Penyebab Nyeri Sendi Lutut, Simak 6 Cara Mengobatinya!

Penyebab Nyeri Sendi Lutut, Ini 6 Cara Mengobatinya

Osteoarthritis adalah jenis penyakit yang bersifat degeneratif dan dapat menyerang berbagai sendi tubuh. Paling umum penyakit ini terjadi pada sendi-sendi jari tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Gejalanya cenderung berkembang secara perlahan seiring berjalannya waktu. Tak terkecuali nyeri sendi lutut yang kerap menyerang siapa saja tanpa memandang usia.

Osteoarthritis tidak dapat disembuhkan. Meskipun begitu, terdapat beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengurangi gejala, mencegah kemajuan penyakit, dan memberikan dukungan. Tujuannya, agar penderita dapat kembali beraktivitas secara mandiri.

Faktor Risiko dan Penyebab Nyeri Sendi Lutut

Penyebab dan faktor risiko osteoarthritis terkait dengan adanya kerusakan pada tulang rawan dan sendi. Penyakit ini muncul ketika elastisitas tulang rawan sebagai pelindung tulang berkurang. Hal ini menyebabkan gesekan antar tulang meningkat, membuat sendi lebih rentan terhadap kerusakan dan mengakibatkan peradangan.

Pertambahan usia menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan osteoarthritis. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami nyeri sendi lutut ini, antara lain:

  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Mengalami cedera pada sendi
  • Riwayat osteoarthritis dalam keluarga
  • Pernah menjalani operasi pada tulang dan sendi
  • Jenis kelamin perempuan, terutama setelah menopause
  • Mempunyai kelainan bawaan tulang sendi atau rawan
  • Mengidap penyakit tertentu, misalnya rheumatoid arthritis serta hemokromatosis
  • Melakukan pekerjaan atau aktivitas fisik yang menyebabkan tekanan berlebih pada sendi secara terus-menerus. Seperti mengenakan sepatu dengan hak tinggi.

Gejala Osteoarthritis

Pada tahap awal, penderita osteoarthritis dapat merasakan keluhan berupa nyeri atau sakit pada sendi lutut, disertai dengan rasa kaku. Gejala ini akan berkembang secara perlahan dan intensitasnya dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan bagi penderita dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain nyeri dan kaku pada sendi, beberapa gejala lain yang umum terjadi pada osteoarthritis meliputi:

  • Pembengkakan pada sendi
  • Suara gesekan saat menggerakkan sendi
  • Kelemahan otot dan berkurangnya massa otot
  • Timbulnya taji atau pertumbuhan tulang tambahan
  • Benjolan pada sendi di jari tangan
  • Pembengkokan pada jari tangan.

Pengobatan Osteoarthritis

Pendekatan pengobatan pada osteoarthritis bertujuan untuk mengurangi gejala sehingga penderita dapat kembali beraktivitas normal. Beberapa metode pengobatan yang dapat diterapkan meliputi:

1. Obat-Obatan

Dalam usaha meredakan nyeri dan peradangan sendi lutut, dokter dapat meresepkan berbagai jenis obat, seperti:

  • Paracetamol
  • Obat jenis antiinflamasi nonsteroid, misalnya diclofenac, piroxicam, nabumetone, etodolac, naproxen sodium, atau etoricoxib
  • Duloxetine
  • Krim capsaicin
  • Injeksi kortikosteroid.

2. Operasi

Walaupun jarang dilakukan, tindakan operasi dapat diambil untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang mengalami kerusakan. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pasien dalam melakukan gerakan. Beberapa metode operasi yang dapat dilakukan oleh dokter melibatkan total hip replacement untuk osteoarthritis panggul dan total knee replacement untuk osteoarthritis lutut.

@dr.robby_triangga♬ Happy & Pop songs – PeriTune

 

3. Fisioterapi

Individu yang mengalami osteoarthritis dapat mengikuti sesi fisioterapi untuk memperkuat otot-otot disekitar sendi. Terapi ini tidak hanya bertujuan meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot, tetapi juga mengurangi tingkat rasa sakit.

4. Olahraga

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, rutin melakukan olahraga dapat memperkuat otot-otot disekitar sendi lutut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan stabilitas sendi.

5. Diet

Pasien nyeri sendi lutut yang memiliki kelebihan berat badan disarankan untuk menurunkan berat badan guna mengurangi tekanan pada sendi. Sehingga dapat mengurangi tingkat rasa sakit. Selain itu, mengonsumsi suplemen glucosamine dan chondroitin juga dapat memberikan bantuan dalam meredakan gejala peradangan sendi.

6. Etawalin

Etawalin merupakan susu kambing yang mempunyai kandungan herbal untuk solusi nyeri sendi lutut serta kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi produk kesehatan ini, maka rasa sakit akan berkurang hingga bisa sembuh tanpa takut kambuh lagi.

