5 Faktor Menjadi Penyebab Autisme dan Cara Pengobatannya

Penyebab autisme sampai sekarang ini belum banyak yang mengetahui secara pasti. Autisme sendiri merupakan gangguan perilaku serta interaksi sosial akibat kelainan dari perkembangan saraf otak. Keadaan ini bisa membuat penderitanya menjadi kesulitan dalam berkomunikasi, berhubungan sosial, serta belajar.

Nama lain dari autisme yakni gangguan spektrum autisme atau autism spectrum disorder atau ASD. Spektrum merujuk pada gejala serta tingkat keparahan penyakit ini yang setiap penderitanya tidak sama.

Adapun jenis gangguan yang merupakan bagian dari kategori ASD seperti gangguan autistik, sindrom Asperger, PDD-NOS atau gangguan perkembangan pervasif, serta childhood disintegrative disorder atau nama lainnya sindrom Heller. Keadaan ini kerap kali berkaitan juga dengan sindrom savant.

Sesuai dengan data yang WHO himpun, autisme bisa terjadi 1 diantara 160 anak yang ada di dunia. Sementara Indonesia sendiri, sampai sekarang ini belum terdapat data pasti untuk jumlah penderita autisme.

Penyebab Autisme yang Perlu Diketahui

Sampai sekarang ini, penyebab autisme belum secara pasti untuk diketahui. Kendati demikian, terdapat sejumlah faktor yang diketahui bisa meningkatkan risiko adanya autisme. Faktor yang kemungkinan bisa menjadi penyebab autisme sebagai berikut.

  1. Mempunyai kelainan genetik atau kromosom tertentu. Contohnya sindrom fragile X serta tuberous sclerosis.
  2. Memiliki keluarga yang mempunyai riwayat gangguan autisme.
  3. Lahir secara prematur.
  4. Terlahir dari kedua orang tua yang usianya lebih dari 40 tahun.
  5. Lahir dari seorang ibu yang mengkonsumsi minuman dengan kandungan alkohol atau obat-obatan tertentu.  Khususnya obat epilepsi selama masa kehamilan berlangsung

Gejala Autisme

Tidak hanya penyebab autisme saja yang perlu diketahui. Pasalnya penting juga mengetahui apa saja yang menjadi gejala autisme. Seringkali gejala autisme akan muncul di usia 2 tahun. Walaupun di sebagian kasus, gejala dari autisme bisa terlihat pada usia anak kurang dari 1 tahun. Bisa juga timbul ketika sudah beranjak dewasa.

Pada umumnya, penderita autisme mengalami hambatan ketika melakukan kegiatan sehari-hari dengan penyebab autisme serta gejala dengan tingkat keparahan yang tidak sama. Untuk itu, berikut ini sejumlah gejala yang seringkali muncul terhadap penderita autisme.

Gejala Komunikasi serta Interaksi Sosial

Sebagian besar anak yang memiliki gangguan autisme akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain. Pasalnya gejala tersebut biasa tampak saat dirinya berusia 8 atau 10 bulan. Sejumlah anak juga akan berbicara dengan mahir, namun kemampuan tersebut bisa hilang seiring dengan usianya bertambah. Adapun gejala autisme yang berkaitan dengan gangguan komunikasi serta interaksi sosial yaitu sebagai berikut.

    1. Ketika namanya dipanggil tidak ada respon, meskipun pendengarannya normal.
    2. Tidak pernah mengungkapkan emosi serta tidak peka kepada perasaan orang lain.
    3. Sulit untuk memulai atau meneruskan percakapan bahkan saat dirinya untuk meminta sesuatu sekalipun.
    4. Sering juga mengulang kata atau bisa disebut dengan ekolalia, termasuk juga latah. Dalam hal ini penderita tidak memahami penggunaannya dengan tepat.
    5. Kerap kali menghindari kontak mata serta kurang menunjukkan ekspresi wajah.
    6. Mempunyai nada berbicara yang berbeda dari lainnya, contohnya datar seperti robot.
    7. Senang menyendiri, lebih fokus dengan dunianya sendiri.
    8. Kesulitan dalam memahami pertanyaan atau petunjuk secara sederhana.
    9. Enggan berbagi, berbicara, atau bermain bersama dengan orang lain.
    10. Selalu menghindari atau menolak kontak fisik dengan orang lain.
@farachuu90 Reply to @nurainzulkefili3 #autismawareness #autismacceptance #iloveyousomuch #fyp ♬ Cinta Terakhirku – Bagas Ran

Gangguan Pola Perilaku

Penyebab autisme memang belum diketahui secara pasti. Di samping itu, penderita gangguan pola perilaku mempunyai gejala seperti mempunyai pola perilaku, kegiatan atau minat yang terlihat tidak seperti biasanya, terbatas, serta melakukannya secara berulang kali. Adapun gejalanya sebagai berikut.

