Penyebab dan Solusi Nyeri Sendi Lutut Rheumatoid Arthritis

Nyeri Sendi Lutut

Nyeri sendi lutut karena rheumatoid arthritis tentu menjadi masalah kesehatan yang sangat mengganggu kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Persendian dalam tubuh kita merupakan bagian yang sangat penting karena membuat kerangka menjadi lebih fleksibel untuk digerakkan. Bahkan tanpanya kita bahkan tidak bisa menggerakan tulang.

Persendian sendiri berada di berbagai bagian tubuh mulai dari di bagian jari-jari tangan, pergelangan tangan, bahu, leher, lutut, hingga kaki. Adanya sendi tersebut memungkinkan kita untuk menggerakan tulang atau tubuh dengan leluasa. Artinya tubuh bisa melakukan berbagai gerakan yang sangat penting untuk beraktivitas setiap harinya.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, persendian tubuh juga bisa mengalami gangguan kesehatan yang terjadi berbagai penyebab. Salah satu gangguan yang sering terjadi yaitu sendi terasa nyeri. Ketika kesehatan sendi sudah terganggu maka kita akan merasakan ketidaknyamanan. Sebab menyebabkan sendi sakit bahkan sulit untuk bergerak.

Nyeri Sendi Lutut Karena Rheumatoid Arthritis

Seluruh sendi dalam tubuh kita bisa mengalami masalah termasuk pada sendi bagian lutut. Bahkan masalah pada sendi lutut ini cukup sering terjadi dan telah dialami oleh banyak orang. Nah, salah satu masalah yang bisa terjadi pada sendi lutut yaitu rheumatoid arthritis. Gangguan ini bisa menyebabkan sendi menjadi bengkak, nyeri, dan terasa kaku.

Rheumatoid arthritis sendiri merupakan masalah peradangan jangka panjang yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh sendiri. Selain menyerang lutut, gangguan kesehatan ini juga bisa menyerang organ tubuh lainnya. Misalnya yaitu mampu menyerang organ jantung, pembuluh darah, paru-paru mata, dan kulit.

Rheumatoid arthritis sering terjadi pada wanita dengan usia sekitar 30 hingga 50 tahun. Penyakit nyeri sendi lutut ini menyebabkan erosi pada tulang rawan, peradangan pada membran sinovial, dan bisa menyebabkan sendi bengkak kemerahan. Gejalanya kadang mirip dengan penyakit lainnya seperti osteoarthritis dan juga polimialgia reumatik.

Penyakit satu ini juga termasuk gangguan yang akan berlangsung dalam jangka panjang. Namun tentu tidak terjadi terus menerus, melainkan akan menghilang selama beberapa waktu dan kambuh kembali. Ketika tidak kambuh lutut akan terasa baik-baik saja. Namun saat kambuh maka gejalanya seperti bengkak, nyeri, dan kaku akan terasa.

Penyebab

Gangguan kesehatan pada sendi ini termasuk penyakit autoimun yang penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun dugaan penyakit ini terkait dengan faktor genetik. Sebab biasanya penderita rheumatoid arthritis ini juga memiliki keluarga dengan riwayat penyakit sama. Dugaan lainnya nyeri sendi lutut ini juga terkait paparan bahan kimia.

Selain mengganggu persendian, penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi jika tidak tertangani dengan baik. Rheumatoid arthritis bisa menyebabkan komplikasi carpal tunnel syndrome yang menyebabkan rasa kesemutan dan mati rasa. Selain itu penderitanya bahkan juga bisa mengalami gangguan lain seperti penyakit jantung dan paru-paru.

Jika terus dibiarkan rheumatoid arthritis juga bisa menyebabkan gangguan pada fungsi sendi hingga menyebabkan perubahan pada sendi lutut. Hal tersebut tentu saja menjadi masalah yang akan sangat mengganggu gerak lutut. Akibatnya penderita juga akan kesulitan dalam bergerak selama beraktifitas seperti jalan dan lari.

Cara Mengatasinya

Karena berbahaya jika terus dibiarkan maka penderita harus segera mengobati nyeri sendi lutut ini. Namun hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan rheumatoid arthritis. Sehingga pengobatan ini hanya bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah atau memperlambat kerusakan sendi sehingga penderitanya bisa tetap beraktivitas.