Etawalin menjadi salah satu inovasi produk kesehatan untuk menyembuhkan penyakit tulang serta sendi. Kandungan herbalnya unggul dan hasil penyembuhannya seperti menggunakan obat-obatan medis.

Cara mengonsumsinya mudah, yakni 2 kali sehari pagi dan malam hari. Seduh 2-3 sendok makan susu Etawalin dengan 200 ml air hangat. Jadi, semakin cepat Anda memutuskan untuk mengonsumsinya, maka semakin cepat pula kesembuhan yang didapatkan.

Etawalin hadir dengan perpaduan bahan alami dan mudah untuk dikonsumsi. Selain penyakit sendi, Etawalin juga ampuh untuk penyembuhan reumatik serta asam urat.

Kandungan Susu Etawalin

Susu Kambing Etawa dikenal sebagai sumber kalsium tinggi, mengandung 330 mg kalsium per gelas yang mendukung kesehatan tulang. Susu ini juga dapat mengurangi risiko osteoporosis dan nyeri sendi lutut. Protein CSN1S2 dalam susu etawa membantu menjaga kepadatan tulang.

Jahe, sebagai bahan kedua, memiliki senyawa prostaglandin dan leukotrien yang dapat meredakan nyeri sendi dan peradangan. Temulawak, dengan kandungan anti radang, menekan radang sendi dan mengurangi gejala asam urat. Kayu manis ditambahkan sebagai penguat untuk mengurangi peradangan, bersama jahe dan temulawak, sementara juga memberikan rasa menenangkan pada susu.

Daun salam dan sereh, meskipun mungkin terdengar tidak biasa, menyempurnakan khasiat susu Etawalin dengan kandungan antioksidan dan anti peradangan. Tentu saja juga menyembuhkan sakit sendi dan tulang serta mencegah penyakit lainnya.

Konsumsi susu Etawalin dengan kombinasi bahan-bahan ini dapat mendukung kesehatan tulang, meredakan nyeri sendi, dan melawan peradangan dalam tubuh.

Komplikasi Osteoarthritis

Jika nyeri sendi lutut tidak diatasi dengan tepat, maka ini dapat menyebabkan nyeri persisten dan ketidaknyamanan. Dampak dari osteoarthritis yang tidak terkontrol dapat melibatkan sejumlah keluhan atau gangguan kesehatan, seperti:

  1. Gangguan Tidur
    Nyeri kronis yang diakibatkan oleh osteoarthritis dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan masalah tidur.
  2. Gangguan Kecemasan
    Rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang berkelanjutan dapat menyebabkan kecemasan, mempengaruhi kesejahteraan mental penderita.
  3. Depresi
    Osteoarthritis yang tidak tertangani dapat berkontribusi pada perkembangan depresi karena dampaknya terhadap aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup.
  4. Osteonekrosis atau Avascular Necrosis
    Adanya tekanan berlebih pada sendi yang terkena osteoarthritis bisa menyebabkan kematian jaringan tulang, dikenal sebagai osteonekrosis atau avascular necrosis.
  5. Infeksi pada Sendi
    Risiko infeksi pada sendi dapat meningkat akibat kerusakan dan peradangan yang terjadi pada sendi yang terkena osteoarthritis.
  6. Saraf Terjepit atau Hernia Nukleus Pulposus (HNP)
    Osteoarthritis yang parah dapat menyebabkan tekanan berlebih pada saraf di sekitar sendi, mengakibatkan saraf terjepit atau kondisi hernia nukleus pulposus (HNP) pada tulang belakang.

Pencegahan Osteoarthritis

Meskipun tidak selalu dapat dihindari sepenuhnya, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena osteoarthritis, seperti:

  • Menjaga berat badan pada tingkat yang ideal
  • Melakukan olahraga secara rutin dan aktif
  • Memperhatikan postur tubuh saat duduk atau berdiri
  • Meregangkan otot sesudah duduk dalam waktu lama
  • Memastikan istirahat yang cukup dan teratur
  • Berhati-hati saat berjalan dan mengemudi untuk menghindari cedera pada sendi.

Nyeri lutut merupakan gejala umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, cedera, atau kondisi medis lainnya. Kondisi ini dapat membatasi mobilitas dan menimbulkan ketidaknyamanan signifikan.

Penanganan yang tepat melibatkan diagnosis dini dan pengelolaan gejala, termasuk penggunaan obat antiinflamasi, fisioterapi, dan modifikasi gaya hidup. Pencegahan peradangan dan perawatan berkelanjutan menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas hidup bagi penderita nyeri lutut.

Konsultasi dengan profesional kesehatan untuk diagnosis yang akurat dan rencana perawatan yang sesuai sangat penting dalam mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh nyeri sendi lutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?