  1. Sensitif pada cahaya, sentuhan, atau suara, namun tidak adanya respon rasa sakit.
  2. Pola kegiatan yang selalu sama, atau marah bila terdapat perubahan.
  3. Terjadi kelainan pada sikap tubuh atau pola gerakan. Contohnya berjalan dengan berjinjit.
  4. Gerakan berulang atau repetitif. Contohnya mengibaskan tangan atau mengayunkan tubuh ke belakang serta depan.
  5. Memilih jenis makanan yang cenderung sama. Contoh makanan yang mempunyai tekstur tertentu.

Pengobatan serta Pencegahan Autisme

Autisme tidak dapat disembuhkan. Bahkan penyebab autisme juga belum diketahui secara pasti. Meskipun demikian, saat ini sudah ada beberapa terapi yang dapat dilakukan supaya penderita autisme bisa menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya terapi tersebut juga harus dilakukan sedini mungkin.

Adapun contoh terapi yaitu terapi perilaku serta komunikasi, terapi edukasi khusus, terapi okupasi, serta terapi keluarga. Pengonsumsian obat-obatan hanya untuk meredakan gangguan perilaku yang parah, gejala hiperaktif, serta gangguan panik terhadap penderita autisme.

Mengkonsumsi Vitamin untuk Mengobati Autisme

Memberikan vitamin serta nutrisi terhadap penderita autisme juga menjadi salah satu cara yang diperlukan. Adapun salah satunya yaitu generos. Generos merupakan salah satu pilihan alternatif untuk solusi bagi orang tua dengan anak penderita autis atau berkebutuhan khusus, namun juga terkendala dalam hal biaya. Bahkan telah banyak juga yang melakukan pengobatan ke sana kemari, sehingga menghabiskan biaya banyak, namun hasilnya tak kunjung didapatkan.

Generos bisa menjadi vitamin untuk mendukung meningkatkan kemampuan otak atau bisa juga disebut dengan vitamin otak. Pasalnya vitamin ini hasil dari gabungan beberapa nutrisi yang bisa merangsang perkembangan kognitif anak yang mempunyai masalah. Salah satunya yaitu gangguan autisme yang penyebab autisme masih banyak yang mencarinya.

Mempunyai formula inovatif yang sudah para ahli rancang, produk tersebut bisa membantu anak-anak untuk mencapai peluang yang maksimal. Vitamin ini mempunyai beberapa komposisi yang alami, sehingga aman untuk anak-anak. Diantaranya seperti madu hutan, daun pegagan, ikan sidat, temulawak, serta mengkudu.

Madu hutan merupakan suplemen yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Terlebih jenis madu asli dari hutan. Jenis madu hutan memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menurunkan rasa cemas serta meningkatkan daya otak bagi anak.

Daun pegagan adalah tanaman yang banyak senyawa Brahminoside. Tanaman ini memiliki peran dalam meningkatkan daya ingat otak anak. Dengan demikian, anak tidak akan merasa sulit belajar, sehingga lebih cepat dalam mengikuti pelajaran atau instruksi dari guru.

Ikan sidat, terlihat hampir sama seperti belut. Keduanya jenis ikan yang berbeda. Ikan ini memiliki kandungan protein serta Omega 3 yang bagus. Pasalnya kedua kandungan bisa meningkatkan fokus terhadap beberapa kegiatan. Seperti berkomunikasi, bermain dengan teman, mengajarkan suatu hal, serta bisa menjalani rutinitas dengan disiplin.

Tumbuhan temulawak bisa menjadi bahan tambahan untuk suplemen ini. Pasalnya temulawak efektif dalam melawan bakteri jahat dan bisa menambah nafsu makan. Seringkali mengkudu mendapat pandangans ebelh mata, karena mempunyai rasa yang cenderung ana. Faktanya buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan otak. Mulai dari rasa cemas, stres, sampai depresi.

Melakukan Komunikasi dengan Anak Autisme

Walaupun penyebab autisme belum ada yang mengetahuinya secara pasti, sebaiknya melakukan pengobatan serta pencegahan kepada anak yang sudah terdapat gejalanya. Menjalin komunikasi kepada anak penderita autis, tentu akan membantu mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Untuk hasil yang maksimal, maka bisa minum vitamin Generos serta penanganan secepat dari tenaga ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?