Susu Penambah Berat Badan Anak, Optimalkan Gizi dan Nutrisi

Susu Penambah Berat Badan Anak

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang sehat dan badan kuat. Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya berat badan anak bertambah adalah dengan memberikan susu penambah berat badan anak. Di pasaran, sudah banyak beredar merek yang terkenal, seperti PediaSure, Nutrilon Royal, dan Appeton.

Supaya mendapatkan hasil maksimal, pemberian susu kepada anak harus tepat dan sesuai dengan umur. Sebelum membelinya, ada beberapa poin-poin penting yang perlu diperhatikan. Perlu disesuaikan dengan kebutuhan zat besi berdasarkan setiap umurnya.

Susu Penambah Berat Badan Anak, Optimalkan Gizi dan Nutrisi

Menurut kurva WHO, bila dilihat dari usia, anak berusia 5 tahun berat idealnya sekitar 14-24 kg. Sementara itu, kurva berat menurut tinggi badan, anak dengan tinggi badan 109 cm, berat idealnya sekitar 15,5 sampai 20 kg. Meski berat badan anak di dalam batas normal, anak masih boleh menambah berat badannya, tetapi tetap harus dalam batasan wajar. Ada beberapa tips untuk menambah berat badan anak, diantaranya:

  • Menambahkan kalori pada menu makanannya, seperti keju, mentega, susu, minyak zaitun, dan mayonaise.
  • Memperhatikan asupan cairan supaya anak tidak kekurangan cairan
  • Memberikan makanan bergizi dan sehat tinggi kalori, seperti ayam, telur, daging
  • Memberikan cukup sayur dan buah
  • Membiarkan anak mendapatkan istirahat cukup

Mengonsumsi susu penambah berat badan anak bisa menjadi alternatif bila khawatir anak kekurangan nutrisi. Tidak perlu khawatir anak tampak kurus selama kondisinya sehat dan bugar. Kurus dan gemuk tidak selalu menjadi patokan kesehatan anak secara paten. Tetapi, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan berat badan anak menurun dan sulit naik.

Misalnya seperti asupan nutrisi dan gizi yang kurang, anak terlalu aktif, tuberkulosis, gangguan tiroid, gangguan hormon pertumbuhan, hingga gangguan pada pencernaan. Apabila masih khawatir dengan kondisi anak, atau anak mengalami penurunan berat badan disertai dengan keluhan lain, seperti sering demam, batuk, dan pucat.

Ada baiknya untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya sehingga anak bisa ditangani. Apabila anak tidak ada gejala di atas tetapi tetap kurus, bisa dengan memberikan susu penambah berat badan anak.

Cara Memilih Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memilih susu penambah berat badan anak, antara lain:

Sesuaikan Susu dengan Usia Anak

Komposisi kandungan zat besi berbeda untuk setiap usia anak. Menurut AKG 2019, bayi yang baru berusia 6-12 bulan membutuhkan 11 mg zat besi per harinya. Untuk anak 1-3 tahun hanya membutuhkan sekitar 7 mg. Sedangkan anak berumur di atas 3 tahun membutuhkan 10 mg zat besi per harinya.

Memperhatikan Kandungannya

Susu penambah berat badan anak yang akan diberikan harus diperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam produk tersebut. Agar mendapatkan hasil maksimal, ada beberapa zat-zat yang sebaiknya ada, antara lain:

    • Kalsium untuk pertumbuhan tulang
    • Zink membantu dalam proses penyerapan gizi makanan
    • Protein membantu pembentukan otot
    • Probiotik membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan
    • DHA dan AA meningkatkan kekebalan tubuh dan perkembangan otak
@ratriaryanti Mau kasih susu segar untuk anak? Lihat umur anak dan cara yg aman untuk konsumsi susu segar ya 😊 #sususegar #susuanak ♬ original sound – Ratri Aryanti | Ahli Gizi

 

Pilih Produk yang Mampu Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Cara yang cukup efektif untuk meningkatkan berat badan anak adalah dengan makan makanan bergizi dan sehat. Apabila nafsu makan anak kurang, bisa diberikan perangsang nafsu makan seperti curcuma dan minyak ikan. Setelah minum susu dengan kandungan tersebut, biasanya nafsu makan anak tersebut akan meningkat.

