Tinggi 160 Berat Badan Ideal Berapa, Tahukah Anda?

Tinggi 160 Berat Badan Ideal Berapa

Tinggi 160 berat badan ideal berapa? Sudahkah Anda mengetahuinya? Berat badan ideal bisa dihitung melalui rumus, yakni dengan mengetahui Indeks Massa Tubuh atau IMT. IMT merupakan rumus sederhana, sehingga orang bisa mengetahui berat ideal lebih mudah, cepat, dan yang terpenting tidak beresiko. Jadi, kalkulator berat badan ideal ini juga memungkinkan mengetahui apakah berat badan seseorang masuk kategori kurang atau justru berlebih.

Cara Mengetahui Tinggi 160 Berat Badan Ideal Berapa

Memiliki berat tubuh ideal tidak hanya mempercantik penampilan. Dengan berat ideal, orang akan terhindar dari resiko penyakit, sehingga orang merasa lebih nyaman dan memiliki banyak energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Menggunakan rumus IMT untuk mengetahui berat ideal cukup mudah, yaitu membandingkan berat badan (kg) dengan hasil kuadrat tinggi badan (setelah mengubahnya ke satuan meter). Gambaran dari rumus untuk tinggi 160 berat badan ideal berapa tersebut adalah:

IMT= Berat Badan (kg) : [Tinggi Badan (meter)]²

Menurut WHO, rentang angka IMT normal adalah 18,5 kg/m² sampai 24,9 kg/m². Berbeda lagi jika berdasarkan populasi Asia. Bila hasilnya berada antara angka 18,5 – 22,9, maka telah memenuhi berat ideal. Artinya, jika hasilnya kurang dari 18,5 kg/m² masuk kategori kurang (underweight) dan lebih dari 22,9 kg/m² artinya kelebihan berat badan (overweight).

@dailymeals.di Membalas @Williem Supaijo GPP GEMUK yg pnting berat IDEAL… #tipskurus #cepatkurus #kalorideficit #tipsdiet #dietsehat #dietgampang #turunberatbadan #tipskurus #kesehatan #kolesterol #lemak ♬ suara asli – Daily Meals by Daily Intake

 

Nah, untuk kasus obesitas, hasil IMT adalah lebih dari 27 kg/m². Saat mengalaminya, butuh perhatian dan penanganan khusus. Kini, kita bisa tahu berat badan ideal untuk orang dengan tinggi badan 160 cm melalui rumus IMT. Langkah-langkah menghitung tinggi 160 berat badan ideal berapa adalah mengkuadratkan tinggi badan dalam satuan meter terlebih dahulu. Untuk tinggi 160 cm, maka hasilnya adalah 2,56.

Seperti ketentuan awal, IMT berat ideal berada di rentang 18,5 kg/m² hingga 24,9 kg/m².

Berat badan= 18,5 x 2,56= 47,4 kg → 47 kg

Berat badan= 22,9 x 2,56= 58,6 kg→ 59 kg

IMT 18,5 kg/m² dengan tinggi badan 160 cm adalah 47 kg. Sedangkan IMT 24,9 kg/m² dengan tinggi badan 160 cm adalah 59 kg.

Jadi, jawaban dari soal tinggi 160 berat badan ideal berapa adalah berada di antara rentang 47 kg hingga 58 kg.

Bagi pemilik tinggi badan 160 kg yang beratnya kurang dari 47 kg, cobalah menambah hingga mencapai berat ideal. Sebaliknya, bagi yang beratnya lebih dari 69 kg, sebaiknya menurunkannya.

Langkah Sehat Menjaga Berat Badan Ideal

Mengetahui tinggi 160 berat badan ideal berapa bisa menjadi acuan untuk mengambil langkah apa yang mesti dilakukan. IMT bukanlah satu-satunya cara menentukan berat ideal orang dewasa. Dalam rumus hanya melibatkan tinggi dan berat badan saja. Padahal, berat ideal juga dipengaruhi oleh faktor umur, lemak tubuh, massa otot, dan jenis kelamin.

Misalkan saja pada atlet yang jelas saja memiliki massa otot tinggi, tetapi persentase lemak tubuh cenderung rendah. Sedangkan pada ibu hamil, akan mengalami kenaikan berat badan seiring berjalannya usia kehamilan. Meski kurang akurat, tetapi kalkulator IMT bisa membantu menemukan kasus obesitas dalam populasi besar. Inilah mengapa orang masih menggunakannya.

Setelah mengetahui besar IMT dari tinggi 160 berat badan ideal berapa, hal yang tak kalah penting seputar berat ideal adalah bagaimana menjaganya. Bagi yang mengalami kasus berat berlebih, hindari konsumsi obat-obatan kimia penurun berat badan.

