Cara Tepat Memberikan Susu Penambah Berat Badan Bayi

Susu Penambah Berat Badan Bayi

Susu penambah berat badan bayi menjadi salah satu pilihan terbaik ibu untuk menambah nutrisi dan memenuhi asupan gizi pada si kecil. Susu yang kaya akan kandungan nutrisi dapat mendukung pertumbuhan si kecil menjadi lebih baik. Apalagi jika dikombinasikan dengan suplemen atau vitamin tambahan yang dapat membantu untuk meningkatkan berat badan.

Sangat baik jika memberikan susu penambah berat badan bayi saat berusia 0-6 bulan. Sebab, bayi yang pada usia ini belum bisa mengonsumsi apapun, sehingga ia hanya bisa mendapatkan nutrisi tambahan dari susu. Ibu bisa memilih memberikan ASI atau susu formula untuk memastikan nutrisinya terpenuhi dan meningkatkan berat badannya.

Peningkatan berat badan bayi sejak dini sangatlah penting karena dapat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhannya. Selain itu, berat badan bayi yang cukup juga berarti bahwa ia tidak mengalami kekurangan gizi atau gangguan kesehatan lainnya.

Susu Penambah Berat Badan Bayi
www.istockphoto.com

Seputar Susu Penambah Berat Badan Bayi

Susu terkenal akan kandungan nutrisinya yang baik dan bermanfaat untuk tubuh. Pada bayi, tidak ada larangan untuk memberikan susu dengan kandungan nutrisi tertentu selain ASI. Syaratnya adalah pastikan berat badan anak berada dalam angka normal.

Untuk bayi perempuan berusia 7 bulan, berat badan rata-ratanya adalah 6-9,5 kg, sedangkan untuk laki-laki 7-10 kg. Pengecekan gizi dapat ibu lakukan di Posyandu, Puskesmas, atau dokter spesialis anak terdekat.

Jika didapati bahwa anak memiliki berat badan yang kurang atau status gizinya kurang lengkap, maka dokter akan segera melakukan pemeriksaan. Kekurangan gizi ini dapat disebabkan oleh pola makan tidak teratur, gangguan pada penyerapan makanan, dan adanya gangguan kesehatan.

Umumnya, bayi berusia 7 bulan sudah bisa makan makanan berat sehingga asupan makan sehari-harinya harus diperhatikan. Pastikan untuk selalu memberikan makanan bergizi dan kaya akan kalori, serat, lemak, protein yang baik untuk pertumbuhannya. Salah satu contoh nutrisi tambahan yang kaya akan kandungan tersebut adalah susu formula penambah berat badan bayi. Susu penambah berat badan bayi ini bisa didapat melalui layanan apotek terdekat yang sesuai dengan usianya.

Untuk anak dengan klaim khusus seperti bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan penanganan dan saran yang lebih tepat. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan status gizi di faskes terdekat. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis untuk bayi dengan indikasi tertentu.

Cara Tepat Memberikan Susu Penambah Berat Badan Bayi

Susu formula adalah nutrisi alternatif untuk bayi yang sudah memasuki usia tidak menyusu atau ibu yang sudah tidak bisa memberikan ASI lagi. Besar manfaat dari susu ini untuk bayi karena kandungan nutrisinya memang khusus untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Pemberian susu ini biasanya sesuai dengan umur, keluhan kesehatan, dan nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Meski begitu, tidak sedikit ibu yang mengeluh anaknya susah gemuk karena berhenti minum ASI dan beralih ke susu formula.

Ini mungkin ada cara yang salah dalam pemberiannya atau memang bayi tersebut tidak cocok dengan kandungan dalam susu tersebut. Berikut ini terdapat cara tepat yang bisa diterapkan untuk setiap ibu dengan keluhan di atas:

Memilih Jenis Susu Formula yang Tepat

Cara yang pertama adalah memperhatikan betul ketika memilih susu untuk bayi. Ada banyak jenis susu formula yang beredar di pasaran, tetapi tidak semua cocok untuk bayi. Pemilihan susu formula yang asal-asalan mungkin dapat menyebabkan masalah kesehatan untuk bayi, seperti diare, muntah dan lain sebagainya.

