10 Hal Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba-Tiba

10 Hal Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba-tiba

Penyebab berat badan naik secara tiba-tiba mungkin perlu perhatian khusus. Terlebih apabila tidak ada program diet yang sedang dilakukan untuk menaikkan berat badan tersebut. Banyak faktor yang bisa memicu kondisi seperti ini, tidak hanya pola makan saja, namun bisa juga dari gangguan kesehatan. Indikasi gangguan ini jika tidak segera ditangani dapat memicu penurunan berat badan dan memburuknya kesehatan seseorang. Sehingga, perlu adanya antisipasi untuk mengetahui penyebab berat badan naik tersebut.

10 Hal Penyebab Berat Badan Naik Secara Tiba-tiba
unsplash

Faktor Penyebab Berat Badan Naik Signifikan

Banyak yang mengira bahwa yang menyebabkan berat badan naik adalah dari pola makan. Sehingga tidak sedikit yang memutuskan untuk mengubah pola makan tersebut untuk menurunkan berat badan. Padahal, naiknya bobot tubuh tidak selamanya hanya dari pola makan saja. Namun dapat berasal dari kondisi kesehatan seseorang dan gaya hidupnya. Berikut ini beberapa faktor yang memicu naiknya berat badan secara tiba-tiba.

Gangguan Hormon Tiroid

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan berat badan naik dengan tiba-tiba adalah hipotiroidisme. Kondisi medis ini merupakan masalah pada hormon tiroid yang dapat menurunkan metabolisme tubuh. Akibatnya, menjadi penyebab berat badan naik dengan cepat. Gangguan medis pada hormon tiroid tersebut dapat menyebabkan tubuh menahan cairan dari akibat efek hipotiroidisme dalam ginjal.

Insomnia

Ini merupakan kondisi dimana seseorang mengalami gangguan susah tidur. Seseorang yang kurang istirahat biasanya akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Mungkin tidak terlihat memiliki korelasi satu sama lain. Namun, dengan perubahan siklus tidur tersebut dapat mempengaruhi pola makan dan suasana hati. Sehingga dapat membuat seseorang mengambil porsi makan yang berlebihan. Aktivitas ini bisa menjadi faktor penyebab berat badan naik drastis.

Menurut hasil penelitian dari Howard Hughes Medical Institute menyebutkan bahwa responden yang kurang tidur cenderung mengonsumsi karbohidrat lebih banyak. Bahkan jumlah karbohidrat ini lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Terutama setelah makan malam.

Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

Bagi beberapa orang yang menderita PCOS atau sindrom ovarium polikistik  sering mengalami kenaikan bobot tubuh secara tiba-tiba. Biasanya paling dominan di area perut. Kondisi ini kemungkinan karena ovarium penderita PCOS menghasilkan hormon seks pria yang cukup banyak.

Meskipun hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan PCOS. Namun dokter biasanya memberi rekomendasi terkait perubahan gaya hidup. Mulai dari melakukan diet sehat, rutin olahraga, dan pemberian obat hormonal. PCOS sendiri memiliki beberapa tingkatan. Pada masing-masing level, intensitas pemberian obat juga berbeda. Gangguan kesehatan ini perlu tindakan awal yang intensif karena selain menjadi penyebab berat badan naik juga mempengaruhi reproduksi penderitanya.

Penuaan

Seiring dengan usia yang bertambah, massa otot tubuh manusia akan semakin berkurang. Sedangkan, proses pembakaran kalori sendiri paling besar berada di bagian otot. Akibat dari massa otot yang terus berkurang ini akan menyebabkan kalori yang terbakar juga mengalami penurunan. Kemampuan pembakaran kalori yang menurun ini dapat mempengaruhi berat badan. Itulah sebabnya asupan makanan harian tidak terbakar secara optimal dan justru menumpuk menjadi lemak. Sehingga menyebabkan berat badan akan naik secara drastis.

Untuk mengatasi faktor tersebut, penting untuk melakukan olahraga dan kegiatan fisik secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan menambah massa otot meskipun usia bertambah. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan aktivitas ringan dan dilakukan secara konsisten. Maka, massa otot akan terjaga dan pembakaran kalori dapat berjalan dengan optimal.

Makan Sambil Beraktivitas Lainnya

Tidak bisa dipungkiri, kebiasaan makan yang buruk juga turut menjadi penyebab berat badan naik yang tidak terkontrol. Salah satu kebiasaan tersebut adalah makan sambil melakukan aktivitas lain. Sebagai contoh makan sambil main game atau sambil bekerja di depan laptop. Yang mana aktivitas-aktivitas itu dapat mengganggu kegiatan makan.