  1. Teratur Minum Susu Weight Herba
    Dunia kesehatan memiliki inovasi terbaru berupa produk susu dengan bahan alami yang terdiri dari susu kambing, daun kelor, serta temulawak. Ada banyak manfaat saat mengonsumsinya. Bagi yang mengalami masalah overweight, Weight Herba akan membantu mendapatkan berat ideal lebih mudah. Bahkan rutin mengonsumsinya dapat menjaga berat badan berada di posisi normal.

    Saran meminumnya adalah setiap hari 3 kali. Terbuat dari bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping meskipun mengonsumsinya setiap hari. Kabar baiknya adalah susu Weight Herba aman bagi siapa saja, termasuk bagi bumil dan busui serta anak berusia 2 tahun.
  2. Konsumsi Buah dan Sayur Lebih Banyak
    Mengetahui tinggi 160 berat badan ideal berapa dan ingin mendapatkan berat proporsional bisa dengan menngonsumsi sayur maupun buah dengan porsi lebih banyak. Mengatur jumlah kalori harian menjadi cara efektif menurunkan berat badan, sekaligus menjaganya tetap ideal. Dalam hal ini, perbanyak konsumsi buah dan sayur.
    Sumber makanan sedikit kalori ini kaya vitamin, serat, dan mineral penting bagi tubuh. Selain membantu mencapai berat badan ideal, keduanya membantu menjaga kesehatan tubuh.
  3. Kebiasaan Makan Teratur
    Bila sudah tahu tinggi 160 berat badan ideal berapa dan 2 tips mendapatkan berat badan ideal untuk kasus overweight, cara ketiga adalah membiasakan diri menjaga pola makan teratur. Pastikan makan 3 kali sehari, yakni pagi, siang, dan malam. Hal ini sebagai antisipasi ngemil sembarangan secara berlebih yang justru menambah kenaikan berat badan. Pastikan memakan cemilan sehat untuk menghindari makan berlebih saat jam makan.
  4. Porsi Kecil Tapi Sering dan Perlahan
    Makan dalam porsi kecil akan mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Untuk mengakalinya, gunakan tempat makan berukuran kecil. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering agar berat tubuh turun lebih efektif. Makan secara perlahan juga strategi terbaik mendukung penurunan berat badan. Kebiasaan makan tersebut mendukung tubuh menyampaikan respon kenyang ke otak dalam waktu lebih lama sebelum menghabiskan makanan terlalu banyak.
  5. Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Minuman Manis
    Ini juga merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan BB proporsional setelah tinggi 160 berat badan ideal berapa. Memperbanyak minum air putih membantu mencegah nafsu makan meningkat karena memberikan efek kenyang. Dengan demikian, mengurangi asupan kalori ke tubuh.

    Minum air putih sebelum makan merupakan langkah efektif menurunkan berat badan. Seseorang dengan tinggi badan 160 cm yang ingin segera mencapai berat ideal, wajib memperhatikan hal ini. Di sisi lain, tubuh memerlukan air dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi. Respon tubuh saat kondisi dehidrasi mirip dengan tanda-tanda lapar. 

    Kalori tinggi juga terkandung dalam aneka minuman manis. Bila tidak bisa membatasi konsumsinya, berat badan lebih cepat naik. Sebaiknya gunakan gula stevia sebagai pengganti asupan gula. Bisa juga dengan mengonsumsi jus tanpa gula.

  6. Tidak Melewatkan Sarapan
    Dengan mengetahui tinggi 160 berat badan ideal berapa, maka jangan sampai melewatkan sarapan. Menjadikan sarapan sebagai aktivitas wajib adalah jalan terbaik untuk mendapatkan berat ideal bagi orang dengan tinggi badan 160 cm. Sarapan rutin akan mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat. Dengan sarapan akan membantu menahan lapar hingga jam makan siang. Tiba waktu malam, konsumsilah makanan dalam jumlah sedikit.
  7. Perhatikan Tidur
    Kurang tidur akibat kelelahan menjadi pemicu malas berolahraga dan beraktivitas. Padahal, gerak yang sedikit akan meningkatkan rasa lapar karena terjadi peningkatan hormon ghrelin. Jaga pola tidur sebaik mungkin dengan cara berusaha tidur 7 sampai 9 jam setiap hari. Tidur berkualitas sangat baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  8. Rajin dan Rutin Olahraga
    Ada banyak sekali jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah. Misalkan saja seperti pilates, yoga, dan berenang. Olahraga teratur membantu pembakaran kalori dalam jumlah banyak dengan cepat. Setidaknya, tidak perlu menjalani diet ketat yang menyiksa.
  9. Batasi Makanan Favorit
    Cara pemilik tinggi 160 mencapai berat badan ideal tidak perlu menjauhi makanan favorit, hanya perlu membatasi jumlah konsumsinya. Semakin menjauh, maka keinginan untuk mengonsumsinya semakin besar. Apakah sudah bisa memahami jawaban dari pertanyaan “tinggi 160 berat badan ideal berapa” beserta tips-tips sederhana tadi? Langsung saja praktekkan, yuk! Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?