8 Pertanyaan Tentang Autisme Beserta Jawabannya

Orang tua yang memiliki anak yang sudah terdiagnosa autisme, tentu memiliki banyak pertanyaan tentang autisme. Mulai dari pengertian autisme, cara penanganan, cara mengobati, gejala autisme, perbedaan autisme dengan hiperaktif, faktor risiko autisme, dan lain-lain.

Pertanyaan Tentang Autisme

Berikut merupakan pertanyaan tentang autisme yang sudah lengkap beserta jawabannya. Mari simak dengan seksama.

1. Apa Itu Penyakit Autisme?

Pertanyaan tentang autisme yang banyak ditanyakan adalah apa pengertian autisme. Autisme atau ASD (autism spectrum disorder) disebabkan karena adanya kelainan perkembangan saraf di otak. Akhirnya jadi timbul gangguan perilaku dan gangguan interaksi sosial. Gejala dari autis adalah adanya gangguan dalam berkomunikasi, gangguan suasana hati, gangguan belajar, dan lain-lain.

2. Apakah Sering Melamun Adalah Gejala Autisme?

Gejala dari autisme termasuk pertanyaan tentang autisme yang sering muncul. Banyak faktor yang bisa menyebabkan sering melamun. Bisa karena riwayat trauma, adanya permasalahan yang rumit, atau bisa juga karena terlalu banyak waktu luang.

Tetapi, sering melamun bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit mental seperti adanya gangguan kepribadian, gangguan stres pasca trauma, depresi, skizofrenia. Ini artinya, sering melamun bukan merupakan gejala autisme. Namun, jika anda sering melamun maka disarankan untuk mengisi hari dengan kegiatan positif, tidak selalu menyendiri, menerapkan pola hidup yang sehat, dan menata tujuan hidup.

3. Apakah Autisme Bisa Dipengaruhi oleh Keturunan?

Pertanyaan tentang autisme selanjutnya yang banyak ditanyakan yaitu “apakah bisa dipengaruhi karena faktor keturunan?” Faktor-faktor yang membuat seseorang berisiko mengalami autisme ada banyak.

Beberapa diantaranya yaitu adanya kelainan genetik, ada keturunan yang mengalami autis, lahir prematur, lahir dari ibu berusia di atas 40 tahun, dan terlahir dari ibu yang sering mengonsumsi obat tertentu ketika dalam masa kehamilan. Jadi, orang yang memiliki keturunan autisme berisiko terkena autisme juga.

4. Apakah Penderita Autisme Termasuk Disabilitas Mental?

Pertanyaan tentang autisme yang selanjutnya yaitu tentang autisme dan disabilitas mental. Disabilitas merupakan ketidakmampuan seseorang dalam beraktivitas tertentu. Disabilitas mental adalah kondisi ketika fungsi pikir, emosi dan perilaku terganggu. Autisme merupakan salah satu jenis dari disabilitas mental.

5. Bagaimana Cara Mencegah Agar Anak Tidak Mengalami Autisme?

Selanjutnya, pertanyaan tentang autisme yang banyak ditanyakan orang tua baru yaitu “bagaimana cara mencegah agar anak tidak mengalami autisme?”. Hinggat saat ini, kelainan mental seperti autisme dan ADHD (gangguan pemusatan perhatian) tidak bisa dicegah. Namun tidak perlu khawatir, karena hal ini bisa dideteksi lebih awal.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengamati progres pertumbuhan sang anak. Apabila ada milestone yang belum tercapai dan muncul gejala autisme, maka perlu perhatian lebih lanjut.

@maammooyy Membalas @- masyaAllah tabarakallah #spd #adhd #asd #sensoryprocessingdisorder #asdwarrior #adhdawareness #spdwarrior #speechdelay #latetalker #speechdelayedtoddler #speechdelaytheraphy #speechdelaytelatbicara #speechdelayedtoddlers #speechdelays #speechdelayawareness #fypシ゚viral #fypシ #fypage #fypdong #fypindonesia #fypindonesiaシ #fypindo ♬ GIVE IT TO ME X PROMISCUOUS – ALTÉGO

6. Apakah Autisme Bisa Diobati?

Pertanyaan tentang autisme selanjutnya yaitu apakah autisme bisa diobati atau tidak. Hal ini biasa dipertanyakan ketika orang tua memiliki anak dengan autis. Disebutkan oleh dokter bahwa autisme belum bisa disembuhkan. Namun, walau begitu aktivitas sehari-harinya bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan melakukan terapi untuk autisme.

