Rekomendasi Susu Penurun Berat Badan, Susu Skim Salah Satunya

Susu Penurun Berat Badan

Dengan banyaknya opsi susu yang tersedia, seringkali konsumen merasa bingung dalam memilih jenis susu penurun berat badan yang sesuai, terutama bagi mereka yang sedang memperhatikan asupan lemak. Terdapat beberapa pilihan susu diet yang dapat dikonsumsi saat sedang berusaha menurunkan berat badan.

Berat badan yang ideal merupakan keinginan banyak individu, termasuk laki-laki dan perempuan. Banyak orang yang telah mencoba berbagai cara untuk mencapai berat badan yang diharapkan, namun hasilnya masih belum memuaskan. Sebenarnya, berat badan itu sendiri sangat dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari.

Ketika sedang menjalani program diet, menghindari minuman yang tinggi kalori dan lemak merupakan hal yang wajib. Beberapa orang bahkan membatasi konsumsi susu atau bahkan tidak mengonsumsinya sama sekali karena dianggap mengandung banyak lemak.

Susu Penurun Berat Badan
unsplash.com

Inilah Rekomendasi Susu Penurun Berat Badan

Produk susu rendah lemak menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan jenis susu ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, sehingga tingkat kalorinya pun lebih terkendali.

Sebenarnya, nutrisi yang terdapat dalam susu rendah lemak tidak jauh berbeda dengan susu biasa. Perbedaannya terletak pada kandungan lemak yang memang lebih rendah. Oleh karena itu, susu jenis ini menjadi favorit di kalangan mereka yang sedang melakukan program diet untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Berikut adalah rekomendasi susu yang bisa menurunkan berat badan.

1. Susu Gandum (Oat Milk)

Susu gandum memiliki manfaat kesehatan mirip dengan gandum utuh. Kandungan gizi yang kaya membuatnya cocok sebagai opsi susu penurun berat badan dalam program diet. Serat larut dalam susu gandum membantu memperlambat pencernaan, membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, susu gandum dapat menstabilkan kadar gula darah secara alami dan memiliki rasa manis tanpa tambahan bahan pemanis. Konsumsi susu gandum secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun perlu diingat tidak perlu menambahkan gula ketika mengonsumsinya sebagai susu penurun berat badan.

2. Susu Almond

Susu almond yang tidak mengandung pemanis memiliki kalori rendah dan karbohidrat lebih sedikit dibandingkan susu sapi, membuatnya cocok untuk diet rendah karbohidrat.

Susu ini cocok untuk diet, asalkan dikonsumsi tanpa pemanis. Dalam satu gelas susu almond (240 ml) tanpa pemanis, terdapat hanya 41 kalori, 2 gram karbohidrat, dan 3 gram lemak. Susu almond juga mengandung antioksidan vitamin E secara alami, dan beberapa produk susu almond dapat ditambahkan dengan nutrisi pendukung seperti kalsium, vitamin A, dan vitamin D.

3. Susu Kelapa (Coconut Milk)

Susu kelapa memiliki manfaat baik bagi tubuh, terutama karena mengandung kolesterol baik (HDL) yang berfungsi sebagai penyeimbang berat badan. Meski lemaknya lebih tinggi dibandingkan susu nabati lainnya, susu kelapa cocok untuk diet rendah karbohidrat karena tidak mengandung karbohidrat sama sekali.

4. Susu Kedelai (Soy Milk)

Soy milk atau susu kedelai berasal dari kacang-kacangan dan dapat menjadi alternatif bagi penderita alergi susu sapi. Soy milk memiliki kadar kalori yang rendah, dengannya susu kedelai dapat menjadi pilihan dalam program diet. Disarankan untuk mengonsumsinya tanpa tambahan pemanis untuk tujuan diet.

5. Susu Skim

Susu skim atau susu bebas lemak merupakan opsi susu penurun berat badan yang tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, fosfor, vitamin D, vitamin B12, dan antioksidan selenium membuatnya baik untuk kesehatan jantung dan penurunan berat badan.

Studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori setelah minum susu skim dibandingkan dengan minuman buah.

6. Susu Rami (Hemp Milk)

Susu rami berasal dari biji tanaman cannabis sativa, lalu direndam dan dicampuri dengan air. Hemp milk mengandung tinggi protein, lemak tak jenuh, omega-3, dan omega-6.

Meskipun nutrisinya lebih rendah dibandingkan dengan susu nabati lainnya, susu rami dapat menjadi alternatif bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat karena tidak mengandung karbohidrat.

Bagaimana Cara Memilih Susu Rendah Lemak?

Selain membantu program diet, susu rendah lemak memiliki banyak manfaat lain. Jenis susu penurun berat badan ini juga baik untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi, membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, dan juga menjaga kesehatan tulang.

Berikut cara memilih susu low fat sesuai dengan kebutuhan:

  • Perhatikan kadar lemak

Setiap merk susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang berbeda meskipun masuk dalam kategori yang sama. Jadi, harap dipastikan untuk memperhatikan kandungan nutrisi di setiap produk. Pilihlah produk yang mengandung lemak paling sedikit.

Saat memilih susu dalam bentuk cair, harap perhatikan perhitungan takaran sajinya setiap gelas. Per gelasnya yaitu sekitar 3 gram lemak untuk setiap 250 mililiter susu.

Sementara pada susu bentuk bubuk, perhitungannya berdasarkan ukuran sendok. Yaitu sekitar 1,5 gram untuk setiap 35 gram takar.

  • Ketahui Jenis Susu Low Fat

Susu low fat terbagi menjadi beberapa jenis. Yang pertama ada susu UHT rendah lemak. Susu penurun berat badan ini sangatlah praktis karena bisa langsung dikonsumsi tanpa harus menyeduhnya terlebih dahulu. Susu ini juga bisa dibawa ke mana saja saat beraktivitas. Tetapi, ketahanan susu ini hanya sekitar 4 hari jika disimpan dalam lemari pendingin.

Kedua adalah susu formula. Susu formula menggunakan proses spray dryer untuk mengurangi atau menghilangkan lemak dan air. Jenis ini memiliki ketahanan sampai dengan 1 bulan dalam wadah yang tertutup rapat. Namun, setelah menyeduhnya, ketahanannya akan berkurang maksimal 2 jam.

Ketiga ada susu skim. Susu ini tidak memiliki kandungan lemak. Namun, kandungan vitamin A, D, E  yang larut dalam lemak juga ikut larut. Jadi perlu diimbangi dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin lainnya.

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sesuaikan pemilihan produk susu penurun berat badan dengan kebutuhan pribadi. Ini dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari susu yang dipilih.

Khusus untuk Diet

Susu penurun berat badan untuk kebutuhan diet sebaiknya mengandung protein dan serat tinggi, agar dapat merasa kenyang lebih lama. Pastikan pula susu yang dipilih mengandung kalsium yang tinggi untuk memperkuat tulang sekaligus gigi.

Konsumsi bagi Pengidap Kolesterol

Semakin rendah lemak pada susu, juga semakin rendah kandungan kolesterolnya. Meskipun demikian, harus diperhatikan bahwa kadar gula dalam darah jangan sampai mengalami kenaikan. Jadi, pilihlah susu yang rendah lemak, sekaligus rendah gula.

Susu untuk Hipertensi

Selain rutin mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, pasien hipertensi sebaiknya mengonsumsi susu rendah lemak. Pilihlah susu yang mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Itulah cara memilih susu penurun berat badan agar konsumen dapat mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Konsumen dapat mencoba susu dari Weight Herba sebagai salah satu alternatifnya. Susu Weight Herba aman untuk dikonsumsi oleh remaja maupun dewasa agar mendapatkan badan yang ideal. Weight Herba memiliki susu dengan rasa yang pastinya enak untuk dikonsumsi. Formulasi dari susu ini antara lain adalah susu kambing etawa, daun kelor, dan temulawak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?