Hal ini karena kandungan nutrisi dalam susu mungkin tidak bisa diterima atau diserap dengan baik oleh tubuh bayi. Solusi dari masalah ini adalah melakukan konsultasi dengan dokter agar mengetahui jenis susu formula apa yang sesuai untuk bayi.

Pemberian Susu Sesuai dengan Kesehatan Bayi

Ketika memilih susu penambah berat badan untuk bayi pastikan memberikannya sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh bayi. Terlebih jika bayi memiliki masalah kesehatan seperti alergi atau masalah pada sistem pencernaannya.

Alih-alih hanya memprediksi susu mana yang tepat untuk bayi, lakukan tes kesehatan untuk mengetahui layak atau tidaknya anak memperoleh nutrisi dari susu tersebut. Selain itu, susu penambah berat badan ini biasanya mengandung berbagai nutrisi tambahan, seperti lemak khusus. Lemak khusus inilah yang akan membantu untuk meningkatkan berat badan bayi.

Pastikan Anak Benar-Benar Kenyang

Ketika bayi sudah memasuki tahap untuk berhenti minum ASI, ibu wajib memastikan bahwa ia benar-benar kenyang. Tandanya hampir sama saat bayi cukup ASI. Biasanya, bayi cukup ASI lebih mudah tidur dan tidak rewel karena kelaparan. Dengan begitu, nutrisi dari susu formula dapat terserap dengan baik sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, jika terlalu kenyang bayi juga akan memberikan reaksi yang sama ketika minum ASI, yaitu muntah.

Berikan Susu di Jam yang Tepat

Para ibu juga harus memperhatikan waktu atau jam pemberian susu penambah berat badan bayi. Ibu bisa mencoba untuk memberikan susu ini di jam yang sama ketika bayi masih menyusu ASI. Bisa juga dengan mempertimbangkan waktu yang tepat dan efektif. Misalnya ketika siang dan malam hari, yang terpenting adalah memastikan bayi tidak kelaparan karena terlambat memberikan susu dan berakibat terhadap pertumbuhan bayi nantinya.

Seimbangkan Pemberian Susu dengan Makanan Padat

Kebanyakan ibu memberikan susu penambah berat badan bayi dengan makanan padat sebagai pendamping. Ibu berpikir mungkin makanan padat ini dapat membantu bayinya cepat gemuk dan berisi sama seperti orang dewasa. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua bayi bisa menerima makanan padat karena sistem pencernaan yang berbeda-beda. Agar lebih aman cobalah untuk berkonsultasi dengan spesialis anak agar pemberian makanan padat ini bisa sesuai dengan status gizi kesehatan anak.

Kelebihan Bayi yang Diberi Susu Formula

Umumnya, bayi yang mengkonsumsi susu formula bobotnya lebih cepat bertambah ketimbang bayi yang masih mengonsumsi ASI setelah 3 bulan pertama sejak kelahirannya. Pemberian susu penambah berat badan bayi ini juga memudahkan ibu untuk mengetahui berapa ons susu yang dihabiskan bayi selama satu hari.

Namun terkadang ibu secara tidak sengaja telah memberikan susu dalam takaran yang tidak sesuai dengan porsi anak. Bahkan, sebagian dari ibu akan memberikan susu lagi ketika botol sudah kosong meski anak sudah merasa kenyang.

Sebuah studi di tahun 2016 menyatakan bahwa penggunaan botol berukuran besar dapat menyebabkan penambahan berat badan lebih cepat untuk bayi usia 6 bulan ke bawah.

Susu penambah berat badan bayi memang efektif untuk membantu menaikkan bobot bayi, apalagi usianya kurang dari 6 bulan. Namun, pemberiannya harus tepat agar kandungan nutrisi dalam susu dapat terserap dengan baik ke tubuh bayi. Salah satu jenis susu yang dapat membantu peningkatan berat badan adalah yang efektif adalah Weight Herba. Susu ini sudah memiliki nomor BPOM POM TR 213220131 dan terverifikasi Halal, jadi aman untuk dikonsumsi anak dengan usia lebih dari 2 tahun. Manfaatnya adalah membantu menambah berat badan, meningkatkan nafsu makan, dan memperbaiki masalah pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?