Terapi yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Fisioterapi
    Terapi fisik atau fisioterapi dibutuhkan karena beberapa anak autis memiliki massa otot yang rendah. Terapi yang bisa dilakukan di rumah yaitu peregangan, latihan keseimbangan atau bisa juga senam ringan.
  2. Terapi bermain
    Kemampuan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi sang anak bisa terlatih ketika melakukan terapi bermain. Permainan yang cocok untuk anak autis yaitu menaiki ayunan, menuruni perosotan dan meniup gelombang.
  3. Terapi visual
    Terapi yang cocok yaitu PECS (Picture Exchange Communication System). Cara bermainnya yaitu dengan memberikan beberapa gambar, seperti gambar buah. Lalu sebutkan satu nama buah dan beri arahan agar sang anak menunjuk gambar yang tepat.
  4. Terapi wicara
    Terapi ini bisa menjadi solusi agar kemampuan berbicara anak terlatih. Terapi ini bisa dilakukan dengan melatih otot bibir ataupun mengajak bernyanyi.
  5. Terapi tingkah laku
    Terapi ini bisa diajarkan oleh terapis, karena pemilihan terapinya harus disesuaikan dengan kondisi sang anak.
  6. Terapi okupasi
    Terapi ini bisa mengembangkan kemampuan motorik anak. Misalnya dengan menyisir rambut, menggosok gigi, dan latihan memegang mainan.
  7. Terapi kemampuan sosial
    Terapi ini bisa dilakukan dengan mengajak sang anak untuk bermain dengan teman atau saudara. Bisa dengan bermain puzzle, menggambar atau mungkin bermain bola.
  8. Terapi perkembangan
    Terapi ini bisa membuat kemampuan kecerdasan meningkat, kemampuan interaksi sosial dan emosional juga meningkat. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan yaitu ajarkan untuk mengikat tali sepatu sendiri, ajarkan juga untuk memakai pakaian sendiri.
  9. Terapi sensori
    Terapi ini bisa juga dilakukan di rumah. Kegiatannya seperti menggunakan spons saat mandi, menggunakan penutup telinga atau menghirup aromaterapi.

7. Apa Suplemen yang Bagus Dikonsumsi Anak Autisme?

Suplemen atau vitamin yang berguna untuk kecerdasan otak baik untuk anak autisme. Contoh vitamin yang disarankan yaitu generos. Generos merupakan vitamin yang sudah terdaftar dalam BPOM dan bahan-bahannya berkualitas. Bahan-bahan alaminya yaitu pegagan, temulawak, madu hutan, ikan sidat dan mengkudu.

Tanaman pegagan bisa membantu proses perkembangan otak. Tanaman ini terkenal karena disebut sebagai penambah kecerdasan otak. Madu hutan sudah terbukti lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan madu ternak. Madu hutan ini dihasilkan dari lebah raksasa.

Buah mengkudu memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu juga buah mengkudu bisa menjadi zat anti bakteri. Ikan sidat adalah ikan yang kandungan zat gizinya lebih banyak dibandingkan dengan ikan salmon serta ikan lainnya. Kandungannya yaitu protein, omega 3, vitamin B1, vitamin B2.

Selanjutnya kandungan yang terakhir yaitu temulawak. Temulawak merupakan pencegah masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. Sehingga sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia dapat terjaga dengan baik.

8. Apa Perbedaan Hiperaktif dan Autisme?

Pertanyaan tentang autisme yang terakhir yaitu perbedaan hiperaktif dan autisme. Penyebab dari hiperaktif dan autisme sama-sama belum diketahui secara pasti. Tapi beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan hiperaktif dan autisme adalah faktor keturunan dan lingkungan.

Hiperaktif atau ADHD dan autisme sering disebut diagnosa yang mirip oleh sebagian orang. Mayoritas anak yang mengalami ADHD tidak mengidap autisme, tapi ada kasus juga yang menjelaskan bahwa ada hubungan antara kedua gangguan ini. Anak dengan autisme ada yang mengalami hiepraktif dan ada juga yang tidak hiperaktif. Adapun perawatan yang diberikan pada anak hiperaktif dan autisme secara prinsip sama, diberikan terapi yang bersifat holistik. Tidak lupa juga untuk selalu sabar, memahami dan memberikan perhatian kepada sang anak.

Begitulah beberapa pertanyaan tentang autisme yang sering ditanyakan oleh orang tua yang memiliki anak autisme. Yang terpenting ketika memiliki anak autisme adalah menggunakan gaya parenting yang bisa menghargai karakter anak. Jadi, orang tua memberikan arahan agar anak berperilaku dalam batasan yang tepat. Beberapa tips dalam merawat anak dengan autis yaitu mengenali karakter anak, berusaha untuk berpikir positif, dan yang paling penting adalah jangan menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?