berfungsi sebagai obat pegal linu dan nyeri sendi. Salah satu kandungan yang ada pada minyak urut GPU yaitu minyak atsiri berupa minyak sereh dan minyak eukaliptus. Minyak atsiri tersebut dapat mengurangi nyeri dengan menimbulkan sensasi hangat saat memakainya. Minyak urut GPU dapat dibeli tanpa resep dokter di apotik.

 

6. Hot in Cream

Obat pegal linu dan nyeri sendi berbentuk krim salah satunya yaitu hot in cream. Krim ini tidak lengket di kulit. Sensasi panas yang muncul saat memakai hot in cream membuat rasa pegal dan nyeri dapat teralihkan. Hot in cream dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter.

7. Param Kocok

Param kocok atau biasa disebut parcok merupakan obat berbentuk minyak urut. Param kocok juga merupakan salah satu obat yang dapat meredakan pegal dan nyeri. Penggunaan minyak parcok ini dapat dioles atau digunakan sebagai minyak urut. Obat ini dapat mengurangi rasa nyeri dan pegal karena timbulnya sensasi hangat dan dingin pada kulit.

8. Panadol

Panadol biru merupakan obat berbentuk tablet. Panadol ini dapat dikonsumsi untuk mengurangi nyeri sendi dan juga pegal linu. Obat ini mengangung paracetamol sebanyak 500 mg. Paracetamol merupakan obat jenis analgesik dan antipiretik yang dapat meringankan nyeri serta menurunkan demam. Obat ini dapat dikonsumsi sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan dan dibeli di apotik tanpa resep dokter.

Obat di atas merupakan obat pegal linu dan nyeri sendi yang direkomendasikan apabila sedang mengalami pegal linu dan nyeri sendi. Selain obat-obat yang sudah disebutkan, terdapat upaya lain yang dapat dilakukan yaitu:

  • Istirahat
    Beristirahat yang cukup merupakan langkah awal yang dapat diambil saat mengalami pegal linu dan nyeri sendi. Istirahat dapat memulihkan persendian dan dapat meningkatkan kenyamanan.
  • Minum banyak air mineral
    Apabila kebutuhan cairan terpenuhi, maka dapat mencegah timbulnya peradangan serta pegal linu. Dikatakan kebutuhan cairan terpenuhi apabila minum sekitar 8 gelas atau kurang lebih 2 liter per hari.
  • Mandi atau berendam air hangat
    Air hangat dapat memberikan kenyamanan,  merelaksasikan tubuh dan mengurangi rasa nyeri.
  • Peregangan
    Peregangan rutin dapat menghilangkan pegal linu serta nyeri sendi. Contoh peregangannya yaitu menekukkan kaki kemudian meluruskan kembali kaki, latihan tersebut diulangi berkali-kali.
  • Kompres air dingin
    Air dingin dapat mengurangi pegal linu.
  • Lakukan pijat
    Pemijatan dapat meningkatkan aliran darah ke otot.
  • Mengonsumsi makanan tinggi protein
    Makanan tinggi protein dapat mempercepat proses pertumbuhan sel otot yang rusak. Sehingga pegal linu serta nyeri sendi dapat berkurang.
  • Latihan pernapasan
    Latihan pernapasan bisa dilakukan sekaligus dengan peregangan seperti yoga. Latihan pernapasan yang paling banyak digunakan yaitu teknik relaksasi napas dalam 4-7-8. Caranya yaitu dengan menarik napas dari hidung perlahan selama empat hitungan, menahan napas selama tujuh hitungan lalu membuang napas perlahan selama delapan hitungan. Latihan ini dapat merelaksasikan badan dan memberikan kenyamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?