8 Penyebab Tulang Keropos, Sudahkah Anda Mengetahuinya?

Ketika anda mendengar ada kasus yang bilang didiagnosa tulang keropos atau osteoporosis, mungkin anda jadi kepikiran sebenarnya apa penyebab tulang keropos?

Tulang Keropos

Sebelum mengetahui penyebab tulang keropos, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu tulang keropos. Tulang keropos atau osteoporosis adalah suatu kondisi dimana tulang mengalami pengeroposan.

Saat sudah keropos, artinya tulang jadi sangat berisiko untuk patah. Jadi banyak kasus yang baru berobat ke dokter setelah mengalami patah tulang.

Lalu apa ciri-ciri seseorang mengalami tulang keropos? Ciri-cirinya yaitu postur badan jadi membungkuk, tinggi badan terlihat berkurang, nyeri pada punggung, dan juga bisa mengalami patah tulang.

Sebelum didiagnosa tulang keropos, dokter akan mengarahkan anda melakukan beberapa pemeriksaan. Seperti rontgen, MRI atau CT scan.

Tulang juga jadi lebih lemah, tidak sekuat sebelumnya dan bahkan berisiko tinggi patah tulang. Lalu, apa saja penyebab tulang keropos?

Mari masuk ke bahasan selanjutnya.

Penyebab Tulang Keropos

Penyebab tulang keropos ada bermacam-macam. Berikut merupakan jawaban serta penjelasannya.

1. Asupan Kalsium Kurang

Penyebab tulang keropos yang pertama yaitu kurangnya asupan kalsium. Fungsi kalsium untuk tubuh yaitu bisa menjaga kepadatan tulang.

Jika kadar kalsium di dalam tubuh rendah tentu akan menyebabkan seseorang berisiko mengalami tulang keropos.

2. Asupan Vitamin D Kurang

Penyebab tulang keropos yang kedua yaitu kurangnya asupan vitamin D. Kenapa bisa hal ini jadi penyebab tulang keropos?

Karena fungsi utama vitamin D yaitu untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan padat. Jadi ketika asupan vitamin D kurang, maka kepadatan tulang juga bisa berkurang.

3. Konsumsi Fast Food

Mengonsumsi fast food atau makanan cepat saji adalah penyebab tulang keropos yang ketiga. Mungkin ada yang bertanya-tanya, memang apa hubungannya mengonsumsi makanan cepat saji dengan osteoporosis.

Jawabannya adalah karena makanan cepat saji mengandung tinggi gula dan juga lemak jenuh yang tinggi. Kandungan tersebut bisa membuat penyerapan kalsium terhambat.

Kalau penyerapan kalsium terhambat, artinya tulang tidak bisa menjaga kekuatannya dengan baik. Selain itu juga, makanan cepat saji mengandung garam yang tinggi.

Kandungan garam yang tinggi bisa membuat kadar kalsium dalam tubuh menghilang juga.

4. Melakukan Diet Ekstrim

Melakukan diet secara esktrem juga merupakan salah satu penyebab tulang keropos. Lho, jadi diet esktrim bisa membuat tulang keropos? Iya.

Jadi, ketika seseorang melakukan diet ekstrim biasanya nutrisi yang masuk akan jadi jauh lebih sedikit. Kebutuhan nutrisi harian saja bisa tidak terpenuhi.

Ketika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi terus menerus, maka kepadatan tulang bisa berkurang. Lalu lama kelamaan jadi mengalami pengeroposan.

Jadi, kalau anda memang ingin melakukan diet, jangan lupa pastikan kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi ya. Jangan sampai melakukan diet terlalu esktrim hingga menimbulkan berbagai penyakit.

5. Kurang Berolahraga

Apakah anda termasuk ke dalam kalangan yang jarang berolahraga? Maka harus berhati-hati. Karena kurang berolahraga adalah penyebab tulang keropos yang kelima.

Seseorang yang kurang bergerak aktif bisa terkena tulang keropos. Bayangkan saja, jika tidak digunakan maka kekuatan otot dan tulang bisa berkurang.

Lama kelamaan bisa menjadi keropos tulangnya. Jadi mari mulai rutin berolahraga!

6. Efek Samping Obat

Obat seperti apa yang dimaksud? Jawabannya yaitu obat steroid. Jadi mengonsumsi obat steroid juga merupakan salah satu penyebab tulang keropos.

Contohnya obat apa? Contohnya yaitu kortikosteroid. Jika mengonsumsi kortikosteroid dalam jangka panjang maka kepadatan tulang bisa berkurang.

