Jenis Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan di Rumah

Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan di Rumah

Banyak aktivitas fisik atau olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah saja. Beberapa diantaranya adalah olahraga planking dan lompat tali. Namun, olahraga saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan.

Perlu upaya komprehensif yang tepat untuk membantu proses penurunan berat badan ini. Pengelolaan stress, pengaturan pola makan, serta modifikasi gaya hidup penting untuk diperhatikan agar mengubah hidup menjadi lebih sehat.

Jadi, olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah ini akan berdampak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Meski begitu, melakukannya harus sesuai dengan anjuran dan cara yang tepat agar hasilnya penurunan berat badannya lebih maksimal.

Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan di Rumah
unsplash.com

9 Jenis Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan di Rumah

Selain dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri, berat badan ideal juga baik untuk kesehatan. Berat badan ideal membantu seseorang untuk terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Tidak heran jika banyak yang melakukan olahraga dengan tujuan untuk menjaga berat badan idealnya.

Sebenarnya, hampir semua jenis olahraga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Asalkan, cara melakukannya tepat dan seimbang dengan upaya lain seperti pola hidup sehat dan intensitas yang cukup.

Adapun empat contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah saja untuk menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:

Planking

Planking termasuk dalam jenis olahraga ringan yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat meski hanya melakukannya di rumah.

Gerakan olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah ini juga dapat membantu menguatkan otot-otot pada bagian tubuh. Bahkan, aktivitas fisik ringan ini dapat membakar kalori yang berlebih dalam tubuh.

Tampak sederhana, tapi manfaatnya sangat luar biasa untuk tubuh, termasuk menurunkan berat badan. Melakukan planking selama kurang lebih 1 menit selama beberapa kali dalam sehari dapat memberikan hasil penurunan berat badan yang maksimal.

Skipping atau Lompat Tali

Skipping atau lompat tali menjadi jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah berikutnya. Gerakan dalam olahraga skipping membantu meningkatkan metabolisme, kekuatan otot, dan pembakaran kalori dalam tubuh.

Selain itu, olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah berupa skipping juga bagus untuk menjaga kesehatan mental. Sebab, dengan aktivitas fisik ini membantu untuk meredakan depresi atau gangguan kecemasan lain serta mampu memberikan ketenangan.

Skipping juga meningkatkan denyut jantung yang berdampak baik untuk pemompaan darah dalam tubuh. Sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung.

Gerakan dalam skipping diperkirakan mampu membakar hingga 1.300 kalori per jamnya. Untuk itu, melakukan olahraga skipping secara rutin tentu mempercepat proses penurunan berat badan.

Lunges

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah berikutnya adalah lunges. Selain menurunkan berat badan, lunges juga membantu mengencangkan tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-ototnya.

Secara umum, olahraga ini berfokus pada penguatan kaki, pinggul, dan punggung. Melakukan gerakan lunges selama 3 set dengan jumlah dalam satu set 15 kali setiap hari, dapat membantu untuk mengoptimalkan proses penurunan berat badan.

Squat

Squat merupakan jenis olahraga yang terkenal untuk memperkuat otot-otot pada bagian tubuh tertentu, terutama anggota tubuh bagian bawah. Olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah ini juga mampu mempercepat pembakaran kalori dan mencegah adanya penumpukan lemak dalam tubuh. Agar lebih maksimal, lakukan aktivitas fisik ini selama 3 set dengan setiap set terdiri dari 12-15 pengulangan.

Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dan selalu dilakukan setiap hari oleh kebanyakan orang. Berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, dapat membakar kalori dalam tubuh sebanyak 167 kalori. Semakin lama durasi berjalan kaki, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar secara bersamaan.

Berenang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah. Berenang terkenal sebagai jenis olahraga air yang seru dan menyenangkan.

Selain membantu untuk menurunkan berat badan, berenang juga dapat membuat jiwa dalam tubuh lebih tenang dan tidak mudah stress. Berenang dengan gaya punggung selama 30 menit mampu membakar 289 kalori dalam tubuh. Sedangkan, berenang gaya bebas dapat membakar 327 kalori dan gaya kupu-kupu sebanyak 409 kalori dengan durasi dan intensitas yang sama.

Yoga

Olahraga yang terkenal untuk menjaga kesehatan mental ini ternyata juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Melakukan yoga sekitar 40 menit dapat membakar sekitar 149 kalori dalam tubuh. Rutin melakukan yoga juga dapat membantu diri untuk bisa mengontrol hawa nafsu makan.

Bersepeda

Selain menjadi hobi, bersepeda juga dapat menjadi salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah. Mengayuh sepeda selama kurang lebih 30 menit akan membakar sekitar 280-360 kalori.

Jika tidak memiliki halaman mumpuni untuk bersepeda, kini sudah tersedia sepeda statis yang canggih dan modern. Pembakaran kalori dari mengayuh sepeda statis ini hampir sama ketika tubuh mengayuh sepeda biasa.

Bahkan, bersepeda juga memberikan dampak baik yang menyeluruh untuk tubuh. Seperti meminimalisir adanya risiko penyakit kanker, jantung, dan penyakit serius lainnya.

Senam Aerobik

Senam Aerobik merupakan jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah dengan iringan musik. Jika tidak ingin keluar rumah, sekarang ini ada banyak iringan senam aerobik lengkap dengan contoh gerakannya.

Apakah Olahraga-Olahraga tersebut Efektif untuk Menurunkan Berat Badan Jangka Panjang?

Berkomitmen untuk menurunkan berat badan, bukanlah sebuah hal yang mudah. Konsisten dan disiplin menjadi kunci utama untuk menjalankannya.

Selain itu, gunakan prinsip bahwa penurunan berat badan ini tidak hanya tentang mengurangi asupan kalori saja, tetapi juga harus diiringi dengan aktivitas fisik, seperti berolahraga.

Jika hanya melakukan penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori harian tanpa olahraga, maka tubuh dapat kehilangan massa otot secara perlahan. Sebuah penelitian menyebutkan seperempat massa yang hilang saat pengurangan asupan kalori dilakukan adalah massa otot.

Padahal, otot menjadi bagian paling aktif dalam proses metabolisme daripada lemak. Ketika massa otot berkurang, maka metabolisme akan melambat dan justru menghambat proses penurunan berat badan.

Oleh karena itu, olahraga menjadi salah satu elemen penting yang mendukung proses penurunan berat badan. Selain untuk memaksimalkannya, olahraga akan mencegah massa otot yang hilang dan membantu pembakaran kalori dengan lebih maksimal. Bahkan, berolahraga secara rutin akan membentuk kebiasaan baik sekaligus sehat dalam jangka panjang.

Itulah beberapa jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah. Dengan melakukan satu dari banyaknya olahraga tersebut membantu mempercepat proses pembakaran sisa lemak dalam tubuh. Bayangkan jika melakukan beberapa dari olahraga tersebut, maka proses penurunan badan dapat semakin mudah dan cepat tentunya. Memberikan tubuh nutrisi tambahan, seperti susu Weight Herba, juga efektif untuk menjaga tubuh agar tetap ideal. Kandungan dalam susu ini membantu tubuh untuk kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu dan porsi makan harian. Selain itu, susu ini baik untuk menunjang kemampuan berpikir, melancarkan peredaran darah hingga baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?