Lalu bagaimana saja cara pengobatan tersebut? Berikut beberapa caranya:

1. Konsumsi Susu Etawalin

Cara pertama yaitu dengan rutin mengonsumsi Etawalin yang merupakan sebuah produk kesehatan yang berbentuk susu. Etawalin merupakan produk baru dalam dunia kesehatan yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada tulang dan sendi. Produk ini terbuat dari susu kambing etawa dan berbagai bahan herbal alami yang bermanfaat.

Susu etawalin membawa berbagai manfaat penting dari susu kambing etawa serta bahan alami seperti jahe, kayu manis, temulawak, daun salam, dan sereh. Dengan bahan-bahan alami tersebut tidak heran jika produk ini ampuh mengatasi berbagai masalah nyeri sendi lutut dan tulang seperti asam urat, rematik, dan lainnya.

Menariknya susu etawalin juga tidak akan memberikan efek samping yang buruk untuk tubuh. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin demi mengurangi gejala rheumatoid arthritis yang sangat mengganggu. Susu ini bisa Anda konsumsi dua kali sehari sesuai anjuran untuk mendapat manfaatnya yang maksimal.

2. Minum Obat Pereda Sakit

Ketika rheumatoid arthritis kambuh maka bisa menimbulkan rasa nyeri sendi lutut yang pastinya sangat mengganggu. Untuk mengatasinya maka bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol, kodein, dan obat antiinflamasi nonsteroid. Perlu dipahami bahwa obat tersebut tidak bisa mencegah perkembangan rheumatoid arthritis.

Selain itu, penderita juga bisa mengkonsumsi obat steroid untuk meredakan rasa nyeri. Akan tetapi obat ini tidak bisa dikonsumsi dalam jangka panjang karena bisa menimbulkan efek samping yang cukup serius dan berbahaya. Mulai dari menyebabkan memar, lemah otot, penambahan berat badan, hingga osteoporosis.

3. Terapi Fisik

Cara lainnya yaitu dengan melakukan terapi fisik yang bertujuan untuk membuat sendi lebih fleksibel serta untuk meningkatkan kekuatan otot. Terapi fisik untuk nyeri sendi lutut ini misalnya yaitu berupa terapi podiatry, fisioterapi, dan okupasi. Dengannya maka penderita rheumatoid arthritis bisa merasa lebih baik dalam bergerak dan beraktivitas seperti biasa.

4. Minum Obat Anti-Rematik Modifikasi-Penyakit

Cara lain untuk mengatasi nyeri sendi lutut ialah dengan minum Obat Anti-Rematik Modifikasi-Penyakit atau DMARDs seperti leflunomide, hydroxychloroquine, sulfasalazine, dan methotrexate. Mengkonsumsi obat tersebut bisa menjadi perawatan awal untuk meredakan dan menghambat rheumatoid arthritis. Bisa juga untuk mencegah kerusakan permanen pada sendi.

5. Operasi

Jika kerusakan sendi juga terjadi maka operasi bisa menjadi jalan keluar untuk mengatasinya. Jenis operasinya bisa seperti perbaikan tendon, artroskopi, sinovektomi, dan sebagainya.  Operasi ini bisa bertujuan untuk memperbaiki kelainan bentuk sendi, mengatasi kerusakan dan nyeri sendi lutut hingga mengendalikan kemampuan menggunakan sendi.

@pangkiswito_e #Radangsendi #arthritisparah #sendisyaraf #penggantianlututtotal #arthroplasti #edukasikesehatanaja ♬ Milikku (Ost. Mariposa) – Pika Iskandar

6. Terapi Biologis

Selain terapi fisik, ada pula terapi biologis dengan cara menyuntikkan protein yang berasal dari genetika persendian. Tindakan ini bertujuan untuk menghentikan sistem kekebalan tubuh yang menyerang persendian. Namun cara ini bisa menimbulkan efek samping seperti infeksi, demam, mual, hingga reaksi kulit pada tempat penyuntikan.

7. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat setiap hari menjadi salah satu kunci agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Penderita rheumatoid arthritis juga harus menerapkan gaya hidup sehat untuk membuat pengobatan bisa berdampak secara maksimal. Penderita juga bisa memperbanyak konsumsi makan kaya antioksidan dan serat.

Demikianlah pembahasan mengenai nyeri sendi lutut karena rheumatoid arthritis hingga penyebab dan cara untuk mengatasinya. Bagi Anda yang menderita gangguan persendian satu ini maka harus terus mencoba cara mengatasinya di atas agar penyakit ini tidak lagi mengganggu. Sehingga Anda bisa lebih bebas dalam menggerakkan lutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?