7. Merokok

Kebiasan merokok juga merupakan salah satu penyebab tulang keropos. Memangnya ada zat apa yang bisa buat osteoporosis?

Zat yang bisa membuat produksi sel di tulang terhambat yaitu nikotin. Terlebih jika sering merokok, maka artinya kandungan nikotin jadi banyak juga.

Kekuatan tulang pun jadi menurun karena hal tersebut.

8. Mengonsumsi Alkohol

Penyebab tulang keropos yang selanjutnya yaitu mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Karena kandungan alkohol yang berlebih itu bisa membuat kalsium yang ada di tulang hilang secara perlahan. Akhirnya kepadatan tulang pun jadi menurun.

Lalu, selanjutnya kita akan membahas faktor yang membuat seseorang lebih berisiko terkena tulang keropos. Berikut faktor risikonya:

  • Pertambahan Usia
    Penyebab tulang keropos yang selanjutnya yaitu pertambahan usia. Ketika seseorang bertambah usia, terutama saat berusia lanjut maka lebih berisiko terkena tulang keropos.
    Apakah artinya hanya dialami oleh usia lanjut? Tidak juga, karena regenerasi tulang ini mulai menurun sejak usia 35 tahun ke atas.
  • Jenis Kelamin
    Jenis kelamin apa yang lebih berisiko terkena tulang keropos? Jawabannya yaitu perempuan.
    Perempuan yang sudah mengalami menopause lebih berisiko terkena osteoporosis.
  • Riwayat Penyakit
    Seseorang yang memiliki riwayat penyakit tulang keropos di dalam keluarganya lebih berisiko terkena osteoporosis. Dibandingkan dengan yang tidak ada riwayat osteoporosis dalam keluarga.

Pengobatan Tulang Keropos

Nonhormonal

  1. Suplemen
    Suplemen apa yang bermanfaat untuk tulang keropos? Yaitu suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D.
  2. Susu Etawalin
    Susu etawalin mengandung temulawak, jahe, daun salam, sereh, kayu manis dan tentunya susu kambing etawa. Semua kandungan itu membuahkan hasil yang bagus untuk tubuh.
    Beberapa dari manfaatnya yaitu menjaga kepadatan tulang, menjaga kesehatan tulang dan persendian, serta mengatasi asam urat dan sebagai obat nyeri sendi.
    Jadi, ini artinya dengan meminum susu kambing etawalin secara rutin sejak muda bisa membuat kepadatan tulang terjaga dengan baik.
    Yuk, mulai meminum susu etawalin untuk kebaikan diri sendiri!
    penyebab tulang keropos
  3. Bisfosfonat
    Bisfosfonat adalah sebutan kelompok obat untuk tulang keropos. Bisfosfonat ini bisa membantu agar pemecahan jaringan tulang jadi lebih lambat.
  4. Denosumab
    Denosumab adalah obat yang digunakan untuk osteoporosis juga. Kandungan yang ada di dalamnya membuat kepadatan tulang terjaga.

Hormonal

  1. Hormon estrogen
    Pemberian hormon estrogen ini untuk perempuan yang sudah mengalami menopause. Menopause adalah saat sudah tidak menstruasi.
    Pemberian hormon ini harus berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter. Karena bisa berisiko mengalami berbagai penyakit.
  2. Hormon testosteron
    Pemberian hormon testosteron ini untuk laki-laki yang tidak mampu produksi hormon secara normal (hipogonadisme).
  3. SERMs
    SERMs adalah Selective Estrogen Receptor Modulators yang bisa mencegah patah tulang. Serta bisa menjaga kepadatan tulang.
  4. Obat penjaga kepadatan tulang
    Obat yang dimaksud adalah obat suntik seperti teripatide dan danabaloparatide.
  5. Kalsitonin
    Kalsitonin adalah obat berbentuk suntik dan nasal spray yang bisa membuat tulang semakin padat.

Yang perlu menjadi perhatian ketika mengalami tulang keropos adalah jangan sampai terjadi patah tulang. Cara di bawah ini bisa dilakukan agar patah tulang dapat dicegah.

  • Berupaya meningkatkan keseimbangan tubuh dengan olahraga (misal yoga)
  • Menggunakan alas kaki yang tidak licin saat berada di luar rumah
  • Menata barang di rumah dengan rapi dan mengurangi terjadinya risiko jatuh
  • Memasang pegangan di dinding rumah dan kamar mandi
  • Memasang karpet di dalam rumah

Semoga dengan melakukan hal-hal di atas, kejadiaan patah tulang bisa dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?