Hal tersebut membuat tubuh tidak bisa mengendalikan asupan makanan secara maksimal. Makan sambil melakukan kegiatan lain memungkinkan seseorang tidak sadar dengan makanan apa yang masuk ke mulut. Kondisi ini menjadi penyebab berat badan naik karena respon otak tidak sinkron yang mengakibatkan seseorang tidak fokus. Sehingga biasanya kegiatan makan yang dibarengi dengan aktivitas lainnya cenderung lebih cepat dan tidak terkontrol dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya mengkhususkan waktu makan tanpa berbarengan dengan aktivitas lainnya. Upaya ini bertujuan supaya proses makan jauh lebih fokus, yang membuat respon tubuh dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan suatu keputusan yang baik untuk kesehatan. Namun dalam prosesnya, memutuskan untuk tidak merokok menemui banyak rintangan. Salah satunya adalah naiknya berat badan secara tiba-tiba. Faktor penyebab naiknya berat badan ini terjadi karena kadar nikotin yang menekan nafsu makan hilang dari dalam tubuh.

Selain itu, menghentikan aktivitas merokok bisa memicu stres yang memungkinkan seseorang justru beralih ke makan secara berlebihan. Meskipun demikian, kondisi berat badan yang naik akibat dari berhenti merokok memang cukup beragam.

Hal ini bergantung pada kondisi masing-masing individu dan pola hidup yang berbeda satu sama lain. Yang pasti, menghentikan merokok adalah keputusan yang baik untuk kesehatan. Solusi untuk mengatur berat badan tersebut adalah mengimbanginya dengan olahraga dan pola makan yang terkontrol.

Fase Menstruasi

Penyebab berat badan naik pada wanita mungkin sering terjadi karena fase menstruasi setiap bulannya. Para wanita kemungkinan mengalami retensi air serta perut yang kembung saat masa haid berlangsung. Kondisi ini umumnya dipengaruhi dari perubahan hormon progesteron dan estrogen.

Kenaikan berat badan yang disebabkan oleh menstruasi ini tidak bersifat permanen. Biasanya kondisi ini akan mereda saat periode menstruasi berakhir di tiap bulannya. Namun meskipun turun, berat badan wanita mungkin akan naik kembali di periode berikutnya. Termasuk saat periode haid mulai maupun selama ovulasi.

Gagal Jantung

Kenaikan berat badan yang drastis dan tiba-tiba atau pembengkakan pada area tubuh tertentu bisa menjadi indikator gejala gagal jantung. Penyebabnya bisa karena adanya retensi cairan dalam tubuh. Berdasarkan riset dari American heart Association mengenai kenaikan berat badan. Kondisi bobot tubuh yang naik secara cepat lebih dari 1,5 kilogram dalam 24 jam dapat menjadi indikasi penyakit gagal jantung.

Namun tidak semua tanda-tanda tersebut menjadi pertanda gagal jantung. Ada pula kondisi dimana berat badan bertambah karena disebabkan oleh perut kembung.

Depresi atau Stres

Jangan meremehkan gangguan psikologis seperti stres. Hal tersebut bisa menjadi penyebab berat badan naik dengan cepat. Respon tubuh terhadap stres masing-masing individu tentu berbeda. Biasanya kebanyakan seseorang yang mengalami tekanan justru akan lebih banyak makan tanpa memperhatikan kesehatan tubuh. Sehingga pola makan yang tidak terkontrol ini akan menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis.

Efek Pemakaian Obat-obatan

Banyak jenis obat-obatan yang memiliki efek samping memicu kenaikan berat badan secara signifikan. Contohnya seperti steroid untuk mengobati asma dan peradangan sendi. Obat tersebut berefek meningkatkan nafsu makan pemakainya. Sehingga perlu diimbangi dengan olahraga yang cukup dan teratur.

Itulah beberapa penyebab berat badan naik secara tiba-tiba. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kondisi bobot tubuh meningkat secara drastis. Masing-masing faktor tersebut memiliki solusi yang berbeda-beda untuk mengatasinya. Untuk informasi dan rekomendasi penanganan yang lebih lanjut tentu lebih baik untuk berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi terkait. Sehingga bisa mendapatkan solusi tepat untuk menangani kondisi kesehatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?