Jadwalkan susu penambah berat badan anak sebagai pilihan di jam ngemil dan sebelum tidur malam. Dengan demikian, jadwal minum susu tidak membuat anak terlalu kenyang di jam makan utama. Susu memiliki peran penting dalam pola makan sehat dan berimbang, kendati tidak menggantikan makanan utama. Berikut ini beberapa rekomendasi produknya :

  1. NESTLE NAN pH Pro Optipro
    NESTLE NAN pH Pro Optipro merupakan susu formula dengan protein whey terhidrolisa parsial (50%). Kandungan ini dapat mengurangi risiko alergi pada anak. Susu ini bisa dikonsumsi anak usia 1-3 tahun karena mengandung Bifidobacterium Lactis, DHA, dan OPTIPRO HA Protein hypoallergenic. Kandungan Nan pH Pro 3 berperan untuk menekan risiko alergi sekaligus menyuplai asupan penting dalam tumbuh kembang anak, termasuk menambah berat badannya.
  2. Appeton Weight Gain Child
    Appeton Weight Gain Child memiliki kandungan formula tinggi protein dan L-Potemax. Susu ini mampu menambah berat badan serta merangsang pembentukan jaringan otot dan tulang. Susu penambah berat badan anak ini bekerja secara bertahap, hal ini penting supaya tubuh anak dapat menyesuaikan secara seimbang dan baik.
  3. NUTRICA Bebelac 4 Grogreat+
    Asupan susu NUTRICA Bebelac 4 Grogreat+ merupakan kombinasi serat yang telah teruji klinis dengan FOS:GOS 1:9 untuk mendukung pencernaan sehat. Tidak hanya kaya akan serat saja, susu ini mengandung vitamin A, iodium. Zinc, zat besi, dan kalsium untuk menambah berat badan anak menjadi lebih optimal.
  4. PediaSure Complete Vanila
    Susu dari PediaSure ini dapat dikonsumsi untuk anak usia 1-10 tahun. Kandungan dalam susu ini dapat membantu menaikkan berat badan anak. Kandungannya ada Sinbiotik, antara probiotik dan prebiotik untuk menjaga fungsi saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi. Susu ini juga mengandung Omega 6 dan Omega 3 sebagai prekursor pembentukan DHA dan AA serta Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT).
  5. Enfagrow A+ 3
    Susu penambah berat badan anak selanjutnya ini cocok untuk anak usia 1-3 tahun. Banyak nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada kandungan DHA sebanyak 35 miligram/saji. Produk ini juga memiliki kandungan omega-3 dan omega-6 yang mampu mendukung perkembangan otak. Susu ini diperkaya dengan nutrisi lain, seperti zinc, zat besi, vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12.
  6. Nutrilon Royal 4 Vanila Susu Pertumbuhan
    Rekomendasi selanjutnya ini memiliki Acti Duobio+ yang terbukti secara klinis dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak. Susu ini memiliki zat besi yang melancarkan peredaran darah. Ada kandungan vitamin E dan C yang mengoptimalkan pembentukan serta pemeliharaan jaringan kolagen, serta membantu penyerapan zat besi.
  7. Weight Herba Susu Penambah Berat Badan
    Weight Herba merupakan produk suplemen susu penambah berat badan anak yang terbuat dari bahan berkhasiat untuk meningkatkan berat badan. Komposisinya terbuat dari bahan-bahan yang memiliki kandungan luar biasa. Ada susu kambing Etawa yang memiliki kandungan vitamin A, E, karbohidrat, zat besi, kalsium, serat, dan lemak nabati.Selain itu ada juga kandungan temulawak yang dapat meningkatkan nafsu makan dan daun kelor sebagai makanan penurun gula dalam darah. Sehingga, mau makan dalam porsi besar, selama dibarengi dengan suplemen ini tidak perlu khawatir gula dan kolesterol akan melonjak.

    Susu ini memiliki berbagai manfaat, seperti menambah berat badan menjadi ideal dengan relatif cepat, meningkatkan nafsu makan, hingga memperbaiki saluran pencernaan. Susu ini telah melalui sejumlah pengujian secara resmi, yakni BPOM dan Halal MUI.

    Weight Herba aman dikonsumsi untuk anak-anak mulai dari usia 2 tahun dan ibu hamil. Tidak perlu menambahkan gula karena susu penambah berat badan anak ini sudah memiliki rasa manis alami. Konsumsi 3 gelas per hari untuk mendapatkan hasil berat badan naik dalam hitungan hari saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?